cover
Contact Name
Nur Aliyyah Irsal
Contact Email
-
Phone
+6285758012912
Journal Mail Official
jp2ms@unib.ac.id
Editorial Address
Gedung Dekanat FKIP Lt.2 Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 2581253X     DOI : 10.33369/jp2ms
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan menengah
Articles 77 Documents
UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN RELASIONAL PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS VIII SMP Riyani, Rizki; Maizora, Syafdi; Hanifah, Hanifah
JP2MS Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.065 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Abstract

The purpose of this study is to know the validity of test development to measure relational understanding. This study is motivated by the test questions that are usually given by the teacher does not contain procedural calculations and have not varied yet. Type of this study is Reseach and Development by adopting 4-D development procedures. The instruments of this study were validation sheets. Validation was done by two lecturers of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu, and a teacher of class VIII SMP Negeri 01 Kabupaten Kepahiang. The result shows that developing test is categorized as? valid as well as test can be used.Keywords: Measure Relational Understanding, Research and Development, Quadratic Equation
Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII karimah, annisa; Rusdi, Rusdi; Fachruddin, M
JP2MS Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.179 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.1.9-13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk? mengetahui tingkat efektifitas dari Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Materi Garis dan Sudut yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE. Penelitian dilakukan dalam ?tiga tahap yaitu: terdiri tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development) . Pada tahap pengembangan dilakukan uji efektifitas. Uji efektifitas Media pembelajaran dilakukan pada kelas VII F SMP IT IQRA? Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar efektifitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif model tutorial pada pokok bahasan garis dan sudut di kelas VII SMP/MTs termasuk dalam ?kategori sangat efektif dari aspek aktivitas siswa dan guru, respon siswa, dan tes hasil belajar siswa dengan skor 4,23.Kata Kunci? :? Efektifitas, Media Pembelajaran, tutorial model, Multimedia Interaktif, Garis dan Sudut.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Setiawati, Nisa; Rusdi, Rusdi; Yensy, Nurul Astuty
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.244 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.176-181

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen VII.D dengan jumlah 34 siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution dan kelas kontrol VII.F dengan jumlah 34 siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,047 lebih dari nilai ttabel = 1,9965 dalam taraf signifikan 5%. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.Kata Kunci : pembelajaran problem posing tipe pre solution, pembelajaran konvensional, hasil belajarAbstractThis study aims to determine whether the results of learning mathematics students between learning Problem Posing Pre Solution Type is higher than the results of learning with conventional learning in class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. This research is an experimental research with population of this research is student of class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. The samples were taken by purposive sampling technique so that the experimental class VII.D was obtained with the number of 34 students applying the model of problem posing of pre-solution type and control class VII.F with 34 students applying conventional learning. Based on the results of data analysis using t test obtained t count = 2.047 more than the value of ttable = 1.9965 in a significant level of 5%. Then Ho is H0 rejected so it can be concluded that the results of learning mathematics students by applying learning Problem Posing Pre Solution Type is higher than the student learning outcomes by applying conventional learning in class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.?keywords: problem posing learning pre solution type, conventional learning, learning outcomes
Penerapan Model Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Novianti, Karina; Muchlis, Effie Efrida; Maizora, Syafdi
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.966 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.170-175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Think Talk Writedalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ?Model Think Talk Writedapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan? alat peraga, pembagian kelompok belajar secara heterogen, memberikan bantuan belajar khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah, melakukan pendekatan serta memberikan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti tahapan pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas belajar ?siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 2,63; 2,92; 3,76.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU Anggraeni, Sintya Siti; Muchlis, Effie Efrida; Rusdi, Rusdi
JP2MS Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.237 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.1.94-100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 23 siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Istrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa? juga dapat di tingkatkan dengan cara memberikan lembar kegitan peserta didik (LKPD) berbasis CIRC, menugaskan siswa untuk membaca memberikan soal-soal latihan yang menggunkan konsep, dan meringkas materi di rumah, dan menggambar serta menghitung dengan teliti. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata tes hasil belajar (THB) siswa siklus I sampai siklus III yaitu 70,17, 78,91 dan 82,87 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 56,52%, 73,91%, 82,61%.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL Rizki, lidya Dita; Yensy B., Nurul Astuty; Rusdi, Rusdi
JP2MS Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.404 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.1.47-53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VC untuk kelas kontrol tidak menggunakan media manipulatif dan kelas VA untuk kelas eksperimen menerapkan penggunaan media manipulatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes diberikan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Untuk analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan media manipulatif lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar tanpa menggunakan media manipulatif. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t hitung (14,57) > t tabel (2,00). Nilai thitung yang diperoleh lebih dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN SOAL CERITA Rahmah, Annisyah; Muchlis, Effie Efrida; Herawaty, Dewi
JP2MS Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.364 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.2.116-121

