cover
Contact Name
Hermansyah
Contact Email
-
Phone
+6282174587457
Journal Mail Official
cendikiamuliamandiri@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Cipta Diamond No. 01, Kavling Lama Sagulung, Kota Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Engineering And Technology International Journal
ISSN : -     EISSN : 2714755X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
The Engineering and Technology International Journal (EATIJ) is a scientific journal published by the Cendikia Mulia Mandiri Foundation. This is journal for the development of publications in the field of Engineering and Technology. We can make publication of research results and sharing the development of engineering and technology science. The paper which publish in this journal has never been published before in the form of research or applied research articles, review articles relating to technological developments and management used in the industrial world. All articles that enter will go through a peer-review process after fulfilling the requirements according to the article writing guidelines. This journal is published in March, July and November.
Articles 16 Documents
ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BERDASARKAN ISO 31000:2009 Putri, Meylia Vivi
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.374 KB)

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mengandung nilai perlindungan tenaga kerja dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. UKM Super Indra  merupakan salah satu UKM tahu berskala menengah. UKM ini mempunyai enam stasiun kerja. Proses pembuatan tahu di UKM Super Indra memiliki banyak potensi hazard. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko kemudian menganalisis risiko-risiko keselamatan dan kesehatan kerja serta memberikan usulan tindakan pengendalian risiko terhadap risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada proses pembuatan tahu UKM Super Indra. Identifikasi risiko dilakukan dengan menggunakan metode job hazard analysis. Analisis risiko dilakukan dengan metode semi kualitatif berdasarkan  ISO 31000:2009 dilanjutkan dengan pemberian usulan perbaikan untuk mengurangi hazard. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 28 hazard yang ada di UKM Tahu Super Indra. Hazard dengan kategori very high sebanyak 7,15 %, priority 1 sebanyak 50%, substansional 48,25 %, dan priority 3 sebanyak 0%. Usulan yang dianjurkan seperti penggunaan APD, mengurangi music, mengganti music yang didengarkan, membuat SOP, menyediakan minum untuk pekerja, memeriksakan diri ke puskesmas minimal 1 x 1 tahun, membuat tanda bahwa lantai licin, dll. Dimungkinkan  untuk  menurunkan dampak dari risiko tersebut yang mana pada awalnya high level sebanyak 7,15% berkurang menjadi 0 %. Yang mana pada awalnya priority 1 sebanyak 50% dapat berkurang menjadi 7,15 %.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa SMK Devega, Army Trilidia; Suri, Ghea Paulina
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.544 KB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SKM Ibnu Sina Batam Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ditemukan bahwa guru belum menggunakan media interaktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R & D), dan model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran interaktif ini dirancang dengan menggunakan aplikasi Lectora. Hasil penelitian ini adalah: (1) validitas media dengan nilai 0,96 (2) Media praktikum dari respon guru sebesar 97,50 dan respon siswa 83,92 dengan kategori praktis (3) Efektivitas media dengan menggunakan time series dengan hasil nilai siswa meningkat 25% secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Diperoleh hasil uji gain score 0,53 kategori sedang.
Sistem Informasi Praktik Kerja Industri Berbasis Web Menggunakan Framework Code Igniter Suri, Ghea Paulina; Arifin, Nofri Yudi; Devega, Army Trilidia
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.49 KB)

Abstract

Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap siswa SMK sebagai  bentuk dari pengimplementasian ilmu ataupun sebagai penambah wawasan tentang dunia kerja yang akan mereka hadapi kedepannya. kebanyakan sekolah SMK memiliki program keahlian lebih dari satu dan terdiri dari beberapa kelas.  Tentu saja terdapat tugas sekolah tersendiri dalam mendistribusikan tiap siswanya untuk melaksanakan praktek kerja industri secara menyeluruh. Bagian terkait yang bertugas juga dituntut untuk menyajikan kebutuhan data dan informasi agar dapat mengurangi kerancuan seperti dalam proses pengajuan. Sistem informasi praktek kerja industri diperlukan untuk meningkatkan kinerja pihak sekolah dalam monitoring maupun mengolah data dan informasi, sistem informasi monitoring prakerin berbasis web berada pada kategori sangat valid, sehingga layak digunakan untuk uji coba lapangan terhadap pengguna, kepraktisan dan keefektifan sistem informasi monitoring prakerin berbasis web pada saat uji coba lapangan berada pada kategori sangat praktis dan sangat efektif sehingga layak digunakan dan memberikan manfaat  bagi  pengguna  untuk  pengelolaan  serta  pelaksanaan  prakerin  di  SMK Ibnu Sina Batam.
Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Depresi Pada Manusia Dengan Metode Certainty Factor Suryadi, Agus; Febrianti, Eka Lia
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.995 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah merancang dan membangun rekayasa perangkat lunak sistem pakar berbasis web yang mampu mendiagnosa penyakit depresi pada manusia untuk mendapatkan solusi dan informasi dengan mudah dan cepat. Penelitian ini menggunakan metode analisa nilai kepastian  (Certainty Factor) berdasarkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh user. Hasil yang ditampilkan berupa kondisi user terkait dengan depresi. Hasil juga dilengkapi dengan penjelesan penyakit dan solusi pengobatan yang ditampilkan dalam bentuk website menggunakan pemrograman PHP dengan database MySQL. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahasa pemograman PHP dan MySQL terbukti mampu diimplementasikan dalam merekayasa sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit depresi.Metode Certainty Factor terbukti mampu melakukan penelusuran /pelacakan gejala penyakit depresi dengan mudah dan cepat dengan memberikan nilai kepastian.Sistem online dapat membantu user mendapatkan informasi tentang jenis-jenis penyakit, gejala dan solusi pengobatan pada penyakit depresi
Penetapan Strategi Pemasaran Produk Koko Krunch di Kota Batam Setyabudhi, Albertus Laurensius; Alamsyah, Nanang; Cahyo, Yayan Nur
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.278 KB)

