cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285223443950
Journal Mail Official
Jurnaledukasiunigal@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Published by Universitas Galuh
ISSN : 2355357X     EISSN : 25808818     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)" : 12 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) HURIAH, DIAH
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.305 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII A SMP Negeri 2 Blanakan Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2014-2015. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata-rata hasil tes formatif siklus I adalah 66,75 dan rata-rata hasil tes formatif siklus II adalah 78. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Blanakan Subang kelas VIII A semester genap tahun pelajaran 2014-2015 pada materi sistem persamaan linier dua variabel.Kata kunci : hasil belajar, Cooperative Learning, STAD
ANALISIS AKUNTANSI YANG DITERAPKAN UMKM Akbar, Dendy Syaiful; Darna, Nana; Prawiranegara, Benny
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.071 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1002

Abstract

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu masalah yang seringkali terabaikan oleh para pelaku bisnis UMKM, khususnya berkaitan dengan penerapan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan dan akuntansi yang benar. Masalah ini biasanya timbul dikarenakan pengetahuan dan informasi pelaku UMKM mengenai akuntansi sangat terbatas, latar belakang pendidikan para pelaku UMKM juga mempengaruhi pengetahuan para pelaku usaha. Padahal sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat potensial dikembangkan. Karena sektor ini terbukti memberikan kontribusi 57,12% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Kementrian Koperasi dan UMKM menyatakan, bahwa UMKM di Indonesia kini mencapai 55,2 juta unit atau sebesar 99,98 persen dari pelaku usaha nasional. Bhakan sektor ini telah menyerap 101,72 juta orang tenaga kerja atau sebesar 97,3 persen dari total tenaga kerja di Indonesia. Sektor UMKM ini telah berkontribusi sebesar 57 persen dari Produk Domestik Brtuo (PDB) pada tahun 2013, sedangkan sebanyak 43 persen merupakan kontribusi dari usaha besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis penerapan siklus akuntansi pada UMKM di Kecamatan Cikoneng apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah siklus akuntansi yang benar; (2) menganalisis sektor UMKM manakah di Kecamatan Cikoneng yang memilliki pengelolaan keuangan yang baik dengan menerapkan siklus akuntansi; (3) menganalisis jalan keluar yang dapat ditempuh dalam upaya mendorong dan membantu para pelaku UMKM di Kecamatan Cikoneng dalam menerapkan pengelolaan keuangan yang baik dengan menerapkan siklus akuntansi. Metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kecamatan Cikoneng yang berjumlah 178 UMKM, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 UMKM di Kecamatan Cikoneng. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah: (1) Analisis Deskriptif; (2) Analisis Statistik Inferensial, dan; (3) Analisis Komparatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Para pelaku UMKM di Kecamatan Cikoneng masih kurang dalam menerapkan siklus akuntansi pada pengelolaan keuangan usahanya; (2) Dari tiga sektor UMKM di Kecamatan Cikoneng, sektor home industry merupakan sektor UMKM yang pengelolaan keuangannya lebih baik dibandingkan dengan sektor dagang dan jasa; (3) Para pelaku UMKM di Kecamatan Cikoneng memerlukan sosialisasi maupun pelatihan pengelolaan keuangan dengan menerapkan siklus akuntansi dari pihak-pihak terkait, sehingga diharapkan mereka akan mampu untuk melakukan pengelolaan keuangan usahanya dengan baik dan mengetahui perkembangan usahanya yang didapat dari informasi akuntansi nantinya.Kata Kunci: siklus akuntansi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
EFEKTIVITAS KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis) HERDIANI, SULASTRI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.324 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1007

