cover
Contact Name
Andi Patta Yusuf
Contact Email
pattayusuf@unmus.ac.id
Phone
+6281248131455
Journal Mail Official
mjpafisip@unmus.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musamus, Jl. Kamizaun Mopah Lama Merauke 99600
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Public Administration
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26226499     EISSN : 2622917X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Focus and Scope Musamus Journal of public administration (MJPA e-ISSN 2622-917X, p-ISSN 2622-6499) is a peer-reviewed journal published by the Department of administration, Faculty of political science, University of Musamus, Merauke, Papua, Indonesia. MJPA is published twice a year (October and April) is available in print or electronic versions. Therefore, we welcome the sending of articel in the United Kingdom or Indonesia language. the focus of the study: Public Policy; Public Management; Financial State; Development Administration; Local Autonomy; Executive- Legislative Relations; Public Administration Ethics; Public Administation; Public Service; Manegement Human Resources in Public Sector; Good Governance dan Local Governance; Leadership Public Sector.
Articles 20 Documents
Women's Participation In Administration Processes In Education And Culture Sultan, Sultan; Fitriani, Fitriani
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the participation of women in the administrative process at the Office of Education and Culture in Merauke Regency. Researchers use a qualitative approach. while the data analysis technique, the authors used three stages: Condensation of data, presentation of data, and drawing conclusions from the results of this study the authors found that women's participation in the administration process went well, but there were still flaws and found other factors namely education, insight intellectual, and responsibility, Based on the results of the study showed that the factors of Coverage, Equality and partnership, Transparency, Equality and authority, Equality of responsibility and empowerment. Women's Participation in the Administration Process in the Office of Education and Culture in Merauke Regency which can be seen from these indicators has been going well the above has been going well, but in the process there are still some shortcomings, and obstacles in doing work that is still and obstacles in doing employment, namely that there are still many women who do not yet have adequate quality in carrying out and carrying out work, but these problems can be minimized to carry out the process of women's participation in administration at the Merauke Regency Education and Culture Office.
Good Governance Dalam Pemerintahan Moento, Paul Adryani; Firman, Firman; Yusuf, Andi Patta
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan pemerintahan yang baik dalam penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance belum terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Di Kantor Distrik Merauke Kabupaten Merauke. Data analisis menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik analisa data, penulis menggunakan tiga tahap : Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance di Kantor Distrik Merauke Kabupaten Merauke sudah optimal yang di lihat dari beberapa aspek yaitu akuntabilitas, transparansi, partisipasi, supremasi hukum. Dari segi akuntabilitas menunjukkan bahwa para pegawai Kantor Distrik Merauke sangat mempertanggungjawabkan semua hasil kerjanya. Dari aspek transparansi menunjukkan bahwa Kantor Distrik Merauke dalam hal memberikan informasi sangat terbuka karena masyarakat yang sedang mengurus surat-surat administrasi atau KTP yang belum mengetahui syarat-syarat pengurusan pegawai Kantor Distrik Merauke langsung memberitahukan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Dari aspek partisipasi masyarakat sangat antusias dalam ikut berpartisipasi dalam penerapan good governance. Penegakan hukum yang berlaku di Kantor Distrik Merauke yakni berupa teguran-teguran yang langsung diberikan oleh Kepala Distrik. Jika pegawai yang menyalahi aturan tersebut tidak bisa di tangani langsung di serahkan kepada Sekertaris Daerah untuk ditindak lanjuti.
