cover
Contact Name
Muhammad Andi Septiadi
Contact Email
Septiadi.andi90@uinsgd.ac.id
Phone
+6282176562270
Journal Mail Official
KPendidikan@uinsgd.ac.id
Editorial Address
1th Floor, Building of Program Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Jl. Cimencrang, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Khazanah Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 2715968X     DOI : -
Core Subject : Education,
Khasanah Pendidikan Islam e-ISSN: 2715-968X is open access and peer-reviewed journal of Islamic Studies published by the Program Sarjana UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. The journal is published Four time a year (April, Agustus and Desember ) in both print and online versions and provides a forum for publishing the original research articles and review articles related to issues in the area of Islamic Studies such as Qur’an and Hadits Studies, Religious Studies, Islamic Philosophy, and Islamic Spirituality (Sufism) from scholars of related disciplines. All papers submitted to the journal should be written in good Bahasa Indonesia, English, Arabic, or Malay, and must be submitted online.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Leadership 4h Bahtiar S, Ade E.
Khazanah Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2019): Khazanah Pendidikan Islam
Publisher : Khazanah Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (953.6 KB)

Abstract

pengelolaan pendidikan yang menggunakan sebuah pendekatan yang disebut Leadership 4H. Dengan mengadaptasikan pendekatan tersebut, beberapa fakta menunjukkan adanya perkembangan yang baik dalam pendidikan karakter siswa, namun disisi lain banyak masalah-masalah timbul dalam ketiga aspek tersebut di atas yang menjadi fokus penting dalam manajemen pendidikan sehingga menjadi perhatian dalam penelitian ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara keseluruhan mengenai kegiatan nyata dari pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di sekolah dasar, yakni meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, serta hasil yang sudah dicapai dari implementasi pendidikan karakter berbasis pendekatan Leadership 4H di SD Cendekia Leadership School. Dalam penelitian ini dilakukan metode kualitatif dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi serta pemeriksaan ulang untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Adapun temuan-temuan yang diperoleh selama penelitian adalah meliputi gambaran umum bahwa SD Cendekia Leadership School sudah melaksanakan manajemen pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi secara sistematis berdasarkan kaidah manajemen yang memadai. Pendekatan Leadership 4H merupakan salah satu pendekatan yang dapat diandalkan untuk diaplikasikan dalam pendidikan karakter di sekolah dasar meski memerlukan sumber daya dan sarana yang memadai. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar adalah masa yang tepat serta menjadi keharusan bagi dunia pendidikan untuk mengelolanya dengan benar.
Implementasi Program Pengembangan Karakter Islami Melalui Program Tahfidz Paridi, Ahmad
Khazanah Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2019): Khazanah Pendidikan Islam
Publisher : Khazanah Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1027.948 KB)

Abstract

Artikel ini untuk mengetahui kontruksi nilai-nilai karakter islami, proses pengembangan karakter islami, bentuk evaluasi dalam pengembangan karakter islami, capaian keberhasilan pengembangan karakter islami, faktor yang mempengaruhi program pengembangan karakter islami yang melalui tahfizh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa kontuksi nilai-nilai pengembangan karakter islami merupakan penyampaian sosialisasi pengembangan karakter, pembudayaan karakter dan internalisasi nilai-nilai karakter islami melaui program tahfidz, Proses pengembangan karakter islami yang dilakukan melalui program tahfizh diawali dengan do?a dan diakhiri dengan do?a pula dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang ada di SDIT Tahfizh Qur?an Al-Jabar, Evaluasi untuk seluruh siswa akan di tes oleh wali kelas dan guru selalu mengecek dan mengetes seluruh siswa yang telah menghafal Al-Qur?an, Capaian yang menjadi fokus utama adalah terlihat pada prilaku siswa yang berkaitan dengan mencintai Allah, mencintai rasulullah, pekerja keras, berprilaku jujur, memiliki sifat rendah hati, dan bertanggung jawab dan Faktor yang mempengaruhi program pengembangan karakter islami Di SDIT Tahfizh Qur?an Al-Jabar melalui program tahfidz adalah faktor kesehatan, aspek psikologis, faktor kecerdasan, faktor motivasi, faktor usia, dan faktor keluarga.
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Suroya, A.Eri Iman
Khazanah Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2019): Khazanah Pendidikan Islam
Publisher : Khazanah Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.184 KB)