Abstract

Karya penelitian ini adalah ?Efektivitas Kinerja Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis)? Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. kinerja guru berbanding lurus dengan peningkatan mutu pendidikan termasuk didalamnya adalah prestasi belajar siswa. Sayangnya tidak sedikit para guru bekerja dibawah standar kerja yang telah ditetapkan bukan karena tidak mampu tetapi karena belum terbangun kinerja mengajar yang baik. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurang maksimalnya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1). Kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2). Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina siswa berprestasi dan guru SMK Negeri 1 Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan guru-guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran sebelum tahun pelajaran dimulai melalui kegiatan IHT, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian terhadap siswa secara maksimal. 2. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis dalam membuat rencana pembelajaran hanyalah masalah teknis dalam mencetak administrasi. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah siswa kurang berminat mempelajari mata pelajaran umum karena mereka lebih tertarik pada mata pelajaran kejuruannya. Sehingga motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran umum cenderung kurang. Padahal sebagian pelajaran umum tersebut akan di Uji nasionalkan. 3). Upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis adalah mengadakan IHT bagi para guru secara rutin, mengadakan supervisi kepada para guru minimal satu tahun sekali, guru-guru mengikuti magang dan pelatihan-pelatihan agar kinerja mengajar guru tetap terjaga dan maksimal. Ketika kinerja mangajar guru sudah maksimal atau efektif, maka siswa akan selalu termotivasi belajar dan prestasi belajar siswa akan maksimal.Kata Kunci: Efektivitas, Kinerja Mengajar, Prestasi Belajar
ANALISIS PENGANGGARAN PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMKN KABUPATEN CIAMIS SUHERMAN, ADE
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.582 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1012

Abstract

Kepuasan kerja guru ditandai dengan munculnya rasa puas dan terselesaikannya tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab guru tersebut secara tepat waktu, disamping itu munculnya dedikasi, kegairahan, kerajinan, ketekunan, inisitif dan kreativitas kerja yang tinggi dalam bekerja. Kepuasan kerja guru menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan, apabila guru merasakan kepuasan dalam dalam bekerja, maka akan tercipta suasana yang penuh kebersamaan, memiliki tanggung jawab yang sama, iklim komunikasi yang baik dan juga semangat kerja yang tinggi sehingga tujuan organisasi atau sekolah dapat tercapai secara maksimal. Tetapi sebaliknya apabila guru tidak merasa puas, maka akan tercipta suasana yang kaku, membosankan, dan semangat tim yang rendah. Anggaran pendidikan meliputi; perencanaan penyusunan anggaran biaya pendidikan melalui rapat RAPBS, pelaksanaan pembiyaan pendidikan dengan optimal dan pengawasan anggaran sesuai standar pelaporan. Keterampilan komunikasi kepala sekolah meliputi; Komunikasi dengan guru, berlaku adil dan bijak dalam pengambilan keputusan. Kepuasan guru meliputi; kepuasan personal, kepuasan sosial, kepuasan ekonomi dan budaya.Kata Kunci: Penganggaran Pendidikan, Komunikasi Kepala Sekolah, Kepuasan, Kerja, guru
IMPLEMENTASI PERENCANAAN BAHAN BAKU DALAM MENDUKUNG EFISIENSI BIAYA PRODUKSI ARYANSYAH, FIRMAN
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.623 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1003

Abstract

Sekaitan dengan kegiatan produksi, perusahaan harus dapat menngoptimalkan seluruh sumber-sumber yang dimiliki. Sumber-sumber tersebut diolah sehingga berdaya guna dan berhasil guna adar menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan perusahaan maupun konsumen baik dari segi mutu maupun jumlahnya. Bagi perusahaan, kemampuan melakukan efisiensi akan sangat berdampak terhapat kinerja keuangan perusahaan salah satu indikatornya adalah perolehan laba pada suatu periode. Salah satu faktor yang yang menentukan dalam melaksanakan efisiensi biaya produksi adalah dengan melaksanakan perencanaan yang baik dalam pengadaan bahan baku. Sebagi salah satu komponen biaya produksi, bahan baku tidak bisa dipisahkan dengan biaya-biaya lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan bahan baku yang dilakukan Cireng Rujak ?Rahayu? dalam mendukung efisiensi biaya produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknis analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis perbandingan melalui pendekatan Variable Costing dan Full Costing. Hasil penelitian menunjukkan harga pokok produk dengan menggunakan metode variable costing lebih efisien dibanding dengan menggunakan metode full costing. Perhitungan harga pokok pada tingkat harga beli dan tingkat penjualan yang sama menunjukkan perencanaan dengan menggunakan metode variable costing lebih efisien dibandingkan dengan full costing.Kata Kunci: perencanaan, bahan baku, efisiensi bahan baku
EFEKTIVITAS BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciamis) SAPARIAH, SITI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.814 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1008