Kapitalisasi Agama Menuju Pasar, Komodifikasi Dan Komersialisasi “Agama” Adam, AF
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pasar produk halal dan Syariah yang banyak menembus telah mengalami badai besar di pasar yang mempengaruhi pergeseran pemasaran produk. Tujuan kajian ini untuk melihat apakah yang dimaksud oleh Greg Fealy sebagai komodifikasi agama benar-benar menjadi fenomena konsumsi yang mendukung penyebaran dan memudahkan hidup sebagai seorang muslim dalam pergeseran produk halal dan syariah terhadap ekonomi pasar global. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup konsumerisasi mencerminkan dan mengintersepsi sistem kapitalism yang dipandang sebagai sesuatu yang dulunya berbeda satu sama lain tetapi sekarang memiliki cadangan dan mengembangkan sistem satu sama lain untuk akumulasi modal pasar. Pembeli muslim mengidentifikasi produk untuk mencari iman dan pengakuan itu, sementara produk menggunakan simbol islam dan mengatakan untuk mendapatkan keuntungan.
Fungsi Pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Dalam Melestarikan Sumber Daya Alam Saragih, Dapot Pardamean; Yusuf, Andi Patta; Adam, Aenal Fuad
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengawasan proses melestarikan Sumber Daya Alam menemui beberapa persoalan yang terjadi di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Fungsi Pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam Melestarikan Sumber Daya Alam Di Kabupaten Merauke. Data analisis menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik analisa data, penulis menggunakan tiga tahap : Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fungsi Pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Dalam Melestarikan Sumber Daya Alam Di Kabupaten Merauke sudah optimal yang dilihat dari segi waktu pengawasan yang dilakukan yaitu: 1) Pengawasan Preventif yang menunjukkan bahwa para pegawai Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Merauke sangat mempertanggungjawabkan semua hasil kerjanya; 2) Pengawasan Berkala yang menunjukkan bahwa Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Merauke dalam hal memberikan pengawasan secara berkala sudah berjalan dengan baik; 3) Pengawasan Mendadak sudah dilakukan BKSDA guna memperbaiki penyimpangan-penyimpangan yang ada; 4) Pengawasan Melekat sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tupoksi yang ada di BKSDA, dan 5) Pengawasan Saat Proses Dilakukan sudah sangat sering dilakukan oleh atasan kepada bawahanya guna melihat apa saja yang perlu diperbaiki dan ditutupi. Penegakan hukum yang berlaku di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Merauke yakni berupa teguran-teguran yang langsung diberikan oleh Kepala BKSDA dan diberlakukanya aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam tupoksi BKSDA.
Implementasi Kebijakan Program Keluarga Berencana Dalam Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk Pradana, RBA
Musamus Journal of Public Administration Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi Program Keluarga Berencana Dalam Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk. Tujuan dari penelitan ini adalah Untuk mengetahui bagaimana implementasi program Keluarga Berencana dalam menekan laju tingkat pertumbuhan penduduk dalam megatasi jarak angka kelahiran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Lokasi penelitian di Kampung Urumb Distrik Semangga Kabupaten Merauke, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan informan dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi program keluarga berencana dalam menekan tingkat pertumbuhan penduduk belum maksimal diterapkan. Hal ini terlihat sejak diberlakukan program tersebut masih banyak masyarakat khususnya ibu-ibu yang realif muda yakni ada 18-19 yang melahirkan anak karena menikah usia muda yang seharusnya usia kelahiran bagi seorang ibu yakni 20 sampai 30 tahun dan juga jarak kelahiran anak yang terjadi rata-rata 2 tahun lebih pada hal secara ideal dengan adanya program ini menghendaki jarak kelahiran anak paling minimal 3 tahun. Disisi lain jumlah anak dari masing-masing ibu melebihi apa yang diharapkan dalam program ini yakni 2 orang anak saja, namun yang terjadi jumlah anak yakni 4 sampai 5 orang anak. Hal ini disebabkan minimnya sosialisasi dari instansi terkait untuk menekan laju pertumbuhan penduduk sehingga mengakibatkan pengetahuan masyarakat akan keluarga berancana sangat kurang.
