cover
Contact Name
Muhammad Iqbal Arrosyad
Contact Email
muhammad.iqbalarrosyad@stkipmbb.ac.id
Phone
+6285743816961
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Jalan K. H. Ahmad Dahlan KM 4 Rt. 03 No. 51 Ds. Mangkol, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Cendekiawan
ISSN : 26856271     EISSN : 2685595X     DOI : https://doi.org/10.35438/cendekiawan
The CENDEKIAWAN journal is regularly published in June and December. Publish papers relating to the results of research and critical analytical studies on the results of research and literature reviews of teachers, lecturers and other education practitioners relating to education in elementary schools.
Articles 24 Documents
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG LUAS BANGUN DATAR DENGAN MEDIA PUZBATAR TINAH
CENDEKIAWAN Vol 1 No 1 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.262 KB) | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i1.152

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Puzbatar dalam pembelajaran matematika siswa kelas VC SD Negeri 10 Pangkalpinang tentang luas bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas VC SD Negeri 10 Pangkalpinang pada pelajaran matematika tentang luas  bangun datar. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media Puzbatar diperoleh hasil sebagai berikut : (1) siswa terlihat aktif dalam pembelajaran mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus 3, (2) meningkatnya hasil belajar siswa yaitu penguasaan konsep siswa terhadap materi pembelajaran yaitu mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 dengan peningkatan 7% dari siklus 1 ke siklus 2 dan ada peningkatan 17% dari siklus 2 ke siklus 3. Peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 mencapai angka 82 dan keaktifan siswa, skor yang diperoleh 93 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzbatar dalam pelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifitasan dan hasil belajar siswa SD Negeri 10 Pangkalpinang
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLINGUR DI KELAS SATU SD NEGERI 1 PANGKALPINANG ISHAK
CENDEKIAWAN Vol 1 No 1 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.911 KB) | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i1.153

Abstract

Penelitian yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil belajar siswa tentang konsep pengurangan melalui permainan Bowlingur di kelas satu SD Negeri 1 Pangkalpinang yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 hingga  16 febuari  2017, yang dilatarbelakangi  dengan anak masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep pengurangan, kurangnya motivasi dan tidak adanya media yang menarik.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang konsep pengurangan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus perbaikan pembelajaran. Subjek pelaku adalah guru, dan subjek penerima tindakan adalah anak siswa kelas satu SD Negeri 1 Pangkalpinang. Data yang dikumpul melalui kegiatan Demonstrasi yang bervariatif, unjuk kerja, dan observasi. Hasil yang didapatkan, nilai rata-rata anak selama proses perbaikan dari siklus I (60%) dan mengalami peningkatan di siklus II (96%). Berdasarkan hasil tersebut, pada prasiklus, siklus I, dan siklus II disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan bowlingur dikelas satu SD Negeri 1 Pangkalpinang mengalami peningkatan hasil belajar dan mencapai ketuntasan.
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOMPETENSI DASAR MENIRUKAN PEMBACAAN PANTUN ANAK DI KELAS IV SD NEGERI 26 SUNGAILIAT Bahnan, Rukanah
CENDEKIAWAN Vol 1 No 1 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.999 KB) | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i1.154

Abstract

Penelitian ini mengenai peningkatan hasil belajar siswa kelas IV tentang kompetensi dasar menirukan pembacaan pantun anak menggunakan media video di SDN 26 Sungailiat, Kabupaten Bangka. Latar belakang penelitian ini adalah pada penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat yaitu metode ceramah sehingga siswa menjadi jenuh dan kurang memaksimalkan potensi siswa dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran lebih efektif dan menarik perhatian siswa. Penelitian yang digunakan ada 2 siklus dengan menggunakan media video. Tahap prasiklus, siswa yang tuntas sebanyak 9 orang atau hanya mencapai 36% dan tidak tuntas sebanyak 16 orang atau mencapai 64%. Tahap siklus I, nilai siswa meningkat, peserta didik tuntas sebanyak 19 orang atau mencapai 76% dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang atau encapai 24%. Tahap siklus II, nilai siswa meningkat secara signifikan karena siswa langsung belajar dengan menggunakan media video pemodelan. Siswa tuntas sebanyak 25 orang atau mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah menguasai materi dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran yang menggunakan media video pada siswa kelas IV SD Negeri 26 Sungailiat untuk materi ?Menirukan Pembacaan Pantun Anak Dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat?  dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia  dan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 SUNGAILIAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI METODE DEMONSTRASI Magnatis, Udzah
CENDEKIAWAN Vol 1 No 1 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.047 KB) | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i1.155