Abstract

Karya ilmiah ini adalah ?Efektivitas Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciamis)? Sekolah sebagai organisasi pendidikan dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi era globalisasi di setiap aspek kehidupan. Prestasi sekolah yang kurang dapat terlihat dari penerapan isi budaya organisasi di lingkungan sekolah itu, misalnya kedisiplinan siswa yang buruk atau daya inovasi dan kreativitas guru yang tidak memadai. Budaya organisasi warga sekolah yang baik mutlak diperlukan terlebih dalam penerapan norma, nilai-nilai, dan etos kerja sehingga membentuk dan mengarahkan sikap dan perilaku sehari-hari demi tercapainya tujuan sekolah yaitu menghasilkan mutu lulusan yang berprestasi dan mampu menghadapi persaingan baik tingkat nasional dan internasional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Efektifitas budaya organisasi ditinjau dari aspek norma, nilai-nilai, dan etos kerja dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMKN 1 Ciamis; (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengefektifkan budaya organisasi untuk meningkatkan prestasi sekolah di SMKN 1 Ciamis; (3) Upaya-upaya yang telah ditempuh dalam mengefektifkan budaya organisasi untuk meningkatkan prestasi sekolah di SMKN 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Budaya organisasi ditinjau dari aspek norma, nilai-nilai, dan etos kerja dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMKN 1 Ciamis sudah efektif. Hal ini ditunjukkan dengan penerapan norma, nilai-nilai dan etos kerja sudah menjadi perilaku dan kebiasaan sehari-hari dari seluruh warga sekolah; (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengefektifkan budaya organisasi dapat berasal dari dalam individu maupun dari luar individu; (3) Upaya-upaya yang telah ditempuh dalam mengefektifkan budaya organisasi yaitu pembinaan guru dan karyawan serta pemenuhan sarana dan prasarana.Kata Kunci: efektivitas, budaya organisasi, prestasi sekolah
ANALISIS KINERJA EKSPOR NON MIGAS INDONESIA KE UNI EROPA YASRI, BUDI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1172.279 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1004

Abstract

Penelitian ini berisi tentang analisis kinerja ekspor non migas Indonesia ke Uni Eropa dan menganalisa beberapa faktor yang dipertimbangkan mempengaruhi kinerja ekspor non migas Indonesia, antara lain tingkat pendapatan, nilai tukar riil dan tingkat daya saing (comparative advantage). Model yang digunakan untuk estimasi dalam penelitian ini adalah adopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Yue dan Hua (2002) yang menggunakan pendekatan indeks daya saing (Revealed Comparative Advantage) dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi ekspor China (real exchange rate, pendapatan riil negara produsen, dan pendapatan riil partner dagang). Penelitian ini menggunakan data panel dengan deret waktu 7 tahun (2000-2006) dan unit cross section 7 negara Uni Eropa (UE) yaitu Belanda, Jerman, Inggris, Belgia, Italia, Spanyol dan Perancis. Dalam analisis data panel, pemilihan model estimasi yang efisien dilakukan melalui uji spesifikasi F-test untuk mengetahui adanya efek individu, kemudian uji Hausmann untuk menentukan Fixed Effect Model (FEM) atau Random Effect Model (REM) dan penelitian yang efisien untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ekspor non migas Indonesia ke UE adalah Fixed Effect Model. Hasil estimasi menunjukkan bahwa variabel pendapatan riil partner dagang (GDPP), daya saing komoditi manufaktur (RCAI) dan daya saing komoditi pertambangan (RCAT) berpengaruh positif terhadap kinerja ekspor non migas Indonesia ke UE, sementara variabel nilai tukar riil (RER) dan daya saing komoditi pertanian (RCAP) berpengaruh secara negatif terhadap kinerja ekspor non migas Indonesia ke UE. Penelitian ini menyarankan stakeholders ekspor non migas Indonesia agar dapat meningkatkan produktivitas untuk menghasilkan produk-produk yang efisien dan meningkatan kualitas dan promosi merek lokal.Kata Kunci: Kinerja ekspor, Revealed Comparative Advantage, Ekspor Non Migas, Uni Eropa, Data Panel, Fixed Effect Model
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNINGTIPE JIGSAW DENGAN MEDIA KASO BECA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXJ SMP NEGERI 1 JALANCAGAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL FIRDAUS, DENI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.948 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1009

