cover
Contact Name
Fawaidul Badri
Contact Email
-
Phone
+62317884034
Journal Mail Official
ubiquitous@umaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
ISSN : 26227746     EISSN : 26227983     DOI : -
Scope of this journal bioinformatics, cloud computing, computational intelligence, computer vision, data mining, information retrieval, digital signal processing, human computer interaction, image processing, mobile computing, networks, virtual reality, augmented reality, web technologies. etc
Articles 28 Documents
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF AKSARA JAWA BAGI ANAK DIDIK SETINGKAT SLTP Laksono, Denni Suryo
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang kian semakin meningkat, menjadikan perkembangan teknologi ini memudahkan manusia dalam segala bidang. Salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yaitu Augmented Reality. Augmented Reality merupakan penggabungan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Pada kali ini penulis akan memanfaatkan teknologi augmented reality untuk membuat sebuah media pembelajaran berbasis android yaitu aplikasi pengenalan aksara jawa yang ditujukan kepada siswa setingkat SLTP. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan guru dapat terbantu dalam menjelaskan materi aksara jawa kepada siswa sehingga akan menarik minat siswa untuk belajar serta dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam mempelajari aksara jawa. Aplikasi ini akan dijalankan menggunakan smartphone dan kertas (marker) sebagai media. Aplikasi augmented reality pengenalan aksara jawa ini dibuat dengan menggunakan software unity dan blender untuk membuat desain 3D nya serta library augmented reality yaitu Vuforia. Hasil output pada aplikasi ini yaitu aplikasi akan menampilkan objek 3D dilayar smartphone kemudian mengeluarkan suara pelafalan dan informasi dari huruf aksara jawa tersebut.
PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN SISTEM PENGENALAN TANDA NOMOR KENDARAAN DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) Rohma, Rohma
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengenalan citra pola tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) merupakan salah satu aplikasi dalam ilmu komputer, aplikasi ini dapat membantu proses pengolahan data pola tanda nomor kendaraan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Learning Vector Quantization sebagai pembantu yang dapat meningkatkan kinerja dari sistem kontrol dan informasi, khususnya dalam membantu suatu komputer untuk bisa meniru kegiatan manusia seperti melihat dan membaca suatu tulisan (angka dan huruf). Ada beberapa tahap dalam sistem pengenalan citra pola tanda nomor kendaraan bermotor yaitu citra pola plat nomor dihasilkan melalui proses pemotretan dari kamera handphone, kemudian dipotong secara manual, proses selanjutnya dilakukan Grayscale (derajat keabuan), Gaussian, Threshold, Deteksi contour, Segmentasi, Ekstrasi Ciri, dan Pengklasifikasian ke Learning Vector Quantization (LVQ). Pada proses pengenalan pola plat nomor, setelah dilakukan pengujian terhadap 25 data uji, kemampuan sistem dalam mengenali pola karakter semakin baik jika jumlah data (training) yang menyimpan bobot vektor semakin banyak, serta pencahayaan yang merata. Dari pengujian sistem ini mampu mengenali pola sebesar 66,15%.
GAME SIMULASI DESAIN MODEL DAN MODIFIKASI MOBIL DUA DIMENSI BERBASIS ANDROID Ahyar, Miftakhul
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang serba maju saat ini, berpengaruh pula terhadap perkembangan perangkat mobile saat ini. Salah satu sistem operasi ponsel pintar atau biasa disebut smartphone yang sedang marak digunakan adalah android. Android menyediakan platform yang bersifat open source bagi para pengembang, agar pengembang dapat menciptakan berbagai macam aplikasi?aplikasi baru. Banyaknya aplikasi yang beredar dalam situs resmi game maupun situs resmi aplikasi, oleh karena itu di buatkanlah ?Game Simulasi Desain Model Dan Modifikasi Mobil Dua Dimensi Berbasis Android? tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah User pada aplikasi ini dapat menggunakan aplikasi game modifikasi dan yang dan dapat menentukan model modifikasi mobil yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan, serta diharapkan aplikasi game ini dapat dipergunakan sebagai hiburan yang asik dan menarik.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BUSANA PRIA DENGAN METODE PROMETHEE BERBASIS ANDROID Zuhri, Ferri Andri Mauludin
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang memberikan kemampuan memecahkan masalah, salah satunya permasalahan dalam memilih pakaian yang sesuai dengan acara dan keinginan diri pengguna. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam berpakaian yang baik dan sesuai dengan momen yang dialami pengguna. Selain itu aplikasi ini akan membantu bagi para pemilik toko untuk merekomendasikan beberapa alternatif pakaian yang cocok untuk pelanggannya tanpa perlu mendisplay pakaiannya secara langsung hanya cukup mempost beberapa alternatif pakaian yang sudah ditentukan sehingga pengguna dapat mengaksesnya sesuai kebutuhan.