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keggiatan pembelajaran yang dilakukan masih kurang baik dan hanya mengedepankan ceramah dalam proses pengetahuan sosial di SD, sehingga hasil pembelajaran yang dilakukan kurang baik. dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Sungailiat pada mata pelajaran maatematika materi operasional hitung campuran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 kali siklus perbaikan dalam pembelajaran. subjek yang digunakan yakni pelaku pembelajaran atau guru mata pelajaran matematika kemudian subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Sungailiat semester 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Dari penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: Nilai rata-rata pada tahap prasiklus 55, Pada siklus I 65, dan pada siklus II 80. Ketuntasan belajar siswa siswa pada tahap prasiklus 8 orang siswa ( 38%),   pada siklus I 16 orang siswa ( 76 % ) dan pada siklus II 21 orang siswa ( 100% ). Keaktifan siswa pada prasiklus 8 orang siswa ( 38% ), siklus II 16 orang ( 76%) dan pada siklus II 20 orang siswa ( 95% ).  Kualaitas proses pembelajaran meningkat, seiring meningkatnya  ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran.Dari hasil pelaksanaan Penelitian Tindalan Kelas, Siklus Pertama dan Kedua,  dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi  dapat meningkatkan  prestasi prestasi belajar   Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Sungailat Mata Pelajaran Matematika Tentang operasi Hitung Campuran
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 7 SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA TENTANG PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE Astuti, Puji
CENDEKIAWAN Vol 1 No 1 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.297 KB) | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i1.156

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa kelas VI SDN 7 Sungailiat Kabupaten Bangka yang rendah hasil belajarnya pada materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 7 Sungailiat sebanyak 21 orang siswa. Tindakan dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2017 / 2018 bertempat di SDN 7 Sungailiat, Jln. Raya Belinyu Sinar Jaya Sungailiat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dari siklus I 67,14, siklus II 77,61 dan pada siklus III mencapai rata-rata 82,61. Persentase jumlah siswa yang tuntas belajarnya juga mengalami peningkatan dari pra siklus 14,28 % siklus I menjadi 42,86 % , siklus II 80,85 % dan siklus III mencapai 100 %. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dari. Siklus I 47,61 %, Siklus II 85,71 %, Siklus III 95,24 %. Selain itu kinerja guru dalam proses pembelajaran juga meningkat. Kesimpulan dari pelaksanaan PTK ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture pada materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VI SDN 7 Sungailiat Kabupaten Bangka.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN PPKN MATERI KEBERAGAMAN ANGGOTA KELUARGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF Ratina
CENDEKIAWAN Vol 1 No 1 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.793 KB) | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i1.157

Abstract

 Penelitian ini ditulis berdasarkan hasil studi lapangan bahwa proses pembelajaran yang kurang efektif sehingga perlunya pembelajaran yang dapat menunjang tingkat keberhasilan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan aktivitas siswa dalam mata pelajaran PPKn, meningkatkan profesionalisme guru dengan menambah pengalaman dan pengetahuan dalam menerapkan model dan metode mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 Siklus perbaikan pembelajaran, subjek pelaku pembelajaran guru PPKn kelas II, dan subjek penerima tindakan siswa kelas II semester I tahun pelajaran 2018 /2019 SD Negeri 7 Sungailiat. Data yang dikumpulkan melalui hasil evaluasi dan catatan observasi. Hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) hasil belajar bahwa nilai rata-rata siswa selama proses perbaikan dari Siklus 1 sampai Siklus 2 mengalami peningkatan hingga mencapai 92 Ketuntasan belajar siswa meningkat hingga 100 %; 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran interaktif meningkat dengan kriteria sekurang-kurangnya baik dengan skor maksimal 25; 3) Profesionalitas dan kemampuan guru dalam pembelajaran juga meningkat.  Dari hasil pelaksanaan PTK, Siklus pertama dan kedua,  dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran  Interaktif dapat meningkatkan  hasil belajar  Siswa Kelas II SD Negeri 7 Sungailiat pada materi Keberagaman Anggota Keluarga
THE CONSTRAINTS IN TEACHING ISLAMIC EDUCATION IN CLASS muriyanto, muriyanto
CENDEKIAWAN Vol 1 No 2 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i2.159

Abstract

Education of Islamic Religion is an subject which must be submitted/sent by at formal school of goodness go to school to have Country status and also school  have private sector status to. Hence with Education of Islamic Religion submitted/sent by in formal school since Elementary School expected by student will be more know and comprehend better Teaching Islam and become base or foundation of protege x'self. However in its road;street to become student to be able to know and comprehend Islam teaching all that we do not conceive, because all that is done/conducted in education institute do not as easy as which is conceived and surely have constraint in course of learning to teach. From background of writer wish to know what becoming constraint in teaching Education of Islamic Religion in SMP Negeri 1 Karanganom Klaten.  Target of this research is researcher wish to know what becoming way to overcome and constraint in study of Education of Islamic Religion in SMP Country 1 Karanganom.  Method of Peneltian which is utilized in this research for example observation method, method of interview, documentation method, is analysing data qualitative is obtained data by thinking to obtain;get truth, namely by way of berfikir 1) Deductively Is 2) Inductive 3) Comparability.  After writer collect required datas and analysing him hence writer can take conclusion  Constraint faced in teaching Education of Islamic Religion in SMP Negeri 1 Karanganom Klaten for example : 1) Constraint of student  2) Constraint of school 3) Incoming constraint of old fellow or family for example 4) Constraint of society. Effort conducted By Teacher In Overcoming Constraint Teach Education of Islamic Religion in SMP Country 1 other Karanganom Klaten atara with: A teacher Education of Islamic Religion do not differentiate among/between student one with is other, teacher always give motivation, learn bersaha give duty either through self-supporting and also grouply, Teacher Education of Islamic Religion always invite cooperation learn the other, delivering pupil sponsor at least each;every intake of raport, Inviting to society around and committee go to school to each other both of the same student  to be always berlajar when hour learn, teacher Education of Islamic Religion have never hopelessly and full of patience in running process learn to teach and give motivation to student, performing a religious activity. Effort conducted By Teacher In Overcoming Constraint Teach Education of Islamic Religion in SMP Negeri 1 Karanganom Klaten other atara with: A teacher Education of Islamic Religion do not differentiate between student one with is other, teacher always give motivation, learn bersaha give duty.  After teacher Education of Islamic Religion try to overcome constraint teach Education of Islamic Religion hence can be obtained by achievement learn Education of Islamic Religion all class student 8C SMP Country 1 Karanganom Klaten earn 100% above KKM .
A MODIFICATION OF DAILY LEARNING FLOW IN INCLUSIVE EDUCATION PROGRAMS Harfiani, RIzka; Setiawan, Hasrian Rudi
CENDEKIAWAN Vol 1 No 2 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i2.160

