cover
Contact Name
Khairatul Ulya
Contact Email
khairatul.ulya@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285360859947
Journal Mail Official
khairatul.ulya@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Meurandeh, Kota Langsa, Aceh Province-Indonesia
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 25799185     EISSN : 26560852     DOI : 10.32505
Core Subject : Education,
Al-Qalasadi:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an educational context, book reviews, and review articles. The articles should be original, unpublished, and not in consideration for publication elsewhere at the time of submission to the AL-QALASADI Journal of Mathematics Education.
Articles 30 Documents
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS Wati, Krisdia
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL QALASADI
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.533 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v3i1.785

Abstract

This research is based on the low level of creative thinking of the students, this is because in the current study it is felt that the teacher is still less creative in composing the problem, why can be said so because the teacher only gives convergent problem where there is only one correct answer. One alternative to overcome this with teachers should provide a devergen problem by applying the model of learning Think Pair and Share with Open ended approach. The aim of this research is to know and to describe 1) to describe the improvement of students' mathematical thinking ability to construct flat rectangle, 2) to know the student's response to the use of Cooperative TPS learning model with Open-Ended approach on rectangular material. This research includes classroom action research. Location of research in SMP N 2 Widang with subject of student of class VII-E counted 25 student. Instruments in this research is a test of students' creative thinking ability and student response questionnaire. The result of the creative thinking test is obtained after applying the think pair share model with the open ended approach shows that the students' mathematical creative thinking ability has increased on each indicator, the average of creative thinking ability each cycle has increased, because from the initial average of 0.3 in cycle I, increased to 12.4 in cycle II, and in cycle III also increased by 16, and student response to use of Think Pair Share learning model with Open ended approach proved quite effective, efficient, and student responded positively when learning process take place. This is indicated by the results of the study average percentage of student response 99% because greater than 75% and who respond negatively as much as 1% then it can be said positive response
PENGARUH BAKAT NUMERIK DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 LANGSA Masni, Masni
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.772 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.794

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat esensial untuk kehidupan, pekerjaan, pembelajaran dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk dapat mengetahui pengaruh bakat numerik dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan fakta-fakta yang berupa data-data kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa dalam menyelesaikan soal tentang bakat numerik dan kecerdasan logis matematis serta pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The one-group test design, yaitu penelitian dengan melihat perbedaan tes yang diberikan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan total 168 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dengan cara ini diperoleh salah satu di antara kelas tersebut yaitu VIII-1 sebanyak 45 siswa sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan bakat numerik dan tes kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar yang masing-masing berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara kemampuan numerik siswa dan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar dinyatakan melalui persamaan regresi Y = 27,33 + 0,421X1 + 0,134X2 sangat signifikan, berarti terdapat pengaruh antara kemampuan numerik (X1) dan kecerdasan logis matematis siswa (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar (Y).
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA LKS BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMPN 5 LANGSA Rama, Rama
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.648 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik (2) mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah di kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa. Penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. populasi siswa yang berjumlah 221 siswa dan terdiri dari 9 kelas yaitu kelas . Sampel adalah kelas   untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada lembar kerja siswa (LKS). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari Lembar observasi ini digunakan sebagai pedoman untuk memperoleh data apakah pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah sudah berjalan dengan baik atau belum. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah siswa dari kelas  SMP Negeri 5 Langsa yaitu 4 siswa dari kelompok tuntas pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Keempat siswa tersebut kemudian diwawancarai tentang soal pemecahan masalah yang sudah dikerjakan sebelumnya. Sehingga dari hasil jawaban tertulis siswa dan hasil wawancara tersebut didapatkan data kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang tuntas. Aktivitas matematika siswa yang dilakukan siswa dalam pembelajaran berbasis masalah akan membentuk respon siswa. Dalam menyelesaikan masalah matematika, akan lebih bermakna jika siswa mampu mengidentifikasi masalah, melakukan perencanaan pemecahan masalah, serta menyelesaikan masalah secara mandiri. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah empat orang siswa yang tuntas pada tes hasil belajar dikategorikan sangat baik. Hlm ini dikarenakan keempat siswa tersebut dapat melakukan keempat langkah pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali dengan tepat dan benar. Hasil observasi kegiatan guru mencapai 89,95% dengan kriteria baik sekali, sehingga tindakan dikatakan berhasil sedangkan kegiatan siswa mencapai 87,5% dengan kriteria baik sekali, sehingga dikatakan berhasil.
PENGARUH COOPERATIVE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN LANGSA Rosita, Rosita
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.163 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.796