Abstract

Tidak tercapainya target penjualan Produk Nestle Koko Krunch akan mempengaruhi kinerja dan peforma dari PT BIS sebagai distributor tunggal, Karena PT Nestle akan memberikan tekanan kepada distributor, supaya melakukan tindakan tindakan yang kontruktif untuk mencapai target penjualan khususnya pada Produk Nestle Koko Krunch. Beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak tercapainya target penjualan adalah Kurangnya Strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan Produk Nestle Koko Krunch. Guna mengatasi permsalahan diatas maka perlu dilakukan suatu Analisa Strategi Pemasaran Produk Nestle Koko Krunch dengan Pendekatan SWOT-AHP (Analytic Herarchy Process) yaitu untuk mencari strategi alternatif yang paling tepat. Berdasarkan analisis internal dan eksternal perusahaan, faktor kunci internal yang merupakan kekuatan utama bagi PT. Bintang Intan Sarana yaitu Fasilitas,Peralatan,Armada dan Kantor dalam Kondisi Baik ( skor : 0.65). Sedangkan kelemahan utama perusahaan yaitu Reward Penjualan dan Mekanisme Kontrol, hal ini disebabkan mekanisme kontrol terhadap reward penjualan belum berjalan dengan efektif. Dari matriks IFE diperoleh total skor rata-rata sebesar 3.07 yang menunjukan perusahaan berada pada kondisi yang kuat. Faktor kunci eksternal yang merupakan peluang utama bagi PT. Bintang Intan Sarana yaitu produk koko krunch memiliki kesempatan untuk berinovasi  (skor 0.44) karena citra merk yang baik selama ini di mata konsumen sehingga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memaksimalkan penjualan produk nestle koko krunch. Sedangkan ancaman utama bagi perusahaan yaitu munculnya pesaing (skor : 0.26). Hal ini disebabkan karena batam adalah kota industri dengan mayoritas masyarakatnya pekerja sehingga tuntutan masyarakat terhadap semua kebutuhan yang cepat dan cenderung instan sudah menjadi gaya hidup, Makanan cepat saji adalah salah satu yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern saat ini sehingga banyak produk sejenis yang bermunculan.
KURSI RODA OTOMATIS DENGAN SISTEM LINE FOLLOWER BERBASIS MIKROKONTROLER Johan, Dasman; Suri, Ghea Paulina
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.227 KB)

Abstract

Kursi roda dengan line fower ini menggunakan sensor proximity yang akan membaca garis dan mengirimkan pulsa 0 atau 1 ke mikrokontroler dan mikrokontroler akan memproses pulsa tersebut, kemudian mikrokontoler akan mengirimkan sinyal ke driver motor, dan driver motor yang akan mengendalikan gerak motor, apakah maju, mundur, kiri atau, kanan. Apabila kursi roda ini dihidupkan dan di letakkan pada garis yang bertutujuan ke satu ruangan maka kursi roda ini akan bergerak menuju ruangan tersebut secara otomatis. Maka si pasien tidak akan tersesat dalam rumah atau rumah sakit. Kursi roda ini juga dilengkapi dengan pengontrolan manual. Jadi si pasien dapan mengontrol kursi rodanya sendiri dengan menekan tombol maju untuk maju, mundur untuk mundur, kiri untuk ke kiri dan, kanan untuk ke kanan.
Dashboard Sistem Aplikasi Pengelolaan Data Obat Veza, Okta; Arifin, Nofri Yudi
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.541 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika (telematika) berjalan dengan sangat pesat di era modern ini. Perkembangan tersebut telah menciptakan suatu revolusi mutakhir yang biasa disebut dengan revolusi informasi. Beberapa hal yang membuat teknologi banyak di sukai di berbagai  kalangan karena sebagian besar  mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu kelebihan dari sistem komputerisasi  ialah  menghasilkan  informasi  secara  relevan,  tepat  waktu  dan  akurat.  Mengelola  sebuah persediaan  barang  dengan  teliti  dan  terjadwal  memberikan  suatu  dampak  efektifitas  kinerja  dari  setiap perusahaan dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen agar lebih baik. Agar lebih mempermudah staff dalam membuat laporan data obatnya.Dengan adanya aplikasi penjualan dan persediaan obat yang diusulkan mampu menghasilkan informasi yang cepat, dan tepat waktu sehingga memudahkan dalam pengolahan data penjualan obat dan data stok obatnya. perancangan sebuah sistem informasi persediaan data obat diharapkan dapat membantu pengguna dalam hal ini bagian persediaan untuk mengetahui informasi data stok dan transakasi pada persediaan obat secara efektif dan detail sampai dengan laporan persediaan dan informasi obat per kategori.
SISTEM PENGUNCI PINTU OTOMATIS BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN PASSWORD Subawani, Wahyu
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.506 KB)

