cover
Contact Name
Oda I. B. Hariyanto
Contact Email
oda@uib.ac.id
Phone
+627787437111
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Gajah Mada Baloi Set Ladi
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Pariwisata Indonesia
ISSN : -     EISSN : 2655965X     DOI : -
Jurnal Pariwisata Indonesia (ALTASIA) merupakan hasil penelitian yang mengikuti situasi dan kondisi kekinian sesuai dengan perkembangan Dynamic Global Tourism. Mengaplikasikan teori dan kajian ilmiah di bidang Kepariwisataan serta mengkompilasi kajian-kajian analisis kritis kepariwisataan secara multidimensi dan multidisiplin. Terbit secara berkala setiap enam bulan sekali, bulan Februari dan Agustus.
Articles 46 Documents
Implementasi Bauran Pemasaran Kepariwisataan Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan Komariyah, Imas; Sunandar, Darmawan Megananda
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Jurnal ALTASIA (Agustus)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.986 KB)

Abstract

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi yang memiliki potensi, baik potensi kekayaan alam, budaya, dan juga pariwisata. Salah satu potensi unggulan di wilayah Provinsi Jawa Barat atau Tatar Sunda adalah dimilikinya kekayaan dan keragaman sumber daya pariwisata yang tinggi, meliputi wisata alam, wisata budaya dan wisata minat khusus. Pariwisata merupakan salah satu potensi yang diandalkan sebagai sektor yang potensial untuk pembangunan Jawa Barat, berkaitan dengan alasan ekonomi, sosial, konservasi, serta pelestarian lingkungan dan budaya, kawasan pantai Pangandaran salah satu objek wisata yang menjadi primadona dalam wisata bahari di Jawa Barat bagian selatan.             Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi bauran pemasaran kepariwisataan dalam upaya peningkatkan kunjungan wisatawan pantai Pangandaran. Penelitian ini menggunakan single cash (studi kasus tunggal), dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan tujuan untuk menghasilkan kesimpulan terbaik dan dapat memperkuat argumentasi peneliti.             Dari hasil penelitian menunjukkan implementasi bauran pemasaran kepariwisataan yang meliputi produk, harga, distribusi, promosi, proses, karyawan, dan sarana prasarana belum dilaksanakan secara optimal, sehingga kunjungan wisatawan Pantai Pangandaran belum menunjukkan hasil yang optimal pula. Kurang optimalnya kunjungan wisatawan, ini disebabkan kemampuan pengelola wisata pantai Pangandaran dalam mengimplementasi bauran pemasaran kepariwisataan belum dilaksanakan secara profesional. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi bauran pemasaran kepariwisataan dalam peningkatan kunjungan wisatawan secara keseluruhan bagi pihak pengelola dan pihak terkait perlu mempunyai komitmen yang jelas, Sumber Daya Manusia harus teruji kompetensinya, dan manajemen harus dilaksanakan secara terpadu dan terarah.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGEMBANGAN WISATA HALAL DI KABUPATEN SOLOK Fadly, M.; Ismail, Yunita
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Jurnal ALTASIA (Februari)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.554 KB)

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu penggerak devisa negara. Sektor ini juga menjadi sektor yang paling gampang dalam membuka lapangan kerja. Wisata halal menjadi jenis wisata yang mulai berkembang di Indonesia tetapi sudah menjadi trend dan menjadi salah satu pemenuhan gaya hidup saat ini. Kabupaten Solok merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Momentum wisata halal yang ada di Sumatera Barat ternyata belum menjadi fokus utama bagi masyarakat Kabupaten Solok, hal ini terbukti kurangnya partisipasi masyarakat khususnya pada sektor akomodasi. Hal ini terbukti bahwa ketersediaan akomodasi tidak sebanding dengan pertumbuhan wisatawan yang masuk ke Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan 193 responden. Analisis statistik menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) Versi 16.0 dan menggunakan metode Analisis Faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor dominan dalam mengangkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata halal di Kabupaten Solok yaitu budaya yang kuat menjadi landasan pengetahuan wisata serta kekuatan ekonomi yang memadai
TRADISI RITUAL MASYARAKAT DESA RAWABOGO CIWIDEY SEBAGAI DAYA TARIK DESA WISATA Hariyanto, Oda I. B.; Sihombing, Dame Afrina
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Jurnal ALTASIA (Februari)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.932 KB)

