cover
Contact Name
Hery Fajeriadi
Contact Email
heryfaje@gmail.com
Phone
+6285332834301
Journal Mail Official
bioinoved@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjend. H. Hasan Basry, Gedung Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
ISSN : 26849062     EISSN : 27149803     DOI : -
Core Subject : Education,
Bio-Inoved: The Journal of Biology-Educational Innovation [p-ISSN 2684-9062] publishes scientific articles on the results of biology education research and innovations (Focus and Scope). Articles are written by following the manuscript writing rules (Author Guidelines). This journal is published twice a year, in April and October.
Articles 26 Documents
VALIDITAS BUKU ETNOBOTANI TUMBUHAN MARANTHES CORYMBOSA DI KAWASAN HUTAN BUKIT TAMIANG KABUPATEN TANAH LAUT Ghani, Guntur Al; Dharmono, Dharmono; Amintarti, Sri
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.652 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7862

Abstract

Validasi diartikan sebagai suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan. Buku yang divalidasi adalah buku ilmiah populer tumbuhan Maranthes corymbosa di kawasan hutan bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Validator terdiri dari 2 orang ahli dari Universitas Lambung Mangkurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari buku ilmiah populer Maranthes corymbosa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model education design research (EDR) dengan evaluasi uji formatif Tessmer. Adapun hasil yang didapatkan dari uji validasi oleh 2 validator ahli terhadap buku ilmiah populer Maranthes corymbosa adalah sangat valid dengan skor 91,3%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN KOMUNIKASI SISWA HOMESCHOOLING MELALUI IMPLEMENTASI CIRC PADA MATERI SISTEM EKSKRESI Utami, Nurul Hidayati
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.079 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7861

Abstract

Sekolah dengan sistem homeschooling membantu siswa meraih akademik dan interaksi sosial. Implementasi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir analisis dan komunikasi setiap siswa, Salah satu cara yang tepat untuk menerapkan CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis dan komunikasi siswa kelas XI Homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek adalah siswa homeschooling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator kemampuan untuk menganalisis dan berkomunikasi dikembangkan. Hasil penelitian adalah 1) Model CIRC dapat meningkatkan keterampilan analitis siswa di kelas XI IPA. Rata-rata siklus 1 adalah 71 dan siklus 2 adalah 76,83, tetapi hanya satu siswa yang dikategorikan lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. 2) keterampilan komunikasi dikategorikan baik.
KEEFEKTIVAN PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN BERBASIS PERANCANGAN Zaini, Muhammad; Hidayati, Nurul
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.327 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7860

Abstract

Riset Program for International Student Assessment (PISA) yang memfokuskan pada literasi bacaan, matematika, dan IPA memperlihatkan peringkat Indonesia hanya menduduki 10 terbawah dari 65 negara. Riset Trends international Mathematics and Science Study (TIMSS) menunjukkan siswa Indonesia berada pada rangking amat rendah dalam kemampuan 1) memahami informasi yang komplek, 2) teori,analisis dan pemecahan masalah, 3) pemakaian alat, prosedur dan pemecahan masalah dan 4) melakukan investigasi. Salah satu cara yang mungkin dapat mengatasi masalah kelemahan siswa Indonesia adalah memperbaiki perangkat RPP. Penelitian ini bertujuan menentukan keefektivan perangkat RPP IPA-biologi melalui penelitian berbasis perancangan. Penelitian menggunakan Model Tessmer dengan tahapan self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test sebagai fokus penelitian. Subjek penelitian siswa kelas VIIA berjumlah 40 orang. Jenis data meliputi 1) hasil belajar kognitif, 2) keterampilan kinerja, 3) perilaku berkarakter, 4)  keterampilan sosial, dan 5) keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar kognitif melalui tes dianalisis berdasarkan KKM. Keterampilan kinerja melalui pengamatan menggunakan rubrik rincian tugas kinerja. Perilaku berkarakter dan keterampilan sosial melalui pengamatan menggunakan rubrik perilaku berkarakter. Keterampilan berpikir kritis melalui LKS dengan rubrik kuantitatif. Hasil penelitian perangkat RPP efektif digunakan berdasarkan 1) hasil belajar siswa (produk dan proses) telah melampaui ketuntasan klasikal, 2) keterampilan kinerja siswa sangat baik, 3) perilaku berkarakter siswa (disiplin dan tanggung jawab) sangat baik, 4) keterampilan sosial siswa (bekerja sama dan menyumbang ide) sebagian besar sangat baik, dan 5) keterampilan berpikir kritis siswa sudah baik.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DI KAWASAN PESISIR, KALIMANTAN SELATAN Irwandi, Irwandi; Fajeriadi, Hery
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.433 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7859

