cover
Contact Name
Setiangga Fachrurrozi
Contact Email
setiangga.f@gmail.com
Phone
+6289667660998
Journal Mail Official
jurnalmaritim@stimart-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No. 180 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
ISSN : 14126826     EISSN : 26232030     DOI : http://dx.doi.org/10.33556/jstm
Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman baik itu ilmu kenautikaan, Teknika maupun bidang maritim lainnya. Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "VOLUME XI, NO 2 MARET 2013" : 6 Documents clear
TINGGINYA BIAYA LOGISTIK DI PELABUHAN : DAPATKAH DIMINIMALISIR ? nuryanto, nuryanto
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XI, NO 2 MARET 2013
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i0.3

Abstract

Transportasi laut mempunyai peran penting dalam menekan biaya logistik perusahaan, sehingga? apabila efisiensi kapal sebagai andalan pengangkutan melalui laut baik, maka akan dapat menekan logistic cost perusahaan. Tingginya biaya logistik, disebabkan oleh tiga faktor, yaitu : muatan, kapal dan pelabuhan, terutama pembangunan infrastruktur pelabuhan, mengingat sumber inefisiensi saat ini ada di pelabuhan.? Untuk mengetahui seberapa jauh sektor logistik suatu negara dapat mendukung daya saing negara tersebut dapat dilihat dari kinerja sektor logistik yang biasa disebut sebagai Logistics Performance Index (LPI), yang berdasarkan data Bank Dunia pada tahun 2012, LPI Indonesia menempati posisi ke-59 dari 155 negara yang disurvei. masih tergolong rendah jika dibandingkan Malaysia yang berada di posisi 29. Sementara, biaya logistik di Indonesia berada pada kisaran 25 persen hingga 30 persen, dibanding biaya logistik di Jepang yang hanya 5%, Singapura 6%, Filipina 7%, dan Malaysia 8%. Untuk itu Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan kebijakan yang disebut sebagai Cetak Biru (Blue Print) Penataan dan Pengembangan Sektor Logistik Nasional, dalam rangka meningkatkan daya saing dunia usaha nasional di pasar global, guna menyongsong implementasi Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2015.??Kata kunci :?? Logistic Performance Indeks, Blue print, penekanan biaya logistik, kinerja pelabuhan meningkat.
ANALISA FOIL NACA SIMETRIS DAN ASIMETRIS PADA SISTEM MEKANISME FLAPPING WING UNTUK SISTEM PENGGERAK KAPAL KATAMARAN Trimulyono, Maroghi, Andi Trimulyono
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XI, NO 2 MARET 2013
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i0.4

Abstract

Salah satu arah perkembangan yang menarik bagi para peneliti teknologi perkapalan adalah mencari teknologi perkapalan yang memanfaatkan teknologi foil untuk efisiensi yang lebih baik untuk sistem propulasi kapal. Pengembangan teknologi ini mengadaptasi dari sistem gerak bionik yang telah banyak dilakukan sejak abad ke 19, Salah satunya adalah pemanfaatan sistem flapping wing bionik untuk pengembangan teknologi propulsi. Melihat konsep gerakan dari bionic laut dirancang system propulsor flapping wing yang menyerupai ekor bionic laut dengan menggunakan mekanisme four bar link crank-rocker sebagai penggerak kapal cruising catamaran dengan ukuran LoA = 15,87 m, LWL = 14,95 m, Bmax = 5,57 m, H= 2,06 m, T = 0,8 m, BH= 1,18 m. Menggunakan foil NACA 0015 dan 4415 dengan panjang chordline 1 m, dan span 0,56 m.Penelitian ini membandingkan thrust pada foil simetris dan asimetris dengan thrusts crew propeller dan menghasilkan thrust pada foil NACA 0015 dan foil NACA sebesar 11435,28 N dan 11099,22 N, dibandingkan dengan thrust propeller sebesar 10945,87 dengan menggunakan power engine sebesar 52 Hp.????????????????????????????????????? Kata kunci : Flapping wing, crank-rocker, foil, simetris, asimetris, thrust
ANALISIS PENGARUH PROFESIONALISME PELAUT, KEPUASAN KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Suharso, Suharso
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XI, NO 2 MARET 2013
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i0.5

Abstract

This research examines about direct and indirect effects of four variables by five hypotheses. Merchant seafarers professionalism to job satisfaction (H1),? professionalism to organizational commitment (H2),? Job satisfaction to organizational commitment (H3), Job satisfaction to personal performance ( H4), and organizational commitment to personal performance (H5). The respondents were the Indonesian merchant seafarers to the amount of 135 people from multidimension. Because of high mobility of merchant seafarers, the sampling method was accidental sampling.? Pre research ??was taken by validity and reliability terst using questionares from 40 respondents.The result of research describes respondents? profile from age, rank, certificate, during sea services, take home pay, last hired company and recent job status. Empirical finding indicates that hypothesis 1 can be proved because estimation parameter between seafarers professionalism and? job satisfaction shows CR+ 1.976 or >2.00. P+ 0.048 level with significancy 0.05 or it indicates positive significant. Hypothesis 2 can be proved? because estimation parameter between professionalism and organizational commitment shows CR= 2.124 and P=0.034 or it indicates positive significant. Hypothesis 3 can be proved because estimation parameter between job satisfaction and organizational commitment shows CR=4.109 and P=0.000.? Hhypothesis 4 can be proved because estimation parameter between job satisfaction and performance shows CR =3.221 and P=0.001. Hypothesis 5 can be proved because estimation between organizational commitment and personal performance shows CR =2.171 atau > 2.00 level with P =0.03 with significancy 0.05 or it indicates positive significant.Based on standardized regresion weight, indicators which have the biggest coeficient are suggested to: building solid teamwork, enhance transfer of knowledge from senior to junior seafarers, arrange rank promotion program in ship, and improve the certainity of vision, mission, and organizational regulation of shipping company. Next research agenda is re-research using purposive sampling.Key words : Professionalism, Indonesian Seafarers Profession, Job satisfaction, Personal Performance.? ??
MARKETING MIX DALAM PERUSAHAAN PELAYARAN DI INDONESIA Suwarno, Suwarno
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XI, NO 2 MARET 2013
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i0.6