Abstract

Mengembangkan suatu desa menjadi desa wisata  merupakan salah satu strategi pemerintah dalam mempercepat membangunan desa tertinggal. Melalui   pendekatan  pengembangan wisata alternative, untuk  merealisasikan pembangunan pariwisata  dengan mengemas suatu pedesaan menjadi desa wisata. Pada umumnya desa telah   memiliki potensi dasar  yang belum tersentuh dan dikembangkan,  seperti kekayaan alam, keunikan budaya dan kuliner tradisional. Potensi dasar yang telah dimiliki oleh masing-masing  desa   merupakan modal utama sebagai daya tarik wisata desa, dapat  dikembangkan sebagai diversifikasi produk wisata, dan pasar wisata. Untuk meningkatkan target kunjungan wistawan 2020, adalah  20 juta wisatawan mancanegara.  Kondisi kehidupan perkotaan yang semakin padat kesibukan yang tinggi dan kemacetan semakin meningkat. Kini destinasi desa wisata semakin banyak diminati oleh wisatawan mancanegara, wisatawan Nusantara, maupun wisatawan lokal. Membangun suatu desa wisata sekaligus untuk mengembangkan identitas atau ciri khas daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan multidisiplin, dengan alasan bahwa penelitian ini merupakan fenomena sosial-budaya dengan latar yang sesungguhnya atau alami, dan kekinian. Data yang dihasilkan berupa data deskriptif. Kebaharuan dari penelitian ini adalah munculnya sebuah desa menjadi daya tarik wisata baru atau alternative yang banyak diminati oleh masyarakat kota.
Digital Pemasaran Pariwisata dan Pendekatan Soft Skill di Destinasi Wisata Sihombing, Dame Afrina; Hariyanto, Oda I. B.
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Jurnal ALTASIA (Agustus)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.931 KB)

Abstract

Pemasaran pariwisata dilakukan secara digital untuk menjangkau pasar yang luas, dalam rangka mempromosikan pariwisata ke dunia Internasional. Dalam dunia pariwisata adalah menumbuhkan kesadaran kemampuan soft skill, pembangunan kesadaran dan kemampuan soft skill terkesan terabaikan. Pembangunan kesadaran dan kemampuan soft skill tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi harus secara bertahap sesuai dengan kemanpuan dan pemahaman, serta kondisi masyarakat di daerah destinasi tersebut. Kesadaran dan kemampuan soft skill masyarakat tentang moral etika dan tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya menjadi hal utama. Rendahnya kesadaran dan kemampuan soft skill seperti moral etika terhadap tanggung profesional seringkali menjadi keluhan wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata. Akibat perlakuan seseorang yang tidak bertanggung jawab terhadap wisatawan dapat menimbulkan image negative. Hal tersebut akan menurunkan citra pariwisata secara nasional maupun di dunia internasional. Oleh sebab itu kemajuan teknologi penggunaan digital pemasaran pariwisata, harus berjalan simultan dengan pembangunan kesadaran dan kemampuan soft skill para pelaku usaha Industri pariwisata. Khususnya masyarakat di destinasi menjadi ujung tombak yang berada di garis depan dalam melayani secara langsung wisatawan yang berkunjung ke destinasi. Metode penelitian kualitatif dan pendekatan etnografi untuk menganalisis masalah, dengan alasan penelitian ini membahas tentang masalah aktual dan faktual terkinikan, dan untuk memahami perilaku sosial masyarakat setempat. Data yang dihasilkan berupa data deskriptif yang akan disusun secara sistimatis sebagai hasil penelitian.
PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG CIWANGUN INDAH CAMP MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING Hakeem, Jordi Rachmat; Priyanto, Rahmat
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Jurnal ALTASIA (Februari)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.573 KB)

Abstract

Peramalan adalah upaya memprediksi peristiwa pada masa yang akan datang menggunakan data masa lalu. Belum diterapkannya teknik peramalan pada Ciwangun Indah Camp seringkali menyebabkan pihak destinasi wisata mengalami kesulitan dalam proses penyusunan rencana kerja  maupun penentuan persediaan fasilitas yang disewakan pihak destinasi wisata, terutama dengan jumlah pengunjung Ciwangun Indah Camp yang tidak menentu setiap tahunya. Penerapan peramalan pengunjung pada Ciwangun Indah Camp diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan rencana maupun sebagai alat yang mempermudah proses pengambilan keputusan bagi pihak destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peramalan pengunjung Ciwangun Indah Camp dengan metode Moving Average  dan Exponential Smoothing dan metode peramalan yang tepat untuk diterapkan pada Ciwangun Indah Camp. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi secara langsung dilapangan, kegiatan wawancara, studi kepustakaan, serta data masa lalu jumlah pengunjung Ciwangun Indah Camp. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Exponential Smoothing adalah metode peramalan yang paling tepat untuk diterapkan di Ciwangun Indah Camp.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Monumen Nasional Jakarta Priyanto, Rahmat; Mahfud, Intan
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Jurnal ALTASIA (Agustus)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.447 KB)

