cover
Contact Name
Yogi Ginanjar
Contact Email
yogi.ginanjar@ptk.ubpkarawang.ac.id
Phone
+6282298292535
Journal Mail Official
buanailmu@ubpkarawang.ac.id
Editorial Address
Jalan Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Ilmu
ISSN : 25416995     EISSN : 25805517     DOI : https://doi.org/10.36805/bi
Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): Buana Ilmu" : 5 Documents clear
PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WONDERLAND ADVENTURE WATERPARK KARAWANG Citra Pratiwi; Citra Maudina; Azis Kurniawan; Ary Wibisono
BUANA ILMU Vol 3 No 2 (2019): Buana Ilmu
Publisher : Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/bi.v3i2.646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: Pengaruh dari variabel Event Pariwisata secara parsial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Penelitian ini menggunakan 2 variabel; yaitu event marketing (X) dan Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung pada Wisatawan yang Berkunjung ke Event Wonderland Adventure Waterpark. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling indential . Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, verifikatif, uji normalitas dan analisis regresi . Kemudian variabel dari Event Pariwisata berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Perusahaan Wonderland Adventure Waterpark Kabupaten Karawang mempertahankan variabel dari Event yang merupakan faktor penting dalam menciptakan event menjadi spesial. Perusahaan Wonderland Adventure Waterpark dapat mempertahankan variabel yang digunakan dalam penelitian ini dan menggali lebih dalam lagi yang dimiliki Wonderland Adventure Waterpark dan dapat menerapkan ke dalam event-event yang diselenggarakan sehingga memiliki keistimewaan dan menarik perhatian wisatawan. Kata kunci : Event, Pariwisata, Event Pariwisata, Keputusan Berkunjung   This research aims to clarify: influence of variable Event Tourism partially against the decision of the Visiting tourists. This study uses two variables; IE event marketing (X) and the decision of the Visiting Tourist (Y). The collection of data obtained through the dissemination of the questionnaire directly on tourists visiting the Event Wonderland Adventure Waterpark. The samples used in the study was 100 people respondents. Sampling technique used was sampling indential. The analysis of the data used is descriptive, verifikatif analysis, regression analysis and normality test. Then the variable of influential Tourism Event in partial and significantly to the decision of the Visiting tourists. Based on the results of the study, preferably Company Wonderland Adventure Waterpark Karawang maintains variables from the Event which is an important factor in creating the event be special. Company Wonderland Adventure Waterpark can maintain the variables used in this study and digging deeper owned Wonderland Adventure Waterpark and can implement into events held so have the privilege and attract the attention of tourists. Keywords: Event, Tourism, Tourism Events, Visiting Decisions
PENGARUH STRATEGI PRODUK TERHADAP DAYA SAING PRODUK AQUA DI KABUPATEN KARAWANG Arif Abdillah; Ayu Oli Lumas; Citra Krisdayana; Dede Yulia
BUANA ILMU Vol 3 No 2 (2019): Buana Ilmu
Publisher : Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/bi.v3i2.647

Abstract

Strategi produk adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi produk dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan produk untuk perusahaan secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi segmen perusahaan dalam menjalankan kegiatannya, alasan lain yang menununjukkan pentingnya strategi produk adalah semakin kerasnya persaingan perusahaan pada umumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi produk untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi produk yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada produk Aqua di Kecamatan Telukjambe Timur. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan juga dalam bentuk kuesioner. Hasil dari analisis efektifitas strategi produk menunjukkan adanya penurunan penjualan dari produk Aqua dan dijadikan sebagai acuan strategi produk dalam persaingan antar perusahaan AMDK. Kata Kunci: Strategi Produk, Daya Saing               Product strategy is one way to win a sustainable competitive advantage both for companies that produce goods or services. Product strategy can be seen as one of the bases used in preparing product planning for the company as a whole. Viewed from the extent of the problems that exist within the company, it is necessary to have comprehensive planning to be used as a guideline for the company segment in carrying out its activities, another reason that demonstrates the importance of product strategy is the increasing competition of companies in general. This study aims to: get an overview of product strategies to improve competitiveness, and to find out how effective the product strategy has been carried out. This research was conducted on Aqua products in the East Telukjambe District. The technique of collecting data is through interviews, observations and also in the form of questionnaires. The results of the analysis of the effectiveness of the product strategy indicate a decrease in sales of Aqua products and serve as a reference for product strategy in competition between bottled water companies. Keywords : Strategic Product, Competitiveness
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK Diella Fakhirah Yunansyah; Dwi Rendra Agung; Dyah Ayu Nurhapsari; Eva Aprilyana Dewi
BUANA ILMU Vol 3 No 2 (2019): Buana Ilmu
Publisher : Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/bi.v3i2.648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) adalah citra merek dan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian yang diukur dengan menggunakan data dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak terkait. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang Angkatan 2016 yang bertempat di Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang dan sampelnya terdiri dari 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, analisis korelasi Pearson, analisis koefisien determinasi (R2) , uji F dan uji-t dengan bantuan perangkat lunak komputer program SPSS 24. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa data yang diolah valid dan reliabel. Hasil analisis diperoleh persamaan ? 10,019 + 0,582 x. Berdasarkan koefisien korelasi Pearson variabel bebas (X) menunjukkan nilai korelasi positif dan berada dalam kategori kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Dari penelitian ini diperoleh nilai R square 0,619 hal ini berarti citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pengguna dan citra produk memberikan kontribusi sebesar 61,9% terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu sebesar 31,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.   Kata Kunci : Citra Merek, Keputusan Pembelian     This study aims to determine the effect of brand image on purchasing decisions at PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. The variables in this study are the independent variable (X) is the brand image and the dependent variable (Y), which is a purchase decision that is measured using data from the questionnaire (primary) and several observations and direct interviews with related parties. The population in this study were Students / I of the Faculty of Economics and Business, Singaperbangsa Karawang State University, 2016 which took place at the Singaperbangsa Karawang State University and the sample consisted of 100 respondents. Data analysis techniques used were validity test, reliability test, descriptive analysis, simple regression analysis, Pearson correlation analysis, coefficient of determination analysis (R2), F test and t-test with the help of SPSS 24 computer software program. From the results of validity and reliability test indicates that processed data is valid and reliable. The results of the analysis obtained an equation ? 10,019 + 0,582 x. Based on the Pearson correlation coefficient the independent variable (X) shows a positive correlation value and is in a strong category and a significance value of 0,000 <0.05, which indicates that the relationship that occurs is significant. From this study R value of 0.619 obtained this means that the brand image consisting of company image, user image and product image contributed 61.9% to consumer purchasing decisions. In addition, 31.1% of purchasing decisions are influenced by other factors not examined in this study.   Keywords: Brand Image, Purchasing Decision
MEMBANGUN DESAIN HUBUNGAN INDUSTRIAL DALAM MENCAPAI KEHARMONISAN ANTAR PEGAWAI DENGAN MANAJEMEN DI UBP KARAWANG Enjang Suherman
BUANA ILMU Vol 3 No 2 (2019): Buana Ilmu
Publisher : Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/bi.v3i2.649

