cover
Contact Name
Faris Faruqi
Contact Email
faris.faruqi@stei.ac.id
Phone
(021) 475 0321
Journal Mail Official
faris.faruqi@stei.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Manajemen
ISSN : 16938364     EISSN : 25278320     DOI : https://doi.org/10.36406
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Akuntansi dan Manjemen (JAM) has been published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. JAM published two times a year in April and October. Jurnal Akuntansi dan Manjemen focuses on issues pertaining empirical investigation on Indonesian accounting and management. JAM aimed to tie researchers to share high quality publication at national level through double-blind review process. The article published in JAM are expected to cover wide range topics in accounting and management and employs standard accounting and management analysis tools focusing on Indonesian economy. The topics might include accounting and management, and any others related to economic fields. It is expected that students and researchers are facilitated by JAM to play important role in understanding Indonesian economy especially in the filed of accounting and management,. It should be noted that currently JAM published in Bahasa Indonesia with title and abstract in English provided.Jl. Kayu Jati Raya No. 11A, Rawamangun 13320
Articles 40 Documents
Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Supriati, Diana
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.02 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan secara parsial dan bersama-sama terhadap price earning ratiopada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian asosiatif. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur go public di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan data laporan keuangan. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah 30 perusahaan manufaktur yang listing di BEI dengan menggunakan data laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada periode tahun 2014-2016 melalui situs www.idx.co.id. Hasil penelitian menunjukkan Profitabilitas berpengaruh dan tidak signifikan terhadap price earning ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2014-2016, dengan nilai signifikansi t-statistic sebesar 0.0001 > 0,05 ; Likuiditas berpengaruh dan signifikan terhadap price earning ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2014-2016, dengan nilai signifikansi t-statistic sebesar 0.0019 < 0,05 ; Leverage berpengaruh dan signifikan terhadap price earning ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2014-2016, dengan nilai signifikansi t-statistic sebesar 0.0013 < 0,05 ; Ukuran perusahaan berpengaruh dan tidak signifikan terhadap price earning ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2014-2016, dengan nilai signifikansi t-statistic sebesar 0.2666 > 0,05 ; Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai signifikansi F sebesar 0.000568 < 0,05 dimana profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap price earning ratio pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2014-2016 artinya hipotesis terbukti berpengaruh.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di DKI Jakarta Engkur, Engkur
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.657 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank syariah di DKI Jakarta. Kualitas pelayanan diwakili oleh 6 variabel yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance,  empathy  dan Compliance to Islamic Law. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah baik nasabah Bank Umum Syariah (BUS) maupun nasabah Unit Usaha Syariah (UUS) di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang didahului  dengan uji asumsi klasik. Alat nalisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengujian asumsi klasik bertujuan untuk mengetahui hasil data telah terdistribusi secara normal. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan melalui kuisioner yang dibagikan kepada 150 responden dan data sekunder untuk melengkapinya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 3 variabel yaitu: responsiveness, empathy dan compliance to Islamic law yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan 3 variabel lainnya yaitu: tangible, reliability dan assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, namun jika dilakukan uji secara bersama-sama ke 6 variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah bank syariah di DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas strategi bank syariah dalam meningkatkan kepuasan para nasabah bank syariah khususnya di DKI Jakarta.
Analisis Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Keinginan Berpindah Kerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemediasi Rohmawati, Erni
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.576 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.143

Abstract

This study was aimed to test the influence of self efficacy toward job turnover intention with job satisfaction as intervening variable. The sample was 218 auditor independent in Indonesia. The result of this study showed that self-efficacy positively influence toward job satisfaction and job turnover intention, and job satisfaction negatively influence toward job turnover intention. On the third result contrast with Bandura theory (1997) that suggest people who have strong self efficacy will have positive value toward their jobs. While in this study found that people who have strong self efficacy, they will have high job turnover intention. This study found that auditors who work in auditor company have high interest to look for a better job chance and challenge of their career.  
Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Di Indonesia Johan, Josofiene; Iksan, Muhammad
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.062 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.144

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen pada penelitian ini yaitu intellectual capital diukur menggunakan VAICTM dan variabel dependen yaitu kinerja keuangan perusahaan diukur menggunakan (Return on Assets) ROA.Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan di sektor Perbankan yang terdaftar di BEI selama periode 2011 - 2016 yang berjumlah 43 perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 perusahaan, yaitu perusahaan perbankan BUMN yang terdaftar di BEI Metode yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yaitu terhadap (Return on Assets) ROA.
Pengaruh Sharia Governance Structure Terhadap Pengungkapan Csr Berdasarkan Islamic Social Reporting Index Mais, Rimi Gusliana; Lufiani, Nuning
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.815 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.145

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of Shari'a Governance Structures with the disclosure level of Corporete Social Responsibility in Islamic banking in Indonesia. The related factors of Shari'a Governance Structures tested in this research are the supervising mechanism and ownership structure. The supervising mechanism is represented by the existence of the Sharia Supervisory Board measured using the Islamic Governance Score (IG-Score). While the ownership structure is measured using the ratio of temporary syirkah funds (Invesment Account Holders) and company size. In addition, this research also analyzes the disclosure level of CSR of Islamic Banking in Indonesia based on the ISR index. The sample was determined by purposive sampling method that Islamic Banking in Indonesia for year 2011 ? 2015, with a total sample of 11 Islamic banking for a total observation in this study a total of 55 observations. The data used in this research is secondary data, in the form of financial report and annual reports that downloaded via the official website BI: www.bi.go.id. and site of each banks. Data were analyzed using pooled data regression that processed using Eviews version 7.0 software. ISR value obtained by analyzing each company?s annual report is based on content analysis. The results show that the Invesment Account Holders (IAH) has a positive and significant effect on CSR disclosure. However, the existence of the Shari?a Supervisory Board (SSB) and company size has no significant effect on the level of CSR disclosure in Islamic Banking in Indonesia.
Determinasi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Pendidikan pada Kinderfield School Cabang Bekasi Jawa Barat Lestari, Sri; Winarno, Slamet Heri
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.679 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.146