Pengaruh Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Badan Pusat Statistik Rahayaan, Nurmila; Tjilen, Alexander Phuk; Tambajong, Hesty
Musamus Journal of Public Administration Vol 2 No 01 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Stres kerja adalah masalah yang saat ini menjadi perbincangan dan posisinya sangat penting karena berkaitan dengan produktivitas kerja. Maju mundurnya organisasi sangat bergantung pada naik turunnya produktivitas kerja pegawainya. Untuk itu pengaruh dari keduanya menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh stres kerja terhadap produktivitas kerja pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Merauke. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan teknik penentuan sampel yaitu total sampling. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan bersifat positif antara stres kerja terhadap produktivitas kerja pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Merauke. Dari analisis korelasi yang dilakukan, diketahui kekuatan pengaruh antar kedua variabel berada pada kategori sedang (0,407) dengan sumbangan pengaruh variabel stres kerja terhadap variabel produktivitas kerja sebesar 16,6%. Sisanya (83,4%), produktivitas kerja pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Merauke dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Stres kerja yang dialami pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Merauke berada pada kategori rendah dengan produktivitas kerja yang dihasilkan tinggi. Hal tersebut dikarenakan pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Merauke mampu melakukan pengendalian diri terhadap stres yang dialami, memiliki motivasi kerja dan loyalitas yang tinggi serta telah membiasakan diri bekerja dengan tuntutan pekerjaan yang demikian.
Motivasi Dalam Komunikasi Persuasif Untuk Meningkatkan Kinerja Bunda pengharapan Hospital Suradinata, Poetri E; Laode, Imelda C; Serano, Vinsenco R; Betaubun, Apolus; Hairulla, Hairulla
Musamus Journal of Public Administration Vol 2 No 01 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui penyediaan motivasi dalam komunikasi persuasif dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan Bunda pengharapan Hospital di Kabupaten Merauke, dalam penelitian peneliti ini mewawancarai 10 orang sebagai riset Informan. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif sementara studi ini menggunakan tiga tahap, yaitu presentasi data, pengurangian data dan kesimpulan. Dari hasil kajian ini, para peneliti menemukan bahwa ada motivasi kerja yang dilakukan pemimpin terhadap karyawan rumah sakit Bunda Pengharapan sehingga hasil kinerja karyawan cukup baik untuk melaksanakan tugas kerja setiap harinya. Namun, dalam indikator motivasi, itu tidak perlu untuk mempertahankan lebih banyak dukungan atau apresiasi untuk kinerja kerja karyawan sehingga lebih mendorong karyawan untuk lebih meningkatkan atau mempertahankan kinerja kerja mereka di rumah sakit.
Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Upaya Pelestarian Tarian Adat Suku-Suku Wuniyu, Fransiskus; Betaubun, Welem Levi
Musamus Journal of Public Administration Vol 2 No 01 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Program pemerintah yang telah dicanangkan yaitu dengan mengirim peserta Pesparawi dan Festifal Seni Kreasi Papua yang selalu dilaksanakan setiap tahun di provinsi Papua. Namun dengan di programkannya dua kegiatan besar ini, belum mampu melestarikan budaya suku-suku ini yang kian hari semakin hilang dengan masuknya budaya moderen.Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Upaya Pelestarian Tarian  Adat Suku-Suku Di Wilayah Kabupaten Mappi. metode menggunakan kualitatif.Hasil penelitian menunjukan peran dinas Kebudayaan dan Pariwisata sejau ini belum pernah melibatkan kelompok masyarakat, kelompok sanggar, LMA dan pemerhati budaya dalam keikutsertaan memberikan saran guna pengembangan tarian adat (seni dan budaya Mappi). Peran dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam melestarikan  tarian adat, banyak program yang direncakanakan, namun hanya beberapa yang dilaksanakan. Program-program yang belum dilaksanakan yaitu dikarenakan kurangnya biaya/anggaran dan waktu pelaksanaan. Untuk proses preservasi, restorasi dan revitalisasi peran dari Kebudayaan dan Pariwisata dengan LMA, mayarakat, kelompok sanggar dan elemen-elemen lainnya yang peduli terhadap tarian adat  suku-suku asli ini belum perna terjadi atau terjalin.
