cover
Contact Name
Juniarto Rojo Prasetyo
Contact Email
-
Phone
+6281293805765
Journal Mail Official
jurnalmanajemenkewirausahaan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
ISSN : 18581408     EISSN : 26549247     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, human resources, and strategic management. This journal did not give limitation on research methods, both quantitative and qualitative can be accepted and the data from primary, secondary, and literature review.
Articles 88 Documents
ASET STRATEGIK, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DALAM MEMPENGARUHI DAYA SAING SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN Mulyanto, Heru; Sugiarti, Sri
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 2 (2016): JMK Edisi Desember 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i2.14

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Aset Strategik, Adaptabilitas Lingkungan dan Oganisational Citizenship Behavior dalam mempengaruhi Daya Saing serta dampaknya pada Kinerja Perusahaan.Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data penelitian diperoleh dari hasil jawaban kuesioner yang diberikan kepada 100 responden terdiri dari 3 responden top manajemen dan 97 sampel manajemen. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk dalam analisis yang diolah menggunakan IBM-AMOS versi 20.Penelitian menghasilkan temuan bahwa Aset strategic, adaptabilitas lingkungan dan organizational citizenship behavior terhadap daya saing dan berdampak pada kinerja  perusahaan dalam model persamaan regresi DS = 0.319AS + 0.416AL + 0.603OB dan KP= 0.744DS. Aset strategic berpengaruh terhadap daya saing dengan arah positif g1  = 0.321. Adaptabilitas Lingkungan berpengaruh terhadap daya saing dengan arah positif g2  = 0.416. Organizational citizenship behavior berpengaruh terhadap daya saing dengan arah positif g3  = 0.603. Daya saing berpengaruh terhadap daya saing  dengan arah positif β  = 0.744.Model struktural pengaruh aset strategic, adaptabilitas lingkungan dan organizational citizenship behavior terhadap daya saing dan berdampak pada kinerja  perusahaan bisa diadopsi oleh perusahaan dalam rangka memperbaiki kinerja perusahannya. Kata Kunci:Aset Strategik, Adaptabilitas Lingkungan, Organizational Citizenship Behavior, Daya Saing, Kinerja Perusahaan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PIZZA HUT DELIVERY CABANG CILEUNGSI Ramadan, Risko; Rasipan, Rasipan; Heruwanto, Joni
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.697 KB) | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.333

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan dan harga yang di berikan oleh Pizza Hut Delivery cabang Cileungsi serta untuk mengetahui kepuasan Pelanggan Pizza Hut Delivery cabang Cileungsi. Metode yang di gunakan dalam penelitian iniadalah metode kuantitatif hal ini di maksutkan untuk menghitung dari angket data kualitas pelayanan dan harga sebagai variabel bebas atau X1,X2 yang sudah di ketahui dan menghitung angket data kepuasan pelanggan,Hasil analisa regresi dapat di buat persamaan regresi berganda Penelitian menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang akan di ajukan yaitu kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan lalu Harga memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Maka berdasarkan temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di sarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan meninjau Harga. Kata Kunci ; Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan pelanggan.
FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN NASABAH PADA BANK BUKOPIN Handayani, Esti; Indriani, Elisa
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 15, No 1 (2018): JMK Edisi Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v15i1.192

Abstract

Kualitas pelayanan dan  Kulitas produk  merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan nasabah.Penelitian dilakukan di Bank Bukopin Bekasi dengan mengambil 134 responden sebagai sampel penelitian dari  populasi adalah nasabah pada setiap bulannya yang bertransaksi. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi.Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil penelitian  bahwa, 1) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan arah positif; 2) Kulitas Produk memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan arah positif. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan nasabah disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan selalu memperhatikan inovasi produk. Kata kunci: Kualitas pelayanan, produk dan kepuasan nasabah
NILAI KEPUASAN PELANGGAN : KESESUAIAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN YANG DIRASAKAN KONSUMEN Bintarti, Surya
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.099 KB) | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.315