Abstract

Lingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar langsung. Proses pembelajaran yang mempertemukan siswa dengan objek yang dipelajari dapat meningkatkan produktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik di lingkungan pesisir. Data minat belajar siswa dianalisis secara deskriptif dari angket observasi respon siswa sebanyak 5 orang dari masing-masing sekolah. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan hasil hitung N-gain skor evaluasi. Respon siswa di sekolah A memperoleh skor persentase 85,5% (positif) dan sekolah B memperoleh skor persentase 87,5% (positif). N-gain peningkatan hasil belajar kognitif siswa di sekolah A adalah 0,42 (sedang) dan siswa di sekolah B adalah 0,79 (tinggi). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar mampu meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa SMA.
KEPRAKTISAN HANDOUT STRUKTUR POPULASI TUMBUHAN RAWA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI Dharmono, Dharmono; Mahrudin, Mahrudin; Riefani, Maulana Khalid
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.366 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kepraktisan Handout struktur populasi tumbuhan rawa dalam meningkatkan ketrampilan berfikir kritis mahasiswa Pendidikan Biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah EDR melalui uji formatif Tessmer dengan subjek penelitian 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Data kepraktisan meliputi kepraktisan isi, respon mahasiswa. Data penelitian dianalisa secara diskriptif  berdasarkan katagori. Hasil penelitian terhadap respon mahasiswa dan hasil observasi keterlaksanaan Handout menunjukkan bahwa Handout yang dikembangkan sangat praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Ekologi Tumbuhan pada konsep populasi.
KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA TADRIS BIOLOGI PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM Khairunnisa, Khairunnisa; Ita, Ita; Istiqamah, Istiqamah
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.122 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7858

Abstract

Jumlah mahasiwa di program studi biologi berjumlah 35 orang yang terdiri dari 91,43% berasal dari lulusan kelas IPA, 8,57% dari lulusan kelas non IPA (keagamaan, adminstrasi, IPS). Keterampilan Proses Sains yang dimiliki mahasiswa tersebut belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa Program Studi Tadris Biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menghasilkan data yang akan dianalisis secara deskriptif dan diukur secara kategorikal. Data penelitian berupa nilai tes keterampilan proses sains yang diambil dari nilai hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan Biologi Umum. Hasil penelitian menunjukkan KPS yang dimiliki mahasiswa cukup memuaskan yaitu pada aspek mengamati/ observasi sebesar 65,23% kategori ?baik?, mengklasifikasi sebesar 69,28% kategori ?baik?, menafsirkan data sebesar 64,20% kategori ?baik?, meramalkan/memprediksi sebesar 60,43% kategori ?cukup?, berhipotesis sebesar 41,50% kategori ?cukup?, menganalisis sebesar 67,25% kategori ?baik?, merencanakan percobaan/penelitian sebesar 41,50% pada kategori ?cukup?, menggunakan alat/bahan sebesar 41,50% kategori ?cukup?, menerapkan konsep sebesar 41,50% kategori ?cukup?, dan berkomunikasi sebesar 41,50% kategori ?cukup?.
PERSPEKTIF KALANGAN MUDA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DINI PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL DI SMA DAN SMK KABUPATEN BEKASI Anugrah, Dewi; Maesaroh, Maesaroh; Kartikawati, Eka
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.826 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7863

