cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam
ISSN : -     EISSN : altsiq     DOI : -
Core Subject : Religion,
Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah | Online ISSN 2502-8294 is an academic journal published by Department of Islamic Dakwah and Communication Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto. Jurnal Al-Tsiqoh is focusing on issues of da’wah in Indonesia. This journal publishes the results of research on da’wah: Islamic communication, da'wah contemporary, da’wah management, Islamic counseling, and Islamic community development. Articles can be written in Indonesian or English. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah is an open-access journal, published twice a year (April and Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam" : 6 Documents clear
TADWIN AL-HADITH (Kontribusinya sebagai Penyempurna Hukum Islam Ke dua) Nizar, Muhammad
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Perhatian ilmuwan Muslim terhadap dunia penulisan hadis bukanlah sebuah hal prioritas berbeda halnya dengan perluasan daerah (futuh}a>t). Hadis pada masa-masa  sahabat hanya diriwayatkan secara oral (lisan). Namun, seiring banyaknya hadis maud}u>’ yang tersebar bebas, mendorong Khalifah ‘Umar Ibn Abdul Aziz memerintahkan pengumpulan hadis secara resmi dan menyeluruh lewat perantara Muhammad Ibn H}azm dan Muhammad Shiha>b al-Zuhri>. Pengumpulan ini dinamakan dengan tadwi>n al-h}adi>th. Tadwi>n pada masa abad II H merupakan awal mula hadis dikumpulkan dan awal mula dari kemajuan pesat terhadap kelimuwan hadis, karena setelah masa tersebut, bermunculan kitab-kitab hadis yang menjadi rujukan hukum islam otoritatif sebagaimana kitab s}ah}ih}ain yang disusun pada abad III H.
PESAN KOMUNIKASI DAKWAH PADA LAGU GRUP BAND WALI (Analisis Semiotik Pada Lagu Abatasa, Status Hamba dan Cari Berkah) Safi'i, Imam
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Tulisan saya ini mengkaji lagu grup band musik Indonesia yaitu wali salah satu grup band yang sedang naik daun di Indonesia. Ada tiga lagunya yang kemudian dijadikan sebagai objek penelitian diantaranya “Abatasa, Status Hamba dan Cari Berkah”. Pertanyaan penelitian yang akan dijawab pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana isi pesan komunikasi dakwah pada  Ketiga lagu ?. 2) Pesan komunikasi dakwah apa saja yang paling dominan pada ketiga lagu ?. Namun untuk lebih menariknya didalam menelaah pesan komunikasi dakwah pada ketiga lagu wali ini, saya menggunakan pisau  analisis semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Bhartes menyebutnya signifikasi dua tahap yang kemudian membentuk sebuh mitos, mitos dalam hal ini adalah bahasa yang dikategorikan sebagai gaya komunikasi.Setelah dilakukan analisis terhadap ketiga lagu wali, saya menemukan gaya komunikasi/Qaul. Qaulan Baligha, Qaulan karima, Qaulan Maisura, Qaulan Sadida, Qaulan Layyina, Qulan Tsakila dan Qaulan Ma’rufa. Diantara  7 Qaul ini gaya komunikasi pada lagu. Qaulan Tsaqila didominasi dilagu “Abatasa”. Qaulan Maisura didominasi pada lagu “Status Hamba”. Qaulan Layyina didominasi di lagu “Cari Berkah”. Pada lagu pertama saya menemukan tiga macam Qaul yaitu Qaulan Karima, Qaulan Tsaqila dan Qaulan Maisura. Pada lagu kedua saya menemukan tiga macam Qaul. Qaulan Layyina, Qaulan Tsaqila, dan Qaulan Maisura. Pada lagu ke tiga Qaulan layyina, Tsaqila, Maisura, dan Balihga.
DAKWAH ISLAM: ANTARA DAMAI DAN PERANG Dwi, Retna
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Islam adalah agama damai dan yang senantiasa mengajarkan kasih sayang dan berdakwah dengan persuasif.  Islam agama yang rahmatan lil alamin, penuh kedamaian. Dalam menyampaikan agama ini, Rasulullah memperkenalkannya dengan penuh kasih sayang dan budi pekerti yang luhur.  Maka menjadi sangat disayangkan apabila ada anggapan atau pendapat bahwasanya Islam disebarkan dengan jalan kekerasan maupun perang. Umat lain, Yahudi dan Nasrani, senantiasa menampilkan sisi propaganda mereka akan hal tersebut. dari zaman Nabi Muhammad hingga saat ini, mereka (Yahudi dan Nasrani) tak henti-hentinya melancarkan serangan pada umat Islam dengan berbagai macam bentuk serangan, baik serangan secara fisik (militer) atau serangan secara soft melalui ekonomi, politik, ajaran pemikiran dan lain-lain. Adapun salah satu bentuk dari serangan mereka, yaitu serangan pemikiran (ghazwul fikri). Ghazwul fikri (perang pemikiran) adalah suatu upaya untuk menyerang umat Islam dari segi ajaran, pola pikir, dan citra umat Islam itu sendiri. Tentunya dengan mempelajari fakta dalam sejarah Islam, dan berdasarkan dalil yang jelas dalam Al-Qur’an maupun Hadist Nabi, maka kita akan mengetahui kebenaran bahwa tuduhan-tuduhan yang selama ini dilontarkan oleh para orientalis Barat akan terbukti tidak benar adanya.    
