cover
Contact Name
Erfan Hasmin
Contact Email
jusiti@dipanegara.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jusiti@dipanegara.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
ISSN : 22526102     EISSN : 23546972     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi ini merupakan jurnal berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan dan studi pustaka di bidang Sistem dan Teknologi Informasi serta aplikasinya. Jurnal ini dipublikasikan dalam bentuk jurnal cetak dengan ISSN : 2252-6102 dan jurnal elektronik dengan ISSN : 2354-6972. Jurnal ini terbit dua kali setahun setiap bulan April dan Oktober setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 77 Documents
Perancangan Multimedia Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Macromedia Flash MX Pada SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Rizal, Ryan Saeful; Karuniawan, Jhon Sony
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 4 No 2 (2015): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.155 KB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan suatu metode pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Namun terkadang alat peraga yang digunakan masih kurang menarik dikarenakan kurang atraktif dan monoton. Salah satu metode pembelajaran yang sekarang ini dapat dikembangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi komputer terutama dalam bidang perangkat lunak yang makin pesat, sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran. Pada SMP Negari 1 Balapulang Tegal pembelajaran bahasa jawa masih menggunakan cara manual denagan menulis aksara jawa. Maka dirancanganlah Multimedia Pembelajaran Aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX pada SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal. Dimana pembelajarannya akan lebih menarik dan siswa/i bisa lebih bersemangat. Dalam perancangan multimedia pembelajaran aksara jawa ini metode perancangan yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC). Dengan menggunakan pembelajaran multimedia ini dapat membantu guru dalam pembelajaran bahasa jawa agar siswa/i lebih tertarik dan semangat untuk belajar aksara jawa.
Perancangan dan Implementasi Aplikasi Distribusi Bantuan UMKM Kabupaten Sigi Syahrullah, Syahrullah; Mulyono, Budi; Rasmita, Hajra
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 6 No 2 (2017): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.054 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang  permasalahan dalam proses verifikasi kelayakan  distribusi bantuan UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi, yang disebabkan oleh kesalahan pada saat proses pendataan dan adanya unsur subyektifitas dalam penentuan penerima dana. Selain itu masalah yang terjadi adalah pemberian bantuan yang berulang-ulang dan ada yang mendapatkan bantuan belum selesai masa pemberian bantuan selanjutnya. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya ketidak akuratan dalam penyaluran dana bantuan ke UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan meinplemenasikan aplikasi distribuis bantuan UMKM oleh Dinas. Metod Perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prototype. Hasil penelitian ini menemukan bahwa aplikasi dapat memberikan informasi mengenai daftar penerima bantuan UMKM di Kabupaten Sigi, dapat melakukan verifikasi penerima UMKM yang sudah pernah menerima bantuan di tahun yang sama. Berdasarkan  hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi secara fungsional mengeluarkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan dinyatakan valid
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Sekolah Kaunang, Fergie Joanda
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 7 No 2 (2018): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.579 KB)

Abstract

Sistem dapat didefinisikan sebagai elemen-elemen yang berkaitan satu sama lain untuk menjalankan satu tujuan yang sama. Selanjutnya, dalam mengembangkan sebuah sistem dibutuhkan keterlibatan empat komponen yakni masukan, pengolahan, keluaran, dan balikan atau control Perkembangan teknologi ini sangat bermanfaat dalam memecahkan permasalahan-permasalahan dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan tak terkecuali pada sekolah menengah pertama. Mulai dari tinjauan dan pengamatan langsung ke SMPN 2 Airmadidi. Peneliti berminat untuk melakukan perubahan terhadap sistem informasi yang dimiliki oleh sekolah dimana sistem ini belum terkomputerisasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan terstruktur yakni Data Flow Diagram (DFD).
Identifikasi Kepribadian Dengan Menggunakan Algoritma Genetika Anatasya, A.Edeth Fuari
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2017): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.019 KB)

