cover
Contact Name
Sandi
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
tarbiyatuwatalim@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27159507     EISSN : 27159337     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Tarbiyatu wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics of Education; Educational Philosophy; and History of Islamic Education.
Articles 5 Documents
Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi Ridwan Fauzi, Muhammad
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 01 (2019): Nilai-Nilai Keislaman, Pembelajaran Agama dan Bahasa
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab menempati posisi signifikan, lebih-lebih pada era komunikasi global seperti sekarang. Metode langsung menjadi pilihan metode pembelajaran di Pondok Pesantren Syamsul ?Ulum. Tujuan Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui implementasi metode langsung dalam Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ?Ulum Sukabumi. Penelitian menggunankan pedekatan kualitatif. Subjeknya adalah para santi Pondok Pesantren Syamsul ?Ulum Sukabumi. Penelitian menemukan bahwa penerapan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ?Ulum Sukabumi mulai tahun 1996 yang dirintis oleh Ust.H.Iskandar, S.Ag., M.Si, masalah pelaksanaan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa dari aspek guru, santri dan media. Dalam hal ini perlu penekanan semangat pengajar, disiplin santri dan intensitas penggunaan media pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan supaya ditingkatkan pembinaan terhadap penggerak bahasa, penambahan waktu pembelajaran Bahasa Arab, dan disiplin berbahasa yang baik. Kata kunci: Metode Langsung, Pembelajaran Bahasa Arab, Pondok Pesantren
Peranan Tenaga Pendidik Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Abdul Kudus , Hilyas Hibatullah
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 01 (2019): Nilai-Nilai Keislaman, Pembelajaran Agama dan Bahasa
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tenaga pendidik bertanggung jawab atas prestasi belajar peserta didik, sehingga kemampuan tenaga pendidik sangat diperlukan dalam rangka menjalankan peranannya. Namun berdasarkan studi pendahuluan peran tenaga pendidik masih belum maksimal dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, hal tersebut di tandai dengan perolehan nilai yang rendah. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan referensi untuk memaksimalkan peran tenaga pendidik dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Kajian menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya di antaranya buku tentang tenaga pendidik dan perannya dalam proses pembelajaran. Selain itu, data penelitian ditunjang dengan hasil wawancara dengan narasumber di antaranya tenaga pendidik yang mengajar di sebuah sekolah. Selanjutnya data penelitian dipilih, dicari, disajikan dan dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian bahwa prestasi belajar peserta didik Menjadi salah satu indikasi keberhasilan Tenaga Pendidik, peranan tenaga pendidik dalam hal ini di antaranya yaitu sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator dan informan. Melalui penelitian ini tenaga pendidik dapat memaksimalkan peranannya dalam meningkatkan capaian prestasi belajar peserta didik.
Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Najmudin, Dudun
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 01 (2019): Nilai-Nilai Keislaman, Pembelajaran Agama dan Bahasa
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak belum memberikan dampak yang signifikan, oleh karenanya diperlukan penerapan model pembelajaran yang baru dan mampu memberikan sumbangsih terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model role playing dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.. Berdasarkan filosofi Pendidikan, penerapan model role playing harus bersifat outentik, inovatif dan inspiratif. Melalui penerapan model role playing peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan observasi, angket, tes, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan yaitu uji statistik. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan model pembelejaran role playing pada pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik diperoleh rata-ratanya secara keseluruhan yaitu 4.68, angka ini menunjukkan kualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing sangat tepat untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.
Pengaruh Pemerolehan Bahasa Kedua dan Motivasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Peseta Didik Laelah, Nuur Alfi
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 01 (2019): Nilai-Nilai Keislaman, Pembelajaran Agama dan Bahasa
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerolehan bahasa kedua dan motivasi membaca memiliki peranan penting untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun bahasa kedua yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh yang diberikan dari pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua dan motivasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pelajar suku Sunda di Sukabumi. Sampel keseluruhan sebanyak 198 siswa. Pengambilan sampel dilakukan mengunakan nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen pemerolehan bahasa kedua yang diadaptasi dari LEAP-Q, instrumen motivasi membaca yang diadaptasi dari instrument baku MRQ (Motivation of Reading Questionnire), serta instrumen prestasi belajar Bahasa Indonesia yang diambil dari nilai UAS siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari pemerolehan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua dan motivasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada pelajar suku Sunda di Sukabumi. Adapun, hasil dari koefisien regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua.
Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Siswa Ismatullah, Nur Hasanah
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 01 (2019): Nilai-Nilai Keislaman, Pembelajaran Agama dan Bahasa
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan adalah proses merubah sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses dan perbuatan dengan cara mendidik. Namun kenyataan yang terjadi saat ini adalah penanaman nilai-nilai keagaamaan yang terjadi di sekolah kurang berhasil. Maka dari itu penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai keislaman melalui metode pembiasaan sebagai upaya lebih lanjut mengenai internalisasi nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Yaspi Syamsul ?Ulum Sukabumi. Subyek penelitian adalah guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter akhlakul karimah siswa di SMK Yaspi Syamsul ?Ulum berjalan dengan tertib dan teratur, karena para peserta didik cukup aktif dan antusias dalam melaksanakannya. Untuk mencapai hasil yang lebih baik diperlukan strategi yang mendukung, di antaranya melalui metode pemberian suri tauladan (keteladanan), ceramah keagamaan, nasehat dan hukuman yang harus dijalankan secara terus-menerus dan disesuaikan dengan nilai-nilai yang hendak disampaikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5