Abstract

Keberhasilan SMK Bandung Timur dan SMK Bakti Nusantara 666 dalam usaha mencapai SMK unggulan ditunjang oleh visi-misi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola dan mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Kegiatan pembinaan guru dalam bentuk In-House Training dan workshop merupakan program aktualisasi pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMK Bandung Timur dan SMK Bakti Nusantara 666, hal tersebut disebabkan lemahnya produktifitas dan efektifitas tenaga pendidik terhadap proses pebelajaran. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan, wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa; Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di SMK Bandung Timur  dan SMK Bakti Nusantara 666 secara teknis maupun proses pelaksanaannya memiliki ragam cara masing-masing, Perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru mencakup; a) Formulasi rumusan dan tujuan pengembangan, b) strategi/langkahlangkah pengembangan, c) formulasi program pengembangan, d) penentuan waktu dan tempat, e) rencana anggaran, Pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik adalah kegiatan In-House Training, dan Workshop pengembangan kurikulum KTSP, dilaksanakan oleh sekolah, Evaluasi pengembangan dilakukan dengan; Supervisi (kunjungan kelas), Kegiatan rapat sekolah, Monitoring guru (CCTV). 5) faktor penunjang mencakup Perubahan Kurikulum,Persaingan dunia pendidikan, Kebutuhan masyarakat, Alokasi dana subsidi, dan Kegiatan akreditasi sekolah. Faktor penghambat mencakup anggaran dana terbatas, fasilitas yang kurang, dan keterbatasan waktu
Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an Rizalludin, Azis
Khazanah Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2019): Khazanah Pendidikan Islam
Publisher : Khazanah Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.135 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tingkat keterampilan siswa dalam membaca al-Qur?an di SDIT Khaira Ummah Tanjungsari yang belum memenuhi indikator  pencapaian yang telah ditetapkan. Hal ini didasari atas pengamatan di lapangan yang peneliti lakukan di kelas III SDIT Khaira Ummah Tanjungsari tahun pelajaran 2016/2017. Terdapat sebanyak 10 siswa (40%) pada kategori tidak lancar membaca al-Qur?an (terbata-bata) dan 8 siswa (32%) berada pada kategori kurang lancar dalam membaca al-Qur?an dari total 25 siswa di kelas 3 SDIT Khaira Ummah Tanjungsari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur?an (Penelitian di Kelas III SDIT Khaira Ummah Tanjungsari). Yaitu menggambarkan desain pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur?an dengan menggunakan metode talaqqi, menggambarkan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur?an dengan menggunakan metode talaqqi di kelas 3 SDIT Khaira Ummah Tanjungsari. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview atau wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Desain pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur?an dengan menggunakan metode talaqqi di SDIT Khaira Ummah Tanjungsari mencakup desain pengaturan guru, pengaturan siswa, pengaturan waktu dan tempat belajar serta desain materi ajar tahsin dan tahfiz al-Qur?an, Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur?an dengan menggunakan metode talaqqi.
Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Menggunakan Metode Tamyiz Farhan, Farhan
Khazanah Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2019): Khazanah Pendidikan Islam
Publisher : Khazanah Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1070.628 KB)

Abstract

Pembelajaran kitab kuning dianggap sulit oleh para santri di pondok pesantren. Terdapat fenomena, metode Tamyiz efektif untuk mengatasi kesulitan membaca kitab kuning. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Tamyiz menjadi kunci strategis bagi santri agar bisa langsung membaca, menguraikan struktur kata sekaligus menerjemahkan kitab kuning. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan perencanaan pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz, pengorganisasian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz,penilaian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz, konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini mendeskripsikan secara komprehensif, holistic, dan integratif secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz menentukan tujuan pembelajaran, langkah-langkah yang digunakan, dan bahan ajar yang dikembangkan sudah baik, pengorganisasian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam dilandasi dengan prinsip mengajar fun and active teching sehingga hasil pembelajaran lebih optimal. Namun, beberapa aspek perlu lebih diperhatikan, penilaian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam, santri merupakan objek penilaian utama. Penilaian menggunakan instrument penilaian kemampuan belajar (Pre Test dan Post Test), motivasi belajar, kebiasaan belajar, perhatian belajar, dan penilaian formatif dan sumatif seluruhnya sudah baik, konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam mengintegrasikan pembelajaran dengan teori para ahli pendidikan sehingga perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, dan penilaian pembelajaran secara efektif dan efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 5