cover
Contact Name
Setiangga Fachrurrozi
Contact Email
setiangga.f@gmail.com
Phone
+6289667660998
Journal Mail Official
jurnalmaritim@stimart-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No. 180 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
ISSN : 14126826     EISSN : 26232030     DOI : http://dx.doi.org/10.33556/jstm
Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman baik itu ilmu kenautikaan, Teknika maupun bidang maritim lainnya. Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015" : 7 Documents clear
KINERJA BERKELANJUTAN DI TRANSPORTASI LAUT -, Suwarno
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.51

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan hal terpenting dalam praktik bisnis karena membantu manajer untuk mengevaluasi pencapaian tujuan bisnis yang mendasar dan menetapkan ruang lingkup dan arah kemungkinan tindakan perbaikan. Karena pengukuran kinerja di atas organisasi telah menerima perhatian luas dalam literatur. Kinerja mencerminkan hasil dari pelaksanaan setiap tugas strategis dan apakah hasil tersebut dianggap berhasil atau gagal.Apa yang sangat penting tentu saja adalah untuk dapat mempertahankan kinerja dan mencapai tujuan kinerja dari waktu ke waktu. Pengukuran kinerja dari waktu ke waktu bersama dengan penilaian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja (faktor lingkungan internal dan eksternal) akan memberikan bukti strategi keberlanjutan dan pendekatan yang diadopsi oleh manajemen. Tujuan dari setiap bisnis adalah tidak hanya untuk mencapai tujuan kinerja yang telah ditetapkan tetapi pencapaiannya secara berkelanjutan. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan review studi pengukuran kinerja di industri maritim dan kemudian menggunakan sektor yang dipilih dari ukuran kinerja kunci untuk menilai kinerja dan keberlanjutannya di tiga sektor utama dari industri pelayaran, yaitu. kontainer, curah kering dan sektor pengapalan tanker.Kata kunci: kinerja berkelanjutan, industri maritim, industri perkapalan, pengangkut.The measurement of performance is the cornerstone of business practice because it assists managers to evaluate the achievement of fundamental business goals and sets the scope and direction of possible improvement actions. Because of the above performance measurement of organizations has received extensive attention in the literature. Performance reflects the outcome of the implementation of any strategic task and whether such outcome is deemed to be successful or disastrous. What is very important of course is to be able to sustain performance and achieve performance goals over time. The measurement of performance over time together with an assessment of the factors that influence performance (internal and external environmental factors) will provide evidence of the sustainability of strategies and approaches adopted by management. The goal of any business is not merely to achieve the performance goals which have been set but achieving them in a sustainable manner.?The aim of this paper is to provide a review of performance measurement studies in the maritime industry and then to use a selected number of key performance measures to assess performance and its sustainability across the three key sectors of the shipping industry, viz. container, dry bulk and tanker shipping sectors.Key words: sustainable performance, maritime industry, shipping industry, transportationt.
ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEDISIPLINAN, KEPEMIMPINAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PELINDO III (PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG Budi, Muhamad Setia; Nasirin, Ahmad
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.46

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena Salah satu masalah nasional yang dihadapi oleh pelindo saat ini adalah penanganan terhadap rendahnya kualitas sumber daya manusia. Jumlah sumber daya manusia yang besar apabila dapat didaya gunakan secara efektif maka akan bermanfaat menunjang gerak lajunya pembangunan.Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu budaya organisasi (X1), kedisiplinan (X2), kepemimpinan (X3) dan beban kerja (X4) serta kinerja pegawai sebagai variabel dependennya (Y). Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan sampel Simple Random Sampling kepada 50 orang pegawai di PT. PELINDO III Cabang Tanjung Emas Semarang. Sedangkan analisis dilakukan dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan SPSSHasil regresi linier berganda didapat nilai constant sebesar 2.779, variabel budaya organisasi sebesar 0,461, kedisiplinan (X2) sebesar 0,149, kepemimpinan (X3) sebesar 0,313, beban kerja (X4) sebesar -0.091. Hasil analisis regresi dan uji t dapat diketahui bahwa variabel budaya organisasi (X1) berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai (Y), (t hitung 2.296 > t tabel 2,013). Kedisiplinan (X2) berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai (Y) (t hitung 2,054 > t tabel 2,013). Kepemimpinan (X3) berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai (Y) t hitung (3,570 > t tabel 2,013). Beban kerja (X4) berpengaruh negatif terhadap kinerja pegawai (Y) t hitung (2,203 > t tabel 2,013). Hasil koefisien determinasi (Adjusted R? = 0,547) berarti sebesar 54.7%, koefisien variabel budaya organisasi, kedisiplinan, kepemimpinan dan beban kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan nilai sebesar 54.7% sedang sisanya (100% - 54.7% = 45.3%) dipengaruhi variabel lain diluar penelitian atau diluar model persamaan regresi.Kata kunci : Beban kerja,budaya organisasi, kepemimpinan, kedisiplinan dan kinerja
MODEL PENINGKATAN KINERJA SDM MELALUI MOTIVASI DISIPLIN KERJA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA -, Indra; -, Jumaizi
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.47

