cover
Contact Name
Soenandar Tengker
Contact Email
-
Phone
+6285256544641
Journal Mail Official
oxygeniusjournal@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Kimia, Kampus Unima di Tondano, Minahasa
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Oxygenius Journal Of Chemistry Education
ISSN : -     EISSN : 26864649     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by other journals. The focus and scope of this journal are as follows: 1. Development of Chemical Material Learning Methods 2. Development of Chemistry Material Learning Media 3. Development of Chemical Material Teaching Materials 4. Blended Learning Chemistry 5. Chemical E-Learning
Articles 26 Documents
Pengaruh Metode Problem Based Learning Pada Materi Redoks Di Kelas X SMA Negeri 1 Wori Mongi, Regina; Rampe, Meytij J; Palilingan, Septiany Ch
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.367 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam menggunakan metode Problem Based Learning dengan metode ceramah. Selama kurang lebih 1 bulan di terapkan metode yang berbeda dalam 2 kelas yaitu kelas Problem Based Learning dan kelas Ceramah dengan jumlah siswa masing-masing 25 siswa, maka untuk melihat hasil belajar dilakukan uji post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung = 2,92 > t tabel 2,010, sehingga kesimpulannya Ha diterima dan H0 ditolak itu berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning dengan yang menggunakan metode ceramah pada materi redoks.
Pembelajaran Kooperatif Tipe Game Tournament Pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kotamobagu Mamangkai, Eka Putra; Rampe, Meytij; Kumajas, Jenny
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.717 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of guided inquiry-based Group The purpose of this study was to determine the effect of Team Games Tournament Cooperative learning on class X chemical bonding material at Kotamobagu 1 Public High School. This study used the experimental method and obtained samples, namely class X IPA A as the experimental class and class X IPA B as the control class. The process of collecting data by giving a test to students at the end of learning. The results showed that the average experimental class learning outcomes were higher than the control class. Based on the data analyzed using the t-test to test the research hypothesis and obtained tcount 8.95> t table 2,059, so that it can be concluded that there is a significant influence on the use of Team Games Tournament Type cooperative learning methods on learning outcomes in chemical bonding material.
Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi struktur atom di SMA katolik santa rosa de lima tondano Durant, Chrisly; Pongoh, Emma Juline; Lumingkewas, Sonny
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 1 (2019): Oxygenius Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.962 KB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learningadalah model pembelajaran berbasis masalah yang menghadapkan siswa pada permasalahan praktis untuk dipecahkan yang menitik beratkan kepadahasil akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning pada materi struktur atom lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Katolik Santa Rosa de Lima Tondano. Sampel penelitian ini adalah kelas XA dan kelas XB SMA Katolik Santa Rosa de Lima Tondano dengan jumlah siswa 30 orang, untuk kelas eksperimen 15 orang dan kelas kontrol 15 orang, pada semester genap tahun ajaran 2018/2019.Pengujian hipotesis menggunakan  uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai  (4,21) >  (1,701) pada taraf nyata ? = 0,05. Sehingga  ditolak dan  diterima. dimana diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 82,66 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol 71,33. Maka kesimpulannya terdapat pengaruh yang positif dari pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learningpada materi struktur atom terhadap hasil belajar siswa di SMA Katolik Santa Rosa de Lima Tondano.
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Langowan Repi, Elra Vira; Suriani, Ni Wayan; Waworuntu, Freetje
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.814 KB)

Abstract

Banyaknya teori, rumus, dan unsur yang harus dihafal membuat mata pelajaran kimia dianggap rumit apalagi jika tidak disertai dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat, hal tersebut tentu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa Kelas XI SMA N 2 Langowan dengan menggunakan variabel bebas (Learning Cycle 7E) dan variabel terikat (hasil belajar). Sampel penelitian yaitu siswa Kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMA N 2 Langowan, sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen Design dengan desain penelitian Posttest-only Control Group Design. Pengujian instrumen penelitian (post test) terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa sampel tersebut homogen dan berdistribusi normal, data uji-t pada taraf nyata ( ) = 0,05 diperoleh thitung = 9,489 dan ttabel = 2,042. Oleh karena thitung > ttabel maka tolak H0 dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa Kelas XI SMA N 2 Langowan dengan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 80,00 dan kelas kontrol 35,59.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Airmadidi Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Mahmud, Ilham; Lumingkewas, Sonny; Caroles, Joice
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.971 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan posttest only control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan diperoleh dua kelas dengan jumlah masing-masing kelas 33 siswa. Kelas eksperimen XII IPA 3 dan kelas kontrol XII IPA 4. Penelitian  dilaksanakan untuk mengetahui data hasil penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sifat koligatif larutan  terhadap hasil belajar siswa kelas  XII IPA SMA Negeri 1 Airmadidi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sifat koligatif larutan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji hipotesis  (Uji t) pada ? = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel  yakni 3,15 > 1,66 artinya H1 diterima dan terdapat peningkatan yang nyata, hasil belajar terhadap  penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Serta menjelaskan adanya perbandingan  rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi 80,00, dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 68,18.
Studi Kelayakan Penuntun Praktikum Asam Basa Berbasis Bahan Lingkungan Menggunakan Model 3-D Dan Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tenga lumolos, gerry; Gumolung, Dokri; Caroles, Joice
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.155 KB)