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMPN 15 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan soal cerita dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara: a) Menetapkan kelompok belajar heterogen berdasarkan tingkat kemampuan akademis, b) Memberikan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok, c) Melakukan kegiatan bertukar informasi. Peningkatan aktivitas terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I, II, III, yaitu 16,25 (kriteria cukup); 22,125 (kriteria cukup); 26,5 (kriteria aktif).kata kunci: pembelajaran ?kooperatif, ?Numbered ?Heads Together (NHT), soal cerita, aktivitas belajar.?AbstractThe study aims to improve the student mathematics learning activities by applying cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) using story problem. Type of this research is classroom action research (CAR) and carried out in three cycles with the research subjects were students of class VIII A SMPN 15 Bengkulu City. The instruments used in this study is the student activities observation sheet. The results showed that the application of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) using story problem can increas the students mathematics learning activities. Student activities can be improved by: a) Establishing the study group heterogeneously on the level of academic ability, b) Providing responsibility to each group member, c) Conducting information exchange activities. Increased of students activities can be seen from the observation of student activites cycle I, II, III, which is 16.25 (enough criteria); 22.125 (enough criteria); 26.5 (active criteria).keywords : cooperative learning, Numbered ?Heads ?Together (NHT), story problem, learning activities, learning outcomes.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Trinofita, Bella; Susanta, Agus; Hanifah, -
JP2MS Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.07 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.3.1.1-5

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menerapkan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes. Untuk analisis data instrumen tes menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,91 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 59,41. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis nilai ?thitung = 6,463 > nilai ttabel = 2,000 dengan = 5%. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.Kata Kunci: hasil belajar, penemuan terbimbing, strategi ekspositori?AbstractThe aim of the research is to know how to the effect of guided discovery learning model to study?s result student class VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Population of this research is students class VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sample of this research is student class VIII D for the experiment class apply to guided discovery learning model and class VIII E for control class apply to expository learning strategy. The technique data collection is instrument test. To analyze the instrument test data using the formula t-test with normal distribution data and homogen. Based on the research value the average study?s result experiment class higher than the average study?s result control class. The average of experimental class is 80,91 and the average of control class is 59,41. This is consistent with the value hypothesis test result valuet = 6,463 < value table = 2,000 with ? = 5%. Then H0 is rejected so that it can be concluded that there is the effect of guided discovery learning model to study?s result student class VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.Keyword: study?s result, guided discovery, expository strategy?
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU Agustin, Mely; Yensy, Nurul Astuty; Rusdi, Rusdi
JP2MS Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.475 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Abstract

This research aims to found out how to applyed Problem Posing Model Pre solution Posing Type in learning so that there were increased students learning activity. The design of this ?research was Classroom Action Research (PTK). The subjects of this research were students of class VIII B Junior High school 15 Bengkulu City in academic years 2016/2017. The instrument of this research was observated sheet of student learning activity. The indicators of the success of the actions in this research were student learning activities in active criteria (in result students learning activitiy interval contain ?). The result of the research saw that there was an increased of students' learning activity by giving motivation to the students to be active in the learning and presentation activities and gave additional value for the students who dare to express their opinions in front of the class and actively inquire during the presentation. Increased student activity can be seen from the average score on the observation sheets of student learning activities cycle I to cycle III in a row: 15,17 (criteria less active); 20.84 (fairly active criteria); 25.83 (active criteria).?Keywords: Problem Posing Model Pre solution Posing Type; Learning Activity.
EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 6I KOTA BENGKULU Kurniati, Desi; Rahimah, Dewi; Rusdi, Rusdi
JP2MS Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.091 KB) | DOI: 10.33369/jp2ms.1.1.14-19

Abstract

AbstractThe study aimed to describe the level of effectiveness of the comic media on the subjects of the three dimentionals characters for Student?s Grade V SD Negeri 61 Kota Bengkulu. The research type is research development. Effectiveness was tested on 30 students of grade VB SD Negeri 61 Kota Bengkulu even semester of academic year 2016/2017. The indicators of effectiveness of comic media seen from the criteria of student activity in learning activities, criteria of student response to learning and average learning outcomes. The results showed that the comics developed were categorized effective with the achievement of effectiveness: (1) Active student activity with average score of student activity 3,93; (2) Student response to the learning process is very good with an average score of 4,05; (3) The result of student learning VB SD Negeri 61 Kota Bengkulu effective with the completeness of learning classical students reach 76,67 % and the average value of 79,31.Keywords: Development Research, Comic Media, Math Lesson.