Abstract

Kecenderungan peningkatan jumlah pengguna jasa kereta api adalah suatu perkembangan yang  yang sangat pesat, namun sebagaimana diketahui bahwa kualitas yang ditawarkan oleh jasa kereta Api  juga semakin baik, sehingga tingginya  peningkatan pengguna jasa kereta api ini juga diibangi oleh  adanya perkembangan kuliatas yang diberikan dengan dibarengi pula oleh adanya kenaikan harga yang diterapkan, namun demikian  hal ini juga dibarengi oleh adanya peningkatan pelayanan yang diberikan dengan diiringi oleh adanya kenaikan harga yang ditetapkan, adalah salah satu kebijakan yang diambiloleh perusahaan Perkeretapian Indonesia untuk meningkatkan kepuasan konsumen sebagai pengguna jasa ini. Penetapan dan kesesuain harga yang ditetapkan dari pihak kereta api dan kualitas pelayanan yang diberikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa kereta commuter linesebesar 30,6%,sehingga dapat dikatakan bahwa harga dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang positif, walupun relative rendah,  hal ini dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara harga yang ditetapkan atau dicantumkan dengan kesesuaian dalam realisasi harga, dan sisanya sebesar 60,6 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain.
PENGARUH KEPERCAYAAN MITRA DAN KOMITMEN PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS MITRA PENGEMUDI OJEK ONLINE Alwi, Taufik
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 14, No 2 (2017): JMK EDISI DESEMBER 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v14i2.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan pengemudi dan komitmen perusahaan terhadap loyalitas mitra pengemudi ojek online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan desain explanatory research. Mengacu kepada Gay yang mensyaratkan ukuran sampel minimal metode korelasi adalah 30 subyek.  Penelitian ini penulis melibatkan sampel sebanyak 38 orang yang terdiri dari Mitra Pengemudi Go-Jek 14 orang, GrabBike 14 orang dan Uber Motor 10 orang. Kuesioner menggunakan 5 skala Likert.Secara parsial dan simultan variabel Kepercayaan (X1) dan Variabel Komitmen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y) Mitra Pengemudi Online. Variabel Kepercayaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y) Nilai koefisen regresi sebesar 0,300 menunjukkan jika Variabel Kepercayaan  (X1) naik 1 satuan akan meningkatkan Variabel Loyalitas (Y) sebesar 0,300, Variabel Komitmen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan koefisien regresinya adalah sebesar 0,483.  Secara simultan variabel Kepercayaan  (X1) dan Komitmen (X2) berpengaruh positif terhadap Loyalitas (Y) Mitra Pengemudi Online total nilai regresi sebesar 0,783 ketika kedua variabel simultan naik 1 satuan.Manajemen Perusahaan Ojek online sangat penting memperhatikan kebijakan yang meningkatkan kepercayaan mitra sekaligus menjaga komitmen dengan mitra pengemudi sebagai faktor yang mempengaruhi loyalitas mitra pengemudi online dalam upaya mempertahankan loyalitas mitra pengemudi. Keterbatasan penelitian ini, perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menambah variabel-variabel lain yang terkait serta pengembangan model struktural untuk mengetahui lebih spesifik persepsi konsumen industri pada entitas mitra pengemudi ojek online.
PENGARUH DEPRESIASI RUPIAH DAN TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE JULI – OKTOBER 2015 Indiarti, Miralda
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.8

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh variabel bebas pertama yaitu Depresiasi Rupiah dan variabel bebas kedua yaitu Tingkat Suku Bunga Deposito di Indonesia terhadap variabel terikat yaitu Indeks Harga Saham Gabungan di BEI pada periode Juli â?? Oktober 2015.Dengan menggunakan metode analisa regresi linier berganda dan uji â?? F ANOVA akan diuji apakah koefisien tingkat suku bunga dan nilai tukar adalah nol, versus paling tidak ada satu koefisien yang bukan nol.Dengan bantuan program SPSS versi 16 didapat hasil penelitian bahwa determinasi koefisien nilai R sebesar 0,895 dan sedangkan nilai R Square sebesar 0,801 atau 80,1%, hal ini dapat dinyatakan dengan hasil analisa secara bersama-sama variabel independen Depresiasi Rp (X1) dan suku bunga deposito 1th (Xâ?? ) terhadap variabel dependen IHSG (Y) memiliki nilai positif dan tingkat persentase pengaruhnya sangat tinggi yaitu sebesar 80,1% dan sisanya sebesar 19,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan pada hasil uji ANOVA didapat nilai ratio - F sebesar 155,123 dengan signifikansi sebesar 0,000 karena nilai tersebut lebih kecil dari level signifikansi á Ã? 0,01 maka Ho ditolak. Selanjutnya dapat dikatakan variabel Depresiasi Rp (X1) dan suku bunga deposito 1th (Xâ?? ) secara bersama-sama berpengaruh sangat signifikan dengan variabel IHSG (Y) yaitu Hipotesis alternatif (Ha) terbukti.Kesimpulan dari penelitian ini adalah IHSG BEI dipengaruhi secara bersama-sama oleh tingkat suku bunga deposito rupiah dan nilai tukar Rp/USD. Hubungan linier negatif dan sangat signifikan. Kata Kunci: Depresiasi Rupiah, Suku Bunga Deposito dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SITUS ON LINE TRAVELOKA DITINJAU DARI PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN Triastuti, Yuli; JAYADI, JAYADI; zura, widya
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 15, No 2 (2018): JMK EDISI DESEMBER 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.764 KB) | DOI: 10.33370/jmk.v15i2.223

Abstract

Keputusan pembelian konsumen pada situs online Traveloka dipengaruhi oleh  beberapa faktor antara lain persepsi harga dan kualitas pelayanan. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian pada situs online Traveloka ditinjau dari   persepsi harga dan kualitas pelayanan.Penelitian dilakukan di Cibubur dengan mengambil 100 konsumen sebagai sampel penelitian dan dihitung menggunakan metode accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F dengan bantuan program SPSS ?.24.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Keputusan pembelian konsumen pada situs online Traveloka mempunyai pengaruh yang positif ditinjau dari persepsi harga. 2) Keputusan pembelian konsumen pada situs online Traveloka mempunyai arah yang positif ditinjau dari kualitas  pelayanan.  Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan keputusan pembelian disarankan agar dilakukan upaya terus menerus selalu memperbaiki tentang  persepsi harga dan kualitas pelayanan. Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
PENGARUH KOMPETENSI DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PEMERINTAHAN KECAMATAN Rasipan, Rasipan; Andriyani, Meli
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 14, No 1 (2017): JMK Edisi Juni 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v14i1.28

