cover
Contact Name
Dessy Rizki Suryani
Contact Email
suryani_fkip@unmus.ac.id
Phone
+6285255575425
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Kamizaun Mopah Lama
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Mathematics Education
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227908     EISSN : 26227916     DOI : https://doi.org/10.35724/mjme
Core Subject : Education,
FOCUS: The aims of this Musamus Journal of Mathematics Education is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. SCOPE: The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issues Mathematics Teaching; Mathematics Learning; Curriculum Development in Mathematics Education Evaluation and Measurement in Mathematics Education; Educational Reforms in Mathematics Education; Statistics in Mathematics Education; Ethnomathematics; Mathematics Teacher; Technology in Mathematics Learning and Teaching.
Articles 26 Documents
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA Palobo, Markus; Meirista, Etriana
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i1.758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar matematika siswa. Metode pengembangan menggunakan model pegembangan Borg & Gall yang terdiri atas Research and information collecting; Planning; Develop preliminary form of product; Preliminary field testing; Main product revision; Main field testing; Operational product revision. Produk pengembangan diujicoba pada siswa kelas VII SMP YPK Tomer. Hasil penelitian  memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan Problem Solving memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian oleh tiga validator. Sedangkan instrumen penilaian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif dan angket minat belajar juga memenuhi kriteria valid. Perangkat diujicobakan pada Siswa Kelas VII B SMP YPK Tomer sebanyak 5 pertemuan. Hasil penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa serta berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil angket minat belajar matematika diperoleh bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel efektif meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII B SMP YPK Tomer yakni 86,9% siswa memiliki minat belajar matematika pada kategori minimal baik, sedangkan pada aspek kemampuan berpikir kreatif diperoleh bahwa perangkat pembelajaran tidak efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yakni hanya 52,17% siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori minimal cukup kreatif
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MUSAMUS Nur'aini, Khumaeroh Dwi; Ruslau, Maria F. V.
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i1.780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan salah satu teknik dalam statistik multivariat yakni Analisis Faktor guna mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner terhadap 70 mahasiswa jurusan pendidikan matematika yang terdiri dari angkatan tahun 2015, 2016, dan 2017. Untuk menganalisis data tersebut digunakan metode analisis faktor dengan bantuan SPSS 20 dan diperoleh hasil bahwa dari 25 variabel yang diteliti dapat direduksi menjadi hanya 7 faktor. Faktor-faktor yang terbentuk adalah faktor kualitas program studi, profesionalisme dosen, kurikulum yang relevan dengan dunia kerja, saran, biaya, kemampuan pribadi dan faktor prospek dan peluang kerja Kata kunci: analisis faktor, keputusan, pendidikan matematika
PENERAPAN ANALISIS KONJOIN DALAM MENENTUKAN PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 MERAUKE TENTANG KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA Santoso, Teguh; Ruslau, Maria F. V.; Suryani, Dessy Riski
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i1.781

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik guru matematika yang ideal menurut siswa SMA Negeri 1 Merauke. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik stratified proportional random sampling dan diperoleh 256 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner, kemudian data dari hasil kuesioner dianalisis menggunakan analisis konjoin dengan metode full profile menggunakan orthogonal array. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik guru matematika yang diinginkan oleh siswa adalah guru yang berjenis kelamin laki-laki, mempunyai usia antara 46-55 tahun, kemudian mempunyai gaya mengajar yang santai tapi serius, dengan menggunakan metode pembelajaran yang inkonvensional, guru menyampaikan materi matematika disertai dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, selanjutnya mempunyai semangat mengajar yang tinggi dan mampu menggunakan teknologi dalam pembelajaran dengan baik, serta interaksi antara guru dengan siswa yang aktif. Kata kunci: Karakteristik guru matematika, Analisis konjoin
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI DAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MERAUKE Irianti, Wahyu Siti; Meirista, Etriana; Sianturi, Murni
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i1.782

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang pertama pendekatan pembelajaran SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran matematika siswa SMP Muhamadiyah Merauke. Yang kedua pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Merauke. Dan yang ketiga pendekatan pembelajaran SAVI lebih efektif dari kontekstual ditinjau dari prestasi belajar matematika.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII D SMP Muhammadiyah yang terpilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan instrument. Teknik tes yang digunakan yaitu tes tertulis dan instrument yang digunakan adalah tes pretest dan posttest. Pengujian hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan uji Z sedangkan pengujian hipotesis ketiga dilakukan dengan menggunakan uji Z perbedaan. Berdasarkan analisis data hipotesis pertama, diperoleh , yang berarti bahwa  ditolak dan diterima. Artinya bahwa pendekatan pembelajaran SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa. Analisis data hipotesis kedua, diperoleh , yang berarti  ditolak dan diterima. Artinya bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa. Dan analisis data hipotesis ketiga uji perbandingan rata-rata data posttest diperoleh , yang berarti bahwa  ditolak dan diterima. Artinya pendekatan pembelajaran SAVI lebih Efektif dari pendekatan pembelajaran kontekstual ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUSAMUS Suhartini, Andi Sitti; Meirista, Etriana; Nur?aini, Khumaeroh Dwi
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i1.783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan gadget terhadap kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Unmus. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Unmus yang berjumlah 210 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik convenience non probability sampling dan diperoleh 78 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara, kemudian data dari hasil kuesioner dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara penggunaan gadget dan kemandirian belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Unmus, dimana terdapat hubungan dengan kategori ?sedang? antara penggunaan gadget dan kemandirian belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Unmus. Sumbangsih yang diberikan variabel penggunaan gadget terhadap kemandirian belajar sebesar 27,2 %. Kata Kunci: Gadget, Kemandirian Belajar.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWAROH MERAUKE TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Saragih, Givanni Bulan Alfridha; Palobo, Markus; Sianturi, Murni
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i2.1371