Abstract

Hubungan industrial di lembaga perguruan tinggi meliputi yayasan, rektorat (pimpinan), dosen, dan tenaga kependidikan. Perilaku organisasional atau hubungan industrial tentu saja harus harmonis. Apabila terjadi perselisihan maka yayasan, rektorat dan pegawai duduk bersama dan mencari solusi serta bisa menyampaikan pendapat, sehingga musyarawah untuk mufakat bisa diutamakan.        Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah civitas akademik yang berbekerja di UBP Karawang. Teknik pemilihan sampel menggunakan cluster sampling. Adapun metode analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif yakni menganalisis hasil  jawaban pertanyaan responden yang diinterprestasikan dengan kaitannya masalah hubungan industrial.        Hasil penelitian ini berupa hubungan industrial yang harmonis dapat dipengaruhi oleh peran pimpinan melalui pendekatan kepada pegawai dengan komunikasi yang efektif dan bersifat empati kepada dalam hal menyikapi perselisihan.                       Peran pimpinan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis dengan cara membuat pertemuan pimpinan secara rutin. Komunikasi efektif, perencanaan dan pengawasan secara keseluruhan, negosiasi, empati kepada pegawai adalah sebagai kompetensi utama. Apabila terjadi perselisihan, pimpinan sebagai mediator dan diselesaikan secara internal.
URGENSI PEMBINAAN KEMAMPUAN BACA AL-QURAN TERHADAP MAHASISWA PERGURUAN TINGGI UMUM MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Siti masruroh
BUANA ILMU Vol 3 No 2 (2019): Buana Ilmu
Publisher : Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/bi.v3i2.727

Abstract

Abstrak             Kemajuan teknologi informasi telah banyak merubah pola dalam segala sendi kehidupan, begitupun pembiasaan baca Al-Qur?an pelan-pelan sudah mulai ditinggalkan, oleh generasi muda saat ini memiliki kemampuan mengakses informasi lebih cepat yang berakibat berpengaruh terhadap pola kehidupan. Kemajuan teknologi informasi telah merubah kebiasaan dan pola hidup. Esensi revolusi industry 4.0  adalah revolusi social budaya,dan prilaku .             Urgensi pembiasaan membaca Al-Qur?an harus dihidupkan kembali karena . realitasnya dilapangan  masih banyak mahasiswa perguruan tinggi umum, kemampuan baca Al-Quran sangat minim.Disinilah tujuan Urgensi pembinaan secara intensif ke pada mahasiswa agar mampu membaca Al-Qur?an  dengan baik  dan benar karena Al-qur?an  sebagai sumber ilmu pengetahuan dan sebagai pedoman  bagi manusia sebagai  standar kehidupan manusia  agar pola kehidupan terarah dengan petunjuk Al-Qur?an.Tujuan penelitian ini adalah sebagai konsekwensi mata kuliah pendidikan agama Islam di Universitas Buana perjuangan karawang sebagai sarana untuk membakali mahasiswa memiliki semangat menjadi generasi Qur?ani yang berakhlakul karimah sesuai petunjuk Al-qur?an. Kata Kunci  Urgensi,Pembinaan , Intensif, Target, revolusi industry 4.0.

Page 1 of 1 | Total Record : 5