cover
Contact Name
Arief Hidayat
Contact Email
arief.hidayat@unwahas.ac.id
Phone
+628156529309
Journal Mail Official
jinformatika@unwahas.ac.id
Editorial Address
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
ISSN : 26562855     EISSN : 26855518     DOI : http://dx.doi.org/10.36499/jinrpl
Core Subject : Science,
Journal of Informatics and Software Engineering accepts scientific articles in the focus of Informatics. The scope can be: Software Engineering, Information Systems, Artificial Intelligence, Computer Based Learning, Computer Networking and Data Communication, and Multimedia.
Articles 25 Documents
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN LOKASI UMKM DI KABUPATEN JEPARA Azizah, Noor; Widiastuti, Nur Aeni
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i1.2768

Abstract

UMKM merupakan salah satu industri yang menyokong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jepara. Akan tetapi kondisi yang ada saat ini, keberadaan dan lokasi UMKM sulit dijangkau oleh masyarakat umum dikarenakan minimnya informasi tentang UMKM itu sendiri. Padahal jenis UMKM di Kabupaten Jepara itu sangat banyak sekali dan jenis UMKM yang digunakan dalam penelitian ini adalah furniture kayu, kerajinan rotan, tenun troso, monel, gerabah, dan genteng.. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan sebuah sistem informasi pencarian lokasi UMKM di Kabupaten Jepara untuk memudahkan masyarakat umum mencari dan mengetahui lokasi industri yang dituju. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini yaitu menggunakan metode waterfall dimana pembangunan sistem dimulai dengan analisis permasalahan, identifikasi kebutuhan sistem, perancangan, implementasi, pengujian, dan perawatan. Alat pemodelan yang digunakan untuk merancang sistem informasi yaitu menggunakan UML (unified modelling language). Adapun hasil penelitian ini adalah berupa sistem informasi geografis tentang pencarian lokasi UMKM di Kabupaten Jepara yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi pelaku industri dalam memperkenalkan lokasi industrinya dan masyarakat umum untuk mencari lokasi industri di Jepara dengan mudah  dan cepat.Kata kunci: geografis, jepara, sistem informasi, umkm
IMPLEMENTASI FULL TEXT SEARCH PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN LARAVEL Asyhari, Irham; Mauludin, M. Subchan
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i1.2759

Abstract

Keberadaan suatu perpustakaan sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam setiap sekolah. Karena pentingnya perpustakaan dalam sekolah tersebut maka perlu disediakan suatu sistem yang mampu mengelola berbagai kegiatan mengenai pemantauan ketersediaan buku maupun dalam peminjaman buku oleh para anggota perpustakaan. Penggunaan suatu sistem yang terkomputerisasi tentu akan lebih memudahkan dalam pengelolaan berbagai kegiatan dalam perpustakaan. Pembuatan sistem aplikasi ini bertujuan agar nantinya akan mampu mengintegrasikan data-data buku dan peminjaman buku sehingga dengan demikian nantinya dapat diolah dengan lebih cepat dan tepat. Disamping hal tersebut juga diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat kepada pengguna perpustakaan sekolah. Hasil pembuatan sistem ini mengimplementasikan full text search dengan engine elasticsearch dalam proses pencarian buku dan juga menggunakan framework laravel dengan database MySQL dengan menggunakan Unified Model Language untuk pemodelannya dan dalam pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Hasil dari pengujian yang diperoleh untuk mendapatkan query yang diinginkan menggunakan metode full text search mendapatkan hasil akhir lebih cepat dibanding dengan metode SQL yaitu mampu mengungguli 15,59 kali lipat. Hasil total request yang didapatkan untuk metode full text search yaitu 43,48 ms sedangkan untuk metode SQL adalah 727,32 dengan total skema data berjumlah 27.026.Kata kunci: elasticsearch, framework Laravel, full text search
KODE GABIDULIN, KODE YANG DAPAT MENTRASMISIKAN INFORMASI “CORRECTLY” Indani, Wira; Elveyenti, Mona
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i2.2960

