cover
Contact Name
Edy Susanto
Contact Email
ranggaalamin.edy22@gmail.com
Phone
+6281238753827
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Alamat Redaksi: Jalan lintas selatan sekongkang Desa Sekongkang Bawah Kecamatan Sekongkang Kabupten Sumbawa Barat - NTB
Location
Kab. sumbawa barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan
ISSN : 26855542     EISSN : 26855550     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Lentera: Jurnal studi Pendidikan diterbitkan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumbawa Barat. Lentera terbit bulan Januari dan Juli setiap tahun. Lentera memuat kajian-kajian Ilmiah Pendidikan yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Pembinaan 8 Standar Pendidikan SD dengan Menggunakan Metode Sasambo dalam Mempersiapkan Akreditasi Sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2018 Wahiddin, Wahiddin
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.35 KB)

Abstract

Latar belakang adanya kebijakan akreditasi sekolah di Indonesia adalah bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu. Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, maka setiap satuan pendidikan harus memenuhi atau melampaui standar yang dilakukan melalui kegiatan akreditasi terhadap kelayakan setiap satuan pendidikan. Secara konsep, tujuan diselenggarakannya akredirasi sekolah/madrasah ialah: (1) memberikan informasi tentang kelayakan tentang sekolah/madrasah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan; (2) memberikan pengakuan peringkat kelayakan; (3) memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidika kepada satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait (BAN-S/M,2019:6). Istilah Sasambo untuk singkatan dari Seratus Sembilan Belas Map Bukti Otentik. Sejumlah map yang disiapkan oleh sekolah sebagai tempat menyimpan dokumen bukti administrati 119 indikator penilaian dalam akreditasi sekolah sesuai Permendikbud No 002/H/AK/2017. Pembinaan sekolah dengan menggunakan Metode Sasambo sangat efektif dalam pembinaan delapan standar pendidkan untuk menghadapi akreditasi sekolah. Metode ini selain menertibkan administrasi sekolah juga bermanfaat untuk hal-hal sebagai berikut: 1)Metode sasambo memudahkan kepala sekolah dalam mendelegasikan tugas administrasi kepada guru dan stap kependidikan; 2)Tercipta suasana gotong royong dan kerja sama diantara warga sekolah. 3)Semua guru dan stap kependidikan akan memiliki pengalaman yang sama dalam hal administrasi pendidikan yang berhubungan dengan 8 standar. 4)Mempermudah tim penilai akreditasi sekolah dalam memperoleh data tentang kwalitas sekolah secara otentik. 5) Mempercepat waktu penilaian karena semua data sudah tersedia
Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Guru Bidang Studi Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pajo Kabupaten Dompu Tahun Pelajaran 2018-2019 Fitriani
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.971 KB)

Abstract

Dalam proses belajar terdapat dua faktor utama, yakni guru dan siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan ini akan berpengaruh terhadap penerapan teori dan prinsip-prinsip belajar dalam pelaksanaan program belajar mengajar. Belajar mengajar merupakan suatu proses yang terpadu dalam suatu kegiatan manakala interaksi guru-siswa, siswa dengan siswa pada saat pengajaran itu berlangsung. Mengingat kedudukan siswa sebagai subyek yang menerima pelajaran (sasaran didik) dan sekaligus sebagai obyek dalam pengajaran, maka inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar siswa dalam suatu tujuan pengajaran. Proses belajar mengajar sebagai sistem instruksional mengandung berbagai unsur/komponen yang satu sama lainnya saling terkait dan saling mendukung. Bertolak dari latarbelakang masalah di atas, maka ada beberapa rumusan masalah kemudian sebagai pangkal pembahasan ini adalah: 1). Apakah ada pengaruh manajemen sumber daya manusia dan pengaruhnya terhadap kompetensi guru bidang studi Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pajo Kabupaten DompuTahun Pelajaran 2018-2019?, 2). Bagaimanakah kompetensi guru bidang studi Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pajo Kabupaten Dompu terhadap manajemen sumber daya manusia. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini Peneliti menggunakan beberapa metode sebagai berikut: (1) Tehnik Angket/Kuesioner, (2) Tehnik Observasi atau Pengamatan, dan (3) Tehnik Dokumentasi. Satuan pelajaran  atau persiapan mengajar mempunyai pengaruh yang positif  yang terhadap hasil belajar yang dicapai siswa,  hal ini sesuai dengan hasil perhitungan yang menunjukan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yakni sebesar (4,038>2,04). Maka dengan demikian hipotesis alternatif yang diajukan diterima artinya Ada pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan program satuan pelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Pajo Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jereweh Muhammad Saleh
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.273 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Jereweh pada mata pelajaran PKn dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)  . Penelitian in merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 1 Jereweh dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus dan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, kegiatan dan pengamatan, repleksi dan revisi pelaksanaan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah observasi dan tes formatif. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata kelas yaitu pada saat siklus 1 persentase ketuntasan 34,61% pada siklus 2 persentase ketuntasan 69,23%, dan  pada siklus 3 persentase ketuntasan 100 %, sedangkan ketuntasan maksimal yang tuntas meningkat 34,62 % dari siklus 1 ke siklus 2, dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebanyak 30,77 %.
Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Peace Education dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mts. Al-Ikhlashiyah Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2018-2019 Mastur
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.431 KB)