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa dalam kelas, serta meningkatkan aktivitas belajar siwa kelas IX J SMP Negeri 1 Jalancagak melalui model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw dengan Bantuan Kaso Beca. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, hasil cacatan lapangan, hasil tes akhir siklus dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktifitas siswa yang diambil dari lembar observasi siswa. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas mengajar peneliti 80%, aktivitas belajar siswa 70,%, masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas mengajar peneliti 93,60 %, aktivitas belajar siswa 90% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar untuk siklus I yaitu 64,50, untuk siklus II yaitu 79. Dari hasil tersebut dapat diketahui ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dari Siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 13,5. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu sebesar 55%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% yang sudah memenuhi ketuntasan minimum 70 dan nilai rata-rata kelas yang ditetapkan yaitu 85%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target, bahwa pembelajaran model pembelajaran Coopetive Learning tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar materi sistem persamaan linear dua variabel. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw dengan Bantuan Kaso Beca dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IX J SMP Negeri 1 Jalancagak Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).Kata Kunci: Cooperatif Learning, tipe Jigsaw, Bantuan Kaso Beca, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel
PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Banjar) PATONAH, RITA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.143 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1005

Abstract

The research is aimed to convey the influence of school culture towards student?s learning motivation and it?s implication on student?s learning achievement (the survey on students of MTs in Banjar). The main case discussed in this research is how far the direct effect of the four independent variables towards the increasing student?s learning achievement and indirect effect through variable of student?s learning motivation. The object of the research consists of four independent variables, they are: social cultur (X1), academic culture (X2), quality culture (X3) and artifac (X4), one intervening variable that is  student?s learning motivation (X5) and one dependent variable that is student?s learning achievement (Y). Meanwhile, the subjects of the research are the students of MTs in Banjar about 133 students. Random sampling and path analysis are used in the research. Based on the statistics experiment is showed that social culture influenced student?s learning motivation about 15,13%. Academic culture influenced student?s learning motivation about 20,79%. Quality culture influenced student?s learning motivation about 3,03%. Artifac influencedd student?s learning motivation about 0,98%. Whereas the simultant influenced among social culture, academic culture, quality culture, artifac towards student?s learning motivation about 61,9%. Social culture influenced student?s learning achievement about 0,03%. Academic culture influenced student?s learning achievement about 1,96%. Quality culture influenced student?s learning achievement about 2,10%. Artifac influenced student?s learning achievement about 6,50%. Student?s learning motivation influenced student?s learning achievement about 60,53%. Whereas the simultant influenced among social culture, academic culture, quality culture, artifac and  student?s learning motivation towards student?s learning achievement about 77,6%.Kata Kunci: social culture, academic culture, quality culture, artifac, student?s learning motivation, student?s learning achievement
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SINGULAR AND PLURAL OF THINGS AROUND US MELALUI PENERAPAN TEKNIK BERKATAJA YANTO, YANTO
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.357 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Singular and Plural of Things Around Us melalui penerapan teknik BERKATAJA di kelas VII D SMP Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2015-2016. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang menerapkan teknik BERKATAJA terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Pada 3 pertemuan awal pembelajaran tentang keterampilan berbahasa yaitu Listening, Reading, Speaking dan Writing, sedangkan pertemuan ke 4 dilaksanakan tes formatif. Peningkatan kemampuan siswa ditunjukkan dengan nilai hasil tes formatif siklus I dan siklus II, dari 20% siswa yang melampaui nilai Kriteria Kemampuan Minimal menjadi 42,5% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan teknik BERKATAJA dapat meningkatkan kemampuan siswa SMP Negeri 1 Jalancagak Subang kelas VII D semester genap tahun pelajaran 2015-2016 dalam memahami Singular and Plural of Things Around Us.Kata Kunci: Berkataja, singular and plural

Page 1 of 2 | Total Record : 12