Abstract

Psikologi ditafsirkan sebagai pengetahuan tentang tingkah laku manusia, yang berhubungan dengan pola-pola perkembangan manusia, penyeledikan membuktikan bahwa potensi-potensi bawaan dan pengaruh – pengaruh lingkungan menentukan bagaimana pribadi ( sikap dan tingkah laku ) orang itu. Penyeledikan psikologi terpusat pada penyelidikan pada penyelidikan tentang kepribadian. Usaha untuk mengerti manusia, tingkah laku bagaimana manusia menyesuaikan diri dengan lingkungannya termasuk bagaimana ia mengatasi kebutuhannya adalah usaha untuk mengerti kepribadian. Kepribadian manusia secara garis besar dibagi menjadi beberapa bagian sehingga dari pembagian tersebut kepribadian manusia dapat diidentifikasi dengan beberapa metode. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang computer maka identifikasi kepribadian dapat diterapkan dalam bidang ini. Dalam ilmu computer dan informatika dikenal sebuah metode penyelesaian masalah yang biasa disebut dengan algoritma. Algoritma sendiri pun terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah algoritma dna.algoritma dapat dijadikan metode penyelesaian masalah dalam mengidentifikasi kepribadian hal ini dikarenakan dengan menggunakan algoritma yang dalam hal ini algoritma dna dalam mengidentifikasi kepribadian dapat didapatkan hasil yang optimal secara efektif dan efisien
Perancangan Aplikasi Rantai Pasok Produksi Crumb Rubber PT. Badja Baru Palembang Bahar, Salimin
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 4 No 1 (2015): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.001 KB)

Abstract

Bahan baku persediaan produksi crumb rubber PT. Badja Baru Palembang terkadang tidak mencukupi untuk melakukan produksi memenuhi permintaan pembeli. Hal ini dikarenakan belum adanya rantai pasok bahan baku produksi crumb rubber, sehingga terkadang untuk memenuhi kebutuhan bahan baku PT. Badja Baru Palembang diharuskan membeli dengan harga yang lebih tinggi agar proses produksi crumb rubber tetap bisa berjalan. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi yang membantu PT. Badja Baru Palembang mengolah data rantai pasok produksi crumb rubber agar informasi kebutuhan bahan baku produksi dapat dipenuhi oleh para pemasok PT. Badja Baru Palembang. Metode yang digunakan untuk merancang aplikasi rantai pasok bahan baku  produksi crumb rubber adalah waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah adanya rancangan aplikasi rantai pasok bahan baku produksi PT. Badja Baru Palembang untuk membantu mengolah rantai pasok bahan baku dan memprediksi kebutuhan bahan baku berdasarkan permintaan crumb rubber oleh pembeli serta rancangan basisdata yang dapat digunakan sebagai sumber untuk mengolah informasi bahan baku. 
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Agribisnis Menggunakan Metode Certainty Factor Aryasa, Komang
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 7 No 1 (2018): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.433 KB)

Abstract

Kurangnya tenaga ahli penyuluh pertanian dalam memberikan informasi tentang perkembangan penyakit tanaman kepada pembudidaya dapat membawa dampak bagi pembudidaya tanaman agribisnis dimana penyuluh pertanian berperan dalam memberikan pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan tentang masalah tanaman agribisnis yang dihadapi oleh para pembudidaya tanaman agribisni.. Dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah membawa dampak yang signifikan dalam berbagai bidang termasuk pada bidang pertanian/perkebunan. Oleh karena itu perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh para pembudidaya tanaman agribisnis untuk mendapatkan informasi sedini mungkin mengenai jenis penyakit yang diderita oleh tanaman yang dibudidayakan dan bagaimana cara menanganinya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu sistem pakar dalam mendiagnosa penyakit tanaman agribisnis menggunakan metode Certainty Factor. Certainty Factor digunakan karena metode ini dapat membantu untuk mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan serta memberikan persentase hasil diagnosa. Certainty Factor dapat terjadi dengan berbagai kondisi, dimana untuk penelitian ini memiliki beberapa kondisi atau gejala penyakit yang menentukan apakah benar suatu tanaman agribisnis terserang penyakit atau tidak. Dari hasil pengujian program sistem pakar, didapatkan hasil yang sama dengan perhitungan secara manual dengan metode Certainty Factor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar ini dapat mendiagnosa penyakit tanaman agribisnis serta memberikan solusinya
Forensik Komputer Studi Kasus: Universitas Klabat Moedjahedy, Jimmy
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 5 No 2 (2016): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.501 KB)

Abstract

Forensik komputer adalah proses memeriksa media komputer seperti hard disk, disket, kaset, menggunakan metode-metode tertentu, dengan kata lain forensik komputer adalah proses mengumpulkan, menjaga, menganalisa dan penyajian bukti yang berkaitan dengan komputer. Jaringan komputer Universitas Klabat tidak luput dari serangan di jaringan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa sering sistem dan jaringan kampus diserang dengan melihat log di server, firewall,  serta membuat penanganan dan juga deteksi secara dini tentang serangan ke jaringan. Hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa pihak yang mencoba untuk mengakses server lewat autentikasi SSH yang ip publiknya berasal dari cina merupakan ip terbanyak, firewall juga diserang sebanyak 1840 kali, sehingga penulis mengimplentasi intrusion detection system dan intrusion prevention system diserver kampus untuk menangani dan mengumpulkan data yang lebih tentang serangan.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Posisi Seksi OSIS Menggunakan Metode SAW Fitriyadi, Taufik; Yasin, Alimuddin
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2016): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.387 KB)

