cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285257756064
Journal Mail Official
alfikrah.stamidiya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sen - Asen 74 Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Sen-Asen Konang Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 26204207     EISSN : 26204304     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Fikrah : Merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan yang memuat tentang Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman sebagai sarana publikasi hasil penelitian dan berbagai kajian ilmu keislaman baik pendidikan, pemikiran, syariah, dan kajian Islam lainnya. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan yang berupa hasil penelitian atau penelitian terapan. Jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan satu kali yakni bulan Juni dan Desember.
Articles 20 Documents
Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan Rasid, Abdul
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.611 KB)

Abstract

Landasan pendidikan adalah landasan filosofi, sosiologis, dan kultural, yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan itu menjemput masa depan. Secara leksikal, landasan berarti tumpuan, dasar atau alas, karena itu landasan merupakan tempat bertumpu atau titik tolak atau dasar pijakan. Titik tolak atau dasar pijakan ini dapat bersifat material (contoh: landasan pesawat terbang); dapat pula bersifat konseptual (contoh: landasan pendidikan). Landasan yang bersifat koseptual identik dengan asumsi. Implikasi landasan-landasan pendidikan diantaranya, Implikasi religius yang dipengaruhi pemikiran al-Ghazali khususnya dalam dunia pendidikan Islam. Implikasi filosofi pendidikan adalah seperangkat filosofi yang dijadikan titik tolak dalam pendidikan. Implikasi sosial yang terjadi di masyarakat tentu saja mempengaruhi pendidikan, baik sebagai ilmu maupun aktivitas. Implikasi kultural kurikulum harus disusun berdasarkan kondisi sosial kultural dari masyarakat. Implikasi psikologis, manusia merupakan individu yang unik. Implikasi ilmiah dan teknologi adalah pembangunan didukung oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mempercepat terwujudnya ketangguhan dan keunggulan bangsa.
Perubahan Organisasi Bagi Pengelola Madrasah Dalam Menghadapi Persaingan Global Nurhadi, Ali
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.162 KB)

Abstract

Perubahan sudah merupakan fenomena global yang tidak bisa dibendung. Perubahan organisasi merupakan pergeseran keadaan sekarang dari suatu organisasi menuju pada keadaan yang diinginkan di masa depan. Madrasah merupakan  sebuah organisasi yang perlu dipertahankan bahkan dikembangkan, sebab jumlahnya cukup besar sehingga berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan. Era globalisasi telah hadir dan menawarkan kompetisi yang ketat termasuk bagi eksistensi  madrasah. Oleh sebab itu pengelola organisasi madrasah harus mulai berbenah melakukan perubahan organisasi  dalam rangka menghadapi persaingan di era globalisasi. Perubahan organisasi dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Oleh karena itu, harus ada strategi yang dipersapkan. Strategi yang digunakan disesuaikan dengan kondisi masing-masing madrasah, sebab madrasah yang ada mempunyai posisi yang berbeda  baik secara mutu, kualitas sumber daya manusia, serta komponen pendukung lainnya. Dalam formulasi strategi dapat diawali dengan perumusan visi dan misi organisasi dengan berdasar analisis SWOT (Strengths Weakness Opportunities Threats), dilanjutkan dengan penentuan tujuan-tujuan khusus serta strategi organisasi untuk mencapai visi dan misi tersebut.
Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Ahmadi, Ahmadi
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.914 KB)

Abstract

Media sosial merupakan fenomena baru yang tidak dapat dihindari perkembangannya. peningkatan penggunaan media sosial masuk ke berbagai kalangan, khususnya kalangan remaja. Penggunaan media sosial mejadi sangat popular di kalangan remaja, digunakan tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya. Sedangkan media sosial juga memiliki dampak negatif yang banyak disamping dampak positifnya yang juga banyak. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian khusus bagi para remaja tersebut. karena jika seseorang yang menggunakan media sosial secara berlebihan dan tanpa pengawasan akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti masuknya pengaruh westernisasi terhadap pergaulan para remaja, pengaruh tersebut dapat merusak tatanan sosial dan agama. Oleh karena itu, pendidikan pesantren menjadi solusi untuk menghadapi munculnya masalah tersebut. karena karakteristik pesantren diyakini mampu menghadirkan pengawasan yang komprehensif terhadap para murid. Pesantren tidak hanya menawarkan pendidikan intelektual tetapi juga pendidikan akhlak (karakter) yang diintegrasikan ke dalam jiwa para santri.
Konstruksi Sosial Nyelasé Di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan Mahsun, Mahsun; Muniri, Muniri
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.101 KB)

