cover
Contact Name
Kushendar
Contact Email
Ushenefrans@gmail.com
Phone
+6285368834570
Journal Mail Official
ghaidan@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. KH. Zainal Abidin Fikri Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
ISSN : 26218283     EISSN : -     DOI : -
Ghaidan Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan is a double-blind peer-reviewed and open-access journal that contained articles related to guidance and counseling and published biannually (Juny and December) by the Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang and managed by the Study Program of Bimbingan dan Penyuluhan Islam Faculty of Dakwah dan Komunikasi. The scopes of Jurnal Bimbingan Konseling dan Kemasyarakatan are Islamic Guidance and Counseling, Counseling and society, issue of Society, Child and Adolescent Counseling, Adult and Elder Counseling, Family Counseling, School Counseling, Higher Education Counseling, Crisis and Risk Counseling, Occupational Counseling, Cyber Counseling, Educational Psychology, Counseling and Guidance, Rehabilitation Counseling, Technology usage in Counseling, Counseling and Guidance for Special Education, and Counselor Education.
Articles 37 Documents
TERAPI TASAWUF SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN STRESS, DEPRESI, DAN KECEMASAN Muslimin, Muslimin
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 1 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.097 KB)

Abstract

Salah satu bentuk stres yang dapat menimbulkan gangguan kejiwaan kecuali kecemasan (ansietas) adalah juga yang dinamakan depresi. Baik kecemasan maupun depresi kedua-duanya mempunyai gejala-gejala gangguan fungsi dari organ-organ tubuh yang dipersarafi oleh sistem saraf otonom (misalnya, pernafasan, peredaran darah, pencernaan, seksual, dan lain sebagainya). Gejala fisik maupun psikis (kecemasan dan depresi) seringkali tumpang tindih, tidak ada suatu batasan yang jelas, sehingga seseorang yang mengalami stres dapat diartikan bahwa orang itu memperlihatkan berbagai keluhan-keluhan fisik, kecemasan, dan juga depresi. Dalam mengatasi stres, depresi, dan kecemasan seyogyanya selain terapi holistik- para psikiater dapat menggunakan terapi keagamaan, dalam hal ini bisa juga dengan terapi tasawuf. Relevansi tasawuf secara seimbang memberikan kesejukan batin dan disiplin syariah sekaligus. Ia bisa dipahami sebagai pembentuk tingkah laku melalui pendekatan tasawuf suluky, dan bisa memuaskan dahaga intelektual  melalui pendekatan tasawuf falsafi. Ia bisa diamalkan oleh setiap muslim, dari lapisan sosial manapun dan tempat manapun. Secara fisik mereka menghadap satu arah, yaitu Ka?bah dan secara ruhaniah mereka berlomba-lomba menempuh jalan tarekat melewati ahwal dan maqam menuju kepada Tuhan yang satu Allah SWT.
ETIKA PROFESI DA’I MENURUT AL-QUR’AN Sihabuddin, M Amin
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 1 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.689 KB)

Abstract

Tulisan ini menggambarkan aturan prilaku bagi da?i menurut al-Qur?an dalam melaksanakan dakwah Islam. Berdasarkan hasil kajian dipahami bahwa etika da?i yang diatur dalam al-Qur?an dikelompokkan pada tiga kategori, yaitu etika bertutur kata. Da?i dalam berdakwah bil al lisan menurut norma al-Qur?an haruslah dengan bahasa yang jelas (baligh), tidak memberatkan audien, bahasa yang santun (qaulan layyinah), etika bahasa sesuai dengan forumnya, dan prinsip amar ma?ruf nahi munkar; (2) Etika perbuatan, adalah pengaturan dari norma al-Qur?an tentang perbuatan da?i yaitu untuk beramal sesuai dengan perkataan, berikap kasih sayang kepada khalayak, istiqamah, mewujudkan iman dengan amal  shaleh, beramal sesuai dengan syari?at Islam, meninggalkan larangan Allah dan melaksanakan perintah, tidak bersikap keras kepada khalayak dan memaksa, dan (3) etika dalam keteladanan, yaitu sebagai profil dari manifestasi nilai baik (mahmudah) menurut norma al-Qur?an bahwa keteladanan da?i, adalah jelmaan akhlak dari nilai al-Qur?an dengan penampilannya yang sopan, hubungan akrab dengan umat, menyebarkan wujud kasih sayang sebagai da?i dengan mad?u, dan berserah diri secara total terhadap nilai kebenaran al-Qur?an.
PEMIKIRAN SYEKH ABDUSSOMAD AL-PALIMBANI DALAM KITAB FAIDHAL IHSANI (TINJAUAN TERHADAP TUJUAN DAKWAH) Choiriyah, Choiriyah
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 1 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.998 KB)