PENGENALAN NOMOR PLAT KENDARAAN DENGAN METODE OPTICAL CHARACTER RECOGNITION Cahyo, Novan Dwi
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemilik mobil atau motor seringkali membutuhkan beberapa informasi terkait kendaraan bermotor seperti informasi pajak kendaraan, tanggal jatuh tempo pajak dan tanggal berakhirnya STNK. Informasi tersebut haruslah tersaji dengan mudah dan cepat. Pada penelitian ini, dibangun sebuah aplikasi berbasis mobile untuk memudahkan penggunanya mengakses informasi kendaraan bermotor berdasarkan nomor kendaraan yang diambil secara langsung menggunakan kamera. Nomor kendaraan diidentifikasi dengan metode Optical Character Recognition  (OCR). Proses identifikasi diawali dengan pengambilan citra melalui kamera yang terdapat pada device android. Selanjutnya dilakukan proses segmentasi, ekstraksi ciri dan pengenalan karakter. Untuk mengenali karakter pada nomor kendaraan, dilakukan proses klasifikasi menggunakan metode Optical Character Recognition (OCR).
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PENGATUR BUKA TUTUP TEMPAT MAKANAN OTOMATIS PADA KAFE BERBASIS ARDUINO NANO Purwanto, Agus
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini alat yang dapat membantu memudahkan manusia sangatlah diperlukan, maka dari itu dibutuhkan alat yang mampu bekerja secara otomatis. Alat untuk memudahkan pengguna saat berada di kafe-kafe yang terutama penempatan wadah makanan agar makanan  terhindar dari lalat dan debu, maka dari itu dibuatlah alat bantu perancangan dan pembuatan pengatur buka tutup makanan otomatis pada kafe berbasis Arduino Nano dengan sensor ultrasonik. Dalam pemrosesannya, Arduino Nano dibantu oleh sensor ultrasonik yang dapat bekerja mendeteksi gerakan telapan tangan manusia. Tujuan dibuatnya alat ini adalah untuk memudahkan pengguna pada saat di kafe karena tidak perlu lagi membuka dan menutup wadah makanan dengan manual cukup telapak tanagan didekatkan ke sensor, melalui uji coba dengan jarak 0?5 cm, dan untuk menahan buka tutup nya dengan jarak 5?20 cm, yang terbukti mampu mendeteksi gerakan telapak tangan manusia. Sensor ultrasonik juga mampu membantu pekerjaan manusia saat lupa atau teledor saat menutup wadah makanan, dan juga mampu membuat makanan menjadi higienis karena buku tutup makanan secara otomatis, sehingga makanan terhindar dari lalat dan debu jadi melindungi kesehatan manusia dari tertular nya penyakit yang dibawa oleh lalat dan juga bakteri dari debu.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BAHAN BAKU PEMBUATAN KRIMMER DENGAN METODE MAMDANI Wicaksono, Novyan Indra
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pendukung keputusan dangan menggunakan metode mamdani dibuat untuk mengambil keputusan dalam pemesanan bahan baku untuk kebutuhan produksi. karena banyak masalah yang harus dihadapi perusahaan dalam menentukan pemesanan atau pengadaan bahan baku untuk kepentingan produksi periode yang akan dating. Proses pengambilan keputusan untuk pengadaan atau pemesanan bahan baku produksi merupakan permasalahan yang banyak dialami oleh perusahaan kecil dan menengah tidak jarang pun perusahaan besar mengalami masalah yang sama akan hal pengadaan bahan baku untuk produksi, karena pengadaan atau pemesanan bahan baku tersebut merupakan aspek penting menyangkut kepentingan produksi dan pengeluaran keuangan setiap perusahaan. Permasalahan pengambilan keputusan tersebut memerlukan pertimbangan yang matang, dan perlu dilakukan perhitungan yang tepat. untuk mendapatkan data yang tepat tentang prediksi penggunaan bahan baku untuk kebutuhan produksi, maka dibuatlah sebuah sistem yang dapat memprediksi berapa banyak kebutuhan bahan baku yang diperlukan untuk kebutuhan produksi agar tidak banyak bahan yang tersisa yang dapat menimbulkan bahan baku tersebut memasuki masa kadaluarsa / expired dengan menggunakan metode mamdani, sehingga membantu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan dipesan kepada suplyer, untuk mengetahui prediksi tersebut diperlukan data dari permintaan produksi dan sisa stock bahan baku digudang, serta memerlukan perhitungan yang khusus.