Abstract

Data demografi Indonesia menunjukkan bahwa persentase penduduk usia muda di atas 20% atau sekitar 60 juta penduduk Indonesia berada pada usia muda. Potensi ini sangat menentukkan kemajuan dan karakter bangsa di masa depan. Derasnya pengaruh globalisasi melalui media memberikan dampak fositif maupun negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan perilaku generasi muda. Salah satu dampak negatif yang difasilitasi penyebarannya melalui media  yaitu perilaku menyimpang yang terjadi di berbagai belahan dunia yang kemudian ditiru oleh kalangan muda di Indonesia. Penyalahgunaan Narkoba, perilaku seks diluar nikah dan penyimpangan orientasi seks atau yang dikenal dengan istilah LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kalangan muda yang merasa tabu membicarakan atau bertanya terkait dengan kesehatan reproduksi. Hal tersebut dapat disebabkan orang tua yang merasa malu, menganggap sepele atau tidak secara jelas menjelaskan kesehatan reproduksi kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi pemahaman dan pendapat kalangan muda tentang pentingnya reproduksi sehat sebagai upaya pencegahan dini penyimpangan perilaku seksual. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 69,9% remaja pelajar di Bekasi telah mengetahui konsep dasar reproduksi pada remaja. Terdapat 30,1% diantara sampel penelitian yang tidak mengetahui konsep dasar reproduksi. Sekitar 1,8-11,5% remaja menyatakan sikap setuju terhadap perilaku seksual pranikah dan penyimpangan seksual.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP JAMUR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MAN Purwati, Mega; Zaini, Muhammad; Amintarti, Sri
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2019): December 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.204 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i2.7856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran hasil pengembangan konsep jamur terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik MAN. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan diujicobakan pada peserta didik kelas X MIA 4 MAN 2 Model Banjarmasin. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran melalui tahap validasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari pendapat pakar dianalisis berdasarkan skor validasi pakar, dan uji perorangan peserta didik menggunakan lembar penilaian bahan ajar dan LKPD dianalisis secara deskriptif. Data kepraktisan diperoleh dari keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik. Data keefektivan diperoleh dari 1) hasil belajar kognitif peserta didik sudah mencapai KKM dengan kategori baik, 2) penilaian keterampilan proses tergolong kategori sangat baik, 3) penilaian kinerja psikomotor tergolong kategori sangat baik, 4) penilaian sikap spiritual (rasa syukur) tergolong kategori sangat baik, 5) penilaian perilaku berkarakter (disiplin, dan tanggung jawab) tergolong kategori baik, 6) penilaian keterampilan sosial tergolong kategori baik, 7) keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong kategori baik, 8) aktivitas peserta didik tergolong kategori sangat baik.
JENIS-JENIS UDANG DI KAWASAN ESTUARIA DESA BATANJUNG SEBAGAI MODUL PENDAMPING MATERI BIOLOGI SMA KELAS X Johanto, Johanto
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.303 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i1.7026

Abstract

The species of shrimps in the estuarine areain Batanjung Village have great potential for the academic field, and have not been used as a supplementary module for Biologyon animalia concept, phylum Artrophoda in crustaceas class, for the tenth grade ofsenior high school. This research aims to produce avalid module for Biology on the shrimp species in the estuarine region of Batanjung Village for the tenth grade of SMAN 1 Basarang. Theresearch type used is Research and development (R & D). There are 9 steps in this activity.The result of the field research shows that there are 11 species of shrimps, namely Harpiosquilla raphideae. Peneaus monodon, Peneaus merguensis, Peneaus indicus, Peneaus Vanamae, Metapeneaus monoceros, Palaemon adpersus, Palaemon concinnus, Macrobrachium nipponse, Macrobrachium equidens, Macrobrachium rosenbergii. Furthermore, the species of shrimp were designed to be a supplementary module for Biology for the tenth grade of SMA. The teaching materialswere validated by three experts, and the legibility test were done by the tenth-grade students of SMAN-1 Basarang. The results of validity and legibility test shows that the created teaching materials can be used as the supplementary materials for Biology of the tenth grade of SMA.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Setyowati, Tri
BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Master Program of Biology Education, Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.448 KB) | DOI: 10.20527/binov.v1i1.7020

Abstract

The scientific literacy skills of Indonesian students are still low. This condition encourages the government to improve the ability to solve problems, namely by issuing Permendikbud Number 65 of 2013 concerning the standards for the process of primary and secondary education, including the development of the domain of attitudes, knowledge, and skills. This development research aims to produce science learning tools on the topic of classification of living things in class VII of the SMP Negeri which are valid, practical and effective. Development research refers to the device development model with phases 1) Identifying problems, 2) Describing objectives, 3) Designing and developing devices, 4) Performing tests, 5) Evaluating test results, and 6) Communicating test results. Data was collected using instruments and evaluation questions. All data collected was analyzed descriptively. The results showed that the learning device was declared valid. Practical learning tools are used based on the results of the lesson plan implementation and student responses. Learning tools are also effectively based on results 1) cognitive assessment 2) psychomotor, social, and spiritual assessment, 3) critical thinking assessment, 4) student activity on teaching and learning activities and, 5) teacher response to teaching and learning activities.

Page 1 of 3 | Total Record : 26