CITRA KOMUNIKASI POLITIK JOKOWI DI MEDIA SOSIAL PASCA VIRAL HASHTAG #2019GANTIPRESIDEN Fatikh, M Alvin
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Menjelang pemilu Presiden 2019 media sosial Instagram banyak mewarnai pecitraan melalui  kegiatan yang sudah di persiapkan sejak lama. Proses pencitraan di mata khalayak pemilih yang bersifat positif di mainkan sejak lama agar mengenang di benak masyarakat. Hal ini juga dilakukan oleh Jokowi yang menjadi petahana dalam pemilu 2019, Jokowi menjelang Pilpres 2019 mendapat perlawanan dengan munculnya kelompok #2019gantipresiden yang ramai berkembang di media sosial, dengan menggunakan teori dramaturgi oleh Erving Goffman dan menggunakan kerangka kerja Hermeneutika untuk menggali makna teks yang ada. Artikel ini menganalisa panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage) serta mengalisa makna teks yang dilakukan oleh akun @jokowi. Dari hasil analisis dapat terlihat bahwa Jokowi melakakukan pencitraan dalam komunikasi politiknya dengan menguatkan identitas gaya komunikasi kesetaraan (equalitarian), menonjolkan kemeja putih dengan lengan terlipat, memakai analogi film Infinity War dalam berbicara di forum ekonomi dunia dan keberhasilan membuka lapangan pekerjaan untuk mendapatkan nilai positif di masyarakat dan cenderung menutupi isu-isu yang di mainkan oleh kelompok #2019gantipresiden dengan postingan keberhasilan kerja nyata.
PREDIKSI RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) DENGAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) UNTUK MENENTUKAN KEPUTUSAN INVESTASI Maknuun, Luluil
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Capital Asset Pricing Model (CAPM) untuk menentukan keputusan investasi. Penilaian kelayakan investasi yang diukur dengan perhitungan estimasi return seringkali menggunakan metode CAPM. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan menggunakan jenis penelitian explanatory research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder didapat dari indonesian capital market directory (ICMD) dan laporan tahunan perusahaan serta beberapa data tertentu yang diperoleh dari website bursa efek Indonesia. Sampel penelitian terdapat 33 perusahaan dengan hasil analisis mennjukkan terdapat 14 saham undervalued dan 19 saham overvalued. Keputusan investor akan membeli atau menahan saham jika posisi sekuritas undervalued, sedangkan keputusan investor akan menjual saham  jika posisi sekuritas overvalued.
ANALISIS WACANA PESAN DAKWAH (Analisis Teks Ceramah Ustdz. Dr. Hj. Ucik Nurul Hidayati Pada Acara Maulid Nabi SAW) Nahdiyah, Nayla
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam Vol 4 No 1, April (2019): Dakwah dan Kmounikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu mengetahui bagimanawacana yang tergantungpada pesan dakwah Ustadzah Dra. Hj. Ucik Nurul Hidayati, M.Pd.I Pada Acara Maulid Nabi Muhammad SAWdi Desa Mayangan Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian non kancah yang termasuk penelitiankualitatif, dengan menggunakan analisis wacana model A. Teun Van Djik.Pesan dakwah yang terkandung pada ceramah Ustadzah Ucik yang disampaikan di desa Mayangan yakni mencakup aspek akidah keimanan, aspek syariah, aspek akhlakul karimah.Sedangkan  analisis pesan dakwah dengan model  Teun  Van Djik  melalui enamen elemennya  adalah  dari  elemen  tematik  yakni peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sedangkan elemen skematiknya menggunakan story dimulai tema peringatan maulid Nabi maka Ustadzah Ucik menganjurkan Masyarakat untuk pandai bersyukur kepada Allah, bershalawat kepada NabiMuhammad, rajin shalat, rajin membaca Al-Qur’an,mengingat akan mati, dan berusaha mendekat kepada Allah SWT. Untuk analisis sintaksis kata ganti komunikator menggunakan kata ”kulo panjenengan” yang menunjukkan bahwa pesan ini bukan hanya menasehati jamaah namun juga diri Ustadzah Ucik sebagi da’i. Segi stylistic Ustadzah Ucik menggunakan bahasa Jawa bercampur bahasaMadura. Dan yang terakhir segi retoris yakni penggunaan humor, sya’ir lagu, pantun dan qiro’ah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6