RANCANGAN SISTEM PENGUNCI RUMAH BERBASIS ARDUINO UNO R3 DENGAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DAN SELENOID DOOR LOCK Pratama, Rio Gaveri
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengunci pintu otomatis memakai Arduino Uno R3, LCD 16x2 serta selenoid lock door yang di desain dengan menggunakan inputan berupa dua RFID reader yang terpasang di badan pintu rumah dengan tata letak yang berbeda, satu RFID reader berada diluar pintu dan didalam pintu rumah dengan satu RFID tag yang sama yaitu hanya menggunakan satu TAG yang berfungsi dikedua RFID reader di dalam dan di luar pintu rumah, sistem pengunci ini berjalan menggunakan atau tegangan 12V DC yang di dapat dari power supply yang sudah diubah teganannya dari AC  ke DC, cara kerja pengunci pintu ini, saat pengguna menempelkan atau mendekatkan tag yang sudah teregistrasi didalam arduino maka selenoid akan terbuka dan LCD akan menampilkan display (OPEN DOOR) dan jika tag tidak terdeteksi oleh modul reader maka selenoid tidak akan terbuka dan LCD akan menampilkan display (NOT ALLOWED). Sistem ini dapat digunakan untuk pintu gudang, rumah dan kamar karena ringkas dan pembuatannya tidak menggunakan banyak biaya, selain itu mudah pengerjaannya.
RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENJEMUR PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO Yuliati, Siska
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hujan ataupun cuaca buruk hingga saat ini menjadi masalah utama bagi masyarakat yang memiliki jemuran. Biasanya pakaian yang dijemur sering ditinggalkan berpergian, sehingga tidak sempat lagi untuk mengangkat jemuran pada waktu akan turun hujan atupun hari sudah malam. Untuk mengatasi masalah mengangkat jemuran saat turun hujan dan hari sudah malam maka perlu adanya dengan cara membuat alat rancang bangun prototipe penjemur pakaian otomatis berbasis mikrokontroler arduino uno. Tujuan dengan membuat sebuah alat yang dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga khususnya dalam menjemur pakaian. Dari hasil pengujian alat yang sudah dirancang. Alat bekerja setiap kali sensor akan membaca cuaca sekitar, seperti ketika sensor LDR mendeteksi cahaya terang dan redup dan sensor hujan mendeteksi ada atau tidak adanya air sehingga motor DC akan menarik jemuran kedalam dan keluar rumah, limit swicth berfungsi sebagai memutuskan arus pada motor sehingga motor akan berhenti, dan LCD 16×2 dapat berfungsi untuk menampilkan teks, atau menampilkan menu pada aplikasi mikrokontroler Arduino Uno.
PROTOTYPE SISTEM PENDETEKSI KEBOCORAN LIQUIFIED PETROLEUM GAS BERBASIS ARDUINO DAN CALL GATEWAY Pranata, Deni Agus Dian
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gas LPG adalah bahan bakar yang digunakan masyarakat pada jaman sekarang untuk keperluan memasak sebagai kebutuhan pokok yang menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar. Namun banyaknya masalah yang terjadi dalam pemakaian tabung gas lpg mengakibatkan keresahan bagi masayarakat seperti timbulnya kebocoran gas yang bisa mengakibatkan meledaknya tabung gas lpg dan menimbulkan kebakaran. Seiring perkembangan teknologi, maka saya memanfaatkan mikrokontroller arduino untuk membuat suatu sistem pendeteksi kebocoran gas lpg. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah alat pendeteksi kebocoran gas lpg bebasis arduino uno dan call gateway. Pada tahap implementasi komponen fisik rangkaian elektronik diletakkan pada ruangan penyimpanan gas dan alat yang digunakan adalah Arduino Uno sebagai pengendali keseluruhan sistem, sensor MQ-2 sebagai pendeteksi keberadaan gas lpg, buzzer sebagai pemberi peringatan berupa bunyi, modul SIM800L sebagai pemberi fitur telepon untuk tanda peringatan kebocoran gas pada pengguna. Berdasarkan kesimpulan sensor gas MQ-2 dapat mendeteksi kebocoran gas lpg dan alarm buzzer berfungsi untuk memberikan tanda bahaya berupa bunyi serta module SIM800L dapat melakukan panggilan telepon ketika terjadi kebocoran gas.

Page 1 of 3 | Total Record : 28