Abstract

Penuntun praktikum merupakan bahan ajar dalam bentuk cetak yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum asam basa berbasis bahan lingkungan dengan model 3-D dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui kegiatan praktikum dan penerapan metode inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tenga. Uji kelayakan kelompok besar terdapat rata-rata presentase 88,24% yang berarti penuntun praktikum ini layak digunakan dengan kualifikasi valid. Hasil belajar siswa menggunakan nilai post test dengan teknik analisis data statistik uji-t satu sampel (one sample t-test). Hasil uji hipotesis uji-t satu sampel pada taraf ?=5% diperoleh thitung = 4,604 > ttabel = 1,708. Hasil penelitian ini menunjukan penuntun praktikum asam basa berbasis bahan lingkungan layak digunakan dalam pembelajaran kimia, dan penggunaan penuntun praktikum asam basa berbasis bahan lingkungan dengan penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa
Identifikasi struktur kognitif siswa dengan menggunakan peta konsep pada larutan asam-basa Ganda, Bela; Lombok, John Z; Kumajas, Jenny
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 1 (2019): Oxygenius Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.557 KB)

Abstract

Setiap siswa memiliki struktur kognitif yang berbeda-beda, namun kebanyakan guru belum mengetahui perbedaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi struktur kognitif siswa meliputi aspek isi, apa yang telah diketahui siswa, apa yang belum diketahui siswa, dan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dengan menggunakan peta konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, pada 18 siswa di salah satu SMA di Kota Manado. Struktur kognitif siswa diungkap menggunakan soal peta konsep mengenai Larutan asam-basa. Struktur kognitif siswa diidentifikasi berdasarkan skor yang diperoleh tiap siswa pada setiap soal pada peta konsep. Ditemukan tiga kategori kognitif siswa pada aspek isi, yaitu kurang, baik, dan baik sekali dan tiga kategori struktur kognitif siswa yaitu mengenai apa yang telah diketahui siswa, apa yang belum diketahui siswa, serta miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Secara umum struktur kognitif siswa dikategorikan baik.
Penerapan Penuntun Praktikum Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Nanangkong, Istiani Astari; Rumampuk, Rymond; Tani, Djefry
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.32 KB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran kimia yaitu beragam pemahaman siswa terhadap suatu materi, siswa kurang memahami konsep kimia yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil belajar siswa  & menerapkan penuntun praktikum dengan menggunakan metode discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Hasil validasi dari beberapa ahli yang terdiri dari tiga validator mununjukan bahwa penuntun praktikum berada pada kategori valid dengan presentasi 86,84 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum dengan menggunakan metode discovery learning mencapai nilai KKM dan 70% siswa melampaui nilai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan.
Pengembangan Penuntun Praktikum Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Bahan Alam dengan Menggunakan Model ADDIE Tahulending, Ade Wiwit; Rumampuk, Rymond; Aloanis, Anderson Arnold
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.692 KB)

Abstract

Penuntun praktikum termasuk salah satu syarat yang sangat penting dalam melaksanakan praktikum agar praktikum dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum materi redoks berbasis bahan alam dengan menggunakan model ADDIE dan untuk mengetahui kelayakan dari penuntun yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, serta metode angket validator dan angket respon siswa. Penelitian ini diujicobakan di kelas X IPA SMA Negeri 2 Tondano dengan jumlah siswa 25. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis proses atau pengembangan produk dan analisis data hasil kualitas penuntun praktikum. Berdasarkan persentase dari kedua validator sebagai ahli media dan ahli materi diperoleh skor penilaian persentase rata-rata 92,8% dengan kategori kelayakan sangat layak, sedangkan untuk persentase data respon siswa keseluruhan diperoleh skor penilaian 81,65% dengan kategori kelayakan sangat layak.
Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Berbasis Visualisasi Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawangkoan Assa, Reynaldi; Rombang, Wilson Alexander; Rares, Hardin Foster
Oxygenius Journal Of Chemistry Education Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius: Journal of Chemistry Education
Publisher : Educational Chemistry Department, State University of Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.512 KB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode pembelajaran inquiry berbasis visualisasi terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kawangkoan, pada siswa kelas X IPA semester genap, tahun akademik 2018/2019. Siswa kelas X IPA 1 (n=31) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 (n=32) sebagai kelas kontrol. Pengujian dalam penelitian ini digunakan statistik uji t dengan taraf nyata ? = 0,05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil yang di dapatkan pada pengujian ini diperoleh thitung 5,25 > ttabel 1,670. Berdarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) dan metode pembelajaran inquiry berbasis visualisasi (kelas eksperimen)

Page 1 of 3 | Total Record : 26