Abstract

Begitu pentingnya tugas dan tanggung jawab guru, maka tinggi rendahnya prestasi belajar siswa, bahkan sampai pada mutu pendidikan pada umumnya dikembalikan kepada guru. Sebab keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh dua faktor utama yaitu faktor intern dan ekstern. Pengajaran peace education haruslah dengan menerapkan fleksibilitas dan menggunakan pendekatan yang dinamis. Hal tersebut diterapkan agar dapat mengelaborasi tiga ranah peserta didik; kognitif, afektif dan psikomotorik sekaligus. Prestasi belajar merupakan hasil penilaian dari kegiatan belajar anak yang dapat mencerminkan hasil yang dicapai oleh setiap siswa dalam periode tertentu. Prestasi belajar juga dapat diartikan sebagai suatu hasil penilaian yang telah dicapai oleh siswa pada mata pelajar Pendidikan Agama Islam peace education yang berupa nilai hasil ulangan harian yang diperoleh tiap siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Proses pengumpulan data merupakan bagian terpenting dalam suatu penelitian, begitu pula dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tekhnik relevan dengan jenis penelitian kualitatif. Beberapa tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (a) Metode Observasi, (b) Metode Wawancara, dan (c) Metode Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahaswan dapat disimpulkan bahwa 1). Prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Peace Education di MTs. Al-Ikhlashiyah Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat rata-rata meningkat, itu terbukti dengan nilai raport masing-masing kelas VII-IX dari 6,5 menjadi 8,0. 2). Soluasi Guru Pendidikan Agama Islam Peace Education dalam mengatasi problema yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam Peace Education guna meningkakan prestasi belajar siswa di MTs. Al-Ikhlashiyah Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat yaitu dengan mengadakan bimbingan kepada siswa, itu terbukti dengan setiap hari jum?at diadakannya imtaq dengan melaksanakan shalat dhuha bersama, yasinan bersama dan pemberian nasihat lewat caramah oleh guru agama, membimbing siswa melalui pesantren kilat pada bulan ramadhan dengan mengadakan lomba-lomba seperti lomba pidato dan baca al-Qur?an.
Upaya Meningkatkan Budaya Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar Melalui Penerapan Reward and Punishment di SD Negeri Aik Kangkung Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat Saharuddin
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.407 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan budaya disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui reward and punishment di SDN aik Kangkung Kecamatan Sekongkang. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SDN Aik Kangkung Kecamatan Sekongkang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 kedisiplinan kehadiran guru dalam mengajar di kelas terlambat kurang dari 5 menit mencapai 37,5 % sehingga belum memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Pada siklus kedua kedisiplinan kehadiran guru dalam mengajar di kelas terlambat kurang dari 5 menit mencapai hasil 87,5%, dari hasil penelitian dan analisa data, pada siklus kedua, kedisiplinan kehadiran guru dikelas pada proses pembelajaran meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran guru dikelas pada kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.
Penguatan Proses Kognitif Melalui Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Pada Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Abdul Haris
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.367 KB)

Abstract

Penguatan proses kognitif melalui Pendekatan Student Centered Learning (SCL) pada Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam merupakan kegiatan tindak lanjut atas keadaan mengenai kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memahami Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam masih rendah. Keadaan ini ditengarai akibat mahasiswa belum menguasai kemampuan prasyarat, prosedural, dan kemampuan kognitif yang diperlukan dalam merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penerapan Student Centered Learning (SCL) diharapkan dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang inovatif yang dapat memberi penguatan proses kognitif bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan ilmiah secara maksimal dalam merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil instruksional menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai bagian SCL pada Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Teknik instruksional SCL khususnya pembelajaran berbasis masalah dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar dengan melibatkan berbagai atribut yang dapat menguatkan proses kognitif; b) Atribut-atribut softs skills mahasiswa yang bersesuaian dengan atribut-atribut SCL yang diintegrasikan dalam proses kognitif mahasiswa pada kegiatan perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar adalah: berfikir kritis dan analitis; kerjasama, diskusi, kemampuan dokumentasi, presentasi, merupakan penekanan dari pemecahan masalah; c) Implementasi SCL dalam kegiatan perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar berdampak pada penguatan proses kognitif mahasiswa dalam perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar; dan d) Implementasi SCL dalam perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar cukup efisien digunakan, karena mahasiswa mampu mengembangan kemampuan proses kognitif sebagai bagian pengetahuan metakognitf yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran bermakna
Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Terkait Peningkatan Budaya Prestasi Sekolah di MTs. Kota Bima Sri Haryanti
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.327 KB)

