cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285223443950
Journal Mail Official
Jurnaledukasiunigal@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Published by Universitas Galuh
ISSN : 2355357X     EISSN : 25808818     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)" : 14 Documents clear
PROSES PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PENDEKATAN PARAGMETIK DALAM MENINGKAATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS XII SMP NEGERI 2 CIKONENG-CIAMIS SUNDAWATI, LILIS
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.91 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.978

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan kepada Proses dalam Penggunaan Pendekatan pendekatan paragmetik guna meningkaatkan keterampilan berbicara bagi siswa yang dijadikan suatu acuan dalam kurikulum berbasis kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum satuan pendidikan. Aspek penilaian proses pembelajaran yaitu aspek afaktif antara lain; komunikatif, jelas, runtut, dan mudah dipahami, mengekspresikan pikiran, dan keterampilan berbicara. Sedangkan di akhir pembelajaran menggunakan ranah psikomotor, antara lain; ide pokok, tanggapan dan ringkasan, semua data diolah dan disimpulkan hasilnya, kemampuan siswa dalam keterampilan keterampilan berbicara mengalami peningkatan, kesimpulan penelitian tindakan kelas ini berlaku untuk kelas VII di SMP Negeri 2 Cikoneng-Ciamis, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sesuai jadwal dan perencanaan yang telah ditentukan yaitu pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015.Kata Kunci: Keterampilan berbicara dan pendekatan pragmatik
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG BESARAN DAN SATUAN PADA PELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS VII C SMP N 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS MARLINA, TUTI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.053 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.984

Abstract

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching, subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII C SMP N 1 Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis jumlah siswa 34 orang, yang terdiri dari 18 orang siswi perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument pembelajaran dan instrument pengumpulan data. Berdasarkan analisis dari data hasil tes setiap siklus. Hasil belajar mengalami peningkatan yang positif dari sebelumnya. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar siswa merespon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Dan berdasarkan wawancara dengan siswa sebagian siswa lebih senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Hal ini dapat terlihat dari jawaban ? jawaban yang diberikan siswa pada saat wawancara. Dari siswa yang tadinya tidak menyukai Ilmu Pengetahuan Alam setelah belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching anak menjadi suka Ilmu Pengetahuan Alam.Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi Belajar, Besaran dan Satuan, Quantum Teaching, Fisika
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG JENIS-JENIS BATUAN PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS VII C SMPN 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS Harkati, Tati
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.7 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.974

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru yang mengajar suatu kelas dan setelah kegiatan mengajar guru melakukan refleksi diri dengan tujuan untuk meningkatkan, memperbaiki kinerjanya, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil penelitian ini yaitu Perencanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw perencanaan yang menunjukkan pembelajaran yang inovatip dan terpadu sehingga RPPnya harus disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan alat penilaian yang cukup; Motivasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw meningkat dilihat dari aktifitas siswa selama proses pembelajaran cukup antusias dan senang (gembira) hasilnya pun baik; Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran materi lebih lama diingat oleh anak; Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi jenis-jenis batuan.Kata Kunci: Kooferatif JIGSAW, Peningkatan Pemahaman dan IPS
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA PADA SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI 13 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2013/2014 SUSILAWATI, SUSI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.127 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.980

Abstract

Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa dengan menggunakan media boneka, keterampilan bercerita siswa meningkat sebesar sebesar 7,8%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 73,4%, sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 81,2%. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun berubah setelah diberikan tindakan. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, bekerja sama dengan baik dalam kelompoknya, tidak gugup atau grogi dan semakin percaya diri ketika bercerita di depan kelas. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan antara lain 1) para guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya mencoba menggunakan media boneka sebagai pemilihan variasi strategi pembelajaran bercerita agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran; 2) antarguru mata pelajaran saling bekerja sama dalam menggabungkan kompetensi dasar yang ada, seperti halnya yang telah dilakukan peneliti yaitu menggabungkan antara pelajaran bahasa Indonesia dan seni rupa; 3) para pakar atau praktisi bidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian yang sejenis dengan teknik pembelajaran yang berbeda, misalnya bercerita menggunakan media komik, bercerita menggunakan media gambar dan lain sebagainya, sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik pembelajaran keterampilan bercerita untuk menambah khazanah ilmu bahasa.Kata Kunci: keterampilan berbicara, keterampilan bercerita dan media boneka
MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS IX A SMPN 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS UNDIYATI, YETI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.004 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.985

Abstract

Hasil penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) perencanaan yang menunjukkan pembelajaran yang inovatip dan terpadu sehingga RPPnya harus disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan alat penilaian yang cukup; 2) Motivasi siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkat dilihat dari aktifitas siswa selama proses pembelajaran cukup antusias dan senang (gembira) hasilnya pun baik; 3) Pelaksanaan pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkana pemahaman siswa terhadap pembelajaran materi lebih lama diingat oleh anak.Kata Kunci: Model Pembelajaran dan Hasil Belajar
PERANAN WANITA TERHADAP KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI PADI DALAM EKONOMI KELUARGA DI KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT Herlina, Nina; Yanti, Rini Agustin Eka
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.925 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.975