Abstract

Pentransmisian informasi correctly berkaitan erat dengan kecepatan dan keakuratan data yang diterima dengan bentuk aslinya terdapat lima kriteria pemenuhannya yaitu (1) proses encoding  informasi yang cepat, (2) pesan hasil encoding mudah untuk ditransmisikan, (3) proses decoding informasi yang cepat, (4) pengkoreksi error yang ditempatkan pada channel terpercaya, dan (5) transmisi maksimum informasi per satuan waktu. Dari algortima encoding dan decoding terhadap Kode Gabidulin yang telah ada, akan dianalisa dan dikembangkan dimensi dan jarak kodenya sehingga memenuhi lima kriteria tersebut, maka kode Gabidulin merupakan kode optimal  yang dapat mentransmisikan informasi ?correctly?.    Kata kunci: Kode Gabidulin, Encoding, Decoding, Correctly, Kode Optimal.
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA KATALOG MEBEL KOMPAS JATI JEPARA BERBASIS ANDROID Saputra, Andre Tri; Budiyanto, Nugroho Eko
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i2.2951

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real-time. Bisnis yang tidak pernah ada hentinya yaitu manufaktur yaitu penjualan perlengkapan rumah dan halaman indoor maupun outdor yang berupa barang mebel, karena kebutuhan barang mebel sangat diminati untuk penghias atau pelengkap isi rumah dan penghias halaman rumah. Banyak pebisnis mulai terjun di bidang permebelan tersebut maka terjadilah banyak persaingan. Dari situlah diperlukanya inovasi dalam melakukan promosi. Di dalam penelitian ini teknologi AR dimanfaatkan sebagai media promosi/pemasaran perusahaan mebel kompas jati jepara berbentuk aplikasi android. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall, metode Waterfall memberikan pendekatan-pendekatan yang sistematik dan sekuensial dalam pengembangan perangkat lunak. Aplikasi ini nantinya membantu produsen dalam memasarkan barang mebel yang akan dipasarkan dan konsumen ketika ingin melihat barang barang secara real yang akan dibeli hanya memerlukan katalog yang di dalamnya tersedia marker berupa gambar barang dan informasi barang untuk menampilkan bentuk 3D dan smartphone android. Aplikasi ini diharapkan akan meningkatkan minat konsumen dalam membeli barang mebel dikompas jati jepara. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Kompas Jati Jepara berbasis android. Kata kunci: Android, Augmented Reality, Katalog, Promosi, Unity
ANALISIS KUALITAS PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN METODE FUNCTION POINT ANALYSIS (STUDY KASUS: Transaksi Pembelian di eBay) Eti Kapita, Rambu Beatrix Hamu; Angelin, Mayank; Wicaksono, Soetam Rizky
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i1.2764

Abstract

Pada era teknologi yang ada saat ini banyak perangkat lunak bermunculan dan bersaing dalam bidang yang sama. Seperti halnya eBay yang merupakan situs ecommerce, akan tetapi dulunyanya eBay merupakan situs lelang yang menjual barang-barang yang masuk dalam kategori 'collectible' atau barang langka. Dunia teknologi terus berkembang pesat, begitu pula dengan eBay., eBay dituntut untuk mengembangkan websitenya untuk memenuhi permintaan yang ada juga untuk kesiapan dalam bersaing dengan ecommerce lainnya. Dalam mengukur estimasi suatu perangkat lunak salah satunya dapat dilakukan menggunakan metode Function Point Analysis (FPA). Function Point Analysis merupakan metode yang diadopsi berdasarkan standard ISO untuk pengukuran fungsionalitas perangkat lunak dari IFPUG. Dari pengukuran dan perhitungan yang dilakukan menggunakan metode FPA menghasilkan nilai UFP=219, TDI=62, TCA=1.27, FP=139.3 dan LOC 8079. Kata kunci: Function Point Analysis, pengukuran perangkat lunak
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA: SURAT KETERANGAN MEDIS, LAPORAN KUNJUNGAN PASIEN, OBAT, PEMBAYARAN Rohman, Hendra; Wulandari, Melisa
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i2.2956