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal yang mempengaruhi siswa dalam mengerjakan Pekerjaan Rumah Matematika dan untuk mengetahui faktor eksternal yang lebih dominan. Sampel yang digunakan dalam penelitian mewakili seluruh populasi berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik menyebarkan angket yang diberikan kepada siswa. Dalam angket ini berisi 9 faktor eksternal dan sebelum digunakan angket telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 9 faktor-faktor ekternal yang mempengaruhi siswa Madrasah Al-Munawwaroh Merauke dalam mengerjakan PR Matematika yaitu faktor tindak lanjut guru dalam pemberian PR Matematika sebesar 97.5%, pemberian nilai pada PR Matematika sebesar 98.33%, jenis dan sifat PR Matematika sebesar 81.67%, beban dan waktu mengerjakan PR Matematika sebesar 85%, tingkat kesulitan PR Matematika sebesar 81.67%, bahan dan sumber dalam mengerjakan PR Matematika sebesar 88.83%, cara mengajar dan karakteristik guru Matematika sebesar 90%, pengaruh teman sebesar 85%, dan dukungan orang tua sebesar 72.5%. Faktor eksternal yang lebih dominan adalah faktor pemberian nilai pada PR Matematika, tindak lanjut guru dalam pemberian PR Matematika, dan cara mengajar dan karakteristik guru Matematika. Kata Kunci: faktor eksternal, matematika, pekerjaan rumah
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF Wulandari, Presthia; Nurhayati, Nurhayati; Sianturi, Murni
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i2.1374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis discovery learning di kelas VIII SMP Negeri 4 Kurik dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika untuk materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal pre-tes dan post-test, angket, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan, desain penelitian menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE), subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kurik. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa dengan pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian pengembangan, mencakup desain penelitian, tempat penelitian, subjek, sumber data, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian dan teknik analisis data menggunakan tabulasi data untuk mengetahui peningkatan sesudah  dan sebelum menggunakan lembar kerja siswa. Hasil penelitian dan kesimpulan diperoleh tingkat berpikir kreatif matematis siswa kelas VIIIA SMP N 4 Kurik setelah diujicobakan lembar kerja siswa ini sebesar 92,19% dengan tingkat berpikir kreatif dalam aspek kelancaran 90,63%, aspek keluwesan 95,83%, aspek keaslian sebesar 92,71%, dan aspek keterincian 89,58%. Hal ini menunjukkan bahwa lembar kerja siswa ini efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Discovery Learning,  Berpikir Kreatif.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Hutapea, Resma; Nurhayati, Nurhayati
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i2.1375

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Merauke melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus dilakukan dua pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 27 siswa di kelas VIII B SMP Negeri 2 Merauke. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Hasil dalam penelitian ini adalah meningkatnya ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebesar 33,3%, pada siklus I sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 89%. Selain itu nilai rata-rata, aktivitas guru dan aktivitas siswa yang diperoleh juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil yang diperoleh secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Merauke. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Matematika.
PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 MERAUKE Suryani, Dessy Rizki; Lestari, Nurindah
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i2.1376

Abstract

Abstrak:  Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke dengan menggunakan variasi media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 30 siswa, 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siklus PTK menggunakan model Kemmis & Mc Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan observasi. Data prasiklus menunjukkan bahwa motivasi dan minat belajar matematika siswa berada pada kategori rendah. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus 4 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 57%, dan meningkat pada siklus II yaitu 83%. Peningkatan presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 26%. Motivasi belajar siswa pada kategori baik mengalami peningkatan dari pra siklus dengan persentase 37,16%, pada siklus I 62,72%, dan pada siklus II meningkat mencapai 90,12%. Minat belajar siswa pada kategori baik juga mengalami peningkatan dari pra siklus dengan persentase 35,34%, pada siklus I 58,55%, dan pada siklus II meningkat mencapai 93,55%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan variasi media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Dengan adanya motivasi dan minat belajar siswa terhadap matematika maka diharapkan siswa dengan sendirinya akan dapat lebih mudah memahami matematika dan matematika tidak lagi menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Kata Kunci: variasi media pembelajaran, motivasi, minat.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MERAUKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALY, AND REPETITION Meirista, Etriana; Roya, Margaretha
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v1i2.1377

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectualy, and repetition (AIR) pada siswa kelas VII materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terbagi menjadi 4 bagian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merauke yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat disetiap siklus serta ketuntasan klasikal dari siklus I yaitu 62,50% dan siklus II 90,62% dari hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan klasikal dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa meningkat pada siklus I diperoleh 50,00% dengan kategori tinggi dan siklus II diperoleh 84,38% dengan kategori sangat tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe auditory, intellectualy, and repetition dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merauke. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, tipe AIR

Page 1 of 3 | Total Record : 26