Abstract

Abdussomad al-Palimbani lahir di Palembang tahun 1150 H / 1736 M. Pemikiran-pemikiran dari  tokoh tasawuf Sunni ini  sebagaimana yang ditulis salah seorang muridnya di dalam kitab Faidhal Ihsan, jika ditinjau dalam persfektif  dakwah bertujuan mengajak mad?u atau objek dakwah  memiliki akhlak yang terpuji, meliputi akhlak kepada Allah  dan akhlak kepada guru.  Selain itu Ulamak Nusantara yang banyak mengahasilkan karya tulis ini juga mengajak mad?u untuk mempelajari tasawuf dan memasuki tarekat Samaniyah.
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN ONLINE, MELALUI E-LEARNING Suryati, Suryati
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 1 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.637 KB)

Abstract

One of the impact of the recent development of information and communication technology (ICT), resulted the changes in the learning process such as the possibility the absence of teachers in the classroom. Most of learning process is no longer dependent on the teacher as the only source of learning, and can take place anytime and anywhere, as well as the learning process is no longer just a form of verbal communication between teachers and students. With the rapid development of ICT in education, with the Internet as an integral part in it, resulted many educational institutions including UT (Universitas Terbuka) which offers a web-based learning, or often referred to as online lectures or E-Learning. This type of learning like this of course requires good and optimum management, as well as modify some sort of things, to ensure so that the learning objectives can be achieved.
LANDASAN BIOLOGIS PADA BAHASA Muzaiyanah, Muzaiyanah
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 1 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.725 KB)

Abstract

Perkembangan bahasa manusia terkait erat dengan perkembangan biologinya. Pertumbuhan bahasa pada manusia mengikuti jadwal perkembangan genetiknya sehingga muncullah suatu unsure bahasa tidak dapat dipaksakan, Faktor yang sangat penting dalam penguasaan bahasa adalah factor neurologis, yakni kaitan antara otak manusia dengan bahasa. Struktur dan organisasi otak manusia untuk memberikan pelita terhaop masahlah pemerolehan, pemahaman, dan pemakaian bahasa.
KARAKTERISTIK KONSELOR DALAM KONSELING LINTAS BUDAYA Hendra, kus
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 2 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.266 KB)

Abstract

Konseling lintas budaya adalah hubungan konseling yang melibatkan koselor dan konseli yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, konselor perlu menyadari dan peka akan nilai-nilai yang berlaku secara umum. Konseling lintas budaya tentunya menuntut kedua belah pihak untuk memahami budaya dari keduanya. Untuk menjalankan konseling lintas budaya yang efektif seorang konselor mempunyai ciri atau karakteristik. Karakteristik  yang dimiliki konselor lintas budaya : mempunyai kesadaran budaya, paham karakteristik konseling seacra umum, menunjukan empati budaya dsb. Sebuah pembahasan dalam diskusi mengatakan bahwa salah satu foktor gagalnya proses konseling adalah persepsi yang dimilki oleh konselor tidak sama dengan persepsi yang dimiliki oleh konseli. Untuk itu seorang konselor harus mengembangkan kemampuan dalam konseling lintas budaya.
STRATEGI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT ANAK UNTUK MEMBACA AL-QUR’AN DI TK/TPA UNIT 134 AL-ITTIHAD DI KOMPLEK WAY HITAM PAKJO PALEMBANG Razzaq, Abdur
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 2 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (27.141 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat anak, dan strategi guru dalam mengajar, serta penggunaan strategi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat anak dalam membaca al-Qur?an. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. metode analisis data yaitu melalui empat tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian Minat membaca Al-Qur?an anak di TK/TPA unit 134 Al-Ittihad komplek Way Hitam Pakjo Palembang rata-rata minatnya cukup bagus dapat dilihat dari pengajaran guru serta motivasi dari orang tuanya, ada yang mewajibkan untuk menggulangi di rumah dan ada yang tidak ini di lihat dari sisi motivasi orang tuanya. Sedang dari gurunya dia hanya mengajari dan memberikan contoh kepada santri bagaimana cara mengaji yang benar, mengajari tajwid serta panjang pendek bacaan tersebut. Strategi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat anak untuk membaca al-Qur?an di TK/TPA unit 134 Al-Ittihad komplek Way Hitam Pakjo Palembang, dapat kita lihat dari guru dan orang tuanya. Disini guru dan orang tuanya bekerja sama dalam hal membimbing dan mengajari anak-anaknya di rumah, di TK/TPA guru mengajari dan mencontohkan bacaan al-Qur?an yang benar, sedangkan dirumah orang tua menyuruh untuk mengulangi membaca al-Qur?an yang telah di ajarkan oleh gurunya.
PENDEKATAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEREDUKSI KECEMASAN PADA KLIEN “R” AKIBAT LILITAN HUTANG RENTENIR : CASE STUDY DESIGN Muttaqien, Shodiq; Murdiyati, Eni
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 2 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.484 KB)