Abstract

Competition in business services, especially education services show a trend that increasingly tight nowadays. Each school is required to be able to create a level of satisfaction and loyalty for its service users. Similarly, conducted by Kinderfield School branch Bekasi which is one of the providers of education services that always strive for the purpose. This study was conducted to determine the effect of service quality, corporate image and price perception in creating customer satisfaction and loyalty at Kinderfield School Bekasi. In this study using 173 respondents as sample by using method of saturated sampling. This research is a quantitative research using observation method, interview and spreading of questionnaire. The analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) with Likert scale. Variables used include: quality of service (X1), corporate image (X2), price perception (X3), customer satisfaction (Y1) and customer loyalty (Y2). The results showed that customer satisfaction is influenced by corporate image and price perception of 18.4% while customer loyalty is influenced by price perception and customer satisfaction of 60.5%. This suggests that service quality is not always a decisive factor of customer satisfaction and loyalty.
Hubungan Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Brownies Kukus A’belia Jakarta Timur Singgih, Subekti; Akbar, Nuruli
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.364 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.147

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah   untuk mengetahui seberapa kuat Hubungan Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Brownies A?Belia di Jakarta Timur (Studi pada Konsumen Industri Kawasan Pulogadung PT. JUN MIN) baik secara parsial maupun secara simultan. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda survei. Metoda penelitian survei adalah penelitian yang digunakan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan datanya. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 83 orang konsumen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa : (1) Secara parsial tidak terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara variabel lokasi dengan keputusan pembelian, (2) Secara parsial terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel harga dengan keputusan pembelian, (3) Secara parsial terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian, (4) Secara simultan terdapat hubungan positif yang signifikan antara lokasi, harga dan kualitas produk dengan keputusan pembelian.
Rekomendasi Strategi Pemasaran Organisasi Beladiri Dojang Taekwondo Taman Alfa Indah Sacti Club Tutiyani, Tutiyani; Diandra, Didip
Jurnal Manajemen Vol 15 No 1 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 1 (April - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.905 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i1.148

Abstract

Taekwondo merupakan salah satu cabang olahraga ilmu beladiri yang banyak di gemari oleh anak-anak dan remaja. Dojang (Tempat) Taekwondo Taman Alfa Indah Sacti Club (DTTAISC) merupakan organisasi beladiri yang memberikan jasa pelatihan ilmu beladiri yaitu taekwondo. Dalam studi kasus ini, peneliti akan menganalisa strategi pemasaran pada Dojang Taekwondo Taman Alfa Indah Sacti Club (DTTAISC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada organisasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara mengeksplorasi data primer melalui wawancara terhadap ketua umum Dojang Taekwondo Taman Alfa Indah Sacti Club (DTTAISC) serta sumber lainnya sebagai data sekunder. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa Dojang Taekwondo Taman Alfa Indah Sacti Club (DTTAISC) harus meningkatkan pemasarannya melalui media sosial dan website, membuat logo dan tagline, membuka pendaftaran secara online, dan menganalisa beberapa aspek pemasaran seperti tempat, promosi, proses, serta bukti fisik.
Pengaruh Promosi, Motivasi dan Harga terhadap Minat Kuliah Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Kamila, Febby
Jurnal Manajemen Vol 15 No 2 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 2 (Oktober - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.073 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i2.161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat kuliah mahasiswa strata satu tingkat akhir terhadap Program Pasca Sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) dengan melihat faktor promosi, motivasi dan harga secara parsial maupun simultan dan variabel yang berpengaruh besar dalam penelitian ini. Uji statistik yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 22. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan sampel sebanyak 94 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI). Uji statistik koefisien determinasi sebesar 61,4% minat kuliah Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) dipengaruhi oleh variabel promosi, motivasi dan harga dan 38,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Aprileny, Imelda; Regar, Yulietta
Jurnal Manajemen Vol 15 No 2 (2018): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 15 No 2 (Oktober - 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.949 KB) | DOI: 10.36406/jam.v15i2.162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen J.Co Donuts & Coffee. Penelitian menggunakan deskripsi kuantitatif dengan cara mengumpulkan semua data dan informasi yang diperoleh pada lokasi penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis keadaan yang sebenarnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen J.Co Donuts & Coffee Mall Kelapa Gading, dan mendapatkan sampel responden sebanyak 80 orang. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi parsial & berganda, analisis koefisien determinasi parsial & berganda, serta uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dan determinasi, hasil menunjukkan bahwa koefisien korelasi parsial kualitas produk terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 0,270 dengan nilai KDP sebesar 7,29%. Koefisien korelasi parsial citra merek terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,430 dengan nilai KDP sebesar 18,49%. Koefisien korelasi parsial kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,480 dengan nilai KDP sebesar 23,04%. Koefisien korelasi berganda kualitas produk, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,862 dengan nilai KDB sebesar 74,30%. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan t 0,017 < 0,10. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan t 0,000 < 0,10. Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan t 0,000 < 0,10. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, kualitas produk, citra merek, dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan F 0,000 < 0,10.

Page 1 of 4 | Total Record : 40