cover
Contact Name
Tri Ariani
Contact Email
triariani.ta@gmail.com
Phone
+6285217522225
Journal Mail Official
jpif@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
Jl Mayor Toha, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1, Kota Lubuklinggau
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika
ISSN : 26544105     EISSN : 26859483     DOI : https://doi.org/10.31540/sjpif
Core Subject : Science, Education,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to : Fisika (Physics) Pendidikan Fisika (Physics Education) Fisika Komputasi (Computational Physics) Fisika Eksperimen Fisika Teori Astronomi Elektronika Instrumentasi Sains Media Pembelajaran Fisika Strategi Pembelajaran Fisika Evaluasi Pembelajaran Fisika Model Pembelajaran Fisika.
Articles 20 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 LUBUKLINGGAU Lovisia, Endang
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.087 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.295

Abstract

Penelitian ini berjudul ?Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau?. Rumusan masalahnya adalah, Apakah hasil belajar fisika siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika dengn model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) di kelas X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau signifikan tuntas?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) di Kelas X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau dan sebagai sampelnya adalah kelas X.2 yang berjumlah 25 siswa dan diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis post-test uji t kelas eksperimen bahwa thitung > ttabel atau 1,883 > 1,697 dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak, disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa signifikan tuntas. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dalam kategori baik.
BOXTARIK (BOX PINTAR LISTRIK) INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH BOTOL OLI Nugroho, Toyib Wahyu; Wulandari, Nusroh; Budhi, Henry Setya
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.479 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.301

Abstract

Salah satu komponen terpenting dalam proses belajar yaitu media pembelajaran. Hamlik (1986) mengemukakan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keinginan dan minat yang baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Pemanfaatan barang bekas sebagai dan peralatan sederhana sebagai media pembelajaran bukanlah sesuatu yang baru pada dunia pendidikan. Seperti diketahui sampah merupakan masalah pokok di indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik 2014 menunjukkan bahwa Indonesia menghasilkan sampah sekitar 187,2 juta ton/ tahun dan menempati urutan kedua sebagai penghasil sampah terbesar di dunia. Sampah tak hanya berasal dari rumah tangga namun juga dari lingkungan otomotif, contohnya botol bekas oli. Pembuatan Media pembelajaran dari botol oli bekas bertujuan untuk membangkitkan kreativitas dan juga menanamkan sifat peduli lingkungan, sehingga mereka akan berusaha untuk menjaga kehidupan untuk selanjutnya, selain itu juga dapat menumbuhkan juwa kewirausahaan juka dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam pembuatan media pembelajaran. penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mendapatkan media pebelajaran yang sesuai dan juga studi pustaka dari beberapa buku, artikel jurnal, maupun sumber lainnya yang relevan.
MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING : DAMPAK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Trisna, Nina; Ariani, Tri
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.694 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa Kelas X setelah diterapkan model Direct Instruction dengan teknik Probing Prompting  di SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 secara signifikan tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan tanpa ada kelas pembanding. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau yang berjumlah 143 siswa. Sampel diambil secara acak, didapatkan kelas X.MIA 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai sampel.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau setelah diterapkan teknik Probing Prompting secara signifikan tuntas. Rata-rata nilai tes akhir siswa sebesar 75,11 dan presentase  jumlah siswa yang tuntas sebesar 80,5%.  
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE DISKUSI KELAS X SMA NEGERI 1 MODEL MUARA BELITI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yuliani, Neli; Amin, Ahmad; Arini, Wahyu
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.616 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.311

Abstract

Penelitian ini berjudul ?Perbandingan Hasil Belajar  Fisika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Tesms Achievement Division (STAD) dengan Metode Diskusi Kelas X SMA Negeri 1 Model Muara Beliti Tahun Pelajaran 2018/2019?. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Tesms Achievement Division (STAD) dengan Metode Diskusi di Kelas X SMA Negeri 1 Model Muara Beliti Tahun Pelajaran 2018/2019?. Jenis Penelitian yang digunakan berbentuk kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang dilakukan dengan membandingkan kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II desain penelitian ini pre-test post-test. Sebagai populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Model Muara Beliti Tahun Pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 236 siswa yang terdiri dari 7 kelas.pengambilan sempel dilakukan secara acak dan sebagai sampel kelas eksperimen I kelas X.IPA.1, dan sebagai kelas eksperimen II  kelas X.IPA.2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu pre-test dan post-test. Kemudin data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t, berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf nyata sebesar  = 0,05, diperoleh thitung>ttabel (2,20 > 2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Tesms Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari pada metode diskusi di Kelas X SMA Negeri 1 Model Muara Beliti Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SMP NEGERI PASENAN Gumay, Ovilia Putri Utami; Ali, Muhammad
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.741 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN Pasenan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.1 SMP Negeri Pasenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel pada  penelitian terdiri dari dari satu kelas diambil secara acak dengan cara diundi yaitu kelas VII.1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk essay berjumlah sepuluh butir soal. Dengan nilai rata-rata pretest yaitu 43,58 dan nilai rata-rata posttest yaitu 78,93 sehingga terjadi peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 35,35, data ini dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir dengan taraf kepercayaan 95 % di dapat (6,54) dan (1,697) karena berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh kesimpulan bahwa model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas VII SMP Negeri Pasenan.           
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 MODEL LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 M, Srilisnani; Amin, Ahmad; Yolanda, Yaspin
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.175 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.319

