cover
Contact Name
Basiron
Contact Email
-
Phone
+6285800057724
Journal Mail Official
jadimas765@gmail.com
Editorial Address
Kantor Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : -     EISSN : 26139103     DOI : https://dx.doi.org/10.29100/j-adimas
J-Adimas; Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan karya ilmiah seputar Pengabdian Kepada Masyarakat. J-Adimas mendukung analisis kegiatan yang berkaitan dengan hilirisasi dari hasil penelitian menjadi segala sesuatu yang berdayaguna secara langsung kepada masyarakat sesuai kaidah pengabdian kepada masyarakat. J-Adimas ini membatasi pengabdian masyarakat yang berada dalam ruang lingkup bidang: Pembangunan manusia dibidang pendidikan dan Sosio-Humaniora, Pengentasan kemiskinan, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal.
Articles 88 Documents
Pelatihan “Daily English Expression”Bagi Calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) di PT. Hanaco Sukses Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung HUDA, MOH CHOIRUL
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v5i2.630

Abstract

Abstrak Tulungagung merupakan salah satu daerah di Propinsi Jawa Timur yang menyumbang Tenaga Kerja Indonesia (TKW) terbesar. Tenaga kerja indonesia juga penyumbang devisa negara terbayak pula. Sebelum berangkat keluar negeri untuk bekerja, mereka akan di didik keterampilan guna menjadi tenaga kerja yang profesional dan berkualitas. Salah satunya adalah dengan dibekali kemampuan berbahasa asing yakni bahasa inggris. Untuk membekali mereka berbahasa asing, calon TKW yang berada di PT. Hanaco Sukses di Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang ini akan diberikan pelatihan yaitu pembelajaran Daily English Expression. Daily English Expression adalah ungkapan-ungkapan bahasa inggris yang secara umum digunakan dalam bercakap-cakap sehari-hari. Hal ini sangat penting karena dapat menunjang aktifitas para calon tenaga kerja tersebut dalam berkomunikasi setiap hari dengan majikan atau orang disekitarnya ketika sudah bekerja di luar negeri. Tujuan utama pelatihan ini adalah mengatasi masalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan pera calon tenaga kerja tersebut dalam mengaplikasikan Daily English Expression (DEE). Luaran yng diharapakan adalah draf  handbook  untuk pembelajaran Daily English Expression khusus untuk para calon TKW. Kata Kunci: English Expression, TKW
Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SDN Kendalbulur I Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Asriyanti, Frita Devi
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1151

Abstract

ABSTRAK               Pelatihan untuk persiapan proposal penelitian tindakan kelas diadakan pada 16-17 September 2018, di SD Negeri Kendalbulur I, Kabupaten Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Peserta pelatihan adalah 17 orang yang merupakan guru di SDN Kendalbulur I. Pelatihan ini diadakan selama dua hari. Pelatihan ini juga melibatkan dua guru dari Sekolah Dasar Kendalbulur I yang melayani sebagai pembawa acara dan pembaca doa. Materi yang disampaikan adalah konsep dasar CAR dalam 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam mempresentasikan materi, presenter memberikan contoh masalah yang dapat diangkat dalam penelitian tindakan kelas. Materi ini disajikan oleh presenter melalui slide power point. Sesi berikutnya, peserta pelatihan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami dan bertukar pengalaman terkait hambatan yang telah dialami dalam perumusan bagian awal proposal penelitian tindakan kelas. Ada 2 peserta yang mengajukan pertanyaan di sesi kedua ini. Salah satu peserta berbagi pengalaman terkait dengan kesulitan dalam menentukan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah melalui metode inovatif, ditambah kepercayaan diri yang melekat dari peserta dalam menyiapkan proposal. Penanya kedua bertanya tentang ruang lingkup pemilihan judul penelitian. Presenter segera menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Dalam hal ini partisipasi peserta yang cukup baik, dengan berbagai pertanyaan dan kejujuran peserta, menyampaikan persepsi mereka sejauh ini tentang menulis proposal penelitian tindakan kelas, kesulitan yang dialami dan penyebab kurangnya kepercayaan diri mereka dalam mencoba menulis proposal penelitian . Dari pertanyaan dan jawaban tampak bahwa kelemahan para guru adalah bahwa mereka tidak pernah menulis begitu lama sehingga mereka sedikit lupa. Selain itu, tidak adanya pengawas membuat para guru tidak berani mencoba karena mereka tidak yakin akan kebenaran proposal yang dibuat. Setelah sesi tanya jawab, peserta dan presenter beristirahat untuk menikmati makanan ringan selama 15 menit. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Layanan, SDN Kendalbulur 1
PELATIHAN BAHASA ASING BAGI PEMANDU WISATA DI GUA LOWO KABUPATEN TRENGGALEK Rahmawati, Ika
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v3i2.303

