cover
Contact Name
arvin efriani
Contact Email
arvinefriani_uin@radenfatah.ac.id
Phone
+6282281019619
Journal Mail Official
studiamanageria@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Studia Manageria
ISSN : 27155951     EISSN : 27155951     DOI : -
Journal of Islamic Education Management invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education Management, leadership, school management, knowledge management which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, philosophy, history, theology, sociology, anthropology, political science and others
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
MANAJEMEN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH II PALEMBANG Akhyar, Syaiful
Studia Manageria Vol 1 No 2 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

. Keberadaan MI Hijriyah II Palembang Pada awalnya berada disalah satu ruangan dibagian bawah mushollah Hijriyah yang dijadikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak yang ada disekitarnya. Lama kelamaan jumlah siswanya semakin bertambah dan dikenal masyarakat sekitarnya dan memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan terutama bagi pendidikan yang berbasih madrasah yang ada di kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep manajemen mutu dari aspek perencanaan dan pengorganisasian  yang dilaksanakan di MI Hijriyah II Palembang dan menganalisis komitmen civitas madrasah dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bersifat evaluatif, yang menginterpretasikan data yang dibuat dan disusun secara menyeluruh dan sistematis yang dirancang untuk menjawab pertanyaan, menguji atau membuktikan hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian  disajikan secara triangulasi dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Untuk menjamin mutu pihak madrasah sebagai lembaga pendidikan agar  dapat mengembangkan berbagai kreatifitas, keilmuan, dan pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, maka madrasah perlu membentuk forum komunikasi guru madrasah, sehingga kompetensi guru yang ada di madrasah dapat terus ditingkatkan kualitasnya.
PERANAN MANAJEMEN SENI TEATER DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MULIA Sumantri, Sumantri
Studia Manageria Vol 1 No 1 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peranan manajemen ekstrakurikuler dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia pada group teater Diah Mekar Harum, peranan manajemen ekstrakurikuler seni teater dan faktor pendukung serta penghambat kegiatan dari pelaksanaan manajemen ektrakurikuler seni teater dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Langkah-langkah yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia adalah melalui pembiasaan, keteladanan, penyadaran dan pengawasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa peranan manajemen ekrakurikuler seni teater dalam menanamkan nilai-nilai akhlak  pada group teater Diah Mekar Harum  yang meliputi nilai-nilai religius, disiplin, tanggung jawab, kreatif, memiliki kemandirian, kerjasama dan peduli lingkungan. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) melaksanakan kegiatan latihan rutin yang dikondisikan mengarah pada penanaman nilai-nilai akhlak mulia yang telah dikembangkan, 2) peran dan upaya yang telah dilakukan pembina ekstrakurikuler seni teater perlu inovasi dengan memanfaatkan potensi-potensi sumber daya pendidikan yang tersedia guna pembinaan yang berkelanjutan, 3) dukungan orang tua dalam bentuk partisipasi aktif  pada setiap kegiatan ekstrakurikuler seni teater di SMK Negeri 1 Kayuagung.
PENERAPAN MANAJEMEN PERSONALIA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN QODRATULLAH Novali, Aditya
Studia Manageria Vol 1 No 1 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pendidikan dengan diterapkannya manajemen personalia di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan ada dua macam yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisa data kualitatif. Temuan penelitian ini adalah penerapan manajemen pendidikan telah dilaksanakan cukup baik, sesuai dengan kondisi Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Qodratullah. Artinya bahwa semua penerapan manajemen tersebut telah dijalankan namun karena keterbatasan faktor pendukunganya berupa sarana prasarana dan keadaan personil sekolah, maka penerapan manajemen tersebut dilaksanakan sebatas manajemen yang ada. Dari hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsep penerimaan pendidik yang professional, penempatan personalian yang tepat, dan kesejahteraan personalia yang kurang baik harus selalu diperhatikan, karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin Sumatera Selatan. Konsep ini perlu diberdayakan dan dikembangkan terutama dalam meningkatkan manajemen pembelajaran di Pesantren Qodratullah
MANAJEMEN PENDIDIKAN AL-QUR’AN JAMI’ATUL QURRO’ PALEMBANG Kurniawan, Agung
Studia Manageria Vol 1 No 1 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pendanaan pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Qur?an Jami?atul Qurro? (PPAJQ) Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informasi penelitian didapatkan dari mudir (pimpinan), pengurus pesantren, tenaga pengajar dan beberapa santri. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menguraikan tentang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pendanaan Pendidikan. Hasil dari penelitian ini berupa: (1) perencanaan pendidikan yang diterapkkan dibuat oleh bidang-bidang yang telah di tentukan belum sepenuhnya berjalan dengan baik, (2) pelaksaan pendidikan yang diterapkkan PPAJQ tidak hanya pendidikan tilawah dan tahfidz saja akan tetapi ada beberapa metode yang diterapkan diantaranya sebagai berikut: menerapkan pendidikan formal di luar pondok, memberlakukan pendidikan non formal, pendidikan asrama (boarding School), memberikan pendidikan keterampilan, memberlakukan pendidikan sepanjang hari, penerapan kurikulum pesantren, (3) pengawasan pendidikan dilakukan secara keseluruan hanya saja mudir pesantren yang mengontrol langsung jalannya program yang telah direncanakan dan dibantu dengan dewan asatidz. (4) pendanaan pendidikan bersumber dari SPP, donatur, penjualan album hadroh an-Nahla dan pemerintah setempat.
PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN IKLIM PSIKOLOGIS TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LAHAT Akbar, Moh Ali
Studia Manageria Vol 1 No 1 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan manajerial kepala madrasah, dan iklim psikologis terhadap kinerja guru MTs Negeri Lahat baik secara parsial maupun secara bersama-sama.Penelitian menggunakan metode survey. Responden penelitian adalah guru yang diambil sebagai sampel sebanyak 49 orang. Instrumen kuesioner lnengenai kinerja guru madrasah sebagai variabel terikat, kemampuan manajerial kepala madrasah, dan iklim psikologis sebagai variabel bebas dan alat analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Penelitian menggunakan instrumen yang berbentuk angket untuk mengukur masing-masing variabel: (1). Variabel kemampuan manajerial kepala madrasah, (2). Variabel iklim psikologis, (3). Kinerja guru, yang dikembangkan menjadi masing-masing 12 butir kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: (1). variabel kemampuan manajerial kepala madrasah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru madrasah, hasil ini dapat dilihat dan nilai uji T yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2). Variabel iklim psikologis secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs Negeri Lahat dengan (P-value = 0,281 > 0,05). Pada uji F diperoleh taraf signifikan sebesar 5% maka dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 (P-value < 0,05) maka H0 ditolakdan Hi diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa ada hubungan secara linear antara kemampuan manajerial kepala madrasah (Xi) dan iklim psikologis (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y).
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SD ISLAM AZ-ZAHRAH Siregar, Nursamsiah
Studia Manageria Vol 1 No 1 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, partisipasi masyarakat terhadap sekolah dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SD Islam Az-Zahrah Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan cara langsung ke tempat penelitian untuk mengamati dan terlibat langsung dengan objek penelitiannya. Jenis penelitiannya ialah penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif dengan logika berfikir induktif, dimana penelitian ini memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi melalui delegasi pelayanan, (2) Partisipasi masyarakat terhadap sekolah, baik masyarakat secara umum, maupun melalui  komite sekolah dalam memberikan pertimbangan (advisory agency), memberikan dukungan (supporting agency) mengawasi penyelenggaraan pendidikan di sekolah (controlling agency) dan penghubung antara sekolah dengan orangtua siswa (mediator) dapat terlaksana dengan baik, (3) Sementara faktor penghambat dalam meningkatkan partisifasi masyarakat, hususnya orang tua, mereka tidak memiliki waktu banyak untuk ikut ber secara langsung pada setiap kegiatan sekolah.
ANALISIS KENDALA-KENDALA DALAM PENERAPAN SMM ISO 9001:2008 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG Dhafier, Muhammad Haikal
Studia Manageria Vol 1 No 1 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis kendala-kendala dalam penerapan SMM ISO 9001:2008 di MAN 3 Palembang mengacu pada konsep plan, do, check, action (PDCA), dan penerapannya pada prinsip manajemen mutu yakni : 1) fokus pada pelanggan (Customer Focus) melalui survei layanan madrasah, 2) analisis kendala dalam penerapan SMM ISO di MAN 3 Palembang adalah fokus pada pelanggan yaitu siswa melalui survei layanan madrasah yaitu masalah fasilitas di ruang kelas dan wc siswa. Rancangan penelitian adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dari responden melalui teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi mengenai pengalaman, pendapat, pengetahuan dan aspek lainnya untuk dapat dikumpulkan, direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan agar memiliki makna. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 melalui survei layanan madrasah dan audit mutu internal yang mengarah kepada perbaikan berkelanjutan dan kepuasan pelanggan, 2) kendala-kendala dalam penerapan adalah masalah fasilitas prasarana dikelas siswa yaitu,kipas angin yang rusak dan proyektor yang mati, dan masalah prasarana di wc siswa yaitu, lampu wc yang mati dan pintunya yang lepas, 3) upaya untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah segera memperbaikinya.
MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK PESERTA DIDIK DI SD ISLAM TERPADU NURUL IMAN PALEMBANG Hidayah, Nurul
Studia Manageria Vol 1 No 2 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The results based on the data analysis can be concluded that the management planning of library services to participants in SD Isam diidk Nurul Iman Palembang done by providing infrastructure in the form of location and space, library collections, library manager (SDM) and circulation services. Implementation of the management of library services for students in elementary ISAM Nurul Iman Palembang evidenced from implementation planning, where locations are located on the floor 2, strategic, and noisy. The room was clean, noisy, accommodating 20 students and conducted in one room. Total collection of 3465 books. Business being friendly, berahlakul karimah and knowledgeable. The borrower and repayment is done by a process of open, closed, issuing membership cards, bring a book and check the time limit. Management's evaluation of library services for students in elementary ISAM Nurul Iman Palembang done by looking at the arrangement of space located on the floor 2, the left-right angle between the rack and the card, opposite side of the computer and reading table. Cleanliness of floor space, chairs, desks, collections, shelves of old books were not clean. Collection of the most desirable 13 fiction and 13 non-fiction. Behavior being polite, responsible, knowledgeable enough. Data visitors numbered 20 students and books borrowed amounted to 26 books.
IMPLEMENTASI PERMENDIKNAS NO. 24 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR SARANA DAN PRASARANA PADA MTS AL-IHSANIYAH DAN MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG Indarwan, Indarwan
Studia Manageria Vol 1 No 2 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses Implementasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada MTs Al Ihsaniyah dan MTs ?Aisyiyah 1 Palembang, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada MTs Al Ihsaniyah dan MTs ?Aisyiyah 1 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana prasarana pendidikan pada MTs Al Ihsaniyah  Palembang belum  memenuhi kriteria standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. Berbanding terbalik dengan sarana dan prasarana pendidikan pada MTs Aisyiyah 1 Palembang yang telah memenuhi kriteria standar minimal, terlihat pada hasil observasi bahwa ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, ruang pimpinan, ruang guru, ruang konsling, ruang UKS, gudang, tempat bermain/berolahraga, tempat beribadah, jamban siswa dan guru, serta sumber belajar lainnya sehingga telah memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. 
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU Abdullah, Abdullah
Studia Manageria Vol 1 No 2 (2019): Studia Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Pancasila serta mengungkap kondisi para siswa baik sebelum belajar maupun sesudah belajar. Melalui penelitian ini, diperoleh gambaran secara lengkap tentang proses pelaksanaan pengajaran di Madrasah Aliyah Pancasila, yang di dalamnya menuntut adanya aktivitas dan kreativitas guru sebagai tenaga pengajar, dukungan sarana-prasarana dan keaktifan para siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengunakan instrumen pengumpul data berupa: angket, wawancara dan dokumentasi. Sasaran peneliti ini adalah menggali temuan ilmiah yang penting dari kondisi kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Pancasila yang diteliti, dan selanjutnya mencari model pembelajaran yang lebih memperhatikan kualitas/mutu tenaga pengajar, kualita input siswa, dukungan sarana-prasarna dan dukungan faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Proses pengajaran belum berjalan secara baik disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang bervariatif sehingga pengajaran menjadi kurang menarik, (2) Terjadinya penurunan mutu output karena para guru belum menjalankan tugas mengajarnya secara professional, (3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat/kendala dalam pengajaran yaitu kualitas input/siswa yang masih rendah, rasa tanggung jawab pengajar yang masih kurang, komunikasi yang belum berjalan dan kurangnya sarana-prasarana.

Page 1 of 2 | Total Record : 12