cover
Contact Name
Bambang
Contact Email
bambang.afriadi@unis.ac.id
Phone
+6285274441681
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Maulana Yusuf No 10 Babakan,Kecamatan Tangerang Kota Tangerang Banten, 15118 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
EKONOMI BISNIS
ISSN : 1411545X     EISSN : 27151662     DOI : https://doi.org/10.33592/jeb
Core Subject : Economy,
EKONOMI BISNIS Journal of Economic and Business is a peer-reviewed, scientific journal published by Faculty of Economic and Business (FEB) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. The aims of the journal are to publish and disseminate high quality, original research papers and article review in business, management, and accounting science. EKONOMI BISNIS is published two times per year.
Articles 14 Documents
Analisis Pengaruh Rasio Keuangan dan Good Corporate Governance Terhadap Income Smoothing Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2012 – 2016) Fauziah Ulfah, Indar
EKONOMI BISNIS Vol 25, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v1i25.285

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah bank syariah di Indonesia melakukan manajemen laba dengan perataan laba. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah praktik perataan laba (Income Smoothing), variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio non performing financing (NPF), net profit margin (NPM), return on asset (ROA), financing to deposit ratio (FDR), dan Good corporate governance (GCG). Obyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) tahun 2014-2016. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 11 bank syariah menjadi sampel. Koefisien/indeks Eckel digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi praktik perataan laba. Selanjutnya dilakukan statistik deskriptif dan analisis regresi logistik untuk menguji setiap hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank syariah melakukan manajemen laba dengan praktek perataan laba. Selanjutnya, tiga variabel independen secara signifikan (NPM, ROA, GCG) positif dan negatif mempengaruhi variabel dependen, dan dua Variabel independen tidak signifikan (NPF,FDR). Sementara secara simultan kelima independen variabel berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Kata Kunci: Manajemen Laba, Perataan Laba, Bank Umum Syariah, Indeks Eckel, Akuntansi syariah
FUNGSI KONTRAK DAGANG DALAM TRANSAKSI EKSPOR IMPOR Sani, Abdillah
EKONOMI BISNIS Vol 24, No 1 (2018): Ekonomi Bisnis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v24i1.201

Abstract

Kegiatan perdagangan luar negeri yang lazim disebut ekspor impor dalam era globalisasi sekarang ini sudah sedemikian terbuka lebar dan membuka kesempatan bisnis yang luas kepada para Usahawan Kecil dan Menengah (UKM) yang potensial, untuk memasuki pasar berbagai Negara. Sejalan dengan globalisasi ini, Negara-negara yang menjadi tujuan ekspor cenderung menjadi lebih protektif karena khawatir pintu yang terlalu dibuka lebar akan menyebabkan banjirnya barang impor sehingga berpotensi mematikan produk-produk dalam negeri. Berbagai persyaratan pun bermunculan dengan dalih melindungi produsen dalam negeri, untuk membatasi masuknya barang-barang ekspor dari berbagai Negara. Meskipun demikian, kegiatan ekspor impor antar negara sejauh ini, terus berkembang dan mengalami percepatan. Oleh karena itu keberadaan kontrak dagang sebagai dokumen tertulis yang mengikat dan menjamin kepentingan kedua belah pihak menjadi sangat penting. Dalam kontrak dagang ekspor ini lah para eksportir dan importir membuktian komitmennya untuk bertransaksi secara jujur dan saling menguntungkan. Pengetahuan para pihak tentang apa isi dan bagaimana kontrak dagang ekspor yang tertuang dalam tulisan ini diharapkan bisa menjadi pembuka wawasan untuk eksportir dan importir menyusun suatu bentuk perjanjian dagang yang melindungi kepentingan mereka saat berhadapan dengan mitra luar negerinya.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, SERTA IMPLIKASINYA PADA WORD OF MOUTH STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA Prastowo, Sugeng Lubar
EKONOMI BISNIS Vol 24, No 1 (2018): Ekonomi Bisnis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v24i1.207