Abstract

Tradisi nyelasé ke beberapa makam para wali adalah potret praktik keagamaan yang sampai hari ini tetap lestari, bagi sebagian Muslim. Secara khusus, bagi masyarakat Muslim Bangkalan, tradisi nyelasé ke makam para Wali, seperti Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. Sampai saat ini, komplek makam Syaikhona Kholil Bangkalan ramai dikunjungi peziarah dari berbagai tempat, mulai warga Muslim Madura, Jawa, maupun luar Jawa. Perilaku nyelasé terbentuk melalui beberapa proses bagi pelakunya, yang berasal dari akumulasi keyakinan sejak dari level kognitif yang menyejarah. Dengan demikian prilaku nyelasé ke makam Syaikhona Kholil di Bangkalan merupakan bentuk prilaku yang memiliki berbagai motif yang berkembang di masyarakat. Untuk mengungkap motif para pelaku ziarah tersebut, penelitian ini didesain sebagai penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi ala Berger, yaitu objektifikasi, subyektivikasi, dan internalisasi. Dengan pendekatan ini diharapkan dapat memahami pengaruh lingkungan terhadap kesadaran individu sebagai realitas obyektifikasi, kesadaran pemahaman individu terhadap nyelasé sebagai Subyektifikasi dan internalisasi sebagai sintesis dari pengaruh lingkungan dan kesadaran individu, sehingga membentuk praktik keagamaan yang mandiri.  
Peran Wanita dalam Pembinaan Mental Agama Generasi Bangsa Masa Depan (Telaah Kritis Peran Ganda Perempuan Perspektif Islam) Rohmah, Noer; Aziz, Nur Chotimah
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.764 KB)

Abstract

Dalam sejarah sebelum kedatangan Islam perempuan atau wanita tidak memiliki harkat dan martabat yang layak, perempuan diibaratkan dengan barang dagangan yang layak diperjualbelikan bahkan dijadikan barang warisan. Kedatangan Islam oleh Muhammad SAW telah membawa angin segar bagi kaum wanita. Islam menempatkan kaum wanita pada posisi yang terhormat dengan wahyu Rusulullaah SAW dan memberikan kebebasan untuk terjun ke berbagai lapangan memilih pekerjaan yang sesuai dengan fitrahnya untuk membangun masyarakat. Dalam Islam wanita diibaratkan sebagai tiang negara, apabila ia baik, maka negara akan baik, dan jika rusak, maka negara akan rusak. Selanjutnya wanita memiliki seperangkat hak dan kewajiban yang berkaitan erat dengan peranan yang diembannya, baik peran dalam keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara dalam mewujudkan generasi bangsa masa depan yang terbaik.    
Kiai Abdul Hamid Pasuruan dan Kontribusinya untuk Moderasi Islam Wasid, Wasid; Mahsun, Mahsun
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.216 KB)

Abstract

Kiai Abdul Hamid Pasuruan merupakan tokoh fenomenal, bahkan dikenal kewaliannya oleh lapisanmasyarakat. Ia telah mewariskan banyak hal, khususnya ajaran Islam Ahl Sunna wal al-jamaah.Warisan-warisannya yang mampu menyejukkan bagi umat hingga mengantarkan makamnya sampaihari ini masih menjadi tujuan ziarah;Darinya, Islam disuguhkan dengan cara lembut tanpa menakutkan kepada sesama. Bahkan, ia selalumengedepankan agar orang lain senang, sebelum dirinya senang. Langkah ini dilakukan tidak lepasdari pemahamannya yang holistik atas Islam, yang konon mampu mengkombinasikan logikanormatif fikih dengan nilai substansial tasawuf dalam konteks kehidupan bermasyarakat luas.Kombinasi normatifitas fikih dan tasawuf mengantarkan ia tegas, sekaligus lembut. Tegas dalam soalpraktik-praktik keagamaan. Tapi, lembut dalam membangun hubungan dengan siapapun. Dalamlingkup praktik kehidupan, Kiai Hamid mampu mengajak umat agar terus mengerjakan perintahIslam, sembari dalam konteks tetap mengajak dan memberikan contoh kepada mereka, kaitanpentingnya mejaga harmoni dengan sesama.Dari potret kesejarahan hidupnya, ditemukan bahwa Inti dari perannya dengan pola pikir moderatadalah menjaga selalu kesejukan umat melalui pembumian Islam secara menyeluruh dari formalismenuju substansialis atau dari ketuhanan menuju kemanusiaan. Konsistensi ini ini menjadi jalan, iadipandang masih hidup, sekalipun meninggal lama seiring makamnya tidak pernah sepi dikunjungimasyarakat.
Nilai-Nilai Pendidikan Krakter dalam Novel Negeri 5 Menara Kulsum, Ummu
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.89 KB)