Abstract

Kecemasan yang dialami ketika seseorang sedang memiliki hutang, apalagi hutang tersebut sudah jatuh tempo yang harus segera dibayar, sudah menjadi hal yang wajar. Namun ketika kecemasan yang dialami mencapai level yang tinggi dapat menjadi fatal apabila tidak ada upaya untuk mereduksinya. Penelitian ini bertujuan untuk membantu klien mengurangi beban masalah melalui bimbingan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi kepada subjek dan menggunakan metode analisis data dengan penjodohan pola, eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa penedekatan bimbingan keagamaan dapat mereduksi kecemasan yang dialami oleh klien R. 
PENDEKATAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK ACTING AS IF DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA YANG MENGALAMI OBESITAS : CASE STUDY DESIGN Yuliandari, Citra Selvia; HM, Musrin
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 2 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.016 KB)

Abstract

Obesitas atau yang biasa dikenal sebagai kegemukan merupakan suatu masalah yang cukup dikhawatirkan oleh remaja. Remaja yang mengalami obesitas merasa tidak mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan mereka, seperti yang dialami klien A. Hal yang terjadi berdampak pada kesehatan dan psikologi remaja serta menyebabkan penurunan rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya obesitas pada klien A, bagaimana tingkat kepercayaan diri klien A, dan bagaimana pendekatan psikologi individual dengan teknik Acting As If dalam meningkatkan kepercayaan diri klien A. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun subjek penelitian ini yaitu klien A yang berumur 16 tahun yang mengalami penurunan rasa percaya diri karena obesitas. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Penjodohan Pola, Eksplanasi, dan Analisis Deret Waktu. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa klien A mengalami obesitas karena pola makannya yang tidak sehat dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Dampak dari hal tersebut klien A mengalami penurunan kepercayaan yang ada didalam dirinya ketika hendak berinteraksi di lingkungan sosial.
PERAN KEGIATAN REKREATIF DALAM PEMULIHAN KECEMASAN DIRI PARA PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI PANTI SOSIAL BINA DAKSA BUDI PERKASA KM 5 PALEMBANG : CASE STUDY DESIGN Purnamasari, Utty; C.S, Aminullah
Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan Vol 1 No 2 (2017): Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.748 KB)

Abstract

Riwayat disabilitas tubuh siswa berbeda-beda salah satunya mereka ada yang mengalami disabilitas tubuh karena kecelakaan. Selain trauma para siswa juga akan mengalami masalah dalam berinteraksi di lingkungan, seperti menghindari pergaulan luar dikarenakan malu, minder, tidak percaya diri, pesimis Hal tersebut merupakan salah satu faktor kecemasan para siswa, kecemasaan yang tinggi dan terus-menerus berdampak pada kesejahteraan kehidupan mereka. Salah satu faktor pendukung mengurangi bahkan menghilangkan kecemasan terus-menerus adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan yang disebut sebagai kegiatan rekreatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu pengamatan langsung dari lapangan, wawancara terbuka dan secara mendalam dengan mengajukan pertanyaan kepada pihak pengelola panti dan para siswa yang mengalami disabilitas fisik karena kecelakaan serta dokumentasi untuk melihat arsip-arsip data penting mengenai penelitian yang penulis lakukan. Tingkat kecemasan para siswa penyandang disabilitas fisik jika dibandingkan dengan riwayat kecacatannya, jika siswa yang mengalami disabilitas fisik dari sejak bayi/balita memiliki tingkat kecemasan yang tidak terlalu besar sedangkan siswa yang mengalami disabilitas fisik karena kecelakaan memiliki tingkat kecemasan yang lebih besar karena sebagian dari para siswa mengalami trauma. Adapun kegiatan-kegiatan rekreatif yang ada di Panti seperti : bermusik, olahraga, dinamika kelompok dan jalan-jalan. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang menyenangkan yang memiliki tujuan penting untuk pemulihan kecemasan para siswa di Panti

Page 1 of 4 | Total Record : 37