cover
Contact Name
Maisarah
Contact Email
jurnalraudhah@uinsu.ac.id
Phone
+6282160726692
Journal Mail Official
jurnalraudhah@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Ismail Harun, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL RAUDHAH
ISSN : 23382163     EISSN : 27162435     DOI : 10.30829/raudhah
Core Subject : Religion, Education,
Raudhah Journal is a peer-reviewed journal, published twice a year [January and July] by the Department of Early Childhood Islamic Education (http://piaud.uinsu.ac.id/) at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic University of North Sumatra, Indonesia. Raudhah Journal publishes 10 (ten) articles per edition. It is available online as open access sources as well as in print. Raudhah Journal welcomes the contribution of research-based articles on early childhood education, and raudhatul athfal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 86 Documents
AKTIVITAS-AKTIVITAS PENGEMBANGAN PERILAKU BERAGAMA ANAK USIA DINI Masganti, Masganti
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 1 (2017): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.36 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i1.133

Abstract

Pada masa kecilnya rasa ingin tahu tentang Tuhan muncul melalui perkataan orang-orang di sekelilingnya. Rasa ingin tahu adalah bahwa benih agama pembangunan di child1ren. Anak usia dini menunjukkan sifat yang tidak sangat religius, egosentris, verbal-ritual, anthromorphic, meniru, dan bertanya-tanya. Berbagai perkembangan keagamaan kegiatan guru dapat melakukan sesuai dengan tingkat perkembangan agama anak-anak. Kegiatan keagamaan perilaku anak pembangunan yang dapat dipilih dan diterapkan guru anak usia dini lembaga antara lain, memberikan nama baik, mengajarkan teologi, terbiasa makan beradab, bercerita tentang contoh, mengajarkan kalimat-kalimat thayyibah dan mengajarkan kebersihan.
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI RA NURUL IMAN Putri, Yurizka Kesuma
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 1 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.433 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i1.282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, tingkat perkembangan emosional anak melalui metode bermain peran, tanpa melalui metode bermain peran, pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun kelompok B di RA Nurul Iman tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuanti eksperimen. Adapun populasi pada penelitian ini sebanyak 40 anak dengan sampel sebanyak 30 anak yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebanyak 15 anak. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design (intact-group comporision). Instrumen penelitian dilakukan dengan menggunakan tes praktik bermain peran dengan teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji pengaruh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun kelompok B melalui metode bermain peran di RA Nurul Iman. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen yaitu 16,66 dan kelas kontrol yaitu  9,73, maka disimpulkan bahwa  (9,493 > 2,131).  Kata kunci:  Metode Bermain Peran, Perkembangan Emosional.
Peningkatan Karakter Konservasi Melalui Sains Permulaan Berbasis Pendekatan Saintifik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan Budianti, Yusnaili; Halomoan, Surya; Wahyuni, Sri
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.556 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan karakter konservasi melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan, penulis menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat keberhasilannya. Peningkatan karakter konservasi anak usia 5-6 tahun pada siklus 1 diperoleh indikator pertama 13 dari 20 anak mendapat nilai BSH, pada indikator kedua hanya 5 dari 20 anak mendapat nilai BSH dan sisanya mendapat nilai MB. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter konservasi anak usia 5-6 tahun pada siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan, inilah yang menunjukkan bahwa karakter konservasi anak meningkat setelah menggunakan pembelajaran sains permulaan dengan pendekatan sainstifik di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti bahwa pembelajaran sains permulaan dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan karakter konservasi anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan.
BADAL HAJI Malik, Abdul
JURNAL RAUDHAH Vol 4, No 1 (2016): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.966 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v4i1.64

Abstract

In the implementation of the pilgrimage is known as the substitution that is replaced in the intention of replacing someone else carry out the  pilgrimage. The fact is most people are very easy to replace haji others others. Badal was a substitute (particularly for the Hajj); the representative; performing the Hajj pilgrimage to replace others like replacing the deceased person or the representative of the Hajj
PENGARUH KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA SABILA AMANDA Hrp, TryAstuti Ningsih
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i2.273

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dengan melakukan kegiatan bermain konstruktif; 2) tingkat kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak tanpa melakukan kegiatan bermain konstruktif; 3) pengaruh kegiatan bermain konstruktif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. Jenis penelitian yaitu pre-experimental designs (intact-group comparison). Populasi sebanyak 50 anak dan sampel sebanyak 30 anak. Instrumen penelitian menggunakan test. Analisis data menggunkan uji tingkat kecenderungan variabel penelitian, uji-t dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif kegiatan bermain konstruktif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B di RA Sabila Amanda sebesar 2,961. Sedangkan, perbandingan hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol. Hasil tersebut dapat lihat berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh  kelas eksperimen sebesar 16,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 10 dan perhitungan menggunakan uji-t dengan ? = 0,05 diperoleh bahwa thitungttabel ( 9,84 2,048).
PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI RA JAM’IYYATUSH SHOOLIHIIN KELURAHAN TANJUNG MULIA KECAMATAN MEDAN DELI Khadijah, Siti; Sit, Masganti; Sapri, Sapri
JURNAL RAUDHAH Vol 7, No 2 (2019): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.214 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v7i2.503