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pemandu wisata di area GunungBudeg di Tulungagung khususnya pada bahasa Inggris melalui bentuk.Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2014- 13 September 2014 dengan diikuti 20 peserta. Pelatihandilaksanakan dengan metode ceramah, parktik serta pembimbingan. Kemudian para peserta dituntut untuk mengikuti tesBahasa Inggris pada akhir pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pemandu wisata di Tulungagung masihmembutuhkan pelatihan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bahasa inggris. Pelatihanmempunyai efektivitas dan efisiensi yang tinggi karena para guru dituntut untuk memahami Bahasa Inggris untuk penerepansehari hari.Kata Kunci: Bahasa Inggris, Wisata, Pemandu wisata
Pelatihan Penggunaan Integrated Skill Dalam Penguasaan Procedure Text Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Putri Al Hidayah Termas-Nganjuk KHOIROT, UMDATUL
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v4i2.606

Abstract

AbstrakBahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling banyak dipelajari oleh masyarakat di dunia. Maka, sangat perlu diadakan pengajaran yang simpel pada siswa, terutama siswa di pondok pesantren. Kami mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan Integrated Skill dalam penguasaan Procedure Text pada santri putri pondok pesantren Al Hidayah, dimana santri di pondok ini adalah siswa setingkat SLTP dan SLTA dari keluarga yang kurang mampu. Tujuan diadakannya pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh penulis kepada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Metode yang dipilih dalam melaksanakan kegiatan ini adalah pelatihan bahasa Inggris secara terintegrasi kepada para santri putri di pondok pesantren putri Al Hidayah Termas, Nganjuk, sebagai upaya agar memliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih berkualitas. Oleh karena para santri putri sudah memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris, maka kegiatan berupa in-service training. Langkah-langkah kegiatannya adalah: penyemaian informasi, pemberian model lisan, praktek penggunaan, pemberian model tertulis, praktek pembuatan procedure text secara tertulis. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para santri untuk menunjang mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah mereka. Karena, mereka harus melakukan unjuk kerja dan berdiskusi dalam kelompok untuk mempersiapkan unjuk kerja. Selain itu, mereka jadi lebih bisa percaya diri dengan adanya kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini banyak yang tidak sesuai rencana, tapi akhirnya bisa terlaksana dengan baik. Maka, kegiatan ini diharapkan ada tindak lanjut kegiatan sehingga para santri tidak hanya mampu dalam bidang agama, tetapi juga siap bersaing dalam era global ini.Kata Kunci: integrated skill, procedure text, in-service training
Pelatihan Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pembelajaran Kreatif di Sekolah Dasar Yusmita, Eries Norma; Basiron, Basiron
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v6i1.968