Abstract

Monumen Nasional Jakarta merupakan monumen yang menjadi ciri khas Kota Jakarta. Monumen Nasional menawarkan daya tarik wisata berupa sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia. Kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Karena kualitas pelayanan sangat erat kaitanya dengan kepuasan pengunjung. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di monumen nasional Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi, quisioner dan literature dari penelitian terdahulu atau jurnal. Populasi dalam penelitian ini merupakan wisatawan yang melakukan kunjungan ke Monumen Nasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki korelasi yang tidak besar terhadap Kepuasan Pengunjung namun Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung di  Monumen Nasional Jakarta.
PERANAN GENERAL AFFAIR DI SEBUAH HOTEL “STUDI KASUS : GENERAL AFFAIR DI HOTEL THE WESTLAKE RESORT YOGYAKARTA Nugroho, Dhimas Setyo; Indriyani, Nurnita
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Jurnal ALTASIA (Februari)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.234 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tugas General Affair di hotel The Westlake Resort Yogyakarta Hotel. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Artikel ini membahas lebih luas tentang tugas-tugas General Affair di hotel, masalah yang dihadapi, terutama dalam menghadapi kurangnya ruang penyimpanan seragam dan kurangnya stok seragam. Solusi dalam menghadapi masalah-masalah ini adalah menyimpan seragam di dalam gudang departemen Housekeeping dan bagi semua karyawan yang menggunakan seragam untuk mengisi formulir aset properti.
Perilaku Mahasiswa Pariwisata Menggunakan Media Sosial Untuk Mempromosikan Destinasi Wisata Noor, Any; Suryana, Marceilla; Amalia, Sholihati
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Jurnal ALTASIA (Agustus)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.819 KB)

Abstract

Tingginya penggunaan media sosial dalam kegiatan wisata berdampak pada kemampuan mahasiswa pariwisata mengadaptasi perkembangan teknologi, khususnya media sosial. Penelitian ini difokuskan pada perilaku mahasiswa pariwisata menggunakan media sosial untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mengenai perilaku mahasiswa pariwisata. In depth interview dilakukan pada 26 mahasiswa pariwisata di wilayah Bandung, Jakarta dan sekitarnya. Teknik analisis konten dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan mendalam yang mempengaruhi mahasiswa pariwisata menggunakan media sosial dalam konteks pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pariwisata memiliki kemampuan menggunakan media sosial untuk membuat blog dan vlog dengan aplikasi yang tersedia. Mahasiswa pariwisata memiliki keiinginan untuk mempromosikan destinasi wisata melalui akun media sosial yang dimilikinya. Temuan lainnya menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keiinginan dan sudah mulai berbisnis menggunakan media sosial dalam bidang yang berhubungan dengan pariwisata, seperti membuat paket wisata dan menjualnya
PERSONALITI RESEPSIONIS DI KANTOR DEPAN HOTEL HARRIS HOTEL BATAM CENTER Zhang, Diana; Wiriyananda, Alvianto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Jurnal ALTASIA (Februari)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.019 KB)

Abstract

Perkembangan dan pembangunan hotel di kota Batam cenderung meningkat, hal tersebut membawa dampak positif  bagi kota Batam. Meningkatnya pendapatan asli daerah, terbukanya kesempatan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Batam.   Memberikan kontribusi pada perbaikan dan pelebaran jalan-jalan di kota Batam, demikian juga yang  dialami oleh hotel-hotel  dengan meningkatnya  hunian kamar khususnnya hotel  berbintang. Disisi lain  berdampak  timbulnya persaingan dengan ketat diantara hotel-hotel yang ada di Batam, sehingga masing-masing hotel  saling memperbaiki kualitas layanan maupun produk. Setiap hotel berinovasi untuk keunggulan produk yang ditawarkan kepada tamu. Salah satunya adalah memberikan layanan terbaik kepada tamu melalui resepsionis  yang bertugas di kantor depan, dengan tepat  dan cepat serta personaliti yang menarik. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang digunakan oleh resepsionis dalam berkomunikasi  kepada tamu-amu singapur dan China.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda penelitian kualitatif,  sumber data yang dikumpulkan dari data primer, dan data sekunder dari Guest Comment. Hasil Penelitian merekomendarikan bahwa staf resepsionis untuk  hotel-hotel di Batam harus memiliki kemanpuan  berkomunikasi  dalam bahasa Mandarin sebagai nilai tambah.  
Strategi Pricing Policy Dalam Menarik Minat Wisatawan Dewi, Kartika; Syarifuddin, Didin; Martina, Sopa
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Jurnal ALTASIA (Agustus)
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.181 KB)

Abstract

Taman Buah Mekarsari Bogor adalah salah satu pusat konservasi terbesar untuk keanekaragaman hayati buah-buahan tropis di dunia, terutama jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari semua daerah di Indonesia, serta tempat untuk penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan dan perbanyakan benih unggul kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum. Penelitian ini adalah tipe deskriptif-verifikatif, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara indindental dengan 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi analisis (R ^ (2)), uji parsial (uji T). Penelitian ini dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan uji autokerasi. Dari hasil uji statistik, diketahui bahwa kebijakan penetapan harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat wisatawan dengan koefisien kabupaten sebesar 0,793, selain itu produk pariwisata dan pengaruh kebijakan harga terhadap minat wisata di Taman Buah Mekarsari sebesar 62,9%.