Abstract

The purpose of this study was to find out: (1) determine the effect of flannel board media on children's cognitive abilities in RA Jam'iyyatush Shoolihiin, (2) determine the effect of blackboard media on children's cognitive abilities in RA Jam'iyyatush Shoolihiin, (3) find out the differences in media influence flannel board with whiteboard media on children's cognitive abilities at RA Jam'iyyatush Shoolihiin.This type of research is quantitative research with Quasi Experimental Design. The sampling technique uses simple random with lottery techniques. Data collection instruments using experiments. And data analysis techniques using statistical tests, namely normality test, homogeneity test and hypothesis testing using t-test. The results showed that: (1) There was the influence of the flannel board media on the cognitive abilities of children in RA Jam'iyyatush Shoolihiin, this was seen from t count > t table, namely 8,1832 > 1,68830 (2) There was no effect of the whiteboard media on cognitive abilities of children in RA Jam'iyyatush Shoolihiin, seen from t count < t table, ie 1.0563 < 1.68830, (3) There is a difference in the influence of flannel board media with whiteboard media on children's cognitive abilities in RA Jam'iyyatush Shoolihiin, seen From the post-test hypothesis test of the two classes with t count > t table which is 7.68493> 1.68830.
MANAJEMEN : PENDEKATAN TEORI ETIKA DAN MORALITAS suhairi, suhairi
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 2 (2017): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.926 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i2.176

Abstract

Etika merupakan pola perilaku seseorang atau sesuatu badan/lembaga dalam organisasi sebagai kelaziman yang dapat diterima interaksi denganlingkungannya. Kenyakinan dalam diri seseorang menjadi faktor pendoronguntuk melakukan atau tidak sesuatu. Moralitas seseorang menjadi faktorpendorong terbentuknya perilaku yang sesuai dengan etika, tetapi nilai-nilaimereka bertentangan dengan nilai etika yang berlaku dalam lingkungannya.Bentuk moralitas manajer akan dipengaruhi oleh latar belakang budaya,pendidikan, pengalaman dan karakter individu. Prinsip seorang manajemenmenyakini seseorang untuk dapat diarahkan yang tercipta keindahan, kebaikan, keadilan, kebenaran dan kebersamaan terhadap dilingkungan tersebut.
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN SIKAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HIDAYAH KECAMATAN STABAT Yusnita, Novi Cynthia; Purba, Hadis; Sapri, Sapri
JURNAL RAUDHAH Vol 7, No 1 (2019): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.629 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v7i1.470

Abstract

Pengembangan empati sejak dini diharapkan mampu menciptakan anak agar siap untuk diterima baik di masyarakat, sebab dalam bermasyarakat akan ada interaksi antar sesama manusia sehingga dalam hubungan tersebut diperlukan adanya pengertian, saling tolong-menolong, dan saling memahami perasaan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kecerdasan Interpersonal anak usia 5-6 tahun, (2) Sikap empati anak usia 5-6 tahun, (3) Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dengan sikap empati anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hidayah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 94 anak dan jumlah sampel sebanyak 47 anak dengan menggunakan simple random sampling. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen observasi yang diubah menjadi angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa rhitung (0,759)rtabel (0,288). Hal ini bermakna bahwa terdapat hubungan secara signifikan antara Kecerdasan Interpersonal dengan sikap empati anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hidayah Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat
KONSEP DASAR PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING Arsini, Yenti
JURNAL RAUDHAH Vol 5, No 1 (2017): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.252 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v5i1.137

Abstract

Bimbingan konseling merupakan proses bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada peserta didik, baik secara perorangan maupun secara kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, baik dalam bidang pribadi, belajar, sosial dan karir dengan melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal. Dalam pelaksanaan kegiatan konseling di sekolah seorang guru BK harus perlu memahami secara benar dan tepat tentang konsep dasar penyelenggaraan BK di sekolah, sehingga pelaksanaan BK di sekolah sesuai dengan keilmuan yang ada. Oleh karena itu seorang guru BK harus  terus menggali pengetahuan mereka tentang BK itu sendiri, sehingga menjadi seorang guru BK yang profesional dan berpengalaman.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENERAPAN MIND MAP DI RA AL-KAMAL KEC. PERCUT SEI TUAN LAU DENDANG Yuliarti, Yuliarti Yuliarti
JURNAL RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.392 KB) | DOI: 10.30829/raudhah.v6i2.287

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perkembangan kreativitas anak sebelum diterapkan mind map di ra al-kamal, 2) perkembangan kreativitas anak sesudah diterapkan mind map di ra al-kamal, 3) penerapan mind map dapat meningkatkan kreativitas anak di ra al-kamal. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui penerapan mind map. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 60% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 80%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup.  Kata kunci:  kreativitas, mind map