Abstract

Pada saat ini keamanan lingkungan rumah diantaranya pintu, lemari, loker masih menggunakan sistem secara manual yaitu dengan menggunakan pengunci konvensional. Kekurangan dari pengunci konvensional ini diantaranya adalah penghuni rumah harus membawa banyak kunci saat bepergian, kunci mudah diduplikat, kunci mudah dibobol, kunci mudah rusak sehingga mengurangi kemudahan dan keamanan. Berdasarkan permasalahan ini untuk meningkatkan keamanan dari berbagai tindak kejahatan yang semakin marak maka penulis merancang sebuah sistem pengunci pintu otomatis berbasis arduino dengan menggunakan password. Sistem ini menggunakan mikrokontroler arduino sebagai pengendali setiap masukan yang diberikan. Pengguna memasukkan password yang telah disiapkan melalui keyboard yang telah terpasang. Password yang dimasukkan akan muncul pada LCD kemudian diproses di dalam mikrokontroler. Pintu akan terbuka dan mengunci kembali secara otomatis setelah pintu dalam kondisi terbuka selama 5 detik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan alat ini dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan rancangan yang dibuat serta memberikan kemudaahan bagi user dalam menggunakan.
PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT BAJAK SAWAH DENGAN PENGONTROLAN BERBASIS ARDUINO Purnomo, Arief Cahya; Chandra, Joni Eka
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 1 No 01 (2019): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.469 KB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki lahan sawah yang luas, lahan-lahan tersebut dibajak secara manual ataupun tradisional, membajak sawah secara manual yaitu membajak sawah dengan cara mendorong alat bajak sawah mengelilingi lahan dan cara trdisional yaitu membajak sawah menggunakan sapi. Di Era teknologi saat ini dibutuhkan alat bajak sawah yang dapat dikontrol dari jarak jauh. Tujuan penulis merancang alat ini agar dapat mempermudah pekerjaan petani dan merubah sistem pembajakan sawah dari manual ke modern. Ada dua bagian penting dari perancangan alat ini yaitu perancangan perangkat keras (hardware) yang berupa prototype alat bajak sawah dan perancangan perangkat lunak (software) yang berupa program pengontrolan. Perancangan pengontrolan alat bajak sawah terdiri dari beberapa komponen, antara lain: aplikasi android sebagai alat kontrol, bluetooth HC-05 sebagai media komunikasi ke Arduino Nano, Arduino Nano sebagai mikrokontroler yang memberikan perintah ke Driver L298N untuk menggerakkan motor DC. Pengujian ini dilakukan sebanyak 3 kali dengan cara mengaktifkan lalu menonaktifkan Catu Daya. Hasil yang diperoleh dari pengujian ini yaitu berhasil 100% tanpa ada error/rusak.
PENETAPAN PRIORITAS PENILAIAN KARYAWAN PADA GOLDEN VIEW HOTEL BATAM Setyabudhi, Albertus Laurensius
Engineering and Technology International Journal (EATIJ) Vol 2 No 01 (2020): Engineering and Technology International Journal (EATIJ)
Publisher : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (YCMM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Golden View Hotel merupakan salah satu hotel berbintang 4 yang ada di kota Batam. Hotel ini menghadapi permasalahan penurunan dalam penilaian devisi housekeeping, yang mana para manager menginginkan kriteria housekeeping yang diinginkan. Ada 4 Faktor yang dianggap paling penting dengan penyebaran kuesioner kemudian hasil tersebut dihitung melalui perhitungan AHP (analytical hierarchy process) untuk mencari nilai bobot prioritas dimana telah didapatkan untuk bobot faktor Perilaku dengan total 0.51 dimana memiliki 4 variabel, untuk bobot faktor pengetahuan dengan total 0.33 dimana memiliki 4 variabel, untuk bobot faktor kemampuan dengan 0.16 dimana memiliki 4 variabel. Sehingga penulis dapat mengusulkan untuk penilaian standar perusahaan Golden View Hotel akan menjadi tolak ukur kiteria karyawan housekeeping yang diingikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16