Abstract

Peran Kepala sekolah sebagai manajer mempunyai posisi penting dalam meningkatkan kualitas sekolah. atas dasar itu, penelitian difokuskan pada kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi di sekolah.  penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan di MTSN I Kota Bima dan MTS Muhammadiyah Kota Bima. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, wakil kepala sekolah, siswa, kementerian agama dan komite; (2) observasi untuk mendapatkan gambaran tentang keadaan sekolah, pada saat kepala sekolah melakukan rapat dan melakukan pembinaan terhadap guru-guru, dan observasi terhadap kegiatan siswah; dan (3) dokumentasi dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dan di padukan dengan snowball sampling. data yang terkumpul  di sekolah di analisis melalui tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan, dan untuk mengecek Kebenaran data di analisis dengan  mengunakan  triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian sbb: (1) terdapat perbedaan kepemimpinan kedua sekolah sehingga memiliki budaya prestasi yang berbeda; (2) bentuk pembinaan siswa yang dilakukan oleh kedua sekolah berbeda, MTSN I melakukan pembinaan kepada siswa tidak hanya saat mengikuti lomba saja tetapi diadakan setiap minggunya, namun. Hal tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi di MTS Muhammadiyah Kota Bima. Sehingga menyebabkan prestasi kedua sekolah tersebut berbeda
Pengelolaan Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah di SMA Negeri 1 Soromandi Ikhwan
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.314 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan  umum tentang pengelolaan pembelajaran fisika berdasarkan masalah disekolah SMA Negeri 1 Soromandi.  Tujuan khusus penelitian, yaitu mendiskripsikan tentang (1)Pengelolaan ruang dan media pembelajaran Fisika berbasis masalah dalam rangka untuk meningkatan hasil belajar siswa (2) Pengembangan materi ajar fisika berbasis masalah (3) Pelaksanaan  interaksi pembelajan fisika berbasis masalah (4)Perencanaan evaluasi dan tindaklanjut pembelajaran Fisika berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian dan solusi; (1)Manajeme pengelolaan ruang dan media pembelajaran fisika berbasis masalah sesuai dengan kebutuhan belajar siswa sehingga pembelajran tersebut dapat memeperkaya makna baik bagi guru, siswa dan sekolah pada umunya(2) Pengembangan materi ajar fisika berbasis masalah yang harus di perhatikan adalah prosedur pengembangan bahan ajar, mengidentifikasi perilaku awal siswa, membuat perumusan tujuan pembelajaran, persiapan dan perancangan(3) Pelaksanaan  interaksi pembelajaran fisika berbasis masalah, siswa dituntut untuk saling bekerjasama dalam memecahkan masalah (4) Perencanaan  evaluasi dan tindakan pembelajaran fisika berbasis masalah, guru melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa dapat memahami informasi yang diberikan oleh guru, siswa dapat menemukan hubungan informasi baru dengan informasi yang sudah dipelajari, sehingga pada akhirnya siswa dapat memahami informasi yang berikan oleh guru dalam memahami dan mempelajari materi pengajaran berikutnya
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN METODE P2R DAN MODEL BERPIKIR-BERBASANGAN-BERBAGI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 POTO TANO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Seni Hadiawati
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 2 No 1 (2020): Edisi Agustus 2019 - Januari 2020
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan membaca cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Poto Tano masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa merasa kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerpen dan menemukan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa menggunakan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi dalam membaca cerpen pada siswa kelas IX dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian membaca cerpen dengan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi pada  siswa kelas IX SMP Negeri 1 Poto Tano dangan baik.
PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 3 SEKONGKANG Susanto, Edy
Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan Vol 2 No 1 (2020): Edisi Agustus 2019 - Januari 2020
Publisher : Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Sumbawa Barat - NTB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Sekongkang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri 3 Sekongkang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 1). Terdapat peningkatan kualitas belajar siswa, peningkatan tersebut dapat dilihat pada meningkatkannya nilai yang diperoleh siswa kelas V setelah digunakannya sistem penilaian (ulangan) berbasis online pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam; 2). Penggunaan Aplikasi soal dan penilaian berbasis online pada mata pelajaran pendidikan agama islam juga meningkatkan motivasi siswa dalam keaktifan pada saat proses pembelajaran berlangsung, selain itu, penggunaan aplikasi ini juga mampu mengurangi waktu siswa dalam mengerjakan soal-soal pada saat proses penilain.

Page 1 of 2 | Total Record : 18