Abstract

The condition of the number of universities that very much as well as the changing demands of consumers and potential consumers of the attributes and performance of educational services that they get trigger increased intensity of competition among service providers colleges. Evident of instability number ratio of new admissions process at UMB. This study aims to examine and analyze the effect of brand image, service quality to customer satisfaction as well as its implications on word of mouth at the University of Mercu Buanan Jakarta. The research data is taken from the questionnaire data of 100 students, the results of the calculation formula of slovin with error or error rate of 10% = 0. The sampling method that has been used is convenience sampling of 6947 the population of regular students at UMB. The analysis method that has been used in this research is the Structural Equation Modeling (SEM). Research shows that brand image, service quality and customer satisfaction significantly influence word of mouth. Partially showed that the brand image factors certainly has a positive and significant impact on customer satisfaction, service quality factors are also has a positive and significant impact on customer satisfaction, and customer satisfication factor also has a positive and significant impact on word of mouth. Service quality is the most powerful variable influence on customer satisfaction in Mercu Buana University.
PENGARUH NPWP DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Civitas Akademika Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang) Dharmayanti, Nela; Aisyah Humayroh, Siti
EKONOMI BISNIS Vol 25, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v25i1.286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh NPWP dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu dosen, mahasiswa/i dan karyawan Universitas Islam SyekhYusuf Tangerang yang berjumlah 4.353 dan untuk sampelnya berjumlah 98 responden wajib pajak di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang di proses dan di analisis dengan menggunakan analisa regresi berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Uji kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas pearson correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji R2 yang sudah disesuaikan, uji F dan uji t. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan sangat kuat antara NPWP terhadap kepetuhan wajib pajak dengan nilai korelasi 0,806. Kontribusi sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 27,1% sisanya dipengaruhi faktor lain yang belum diteli dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya, serta dan thitung > ttabel (5,971 > 1,984), maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara NPWP dan sanksi perpajakan kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara simultan terdapat hubungan yang sangat kuat antara NPWP dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai korelasi 0,820. Kata Kunci : NPWP, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI VARIA STORE - TANGERANG ., AHMAD
EKONOMI BISNIS Vol 24, No 1 (2018): Ekonomi Bisnis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v24i1.202

Abstract

This research was done in order to analyze the variable effect (X1) namely Quality of Product to variable (Y) namely Purchasing Decision, variable effect (X2) namely Brand Image to variable (Y) namely Purchasing Decision, and variable effect (X1) namely Quality of Product and variable (X2) namely Brand Image to variable (Y) namely Purchasing Decision. This research was done by using a Survey Method. The population in this research were the use cosmetic produc Wardah in Varia Store Tangerang, taking of sample was done by Incidental Sampling technique, and the amount is 100 respondents. Whereas the data analysis was done by associative analysis, Validity test, Reability test,Hypotesist test, simple regression analysis, multiple regression analysis, simple correlation analysis, multiple correlation analysisand coefficient determination (R²). Based on the analysis data which was done in this research, can be concluded that variable (X1) which is Quality of Product give an positive influence and significant impact on variable (Y)which is Purchasing Decision for Variable 89,0% effect (X2) which is Brand Image give an positive influence and significant impact on variable (Y)which is Purchasing Decision 90,0%. And Variable effect(X1) which is Quality of Product and variable (X2) which is Brand Image found positive and significant impact on variable (Y)which is Purchasing Decision for 89,0%. Value of F-count which is 9,179 is more than value of F-table which is 3,090. The result is Ho refused and Ha accepted. Whereas the residual is influenced by the other variable which didn?t researched in this research.
PENGARUH PERSEPSI, PEMAHAMAN, DAN RESIKO WAJIB PAJAK TERHADAP KETEPATAN PENYAMPAIAN SPT PPN MENGGUNAKAN E-FAKTUR Widayati, Neneng
EKONOMI BISNIS Vol 24, No 1 (2018): Ekonomi Bisnis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v24i1.208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan penyampaian SPT PPN menggunakan e-Faktur. Variable dalam penelitian ini yaitu persepsi, pemahaman, dan resiko wajib pajak dalam menggunakan e-Faktur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer berbentuk kuantitatif. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui kuisioner yang diberikan langsung kepada responden. Jumlah responden disesuaikan dengan sampel yang akan diteliti yaitu sebanyak 70 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi dan pemahaman wajib pajak tidak berpengaruh signifikan dalam ketepatan penyampaian SPT PPN menggunakan e-Faktur, akan tetapi variable resiko berpengaruh signifikan dalam ketepatan penyampaian SPT PPN menggunakan e-Faktur.
EVALUASI METODE BALANCED SCORECARD DALAM UPAYA MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk TANGERANG Widayati, Neneng; Khasanah, Tafrikhatun
EKONOMI BISNIS Vol 25, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v25i1.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan dari segi kinerja finansial dan nonfinansial dengan menggunakan metode Balanced Scorecard melalui empat perspektif yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai Evaluasi deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kinerja dari PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Tangerang kurang baik. Dari segi keuangan terlihat bahwa aktiva yang digunakan untuk operasi perusahaan mengalami penurunan pada tiap tahunnya. Pada perspektif pelanggan menunjukkan pendapatan bersih mengalami kenaikan tiap tahunnya tetapi laba bersihnya selalu mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan profitabilitas pelanggannya menurun. Pada perspektif proses bisnis internal, beban operasional tiap tahunnya mengalami penurunan dan kenaikan, tetapi karena pendapatan operasional yang naik terus berdampak pada keberhasilan dalam efesiensi biaya operasional tersebut. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, perusahaan selalu mengalami penurunan dalam tingkat produktivitas karyawan disetiap tahunnya dikarenakan selalu ada kenaikan jumlah karyawan sedangkan tidak bisa diimbangi dengan kenaikan laba perusahan. Kata kunci: Kinerja perusahaan, Balanced Scorecard
ANALISIS PENGARUH BELANJA DAERAH (BELANJA LANGSUNG DAN BELANJA TIDAK LANGSUNG) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2008 – 2014. Chamdani, Moch.
EKONOMI BISNIS Vol 24, No 1 (2018): Ekonomi Bisnis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v24i1.203