Abstract

ABSTRAKKegiatan pembelajaran yang bervariasi dan pembelajaran yang kreatif sangat perlu dilakukan oleh guru supaya peserta didik memiliki pengetahuan yang luas dan hanya berkutat pada hal itu-itu saja. Beberapa hal yang sering terabaikan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kreatif dan  menghasilkan luaran yang optimal diantaranya yaitu, (1) guru cenderung memberi materi kepada peserta didik sangat fokus kepada pemberian materi (konten) sehingga prosesnya tidak menyenangkan bagi peserta didik, (2) guru cenderung menganggap proses dan kemasan , dan cara-cara menyenangkan itu tidak penting dan hanya buang-buang waktu, dan (3) guru cenderung mementingkan kedalaman materi sedangkan peserta didik memilih hal-hal yang menyenangkan. Berdasarkan hal-hal tersebut, penulis merasa perlu untuk melaksanakan suatu kegiatan untuk menyatukan persepsi dan pemahaman tentang peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Pelatihan ini juga digunakan sebagai media pengembangan kreatifitas guru dalam mencipatakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan juga untuk menginformasikan perkembangan teknologi pembelajaran terbaru yang belum diketahui dan yang belum dilaksanakan. Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan peningkatan mutu sekolah melalui pembelajaran kreatif ini, maka luaran yang diharapkan adalah: (a) Meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran, (b) Menciptakan SDM pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu mengelola pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam rangka pembentukan manusia yang berkualitas, (c) Meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan mutu pembelajaran dikelas, dan (d) Meningkatkan peran serta pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan sekolah dalam melaksanakan standar nasional pendidikan. Dari kegiatan ini diperoleh data mengenai pengetahuan Peserta tentang Pembelajaran sebesar 36,4% sudah mengetahui Peserta tentang Pembelajaran Kreatif melalui Mind Map dan Lapbook, mampu membuat Pembelajaran Kreatif melalui Mind Map dan Lapbook sebesar 72,7% dan yang lain kurang mampu dalam membuat Pembelajaran Kreatif melalui Mind Map dan Lapbook, serta yang mendapat manfaat dari pelaksaanan kegiatan ini sebesar 100%  dan  mengharapkan kegiatan lanjutan. Kata Kunci: Mutu Sekolah, Pembelajaran, Kreatif
PELATIHAN PENYUSUNAN EVALUASI INTERAKTIF DENGAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA GURU SD ISLAM AL-GONTORY TULUNGAGUNG JANATTAKA, NUGRANANDA
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v4i1.597

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini adalah untuk membekali kemampuan para guru sekolah dasar di SD Islam Al-Ghontory Tulungagung untuk membuat bahan penyusunan evaluasi yang dapat diakses secara online. Semakin banyaknya siswa-siswa yang memperoleh kemudahan akses internet dimanapun dan kapanpun dapat membuat proses belajar mengajar terjadi dimanapun dan kapanpun. Oleh karenanya, dengan diadakan pelatihan ini, para guru diharapkan mampu untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar mata pelajaran dimanapun dan kapanpun sepanjang ada akses internet. Target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terselenggaranya kegiatan pelatihan bagi para guru di SD Islam Al-Ghontory. Selain itu, kegiatan ini bertarget untuk membantu siswa SD Islam Al-Ghontory dalam belajar mata pelajaran SD secara online yang materinya disediakan oleh para guru-guru mereka sendiri. Untuk mencapai target tersebut, sebuah software terkemuka dalam pembuatan materi bahan ajar secara online, wondershare Quiz Creator akan diajarkan kepada para guru sehingga mereka mampu mendesain dan membuat materi-materi yang dapat dijadikan bahan tambahan bagi para siswa untuk belajar.Kata Kunci: Pelatihan,wondershare quiz creator,evaluasi
Packing Process Dalam Pelatihan Kemandirian Ukm Kerupuk Bawang Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Dinnullah, Riski Nur Istiqomah; Nurdin, Shafiq; Sumadji, Sumadji
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 6, No 2
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v6i2.882

Abstract

ABSTRAKKerupuk merupakan produk olahan yang terbuat dari tepung tapioka dan menjadi makanan yang sangat digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia. Ditinjau dari bahan bakunya banyak jenis kerupuk yang dapat dihasilkan. Salah satunya adalah kerupuk bawang. Beberapa diantara UKM yang telah mengelola usaha pembuatan kerupuk bawang ini adalah UKM milik Ibu Hariyati yang bertempat di Dusun Kemantren, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Pemilik UKM tersebut menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian ini. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan mitra diperoleh informasi bahwa kerupuk bawang ini sangat laris dipasaran. Mitra menjual produknya dalam kemasan yang dibungkus keresek sesuai dengan banyak yang diminta oleh pelanggan. Hal inilah yang menjadi permasalahan mitra dalam proses pengemasan produk yang belum mendapatkan perhatian sehingga masyarakat tidak mengenal lebih jauh kerupuk bawang milik mitra. Oleh karena itu, melalui pengabdian ini Tim PKM UNIKAMA akan memberikan pelatihan dan pendampingan Packing Process untuk peningkatan pemasaran produk kerupuk bawang mitra. Kata Kunci : UKM, Kerupuk Bawang, Pemasaran, Packing Process
BIMBINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU-GURU SMP NEGERI 1 TULUNGAGUNG YATNO, YATNO
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v1i1.318