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan metode yang dapat digunakan dalam membantu proses pembuatan keputusan. Penggunaan sistem pendukung keputusan salah satunya dapat dimanfaatkan dalam penentuan posisi seksi OSIS. Seski OSIS yang sepenuhnya dipilih oleh ketua OSIS terpilih dapat membantu kinerja organisasi OSIS tersebut dalam menjalankan kepengurusannya. Akan tetapi terkadang pemilihan posisi tidak sepenuhnya tepat dengan kebutuhan. Sistem Pendukung Keputusan dapat menghindarkan dari permasalahan tersebut. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dipilih dalam peneltian ini dimana mempunyai sifat adanya kriteria yang bersifat menguntungkan dan merugikan. Proses penelitian ini dimulai dengan mensimulasikan perhitungan dengan cara manual terlebih dahulu. Hasil dari perhitungan ini berupa Prototipe sistem yang dibangun dengan PHP dan MySQL. Proses pengujian dilakukan dengan melakukan perbandingan dengan perhitungan manual dan sistem yang telah dibangun.
Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Kosasi, Sandy
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 4 No 2 (2015): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.834 KB)

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat dan pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat membuat pelanggan mudah beralih ke pesaing. Loyalitas pelanggan semakin menunjukkan penurunan karena kemudahan menemukan berbagai barang dengan fitur terkini dengan memanfaatkan berbagai teknologi media sosial. Kondisi ini jelas mengharuskan manajemen perusahaan mencari terobosan baru agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggannya. Sistem E-CRM (electronic Customer Relationship Management) merupakan solusi tepat dalam membangun hubungan yang erat antara perusahaan dengan pelanggan. Tujuan dari penelitian menghasilkan sistem E-CRM yang dapat membantu pihak manajemen distributor sparepart sepeda motor mengetahui dan mengelola semua pengetahuan dan kebutuhan pelanggan secara lebih personal sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan berkualitas dalam meningkatkan kepuasan dan upaya mempertahankan loyalitas pelanggan. Perancangan sistem E-CRM menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Hasil penelitian memperlihatkan sistem E-CRM dapat memberikan kemudahan dalam mengelola semua data pelanggannya dan menarik calon pelanggan baru melalui fasilitas yang komunikatif dan interaktif secara online. Sistem E-CRM ini memiliki basis data pengetahuan dan informasi dari masing-masing pelanggan sehingga setiap saat dapat menyediakan dan menawarkan barang sesuai kebutuhan tanpa sepengetahuan mereka. 
Optimasi K-Nearest Neighbor Dengan Particle Swarm Optimization Untuk Memprediksi Harga Komoditi Karet Liklikwatil, Rudy Donny; Noersasongko, Edi; Supriyanto, Catur
E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Vol 7 No 2 (2018): e-jurnal JUSITI
Publisher : STMIK Dipanegara Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.28 KB)

Abstract

Komoditi dan harganya karet mengalami perubahan yang fluktuatif dan menunjukkan pola yang tidak stasioner, di sisi lain pengambilan keputusan bisnis memerlukan data yang akurat dan terukur. Algoritma k-NN merupakan algoritma yang merupakan algoritma unsupervised, dan terbukti baik pada data mining. Sedangkan Particle Swarm Optimization (PSO) menunjukkan performa optimasi yang lebih baik dibandingkan dengan metode yang lain. Penelitian ini  bertujuan untuk merancang metode prakiraan yang dapat memperkirakan tingkat harga dan volume permintaan untuk TSR 20. Prakiraan dilakukan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dengan algoritma propagasi balik, dimana data yang digunakan adalah data perkembangan pasar TSR pada bursa berjangka SICOM.. Berdasarkan tiga indikator pelatihan yang dijadikan acuan dalam pemilihan arsitektur terbaik, spesifikasi ke 15 tidak perlu melakukan pelatihan sampai epoch maksimum. Dalam teknik PSO terdapat beberapa cara untuk melakukan pengoptimasian diantaranya meningkatkan bobot atribut  terhadap semua atribut atau variable yang dipakai, menseleksi atribut dan fitur seleksi. Hasil penelitian dari prediksi harga komoditi karet dengan menggunakan model k-NN mendapatkan nilai RMSE sebesar 0,087 sedangkan bila menggunakan k-NN yang dioptimasi dengan menggunakan Particle Swarm Optimization didapatkan nilai  RMSE sebesar 0,082 lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan k-NN saja.