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hasil kerja baik itu secara kualitas maupun kuantitas yang telah dicapai karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan organisasi dan hasil kerjanya tersebut disesuaikan dengan hasil kerja yang diharapkan organisasi melalui kriteria-kriteria atau standar kinerja karyawan yang berlaku dalam organisasi,Pada penelitian ini akan di analisis variabel motivasi, displin kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja sebagai independen variabel yang mempengaruhi dependen variabel yaitu kinerja karyawan. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah semua karyawan tetap PT. Pelni Cabang Semarang.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial, sedangkan koefesien determinasi mendapatkan nilai Adjusted R square sebesar 0,596 dengan demikian 59,6% kinerja karyawan dijelaskan oleh 4 variabel tersebut, sedangkan sisanya 40,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak termasuk didalam penelitian ini.Kata Kunci : Motivasi, Displin , Kepemimpinan, Lingkungan kerja, dan kinerja .Employee performance is the result of both in quality and quantity has been reached employees in carrying out his duties in accordance with the responsibilities given to the organization and its work is tailored to the work expected of the organization through the criteria or performance standards for employees in the organization , This research will be analyzed variables of motifation, work disiplin, leadership and work environment as independent variables that affect the dependent variable is the performance of employees. In this study the object taken is that all employees of PT. Pelni Semarang branch. Data analysis technique used is the technique of linear regression. Based on the research and analysis of data from multiple linear regression equation indicates that there is a positive and significant effect partially, while the coefficient of determination to get the value of Adjusted R square of 0.596 is thus 59.6% of employee performance is explained by four variables, while the remaining 40, 4% is the influence of other variables not included in this study.Keywords: Motivation, Discipline, leadership, work environment, and performance.
PUTING BELIUNG ATAU TORNADO Chaeran, M; -, Harcici
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.48

Abstract

Puting beliung istilah di Indonesia sedangkan Tornado istilah di Amerika Serikat adalah merupakan penomena alam yang sangat merusak apabila menerjang suatu daerah baik di daratan maupun di lautan. Di daratan dapat menumbangkan pohon roboh, rumah rusak porak poranda, sedangkan di lautan menyebabkan gelombang laut tinggi yang dapat menyebabkan kecelakaan kapal.Puting beliung disebabkan adanya beberapa awan Cumulonimbus (CB) yang secara bersamaan angin yang ditimbulkan pada saat down draft kemudian up draft menyebabkan angin berputar kencang sekali kelihatan seperti ekor, sehingga apabila angin berputar-putar tersebut menyentuh permukaan bumi, yang ada di daerah tersebut akan terangkat keatas.Kata kunci : Tornado, Nahkoda dan kecelakaan kapal.
PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP PENCAPAIAN VISI MISI PT.PELABUHAN INDONESIA III ( PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG -, Nurmawarti; Ananda Samekto, PM
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sebuah model semakin baik customer fokus, kepedulian dan integritas, maka akan semakin meningkat pencapaian visi misi perusahaan. Pada penelitian ini obyak yang diambil adalah Terminal Penumpang PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabangTanjungEmas Semarang, sumber data meliputi data primer dan data sekunder.Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden.Teknis analisis data adalah menggunakan teknik Regresi Linier BergandaHasil analisis dengan alat bantu progam SPSS versi 22 diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda Y = 0,538 + 0,268 X1 + 0,374 X2 + 0,283 X3 + ?Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara customer focus terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=2,781 >ttable = 1,984) dengan tingkat signifikan 0,007, antara kepedulian terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=3,328 >ttabel= 1,984) dengan tingkat signifikan 0,001, antara integritas terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=2,813 >ttabel= 1,984) dengan tingkat signifikan 0,006. Dengan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial artinya semakin baik customer fokus, kepeduliandan integritas, maka akan semakin meningkat pencapaian visi misi perusahaan. Angka koefisien determinasi(adjusted Rsquare)sebesar 0,582.Hal ini berarti variabel customer fokus (X1), kepedulian (X2)dan integritas (X3) memiliki kontribusi sebesar 58,2 % dalam menerangkan pencapaian visi misi perusahaan (Y) sedangkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pencapaian visi misi kontribusinya sebesar 41,8 % misalnya dipengaruhi faktor exelence, visionary, mutual respect, team work dan faktor lainnya.Kata kunci : Budaya, Visi, MisiThis study aims to find a better model of customer focus, awareness and integrity, then it will increase the company's vision and mission accomplishment. In this study obyak?taken is the Passenger Terminal PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabangTanjungEmas Semarang, data sources include primary data and sekunder.Sampel in this study was 100 responden.Teknis data analysis is using the technique of Multiple Linear Regression Results of analysis tools SPSS version 22 program results obtained multiple linear regression equation Y = 0.538 + 0.268 + 0.374 X1 + 0.283 X2 X3 + ? The results of multiple linear regression equation showed that partially there is positive and significant correlation between customer focus to the achievement of the vision of the company's mission (t = 2.781> TTable = 1.984) with a significant level of 0.007, between concern for the achievement of the vision of the company's mission (t = 3,328> table = 1.984) with a significant level of 0.001, the integrity of the achievement of the vision of the company's mission (t = 2.813> table = 1.984) with a significant level of 0.006. With the positive and significant effect partially means the better customer focus, integrity kepeduliandan, it will increase the company's vision and mission accomplishment. Coefficient of determination (adjusted Rsquare) of 0,582.Hal this means customer focus variable (X1), caring (X2) and integrity (X3) contributed by 58.2% in light of achieving the vision of company (Y), while other factors which affect the achievement of the vision and mission of its contribution by 41.8% influenced exelence eg, visionary, mutual respect, team work and other factors.Keywords: Culture, Vision, Mission
ANALISIS OLAH GERAK KAPAL PADA SAAT MEMASUKI ALUR PELAYARAN SEMPIT DAN DANGKAL -, Sutini
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.50