Abstract

Kurang optimalnya kualitas pelayanan di kecamatan Parung Kabupaten Bogor terjadi karena banya faktor yang berpotensi mempengaruhinya. Kompetensi pegawai dan manajemen teknologi informasi merupakan dua diantara banyak faktor yang menarik untuk diangkat dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis besarnya pengaruh  kompetensi pegawai dan Manajemen Teknologi Informasi secara simultan terhadap  Kualitas Pelayanan Pegawai di  Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.Kompetensi pegawai, manajemen teknologi informasi dan kualitas pelayanan merupakan variabel pokok dalam penelitian. Pengukuran variabel dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 71 responden yang terdiri dari 21 responden pegawai dan 50 responden masyarakat. Analisis data dilakukan bertahap mulai dari uji instrumen variabel, deskripsi variabel sampai dengan analisis regresi linier sederhana dan ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F pada taraf uji  = 5%.Penelitian menghasilkan temuan bahwa: a) Kompetensi pegawai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di kecamatan Parung kabupaten Bogor; b) Manajemen teknologi informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di kecamatan Parung kabupaten Bogor; c) Kompetensi pegawai dan manajemen teknologi informasi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di kecamatan Parung kabupaten Bogor.Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan di kecamatan Parung Kabupaten Bogor dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi pegawai dan manajemen teknologi informasi secara bersama-sama. Kata Kunci: Kompetensi Pegawai, Manajemen Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan
ANALISIS BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK MOTOR PIAGGIO VESPA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT META DWIGUNA TRANSCORP Rahayu, Eswanto Sugeng; Fathonah, Feni
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 2 (2016): JMK Edisi Desember 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i2.19

Abstract

Brand Image dan Kualitas Produk menjadi faktor yang penting dalam menentukan minat beli dan dampaknya pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk  : 1). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen. 2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen. 3). Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. 4). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. 5). Untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 6). Untuk mengetahui pengaruh brand image melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. 7). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk melalui minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan PT Meta Dwiguna Transcorp dengan jumlah sampel yang dihitung dengan rumus rumus Lemeshow sehingga didapatkan sebanyak 100 orang.  Data yang sudah ditabulasikan diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji analisis data menggunakan uji regresi dan analisis jalur untuk menentukan pengaruh langsung dan tidak langsung.Hasil analisis dan pembahasan menghasilkan persamaan analisis jalur sebagai berikut : Y = 0.356X1 + 0.410X2 + 0.796  dan  Z= 0.331X1 + 0.192X2 + 0.233Y + 0,807  Kesimpulan yang diperoleh yaitu : brand image berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap terhadap minat beli konsumen; ada pengaruh yang positif signifikan antara brand image terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan; ada pengaruh yang positif signifikan antara minat beli konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Minat beli konsumen dapat dikatakan sebagai intervening karena memberikan nilai positif yang dapat menguatkan variable brand image dan loyalitas pelanggan. Brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen sebesar 8,3%, Variable kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui minat beli konsumen yaitu sebesar 9,6%, Kata kunci : Brand Image, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Loyalitas Pelanggan
HUBUNGAN DISIPLIN MAHASISWA DAN FASILITAS KAMPUS DENGAN PRESTASI MAHASISWA Chalil, Didi C.
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 15, No 1 (2018): JMK Edisi Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v15i1.197

Abstract

One indicator of the success ofeducation in the level of classroom learning is when a lecturer is able to build student learning achievement and will be more successful if this achievement can be increased if their attendance is above 80% (minimum 10 times attendance from 12 meetings). If the students can be grown discipline and provided a decent campus facilities, then as difficult as any lecture material or learning process that followed by they undoubtedly will live with feelings of joy, even they will feel sad if that day lecturer could not come because there is a need outside campus.There are four stages of appraisal that apply to each student for each course taken include (1) attendance of 10% (2) Task 20% (3) 30% Semester Exam (UTS) and (4) Final Exam Semester. (UAS) 40%. The writer as a lecturer tries to cultivate motivation to learn from the beginning, in addition to always communicate actively with students who follow the lecture also monitor attendance and assignment, each completed college is always given the practice / tasks are directly given the value, usually given the task quite easily so they can get a value of 100, even if there is a miscalculation, they are still given the opportunity to fix the error so that eventually get a value of 100. With the value of this 100, their motivation to grow and even grow in such a way that spur them to diligent lectures.The difficulty level of the task is balanced with the lecture, the longer it is raised so as to reach the maximum average level of student ability at the end of the lecture meeting...This research reveals that there is no a significant correlation between student achievement to discipline presence of student/mahasiswa with campus facilities. The analyzing was taken from an answer of 55 students who were randomly selected as respondents by filling out the Questionaire that was distributed to them. Key words : achievement, attendance, discipline, campus facility