Abstract

Sistem yang digunakan oleh petugas pendaftaran pasien rawat jalan di Klinik Pratama Mitra Sehat menggunakan microsoft excel sejak tahun 2014. Dalam penerapannya, sistem microsoft excel hanya digunakan untuk input identitas sosial. Selain itu tidak memiliki keamanan sistem, kontrol sulit dilakukan, pengolahan data dan pembuatan laporan dilakukan secara manual serta informasi yang dihasilkan tidak lengkap sehingga terjadi kesulitan bagi petugas untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada pasien. Tujuannya untuk merancang sistem informasi manajemen pasien rawat jalan berbasis web menggunakan metode system development life cycle (SDLC). Hasil dari sistem ini terdapat menu pendaftaran, pelayanan, pembayaran, manajemen data dan laporan yang dapat membantu petugas dalam memberikan pelayanan pendaftaran pasien baru, pendaftaran pasien lama, penyimpanan hasil pemeriksaan, penyimpanan pembayaran, khususnya dalam pembuatan surat keterangan medis dan pembuatan laporan kunjungan pasien, obat dan pembayaran. Kata kunci: Rekam medis elektronik, pendaftaran pasien
OPTIMALISASI NEURAL NETWORK DENGAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA Pratama, Fandy Indra; Fachreza, Ardian
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i2.2947

Abstract

Peraturan BAN-PT standart jumlah kelulusan di perguruan tinggi minimal 50% dari jumlah pendaftar. Namun kenyataannya di Universitas XYZ pada tahun 2009 dan 2010 kurang dari standart BAN-PT. Dengan ini pihak pengelola program studi harus mengantisipasi masalah yang mungkin akan terjadi dengan tujuan mencapai salah satu tujuannya yaitu meluluskan minimal 50% mahasiswanya pada setiap angkatan. Dalam mengantisipasi masalah tersebut bisa menggunakan data mining dalam proses prediksi. Neural network adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk prediksi. Neural network sebagian besar sudah cukup handal dalam pemecahan masalah prediksi yang sering digunakan dalam penggambilan keputusan kelulusan mahasiswa. Namun neural network terdapat masalah pada over fitting sehingga tidak dapat menggeneralisasikan masalah. Sehingga penelitian ini mengusulkan Particle Swarm Optimization untuk melatih bobot pada neural network dengan menentukan nilai parameter sehingga dapat dihasilkan akurasi yang berbeda-beda. Pada pengujian neural network dengan number of validation 4, learning rate 0,1 dan hidden layer 25 menghasilkan akurasi sebesar 82,88%. Pada pengujian menggunakan neural network ? particle swarm optimization dengan populasi size 4, learning rate 0,1 dan hidden layer 25 menghasilkan akurasi sebesar 84,72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa particle swarm optimization dapat memperbaiki keakuratan neural network.  Kata kunci: Prediksi, Neural Network, Particle Swarm Optimization
SISTEM TRADING FOREX OTOMATIS MENGGUNAKAN INDIKATOR RSI DAN MA DENGAN METODE MARTINGALE DI METATRADER 4 Imano, Iis Teguh; Budiyanto, Nugroho Eko
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 1 (2019): Maret
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i1.2760