Abstract

Beberapa gaya yang mempengaruhi kapal dalam gerakannya, untuk dapat mengetahui mengolah gerakan kapal dengan baik, maka terlebih dahulu harus mengetahui sifat sebuah kapal dan bagaimana gerakannya pada waktu mengolah gerak tersebut.Dalam olah gerak kapal saat memasuki alur pelayaran sempit dan dangkal perlu kita perhatikan beberapa faktor baik dari dalam kapal itu sendiri maupun faktor dari luar,seperti bentuk kapal, keadaan mesin, daun kemudi, sarat, trim dan, keadaan muatan. Kemudian faktor dari luar, misalnya: angin, arus, ombak serta, kedalam perairan. Sehingga diperlukan persiapan khusus untuk olah gerak kapal saat mau sandar dipelabuhan diantaranya peralatan navigasi dan komunikasi, safety equipment, tali menali dan jangkar, ship condition.Kata kunci : olah gerak kapal, alur pelayaran?Some of the forces that affect the ship in motion, to be able to know the process the movement of the ship properly, it must first know the nature of a ship and how the movement at the time of the motion process.In navigation vessel while entering shipping lanes are narrow and shallow we need to consider several factors from within the ship itself as well as external factors , such as the shape of the vessel , a state of the engine , leaves the wheel , loaded , trim , state of charge , and external factors such as wind , currents , waves , into perairan.kemudian utuk preparations to be made if the movement of ships currently docked in ports would include navigation and communication equipment , safety equipment , menali ropes and anchors, ship condition.Keywords: ship navigation, navigation channel
UPAYA MELINDUNGI DATA PERUSAHAAN PELAYARAN DI INTERNET DARI HACKER Mahendro, Iwan
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.95 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.45

Abstract

Perusahaan pelayaran adalah badan hukum atau badan usaha yang mengusahakan jasa angkutan laut dengan menggunakan kapal. Saat ini perusahaan ? perusahaan pelayaran sudah menggunakan internet untuk menjalankan berbagai aktivitas perusahaan. Hal ini dilakukan karena dengan adanya internet akan memudahkan komunikasi baik itu antar perusahaan pelayaran maupun dengan kapal yang sedang berlayar. Akan tetapi dengan adanya internet ini, maka tindak kejahatan melalui internetpun juga banyak terjadi, biasanya dilakukan oleh para hacker dengan cara membobol data perusahaan maupun menyerang data perusahaan dengan berbagai macam virus. Perusahaan ? perusahaan akan melakukan berbagai upaya untuk melindungi datanya dari berbagai serangan lewat internet.Kata kunci : perusahaan pelayaran, internet, data?The shipping company is a legal entity or entities who undertake marine transportation services by boat. Currently the company - the shipping company is already using the internet to run the various activities of the company. This is because with the internet will facilitate communication both between the shipping company and the ship was sailing. But with the internet, then crime through internetpun also occur, usually done by hackers to break into corporate data as well as ways to attack corporate data with a variety of viruses. Company - the company will take measures to protect its data from a variety of attacks via the Internet.Keywords: shipping companies, the Internet, the data

Page 1 of 1 | Total Record : 7