Abstract

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) adalah rencana keuangan tahunan pemerintah daerah yang ditetapkan berdasarkan peraturan daerah. Alokasi belanja daerah didasarkan pada kebutuhan daerah melalui prioritas anggaran dan pelayanan publik guna memberikan dampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kausal empiris belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tangerang Tahun 2008 - 2014. Berdasarkan hasil uji T dan Uji F secara parsial bahwa tidak cukup bukti terdapat pengaruh belanja langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tangerang., Tidak cukup bukti terdapat pengaruh belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tangerang. Kemudian secara bersama-sama terbukti terdapat pengaruh simultan dan siginfikan belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tangerang. Pengaruh langsung belanja langsung terhadap belanja tidak langsung sebesar 94,9 %, Pengaruh langsung belanja langsung terhadap pdrb sebesar 0,35 %, dan pengaruh langsung belanja tidak langsung terhadap PDRB sebesar 63,5 % , kemudian secara bersama-sama belanja langsung dan belanja tidak langsung memberikan pengaruh simultan dan signifikan terhadap pdrb sebesar 89,9 %, dan sisanya 10,1 % dipengaruhi oleh variable lain. Untuk mencapai nilai pertumbuhan ekonomi sebesar 0 pemerintah Kabupaten Tangerang harus menutup defisit nilai konstan sebesar Rp. 132.771.632.99,-, sehingga nilai konstan menjadi positif. Kemudian untuk meningkatkann nilai pertumbuhan ekonomi sebesar 1 digit dibutuhkan alokasi belanja daerah senilai Rp. 6.107.495,12,-.
93 PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF TANGERANG DALAM MEMILIH PROFESI SEBAGAI KONSULTAN PAJAK Safitriawati, Tita; Dongoran, Parlindungan
EKONOMI BISNIS Vol 24, No 1 (2018): Ekonomi Bisnis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v24i1.263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan minat mahasiswa program studi akuntansi konsentrasi perpajakan kelas regular pagi dan kelas regular sore dalam memilih karir sebagai konsultan pajak. Analisisnya didasarkan pada jawaban responden yang diperoleh melalui kuesioner yang diditribusikan di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 sampel mahasiswa pada semester 6 dan semester 8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dikuantitatifkan. Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan dari software SPSS 24.00. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai t hitung variabel persepsi mahasiswa (X1) terhadap pemilihan profesi Konsultan Pajak (Y) menunjukkan 2,716 berarti t hitung > t tabel (2,716 > 1,997) memiliki tingkat signifikan 0,008 < 0,05 maka hal ini membutikan bahwa Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Ekonomi Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pemilihan profesi Konsultan Pajak. Sementara itu Hasil pengujian minat mahasiswa (X2) terhadap pemilihan profesi Konsultan Pajak (Y) menunjukkan t hitung sebesar 4,720 berarti t hitung > t tabel (4,720 > 1,997) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka hal ini membuktikan bahwa Ho2 ditolak dan Ha2 diterima artinya minat mahasiswa Ekonomi Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pemilihan profesi Konsultan Pajak. Kemudian pengujian secara simultan variabel bebas yaitu persepsi dan minat terhadap pemilihan profesi sebagai konsultan pajak menghasilkan F hitung > F tabel (39,998 > 3,14) dengan tingkat signifikansi 0,000 > 0,05 yang artinya persepsi dan minat mahasiswa Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang memiliki pengaruh yang signifikan dalam memilih karir sebagai Konsultan Pajak.
PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), EARNING PER SHARE (EPS),RETURN ON INVESMENT (ROI),PERTUMBUHAN PENJUALAN, DEVIDENT PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR KIMIA,KEMASAN DAN PLASTIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014) Hawa, Siti
EKONOMI BISNIS Vol 25, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yususuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jeb.v25i1.288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) Return on Invesment (ROI), Pertumbuhan Penjualan, dan Devident Payout Ratio (DPR) terhadap Nilai Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam pengamatan tahun 2010 ? 2014. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Econometric Views (Eviews) versi 8 untuk 65 memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari duapuluh dua (22) perusahaan manufaktur kelompok Sektor kimia,plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam pengamatan 2010 sampai dengan 2014 dengan metode purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Return on Invesment (ROI) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (5) Devident Per Share (DPR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Hasil analisis regresi secara simultan diperoleh hasil bahwa Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan Return on Invesment (ROI) dan Devident Per Share (DPR) secara tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaanKata kunci : Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return on Invesment (ROI), Pertumbuhan Penjualan ,Devident Per Share (DPR), Nilai Perusahaan

Page 1 of 2 | Total Record : 14