Abstract

Secara umum, hasil pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah cukup baik dan reponsif, artinyaterdapat pemahaman para guru tentang profesinya, terutama dalam hal pemahaman penulisan/ pembuatan/pelaksanaan PTK. Para guru SMP Negeri 25 Purworejo sangat tertarik untuk meningkatkan profesinya. Pernyataan inididukung oleh antusiasnya para guru dalam mengikuti dan mengajukan pertanyaan selama pelaksanaan kegiatanpengabdian pada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, para guru mempunyai kehendak untuk melakukanpenelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Di samping itu, para guru sudah dapat memahamiPeraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentangPengembangan Keprofesian Berlanjut (PKB) sebagai bekal untuk meningkatkan diri. Dalam pelaksanaan kegiatanpengabdian pada masyarakat ini tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung dan penghambat keterlaksanaan kegiatan.Faktor yang mendukung keterlaksanaan kegiatan ini adalah semangat para guru yang sangat tinggi dalam mengikutikegiatan dan juga semangat pengabdian tim dalam memberikan materi pelatihan. Terlepas dari faktor pendukungtersebut, terdapat faktor penghambat yang dapat dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian padamasyarakat di periode yang akan datang yaitu faktor waktu yang sangat terbatas.kendala ini dapat diatasi denganpenggunaan alokasi waktu yang efisien dan efektif.Kata Kunci: Penelitian Tindakan kelas
Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah Pada Kelompok Usaha Kripik Pare Sidoarjo Jawa Timur Cholifah, Siti; Purwanti, Yanik
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v6i1.677

Abstract

ABSTRAKKampung Pare identik dengan desa Jiken yang memiliki  banyak potensi yang bisa dikembangkan antara lain bidang pertanian dan ekonomi/wirausaha, salah satunya usaha kripik pare. Rasa pahit pare tidak lagi dirasakan setelah  diolah menjadi keripik  berganti rasa renyah enak, dan gurih.  Tujuan program PPM-UMKM  adalah membantu kelompok Usaha kripik pare di desa Jiken mendapatkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas produk kripik pare dan packaging produk yang menarik serta pemasaran kripik pare, sehingga bisa meningkatkan daya jual dan meningkatkan produksi. Dengan produksi yang meningkat bisa membuka peluang lapangan kerja serta meningkatkan ekonomi warga Jiken. Metode pendekatan  program PPM-UMKM  yang dilaksanakan adalah  analisis situasi, merumuskan permasalahan, solusi yang ditawarkan dalam mengatasi masalah, memberikan bantuan teknologi tepat guna untuk menghilangkan minyak pada kripik pare, pendampingan dalam  penggunaan teknologi tepat guna, desain pasckaging dan pemasaran kripik pare. Sehingga target luaran dari program PPM-UMKM ini adalah terciptanya usaha kripik pare yang berkualitas tahan lama dan krispi, mempunyai packaging yang menarik serta  pemasarannya bisa optimal. Kata Kunci : Teknologi tepat guna, desain packaging, pemasaran, usaha keripik pare
PENINGKATAN KUALITAS KEHIDUPAN DENGAN RINTISAN WIRAUSAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM YANG RAMAH LINGKUNGAN DI DESA DURENAN TRENGGALEK Sunanik, Sunanik
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v3i1.308

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan pada masrakatdidesa Durinan memalui rintisan wirausaha budidaya jamur tiram. Pembudayaan jamur tiram bisa dilakukan olehmasyarakat tanpa menggunakan karangan yang luas dan tidakmenghasilkan limbah. Sasaran dalam pembu-dayaan jamur tiram ini adalah masyarakat yang belum mempunyai mata pencaharian dan bersedia untuk men-jadi wirausaha. Dengan wirausaha ini diharapkan dapat lebih menigkatkan kualitas hidup mereka.Kata Kunci: Kualitas Hidup, wirausaha, jamur tiram