cover
Contact Name
Asep Hidayat
Contact Email
asep.hidayat.1204@gmail.com
Phone
022-4215716
Journal Mail Official
fkip.unla@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
EDUCARE
ISSN : 1412579X     EISSN : 26847612     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti harfiahnya adalah penuntun dan pembimbing, yang diharapkan menjadi penuntun dan pembimbing ke arah kebaikan dan kebenaran.
Articles 73 Documents
Pengembangan Kemampuan Menulis Penelitian Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung Hidayat, Asep; Mariam, Popon
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Salah satu kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Kemampuan ini menunjukkan kemampuan guru melakukan dan memanfaatkan hasil refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilakukannya, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Permasalahan yang dihadapi oleh guru MTs. Miftahulfalah Bandung adalah kesulitan untuk (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Solusi permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru MTs. Miftahulfallah Bandung adalah pengembangan kemampuan menulis PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Solusi ini dilakukan dengan memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Kegiatan yang telah dilakukan meliputi (1) persiapan sumber daya yang diperlukan; (2) melaksanakan program dengan model In-On-In dengan menggunakan pendekatan design thinking dari David Kelley (In), melakukan praktik materi sebelumnya melalui aktivitas pembelajaran sesuai dengan jadwal mengajar (On), dan presentasi hasil praktik dan refleksi; (3) monitoring dan evaluasi; dan (4) pelaporan kegiatan.
Pendampingan Guru dalam Menemukan dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Mts Miftahulfallah Bandung Syaodih, Erliany; Lisnawati, Cucu
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi atas kepedulian pada hasil dan kualitas pembelajaran yang belum sesuai( mencapai) kriteria ketuntasan minimal (KKM). Diantara berbagai penyebab, salah satu unsur yang cukup dominan memberi kontribusi terhadap mutu lulusan adalah proses belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan baik oleh guru maupun siswa, kesulitan belajar merupakan satu kondisi yang cukup dominan menghambat keberhasilan belajar pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan di Madrasah, difokuskan pada upaya pendampingan terhadap guru dalam menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kegiatan refleksi pembelajaran yang dirinci dalam kegiatan-kegiatan : a) Menyusun instrumen refleksi pembelajaran, b) melakukan simulasi penggunaan instrumen refleksi pembelajaran, c)mendampingi guru dalam praktek menemukan bentuk-bentuk kesulitan belajar menggunakan instrumen refleksi pembelajaran, d) mendamping guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa dengan memanfaatkan hasil refleksi pembelajaran, e) mensilmulasikan pemanfaatan hasil refleksi pembelajaran. Secara kuantitatif keluaran kegiatan ini adalah diperolehnya draft instrument untuk menditeksi kesulitan belajar siswa, hasil penelusuran dan pengamatan para guru di kelasnya masing-masing disamping data rill komponen kesulitan belajar siswa MTs Miftahulfallah.
Pelatihan Kegiatan Usaha Koperasi Warga RT. 02 RW. 07 Kelurahan Margahayu Utara Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung Manzilatusifa, Uus; Suherman, Fugiyar
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian terbesar rakyat Indonesia adalah melalui pemberdayaan koperasi. Secara umum koperasi dipahami sebagai perkumpulan orang yang secara sukarela mempersatukan diri untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Melalui pembentukan koperasi secara sadar dan tidak spontan. Kenyataan yang ada koperasi yang dibentuk dilingkungan RT 02 RW 07 secara spontan dan tidak direncanakan. Pengurus dipilih tidak berdasarkan keputusan rapat anggota, namun ketua PKK otomatis menjadai ketua koperasi. Modal yang terkumpul tidak berdasarkan aturan dalam koperasi, kegiatan usaha tidak berdasarkan kepada jenis-jenis usaha koperasi, pencatatan belum mengacu kepada PSAKno 27 tahun 2007, pembagian sisa SHU belum mengacu kepada pencatatan akuntansi koperasi. Partisipasi anggota belum sepenuhnya memanfaatkan pelayanan yang ada dikoperasi. Sehingga perlu ada pendampingan pelatihan untuk membentuk koperasi yang mengacu kepada aturan koperasi berdasarkan UU No 25 Tahun 1992 dan PSAK No 27 tahun 2007 sehingga terarah kepda pembentukan koperasi yang sebenarnya..
Pendampingan pada Guru Kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung Zahara, Rita; Herdhiana, Ria; Sritumini, Bella Anantha
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Membuka lapangan pekerjaan adalah sebuah tantangan bagi setiap individu, khususnya siswa SMK, mereka harus memiliki jiwa wirausaha dan berfikir kritis dan kreatif untuk menciptakan peluang usaha, mereka harus belajar tidak bergantung pada orang lain ataupun pemerintah. Dengan ilmu dan kreatifitas yang dimiliki pada saat sekolah terutama mendapatkan ilmu tentang kewirausahaan yang merupakan bagian dari pembelajaran diharapkan setiap siswa SMK memiliki kemampuan berwirausaha agar bisa membuka lapangan kerja sendiri. Sebagai langkah awal dalam memulai usaha diharuskan mampu membuat rencana usaha yang dituangkan dalam Business Plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat rencana miniature bisnis dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/ permodalan serta susunan para pemilik Modal, dan manajemn yang dipilih untuk mencapai tujuan Usaha. Kegiatan yang telah dilakukan meliputi (1) persiapan sumber daya yang diperlukan dalam PKM Pendampingan guru kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung. (2) melaksanakan program dengan model diskusi materi kewirausahaan antara tim Dosen PKM dari UNLA dengan Guru-Guru Kewirausahaan SMK Bina (3). Setelah materi kewirausahaan dan prsentasi hasil praktik dan refleksi; (3) Diskusi materi Business Plan dengan berpedoman pada materi ajar kewirausahaan yg telah disepakati bersama, (4). Penetapan buku Business Plan hasil kesepakatan (5) pelaporan kegiatan.
Pendampingan dan Pembimbingan Pembuatan Alat Tes High Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari Bandung Widyatiningtyas, Reviandari; Gumelar, Agung Cahya
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau high order thinking skills (HOTS) di negara kita pada tahun 2017 pelaksanaan penyelenggaraan UNBK sudah menerapkan ujian HOTS, keadaan ini menyebabkan peserta didik mengeluh dengan soal-soal yang diberikan terlalu sulit dan dipandang tidak sesuai dengan apa yang diajarkan di kelas. Di pihak lain banyak sekali masalah-masalah yang dihadapi guru selama melaksanakan pembelajaran, juga dalam hal membuat alat evaluasi tes HOTS, karena selama ini belum ada pendampingan dan pedoman dalam membuat instrumen tes HOTS. Target luaran kegiatan pendampingan dan pembimbingan pembuatan instrumen tas HOTS adalah: (1) Pemahaman guru-guru dalam pembuatan soal tes HOTS; (2) Peningkatan kemampuan guru-guru dalam mengidentifikasi indikator soal tes HOTS; (3) Guru-guru dapat membuat sendiri instrumen tes HOTS; (3) hasil karya guru berupa instrumen tes HOTS dapat diuji cobakan kepada peserta didik; dan (5) Artiker jurnal ber ISSN.
Membangun Karakter Masyarakat yang Sadar Akan Sampah dan Lingkungan Sungai Citarum di Kecamatan Astana Anyar Kotamadya Bandung Irmawan, Irmawan
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Sungai Citarum merupakan sungai yang terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat dan sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Namun ironisnya, berkebalikan dengan nilai historis dan signifikasi Sungai Citarum bagi bangsa Indonesia. Saat ini, Sungai Citarum sedang mengalami krisis. Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat (BPLHD Jabar) telah mengkonfirmasi bahwa limbah industri jauh lebih intens dalam hal konsentrasi dan mengandung bahan-bahan berbahaya sebanyak 48%. Hal tersebut menyebabkan akses atas sumber air yang aman dan bersih tidak dimiliki Indonesia dan lebih dari 70% warga Indonesia mengkonsumsi air yang terkontaminasi limbah. Penyakit yang diakibatkan konsumsi air yang tidak bersih adalah diare, kolera, disentri, dan menjadi penyebab kematian balita kedua terbesar di Indonesia. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan oleh civitas tenaga pendidik terkait kondisi di atas adalah dengan melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk dapat secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah kemasyarakatan yang dihadapi dalam suatu lingkungan, baik secara individual maupun secara umum. Target capaian kegiatan ini adalah Artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal ber ISSN atau prosiding ber ISSN dari seminar nasional atau internasional.
Pengembangan Karir Guru SD Sukmana, Nano; Nofrita, Nofrita
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