Abstract

Konsep Marketing Mix telah menarik perhatian baik dari dunia akademisi maupun praktisi termasuk yang terjadi di lingkungan perusahaan pelayaran dan telah diperluas penggunaannya dalam disiplin ilmu marketing. Walaupun peningkatan literatur difokuskan pada pelayanan marketing secara umum, disana terdapat kekurangan menjelaskan literatur teori marketing mix dalam jasa perusahaan pelayaran. Paper ini menampilkan alat-alat marketing mix perusahaan-perusahaan pelayaran aktif dalam pelayaran niaga. Hal ini memperlihatkan bahwa strategi marketing dimaksud sebagai alat bagi perusahaan mencapai tujuan marketing dan dihubungkan dengan alat-alat marketing mix. Sebuah penelitian empirik telah dilakukan pada 10 perusahaan pelayaran tanker terbesar ?dan 10 operator tetap kapal-kapal kontainer tentang konfirmasi bahwa perusahaan-perusahaan memahami kepentingan marketing dan dipergunakan untuk memperbaiki strategi marketing (Evi I. Plomaritou, Ph.D. Marketing Perusahaan Pelayaran, Piraeus, Greece, 2007). Beberapa data, yang dikumpulkan dalam penelitian tersebut diatas, digunakan penyajian menunjukkan strategi menghubungkan alat-alat marketing mix pelayaran. Artikelnya menyimpulkan bahwa perusahaan pelayaran harus mengatur sumber-sumber seperti alat-alat? yang digunakan memperbaiki strategi ketepatan marketing dalam hal mencapai akhir-panjang dan lebih tepat mengoperasikan kapal-kapal niaga.Dalam era Globalisasi ini, pangsa pasar muatan ekspor impor melalui angkutan laut yang melimpah baru dapat dikuasai perusahaan pelayaran nasional Indonesia sekitar 9%. Oleh karena itu, pengembangan armada kapal niaga nasional Indonesia dan peningkatan pemahaman serta implementasi teori dalam pengelolaan marketing mix perusahaan pelayaran yang lebih efektif masih sangat diperlukan sekaligus untuk kontribusi memperbesar penerimaan devisa negara.
MENIGKATKAN KINERJA TERMINAL PENUMPANG MELALUI PENINGKATAN PELAYANAN (STUDI PADA PT (Persero) PELABUHAN INDONESIA III CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG) Samekto, Agus Aji
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XI, NO 2 MARET 2013
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i0.1

Abstract

Pada? penelitian ini akan diamati pola perilaku? penumpang yang menggunakan jasa? terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t ). Hasil perhitungan statistik menunjukkan model persamaan regressi :?Y = -0,597 + 0,149 X1 + 0,215 X2 + 0,254 X3 + 0,127 X4 + 0,312 X5 + ??Pengujian penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung >??????? t tabel yaitu 2,029 > 2,021.Daya Tanggap (X2) berpengaruh signifikan ?terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,727 > 2,021.Jaminan (X3) berpengaruh signifikan ?terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,529 > 2,021. Empati (X4) berpengaruh signifikan? terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,231 > 2,021. Bukti Fisik (X5) berpengaruh signifikan ?terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung >tabel yaitu 3,697 > 2,021.? Koefisien Determinasi diperoleh nilai R2 = 0,964 yang berarti bahwa 96,4 persen variasi yang terjadi pada variabel kepuasan penumpang dapat dijelaskan oleh kelima variabel bebas dalam model penelitian ini, sedangkan sisanya 3,6 persen yang merupakan pengaruh variabel bebas lain di luar model penelitian ini yang ikut mempengaruhi kepuasan penumpang.?Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang
PERENCANAAN PELABUHAN PENUMPANG LAUT TANJUNG EMAS SEMARANG hermanto, andy wahyu
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XI, NO 2 MARET 2013
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i0.2

Abstract

Development of port need very big expense. Therefore needed a ripe consideration and calculation to decide development of port. Decision of development of port is usually relied on considerations of economics, political, and technical. Third the consideration base each other is interconnected, but usually most determining is consideration of economics. Making of port economically have to be competent, which mean obtained by production of port should be able to close the expense of operating expenses and also invesment and conservancy for the duration of is certain, and also to get advantage.To make planning of development of port have some important the following factor : Wind, Ebb, water face elevasi, waving, election of sea characteristic, deepness of path, wide of path, layout groove sea transport, port pool, knapping of wave, dock.Planning port of passenger, factors which must be paid attention is the amount of ship dimension and passenger which step into the the port and also the availibility of farm which enough, so that development? port of passenger earn maximally. At planning of making of dock, factor which is very have an effect on? Dimension from a ship which step into the port. At planning making of Terminal passenger, factor having an effect on? the amount of existing passenger to every day added with amount of deliverer passenger.?Keyword : planning port of passenger, passenger terminal and dock.

Page 1 of 1 | Total Record : 6