Abstract

Skripsi ini berjudul ?Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Siswa Kelas X Di SMA Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019?. Masalah dalam  penelitian  ini adalah Bagaimana aktivitas belajar siswa saat praktikum menggunakan pembelajaran CTL pada  materi besaran dan pengukuran  siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 5 Model  Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sebagaian sampel adalah kelas X MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan analisis data bahwa ?Aktivitas belajar pada saat praktikum I memiliki persentase 76,96% kategori baik dan pada saat praktikum II memiliki persentase 85,65% kategori sangat baik terhadap siswa kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019.
EFEKTIVITAS BUKU AJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SISWA KELAS XI SMA NEGERI TUGUMULYO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S, Novitasari
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 1 (2019): SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.861 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i1.320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah menggunakan buku ajar Fisika berbasis higher order thinking skills materi elastisitas dan hukum hooke dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan higher order thinking skills materi elastisitas dan hukum hooke siswa kelas XI di SMA Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan subjek penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Tugumulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan observasi. Persentase respon siswa terhadap buku ajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)  yaitu 76,53% (sangat baik). Selain itu dari hasil tes ulangan harian memiliki persentase keefektifan 82,35% (sangat baik) siswa yang memperoleh nilai di atas 62 dari 8 butir soal tes. Nilai t­hitung > ttabel dengan nilai dimana thitung = 2,13 dan ttabel = 1,697. Sehingga penggunaan buku ajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUKAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK Lorenza, Yulpi; Sasmita, Petri Reni; Amalia, Shabrina
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 2 (2019): Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.582 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i2.761

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantukan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 12 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan bentuk Pre-Eksperimental, desain rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA yang berjumlah 23 peserta didik, terdiri dari 13 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri yang sesuai dengan tujuan penelitian, sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA yang berjumlah 23 peserta didik. Dari hasil belajar yang didapat dari tes akhir setelah pembelajaran, berdasarkan uji normalitas dan homogenitas data hasil belajar satu kelas sampel tersebut diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata hasil Posttest = 79,43 sedangkan nilai rata-rata hasil Pre-test = 46,70 . Karena dan  berarti ditolak dan diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 12 Kerinci pada konsep fluida statis tahun pelajaran 2019/ 2020.
TINJAUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP XAVERIUS LUBUKLINGGAU Uskarina, Meyumi
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 2 (2019): Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.31 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i2.762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran remedial yang dilakukan guru fisika di SMP Xaverius Lubuklinggau dan untuk mengetahui kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran remedial. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran remedial pada mata pelajaran fisika di SMP Xaverius Lubuklinggau?. Apakah kendala yang dialami pelaksanaan remedial?.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni metode yang mendeskripsikan data data penelitian, mengklasifikasikan dan menginterpretasikan data hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa pada saat remedial termasuk kurang dilihat dari ketidakseriusan siswa dalam pelaksanaan remedial. Kesulitan siswa dalam belajar fisika bermacam-macam. Hal yang menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar fisika adalah siswa yang belum menguasai materi yang diajarkan oleh guru, kurang maksimalnya guru dalam memberi materi kepada siswa. Tetapi faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa disebabkan dari dalam diri siswa itu sendiri. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa metode pelaksanaan remedial yang dilakukan guru fisika di SMP Xaverius adalah berbentuk tugas. Kendala yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan remedial adalah ketidakseriusan siswa mengikuti remedial yaitu masih ada siswa yang tidak hadir saat pelaksanaan remedial.  
PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HOTS, MOTIVASI DAN MINAT PESERTA DIDIK Komariah, Nurul; M., Mujasam; Yusuf, Irfan; Widyaningsih, Sri Wahyu
SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA Vol 1 No 2 (2019): Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.582 KB) | DOI: 10.31540/sjpif.v1i2.788

Abstract

Penelitian ini dilakasanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBLberbantuan media Google Classroom terhadap HOTS, motivasi dan minat peserta didik di SMA Yapis Manokwari sebelum dan sesudah perlakuan. Fokus perlakuan yaitu pada ranah C4, C5 dan C6. Metode penelitian pre eksperimental design dengan desain penelitian the one group pretes-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMA Yapis Manokwari yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan untuk melihat HOTS peserta didik adalah soal esai yang terdiri dari 6 nomor. Hasil data pretest dan posttest yang dianalisis terdistribusi normal dan homogen, hipotesis di uji menggunakan uji wilcoxson dengan nilai signifikansi ? = 0,05. Hasil nilai sig 2 tailedyang diperoleh sebesar 0,00 dimana kurang dari taraf signifikansi 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah H0 ditolak atau HA diterima, serta hasil HOTS dalam kategori cukup, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model PBLberbantukan media google classroom terhadap HOTS pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Data hasil angket dianalisi menggunakan winstep, dimana person measure 0,58 ? 0,00 untuk motivasi dan 0,08 ? 0,00, secara umum peserta didik memiliki motivasi dan minat yang baik terhadap pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20