Abstract

Kajian ini menggunakan kerangka konseptual gender dalam menentukan ketahanan pangan. Dengan menggunakan tiga indikator, penelitian ini mencoba menunjukkan pengaruh dari peranan wanita relatif terhadap pria dalam rumah tangga pada ketahanan pangan pada rumah tangga yang basis ekonominya petani padi. Penelitian ini akan dilakukan di Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat. Rencananya seratus responden yang terdiri dari 100 rumah tangga petani padi dipilih dengan menggunakan metode sampling acak sederhana. Model regresi berganda akan digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketahanan pangan rumah tangga. Kondisi rumah tangga petani padi dan keragaman pangan sebagai indikator ketahanan pangan rumah tangga, diharapkan rumah tangga petani padi menunjukkan derajat ketahanan pangan yang baik. Hasil penelitian juga diharapkan menunjukkan bahwa peranan wanita tidak menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap ketahanan pangan rumah tangga mekipun semua memiliki tanda yang sesuai. Sementara itu, pendapatan rumah tangga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap ketahanan pangan rumah tangga.Kata Kunci: Wanita, Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keluarga
UPAYA MENINGKATAKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MAKNA BACAAN TEKS DESCRIPTIVE MELALUI TEKHNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS VIII-A SEMESTER GANJIL, TAHUN PELAJARAN 2013–2014 SMP NEGERI 13 KOTA TASIKMALAYA SUTIANA, IRMAN
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.077 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.981

Abstract

Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan mengindikasikan bahwa keaktifan, tanggung-jawab dan keseriusan siswa mengalami perubahan dengan perolehan 84,90 % atau kenaikan sekitar 41 % dari Siklus 1 ke siklus 2 . Selanjutnya Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis pada siklus ke-1, 14 orang siswa ( 35,89 %) yang melebihi KKM (Tuntas ) dan 25 orang siswa ( 64,11 % ) di bawah KKM (Belum Tuntas) dan di Siklus ke-2, menjadi 32 orang siswa atau (82,05 %) yang melebihi KKM (Tuntas), 7 0rang siswa (17, 95 %) yang (Belum Tuntas). Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan pada pembahasan di atas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran ? Make A Match ? dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk ? descriptive ? dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun target pencapaian keberhasilan daya serap kelas dalam pembelajaran harus 85 % sebagaimana yang ditargetkan oleh Depdiknas.Kata Kunci: Meningkatkan kemampuan dalam memahami makna bacaan, tekhnik Pembelajaran Make A Match
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI RUPA TERAPAN MELALUI SENI MENCETAK POT BUNGA DI KELAS VIII G SMPN 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS SUPRIADI, EDI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.459 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.986

Abstract

Hasil penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut: 1) pada siklus I, siswa yang mampu membuat pot bunga dan mendapat nilai memenuhi standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal/70) sebanyak 18 siswa atau 45%, dan yang mendapat nilai dibawah KKM 22 siswa atau 55%, maka ke 22 siswa ini harus diambil tindakan perbaikan; 2) Dari 22 siswa yang diambil tindakan perbaikan pada siklus II, ke 22 siswa tersebut berhasil mendapat nilai memenuhi standar KKM/70. Hasil dari penelitian tindakan kelas pada Kelas VIII G, dapat dilihat pada upaya peningkatan prestasi belajar seni rupa terapan membuat pot bunga. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tindakan pengarahan, bimbingan dan pembinaan akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, lebih kreatif, lebih semangat dan  memuaskan.Kata Kunci: Prestasi Belajar, Seni Rupa Terapan dan Mencetak Pot Bunga
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIIA SMPN 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS HERNI, HERNI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.636 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.976

Abstract

Hasil penelitian ini membahas tentang 1) Teknik pengamatan objek secara langsung, kemampuan siswa kelas VII A SMPN 1 Baregbeg dalam menulis surat pribadi dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut sungguh memuaskan. Hal ini terbukti pada hasil tes setelah tindakan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa hanya 67,82 atau kategori cukup, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 77,39 atau kategori baik, artinya mengalami peningkatkan sebesar 41,60 %. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 98,26 %, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 90,74 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya (siklus I); 2) Hasil penelitian non tes melalui pengamatan, wawancara, dan jurnal siswa juga menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode examples non examples, sehingga siswa mudah dalam menulis surat pribadi. Hal itu terbukti adanya permintaan beberapa siswa agar mengulangi metode pembelajaran yang sudah dilaksanakan, karena saking antusiasnya, dan aktifnya siswa keetika menggunakan metode tersebut, sehingga siswa meminta mengulangi kembali pembelajaran dengan menggunakan metode examples non examples. Dengan melihat tingginya angka peningkatan dan respon siswa tersebut, berarti metode examples non examples sangat cocok diterapkan dalam setiap pembelajaran.Kata kunci: Keterampilan Menulis dan Examples Non Examples
UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AYEH, AYEH
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.489 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.982

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan bahwa peningkatan yang terjadi sebelum dan sesudah penerapan metode CTL adalah sebesar 36.67%, dengan rincian peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata seluruh siswa dari tes awal ke tes siklus I yakni 18.13%, peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata seluruh siswa dari tes siklus I ke tes siklus II yakni 11.34%. Apabila dilihat dari kriteria kemampuan siswa maka peningkatan yang ada, dari kategori jelek (poor) meningkat menjadi tidak cukup (insufficient) lalu meningkat menjadi baik (good). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pengajaran kosakata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.Kata Kunci: CTL, kosakata, kategori, konstruksi, pengajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 14