Tolak ukur perkembangan karir seorang guru dapat dilihat dari pangkatnya yang naik secara berkala. Kenaikan pangkat tersebut harus memenuhi persyaratan angka kredit kumulatif minimal serta angka kredit per-jenjangnya untuk point pengembangan diri dan karya tulis ilmiah. Fenomenanya, tidak sedikit guru kesulitan naik pangkat karena belum terampil membuat karya tulis ilmiah. Menyikapi hal tersebut, Penulis sebagai Dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Langlangbuana dengan Tri Dharma Perguruan Tingginya mengambil peran untuk menjadi fasilitator agar guru SD dapat mengembangkan karir dengan baik. Peran tersebut diwujudkan dalam bentuk Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan mitra yang dibagi dalam tiga kegiatan, yaitu: 1) Seminar tentang “Urgensi Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Karir Guru SD”; 2) Pelatihan PTK; dan 3) Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah. Mitra berpartisipasi penuh sebagai penyelenggara kegiatan dengan memfasilitasi tempat dan peserta. Selanjutnya, capaian luaran kegiatan PkM ini adalah: contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan Karya Tulis Ilmiah (KTI) peserta dan artikel ilmiah terkait kegiatan PkM yang dipublikasikan melalui jurnal atau prosiding ber ISSN.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Marimmas, Dentin; Zahara, Rita; Sritumini, Bella Anantha; Zahara, Rita
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