Abstract

Pendidikan inklusif kini menjadi fokus perhatian dalam upaya pemberian layanan pendidikan bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Berbagai permasalahan kerap dijumpai dalam proses pembelajaran di kelas inklusif, untuk itu penelitian ini bertujuan menganalisis modifikasi alur pembelajaran harian pendidikan inklusif di Raudhatul Athfal An-Nahl, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman, serta pengujian keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menemukan modifikasi alur pembelajaran harian di RA. An-Nahl terdiri dari pre-opener, opener, energizer, activity, linking dan summeryzing, review, mission, dan closer. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah engagement, attention span, readiness, activity, reviewing, learning outcomes dan parallel learning outcomes. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi alur pembelajaran harian mampu mengakomodir kelebihan maupun kelemahan sesuai karakter masing-masing siswa, serta mampu mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran di kelas inklusif.
THE USE OF WAYANG LEAF MEDIA IN DEVELOPING STUDENT INTERACTION ON THE LEARNING ENVIRONMENT IN SD 10 PANGKALAPINANG Arafatun, Sasih K; Sugiyarti , Sri
CENDEKIAWAN Vol 1 No 2 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i2.163

Abstract

Education can be obtained anywhere. The surrounding environment is a concrete education that makes it easy for students to get to know and learn it. This study aims to study the fourth grade students of SD 10 Pangkalpinang on learning environments. The method used in this research is descriptive qualitative. This research was conducted at SD Negeri 10 Even Pangkalpinangsester, in May 2018, academic year 2017/2018 and used data collection techniques namely observation and interviews and data analysis namely data reduction, data presentation and conclusion or verification. Research results obtained: a. Social environment, in the classroom, the social environment that is closest to students is the teacher and other students. The social interaction is intertwined from methods such as examples not examples ie the teacher divides students into 3 groups namely production groups, distribution groups and consumption groups, b. Natural environment, media making materials utilize nature, such as dried leaves that are converted into shadow puppets, c. The artificial environment consists of a school garden which is provided with regularly planted trees and flowering plants.
A EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES OF CLASS IV OF SD NEGERI SEWORAN INTER-LINE RELATIONS MATERIAL THROUGH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) APPROACH WITH CONCRETE MEDIA Hartati, Sri
CENDEKIAWAN Vol 1 No 2 (2019): Cendekiawan
Publisher : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35438/cendekiawan.v1i2.164

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Seworan materi hubungan antargaris melalui pendekatan Realitic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret dua siklus.  Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Kegiatannya pengumpulan data dengan tes dan pengamatan aktivitas proses pembelajaran, Hasil Belajar aspek pengetahuan persentase ketuntasan belajar pra siklus 41.67% menjadi 58,33 % siklus I meningkat 16,66 point, dan menjadi 91,67  siklus II meningkat 33,34 point. Nilai rata-rata kelas pra siklus  58,08 menjadi 67,17 siklus I meningkat 9.09 point, dan menjadi 82,25 siklus II meningkat 15,08 point. Keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pra siklus 47,87 % kriteria cukup baik, mencapai rata-rata 70,13% kriteria baik  siklus I, meningkat 34,87point dan meningkat menjadi 89,52 kriteria sangat baik siklus II meningkat 19,39 point. Ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan pra siklus sebanyak 5 (41,66 %) menjadi 6 (50,00%) pada siklus I meningkat 8,34%, dan menjadi  12 (100%) siklus II meningkat 50%. Nilai rata-rata  kelas aspek keterampilan pra siklus 71,00 siklus I menjadi 72,33 meningkat 1,33 point dan menjadi 77,66 siklus II meningkat 5,33 point. Simpulan Pendekatan  Realithic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik   kelas IV SD Negeri Seworan Wonosegoro Boyolali materi hubungan antar garis.

Page 1 of 3 | Total Record : 24