cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285223443950
Journal Mail Official
Jurnaledukasiunigal@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Published by Universitas Galuh
ISSN : 2355357X     EISSN : 25808818     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): Juni" : 5 Documents clear
ANALISIS SWOT PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN EMAS DI BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU BANTAR KALONG Mughni, Joni Ahmad
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.386 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2669

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis SWOT pemasaran produk pembiayaan kepemilikan emas di BJB Syariah KCP Bantarkalong. Dengan latar belakang masalah yakni secara umum berdasarkan data BJB Syariah KCP Bantarkalong ditemukan fakta bahwa minat masyarakat terhadap produk pembiayaan emas masih rendah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis berbagai dokumen yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary) dan IFAS (Internal Factors Analysis Summary) analisis SWOT pemasaran produk PKE BJBS KCP Bantarkalong ini memiliki total nilai skor masing-masing 1,75 dan 2,45. Berdasarkan Matriks Grand Strategy maka diketahui skor EFAS dan IFAS bertemu di kuadran I. Sehingga tampak bahwa strategi yang sesuai bagi pemasaran produk PKE BJBS KCP Bantarkalong adalah strategi pertumbuhan. Artinya, perusahaan atau lembaga dapat melakukan perluasan usaha dengan menambah SDM yang berkualitas untuk dapat fokus melakukan pemasaran PKE di BJBS KCP Bantarkalong.
PEMODELAN PENCATATAN AKUNTANSI DENGAN IDENTIFIKASI AKTIVITAS UNTUK PENGANGGARAN MASJID Aryansyah, Firman
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.491 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2670

Abstract

Anggaran bagi organisasi nirlaba memiliki peran yang berbeda dibanding perannya pada perusahaan atau sektor bisnis. Pada perusahaan, anggaran ditetapkan dengan titik berat pada target penerimaan. Untuk itu produksi dan pemasaran akan dilakukan untuk mencapai target penerimaan ini. Pada organisasi nirlaba, anggaran merupakan penterjemah dari rencana kegiatan atau program organisasi dan sumber dana yang dibutuhkan. Jadi, anggaran pada organisasi nirlaba dimulai dari program atau kegiatan yang direncanakan. Kemudian diterjemahkan ke dalam satuan uang untuk selanjutnya dibandingkan dengan anggaran penerimaan. Menurut PSAK No. 45 menjelaskan bahwa komponen laporan keuangan organisasi nirlaba meliputi: (1) Laporan Posisi Keuangan, (2) Laporan Aktivitas, (3) Laporan Arus Kas. Laporan aktivitas menyajikan jumlah perubahan aktiva bersih terikat permanen, terikat temporer, dan tidak terikat dalam suatu periode. Laporan aktivitas juga menyajikan keuntungan dan kerugian yang diakui dari investasi dan aktiva lain (atau kewajiban) sebagai penambah atau pengurang aktiva bersih tidak terikat, kecuali jika penggunaannya dibatasi oleh penyumbang, dan menyajikan beban sebagai pengurang aktiva bersih tidak terikat.
ANALISIS PERPUTARAN MODAL KERJA DAN CURRENT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET Gumilar, Angga
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.614 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2671

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perputaran modal kerja, Current Ratio, Return on Asset, dan besarnya pengaruh perputaran modal kerja dan Current Ratio terhadap Return on Asset PT Mayora Indah Tbk periode 2007-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metodenya explanatory. Sumber data sekunder dengan teknik sampling analisis time series. Metode statistik analisis jalur (path analysis), serta dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perputaran modal kerja, Current Ratio, dan Return on Asset PT Mayora Indah Tbk periode 2007-2019 cenderung fluktuatif. Pengaruh perputaran modal kerja dan Current Ratio terhadap Return on Asset sebesar 5%, pengaruh perputaran modal kerja terhadap Return on Asset sebesar -0,08%, dan pengaruh Current Ratio terhadap Return on Asset sebesar 5,04%. Berdasarkan uji hipotesis, tidak terdapat pengaruh signifikan perputaran modal kerja, Current Ratio terhadap Return on Asset pada PT Mayora Indah Tbk periode 2007-2016 baik secara parsial ataupun secara simultan.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg) Putra, Rizka Andhika; Pratama, Anggita Martina
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.994 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2672

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa rendahnya hasil belajar siswa. Beberapa faktor kendalanya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, proses belajar mengajar belum melibatkan siswa secara aktif, serta kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran akhir (posttest). Adapun metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan Nonequivalence Control Group Design. Sedangkan uji analisis data menggunakan N-Gain dan pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan tipe Giving Question And Getting Asnwer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada pengukuran awal (pretest) sebesar 37,85 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 79,26 dengan rata-rata N-Gain bernilai 0,66 dengan kategori sedang. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran awal (pretest) sebesar 32,83 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 72,66 dengan rata-rata N-Gain 0,58 dengan kategori sedang. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran akhir (posttest).
PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI BIAYA (Studi Eksperimen Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Biaya Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi Di SMK Hepweti Ciamis) Dedeh, Dedeh; Nurfitriani, Sofi Awalia
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.001 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2668

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses untuk menyampaikan materi secara formal kepada peserta didik, selain itu dalam pembelajaran guru harus dapat menciptakan berbagai interaksi dengan peserta didik. Selama ini pembelajaran dikelas selalu berpusat pada guru yang menerangkan dan peserta didik mendengarkan. Suasana tersebut menjadikan pembelajaran yang tidak konduksif dan tidak efektif sehingga materi yang tersampaikan tidak dapat diterima dan dipahami peserta didik secara optimal. Guru perlu menyadari bahwa pada saat mengajar, guru lebih memposisikan dirinya sebagai fasilitator. Keaktifan peserta didik dalam menjalani proses belajar mengajar merupakan salah satu kunci keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran think pairs share (TPS) pada kelas eksperimen sebelum pengukuran awal (pretest) dan sesudah pengukuran akhir (posttest) di SMK Hepweti Ciamis. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada kelas eksperimen sebelum pengukuran awal (pretest) dan sesudah pengukuran akhir (posttest) di SMK Hepweti Ciamis. 3) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran think pairs share (TPS) lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Exprerimental Desgn. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Pretest dan Posttest. Teknik analisis data melalui perhitungan N-Gain, Uji t dan Uji F. Pengujian hipotesis digunakan dengan rumus t-test. Berdasarkan kajian teori dan analisis data yang telah peneliti paparkan diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat peningkatan yang signifikan tingkat hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share pada mata pelajaran Akuntansi Biaya di kelas XI Akuntansi 1 melalui pengukuran awal (pretest) sebesar 53,26, pengukuran akhir (posttest) sebesar 91,74 denga N-Gain 0,8 dengan kategori tinggi. 2) Terdapat peningkatan yang signifikan tingkat hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic pada mata pelajaran Akuntansi Biaya di kelas XI Akuntansi 1 melalui pengukuran awal (pretest) sebesar 42,08, pengukuran akhir (posttest) sebesar 79,20 dengan N-Gain 0,6 dengan kategori sedang. 3) Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share lebih tinggi dibandikan dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic pada pengukuran akhir (posttest) kelas XI AK 1 dan pada pengukuran akhir (posttest) kelas XI AK 2 (hasil uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,59 > 2,02 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan(dk) 45 Ha: Diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 5