Abstract

Aktivitas inti dari bisnis trading forex yaitu melakukan buy atau sell yang terus dilakukan dengan konsisten sehingga memperoleh sebuah profit. Untuk memperoleh profit yang di inginkan, maka penting untuk menyesuaikan prediksi dengan arah market yang sedang berkembang. Oleh karena itu diperlukan indikator yang tepat sehingga prediksi harga tidak banyak meleset. Namun trader yang mengikuti prediksi dari sinyal indikator sering tidak tepat waktu untuk melakukan transaksi sehingga tidak bisa mencapai profit yang konsisten. Solusi agar trader menemukan peluang transaksi yang tepat waktu berdasarkan indicator adalah dengan membangun sebuah system trading forex otomatis atau disebut Expert Advisor. Metode perancangan yang digunakan untuk membangun system trading forex otomatis adalah metode waterfall  yaitu  metode  yang  tahapan  pengembangannya  meliputi  analysis,  design,  coding, testing dan maintenance agar kualitas dari sistem yang dihasilkan akan baik karena dikerjakan secara bertahap. System trading forex otomatis dibuat dalam aplikasi MetaEditor yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman MQL4 dan perancangan sistemnya menggunakan UML. Dengan adanya system trading forex otomatis yang telah dibuat dan diuji, system ini mampu melakukan transaksi secara otomatis tanpa harus memantau pergerakan harga selama 24 jam, dan memberikan peluang transaksi yang tepat waktu serta menghasilkan profit yang konsisten sehingga dapat memberi keuntungan bagi para pengguna. Kata kunci: Forex, Expert Advisor, MQL4, MetaTrader 4, MetaEditor
PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERJADINYA PULAU MAITARA Hamid, Hasan; Jamil, Mohamad
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i2.2961

Abstract

Sejarah selalu diidentikkan dengan pelajaran mengetahui dan menghafalkan peristiwa/fakta sejarah, tanpa menelaah lebih lanjut apa sebenarnya yang diinginkan dari pemahaman terhadap peristiwa sejarah tersebut. Penggunaan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media dalam menjelaskan materi akan mempersulit siswa untuk membangun pengetahuan. Salah satu bentuk media teknologi pembelajaran yang dapat digunakan untuk memotivasi pelajar untuk mengeksplorasi dan melakukan pengontrolan dari berbagai perspektif yang berbeda adalah Augmented Reality (AR). Penelitian ini coba membahas mengenai perancangan buku interaktif berbasis Augmented Reality pada pengenalan dan pembelajaran sejarah terjadinya pulau maitara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat developmental yang dilakukan dengan 2 tahap, yaitu; Studi pustaka dan implementasi. Dari hasil  pengujian fungsi tombol didapatkan bahwa tombol-tombol yang ada dalam aplikasi AR dapat berjalan dengan baik dan menampilkan objek 3D. Dalam pengujian Marker  didapatkan bahwa dalam keadaan pencahayaan yang cukup gambar akan terlihat dengan baik.  Kata kunci: Buku Interaktif, Multimedia, Augmented Reality,  Pembelajaran, Pulau Maitara
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS di PT. KARYA MITRA NUGRAHA Mauludin, Muhammad Subchan; Suali, Suali
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jinrpl.v1i2.2952

Abstract

Pada era globalisasi ini kinerja karyawan menjadi suatu permasalahan yang penting bagi perusahaan dikarenakan dari kinerja karyawan tersebut akan menentukan performance dari perusahaan kepada dunia global, salah satu permasalahaan yang dihadapi oleh perusahaan yaitu  penilaian  kinerja  karyawan,  maka  dibutuhkan  suatu  sistem  pendukung  keputusan. Sistem pendukung keputusan adalah sebuah sistem yang berbasis komputer yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah terentu dengan memanfaatkan data dan metode tertentu. Salah satu metode yang akan digunakan untuk sistem ini adalah metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dimana proses pengambilan keputusan dengan metode ini dengan alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan jarak terpanjang (terjauh) dari solusi ideal negatif dari sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean (jarak antara dua titik) untuk menentukan kedekatan relatif dari suatu alternatif dengan solusi optimal. Hasil akhir dari penilitian ini adalah data penilain kinerja karyawan yang di butuhkan perusahaan untuk membatu dalam mengambil keputusan kenaikan jabatan, maupun kenaikan gaji sesuai dengan hasil kinerja karyawan. Kata kunci: Unity penilaian kinerja karyawan , TOPSIS

Page 1 of 3 | Total Record : 25