Fungsi Pengendalian Kepala Daerah Dalam Pelaksanaan Program Bangsaku Suradinata, Poetri E; Betaubun, Apolus; Wuniyu, Fransiskus
Musamus Journal of Public Administration Vol 2 No 01 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Dalam sebuah organisasi fungsi pengawasan sangat diperlukan, dengan pengawasan yang baik dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan organisasi berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pengawasan akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi organisasi dalam menangani penyimpangan yang telah terjadi, karena jika penyimpangan dapat dicegah, maka kerugian besar dapat dihindari sehingga tujuan organisasi akan dicapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang akan menjelaskan bagaimana fungsi pengawas kepala daerah dalam pelaksanaan program bangsaku di Kabupaten Merauke. Hasil kajian ini adalah bahwa fungsi pengawasan kepala daerah dalam pelaksanaan program komunitas saya di desa, telah berjalan secara optimal ini akan berdampak pada pelaksanaan pembangunan dan hasil pembangunan... yang kurang baik dirasakan oleh masyarakat, bantuan dari My Bangs dana dapat mencapai tangan mereka, dan mereka juga terlibat dalam pelaksanaan sehingga tidak ada kecurigaan atau penipuan yang dihadapi oleh penduduk desa. Fungsi kontrol yang dilakukan oleh kepala daerah, sering turun langsung ke lapangan dan berpartisipasi dalam memeriksa apa yang dilakukan oleh masyarakat yang berkaitan dengan penggunaan dana bangsa saya dan setiap dana yang diterima oleh masyarakat, dari pendapatan, pengeluaran untuk proses pelaporan penggunaan dana yang digunakan oleh masyarakat.   
Peran Balai Taman Nasional Wasur Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat lokal Kampung Wasur Moento, Paul Adryani; Unawekla, Nikolaus
Musamus Journal of Public Administration Vol 2 No 01 (2019): Musamus Journal of Public Administration
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Tingkat kesejahteraan penduduk di Kampung Wasur masih sangat rendah dan sebagian besar masih bertahan hidup dengan mengambil hasil hutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran Balai Taman Nasional Wasur dalam meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Metode dimana peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari studi perpustakaan dan studi lapangan melalui pengamatan, wawancara. Proses analisis data meliputi pengurangan data, penyajian data, dan kesimpulan dari Pemberdayaan yang dilakukan balai taman nasional wasur adalah penyuluhan kepada masyarakat setempat dalam rangka program pemberdayaan Kampung Wasur setempat. Dalam pemberdayaan tersebut, Balai Taman Nasional Wasur berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melihat perkembangan data masyarakat setempat. Bukti nyata Balai Taman Nasional Wasur pedesaan (SPKP). Pendirian Pusat Konseling Kehutanan pedesaan (SPKP) di desa Wasur, dilaksanakan setelah pelaksanaan pendidikan dan pelatihan studi desa dalam partisipatif. Selain itu, Balai Tanaman National Wasur melakukan pembangunan. Konstruksi adalah konstruksi industri kecil penyulingan minyak kayu putih, pembuatan ikan asin, tanaman obat, dan budidaya tanaman komersial. Kemudian masyarakat dalam memberikan pembinaan melalui sosialisasi dengan memberikan ilmu tentang pelestarian hutan dan perlindungan serta menjaga potensi daerah Taman Nasional Wasur. Kemudian Balai Tanaman Nasional Wasur melakukan pengawasan. Pengawasan yang dilakukan oleh Balai Tanaman Nasional Wasur adalah pemantauan terhadap perburuan banyak satwa dilindungi yang terletak di area Balai Tanaman Nasional Wasur. Dalam program Balai Taman Nasioanal Wasur adalah Monitoring dan evaluasi habitat dan populasi. Balai Taman Nasioanal Wasur melakukan patroli reguler, mencegah pemburu liar dari dalam Balai Taman Nasioanal Wasur. Kemudian patroli juga dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20