This research is motivated by the problem of increasing communication skills of low students, especially on professional ethics subjects. The purpose of this study is to obtain information about the Time Token Model. In the subject of professional ethics in improving the communication skills of students. The research design used in this study is the Quasy experiment Nonequivalent Control Group Design. The nature of the research used is quantitative. Data collected in the form of the results of the pre-test and post-test given at the beginning and end of the meeting. The results of hypothesis testing using the normality test, homogeneity test, t test and gain test which shows that the Time Token model can improve communication skills higher than learning using the method commonly used by teachers. The increase is seen from each indicator of student learning outcomes which includes verbal and nonverbal communication skills. In conclusion, from the hypothesis which states based on the testing of the information obtained, it can be concluded that there are differences in learning outcomes when the Time Token model is applied. Based on the evidence that the hypothesis which reads "There is an increase in the communication skills of students after the application of the Time Token model" can be accepted. Based on the results of data analysis in chapter IV, there are differences between the experimental class and the control class, which can be seen from the results of the t test.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video Powtoon Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Dianawati, Elisa; Herdhiana, Ria; Lisnawati, Cucu
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

, , This study aims to (1) knowing the differences in the interest of students in the experimental class using the investigation group learning model assisted by powtoon video media with the control class using the CPTT method (2) knowing the differences in learning outcomes of students in the experimentalclassusingthe investigation group learning model assisted by powtoon video media with the control class using the CPTT method (3) knowing the positive relationship between interest with the learning outcomes in the experimental class using the group investigation learning model assisted by powtoon video media.This type of research is an experimental study with noequivalent pretest posstest controlgroupdesign.The study population was X AP class 3 Bandung Vocational High School with a sample of class X AP 4 andXAP5. The instruments used in the study were interest questionnaires and learning outcome tests. Theresults showed that there were differences between students 'interests and learning outcomes after thetreatment,the learning outcomes of students in the experimentalclass using different group investigation models with the control class using the CPTT method, and there wasa positive relationship between interest in students' learning outcomes.
Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Epina, Ria; Manzilatusifa, Uus; Handoko, Sungging
EDUCARE Vol. 16, No. 2, Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.451 KB)

Abstract

This research is motivated by the lack of understanding of students' concepts that can be seen when educators give a question to students who cannot repeat the concept with their own language. The purpose of this study was to determine the use of Cooperative Learning learning types of Cooperative Integrated Reading and Composition (performed very well or not, so that if it is good then there will be an influence on increasing students' concept understanding. This research was conducted in the even semester of 2017/2018 school year. The method used in this study is quasi-experimental using purposive sampling, where the population is all students of class X SMAN 11 Bandung and the sample in this study is students of class X IPS 2 as an experimental class and students of class X IPS 3 as a class control consisting of each class totaling 32 students. The instruments used in this study are observation sheets and test types describing the concept comprehension ability in writing so the data to be collected in this study are pretest and posttest data which are then analyzed by using SPSS 22.0 for Windows software to see the effect of using learning models CIRC. Hypothesis testing results using the observation sheet, and t-test which shows that the CIRC model use model is used very well, and based on the results of statistical tests the understanding of the concept of students in the experimental class experienced a significant increase compared before using it.