Abstract

Novel merupakan salah satu jenis karya sastra yang sangat bermanfaat , melalui nilai-nilai moralyang disuguhkan bisa dijadikan pelajaran oleh pembaca.Peneliti melalukan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menjelaskan nilai-nilai pendidikankarakter yg ada di dalam novel negeri lima menara, teori yg digunakan dlm penelitian ini adalah teoriThomas lickona. Penelitian ini merupakan analisis isi dengan menggunakan pendekatan kualitatif ,oleh karena itu untuk mengumpulkan data yang berkenaan dengan nilai nilai pendidikan karakter,peneliti menggunakan metode observasi text.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter di dlm novel tersebut berkenaandengan hubungan antar orang tua dan anak, sikap kepada teman, guru, ataupun orang lain. Nilainilaipendidikan karakter tersebut disampaikan secara tidak langsung. Sehingga cerita dan sikap paratokoh di interpretasikan oleh peneliti untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yangberkenaan dengan theory dari Thomas lickona.Dari hasil penelitian tersebut, disarankan untuk memahami nilai-nilai pendidikan karakter didalamnya. Sehingga pembaca bisa mempelajari dan menerapkannnya di dalam kehidupan mereka.
Kontribusi Metode Diskusi dalam Mewujudkan Kompetensi Berfikir Kreatif Siswa MA Al-Hamidiyah Sen-Asen Konang Bangkalan Yasin, Kholil
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.649 KB)

Abstract

Metode diskusi merupakan sebuah metode yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran ,metode diskusi menekankan kemampuan nalar siswa dalam mengkaji teori-teori yang disampaikandi dalam kelas. Metode ini bisa digunakan untuk berbagai mata pelajaran karena mudahdiaplikasikan dan tidak membutuhkan persiapan serta peralatan yang rumit. diskusi juga menjadisebuah metode yang sangat baik bagi siswa Madrasah Al-Hamidiyah walaupun tidak sepenuhnya.Dengan metode diskusi kompetensi berfikir kreatif siswa diberi stimulasi untuk terus berkembangsecara progresif sehingga mengalami peningkatan sesuai dengan perkembangan zaman, dan dapatdikatakan sangat baik. Metode diskusi banyak memberikan kontribusi positif dalam mewujudkankompetensi berfikir kreatif siswa. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya bentuk kreasi merekaberupa karya-karya tulis yang dikirimkan pada mading, buletin dan bentuk ekspresi-ekspresikreatifitas lainnya, juga bisa dilihat dari semakin banyaknya siswa yang sudah memenuhi kriteriakriteriakreatifitas. Metode diskusi juga diharapkan mampu memberikan kontribusi tidak hanyabagaimana siswa mengembangkan potensi berfikirnya di sekolah saja tetapi juga di lingkungan sosialmasyarakat.
Shalat Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali (Kajian Sufistik) Maryam, Sitti
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.278 KB)

Abstract

Tulisan ini memaparkan tentang pengertian shalat menurut Imam al-Ghazali dengan menggunakanpendekatan sufistik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam konteksini hasil analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif dengan pemaknaan interpretasi logis, sehinggadapat diketahui bagaimana pengertian shalat menurut Imam Al-Gazali jika dilihat dari segi sufistiknya.Metode pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasarsadap, serta tenik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC), dan teknik catat dalam proses penyediaandata.Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Pendekatan sufistik adalah sebuah paradigma yangmemusatkan pada kajian tentang pembersihan jiwa manusia, yang kemudian digunakan untukmemahami masalah tertentu. 2) Shalat adalah ritual yang dikerjakan seorang hamba dalam rangkamenjumpai tuhan-Nya dimana ritual itu dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam berikutsyarat-syaratnya, disamping itu ada aspek-aspek yang harus ada ketika seorang hamba menjalankanritual tersebut yaitu hadirnya hati, pemahaman, pengagungan, ketakutan, harapan serta rasa malu. 3)Ada enam komponen yang harus dipenuhi agar shalatnya bisa diterima oleh Allah SWT menurutperspektif Imam Al-Gazali; Hadirnya hati, Pemahaman, Pengagungan, Ketakutan, Harapan, dan Malu.
Efektivitas Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MI. Miftahul Huda 01 Papungan Blitar Haykal, Akhmad Fikri
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.749 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran terpadu dalam implementasikurikulum 2013, bentuk keefektivan yang dihasilkan dari proses perencanaaan pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan keterpakaian buku guru dan buku siswa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru MIMiftahul Huda 01 Papungan Blitar. Penelitian ini diawali dengan mengetahui kondisi lapangan danmelakukan observasai.Penelitian ini memakai tehnik pengumpulan data melalui observasi danwawancara. Tehnik analisis data terdiri dari reduksi data, pemaparan data, dan penyimpulan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran tematik terpadu dalam implementasikurikulum 2013 ditunjukkan dengan adanya perubahan positif yang terjadi pada guru dalam halmembuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran lebih kreatif danhidup, melaksanakan penilaian sesuai dengan standar penilaian kurikulum 2013, dan menggunakanbuku pendukung lain yang relevan untuk melengkapi dan mengembangkan materi yang ada di bukuguru dan buku siswa. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pemebelajaran tematikterpadu efektif dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di MI Miftahul Huda 01 PapunganBlitar.

Page 1 of 2 | Total Record : 20