Abstract

Model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) adalah pembelajaran yang mengutamakan kebermaknaan belajar dan efektifivitas dengan cara membuat kerangka kerja-aktivitas secara konseptual kognitif-konstruktivis . Salah satu keunggulan model ini adalah adanya struktur yang jelas dan memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur, selain itu siswa juga bisa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan memiliki banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasiAdapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari  Model Pembelajaran Cooperatif Meaningful Instructional Design (C-MID) Terhadap hasil belajar siswa di MTsN Langsa.  Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-posttest dengan menggunakan pembagian dua kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan pembelajaran  Cooperative Meaning Instructional Design (C -MID) dan kelompok penelitian kontrol tanpa menggunakan pembelajaran Cooperative Meaning Instructional Design (C-MID ). sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VII, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII.5 dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII.6. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh thitung = 2,36 dan  ttabel = 1,67, dan ini berarti thitung ? ttabel ; sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima; yaitu ada Pengaruh  Cooperatif Meaningful Instructional Design (C- MID) Terhadap hasil belajar siswa di MTsN Langsa
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MTsS RAUDHATUN NAJAH LANGSA Saprizal, Saprizal
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.82 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.797

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pemanfaatan media audio visual berbasis Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di MTsS Raudhatun Najah Langsa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan dengan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian ini menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Raudhatun Najah Langsa yang berjumlah 96 siswa, sampel dalam penelitian ini dipilih secara random sampling, maka didapat kelas eksperimen adalah kelas VII.a berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VII.b berjumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Teknik pengumpulan data mengunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan pada taraf signifikan  dan dk = (n1 + n2 ? 2) = (31 +31 ? 2) = 60 dengan kriteria tabel  thitnugtabel sehingga diperoleh -2,00  5,99 2,00 sehingga H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  pemanfaatan media audio visual berbasis Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di MTsS Raudhatun Najah Langsa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LANGSA Suryani, Suryani; Iqbal, Iqbal
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.211 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran  Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Langsa pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Dari hasil pengembilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling cara acak kelas, diperoleh kelas VII-7 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-6 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi dengan taraf ( = 0,05 dan dk = ( n1 +n2 ? 2 ). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa thitung = 3,168 dan nilai ttabel = 2,732. Karena thitung > ttabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ho ditolak dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Laps-Heuristik sangat efektif dalam masalah?masalah yang terdapat di materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Langsa.
IDENTIFIKASI UPAYA GURU MENYEDIAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 MANYAK PAYED Sari, Dewi Puspita; Faisal, Faisal
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.5 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.799

Abstract

Pemakaian media  pembelajaran  dalam  proses  pembelajaran dapat      membangkitkan keinginan yang baru, membangkitkan kegiatan belajar dan            bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Pengguna media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran dan akan sangat membantu         keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran pada           proses belajar mengajar berlangsung. Untuk itu para guru dituntut untuk dapat menyediakan media pembelajaran yang cocok dengan materi pembelajaran pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Upaya apa saja yang dilakukan guru SMA Negeri 1 Manyak Payed dalam menyediakan media pembeljaran matematika?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan guru SMA Negeri 1 Manyak Payed dalam menyediakan media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek yang diteliti adalah guru bidang studi matematika SMA Negeri 1 Manyak Payed yang terdiri dari 5 orang guru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah identifikasi upaya guru dalam menyediakan media pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.  Berdasrakan wawancara dan observasi yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil bahwa guru-guru matematika SMA Negeri 1 Manyak Payed telah berupaya semaksimal mungkin dalam pengadaan media pembelajaran matematika dalam proses kegiatan belajar mengajar, seperti memanfaatkan barang sekitar dan lingkungan sekitar, membeli media pembelajaran jika memungkinkan, menciptakan sendiri media pembelajaran, melakukan pencarian melalui internet sampai dengan berkonsultasi dengan teman sejawat (guru-guru matematika) mengenai media pembelajaran apa yang cocok pada materi tertentu.  
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI SMA N 3 LANGSA Novrianti, Egi; Yusaini, Yusaini
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.889 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan media pembelajaran yaitu media Audio Visual berupa video. Media Audio Visual adalah suatu rangkaian gambar elektronis yang disertai oleh unsur suara (audio) maupun unsur gambar (visual) yang saling bersatu membentuk sebuah pesan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan One Grup Pretest-Postest Desain dengan populasinya seluruh siswa kelas X IPA 1 SMA N 3 Langsa sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian terdiri dari 5 butir soalyang telah divalidasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analaisi data yang diperoleh = 24,57 dan  = 1,69 sehingga  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak pada taraf signifikan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ?terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan media audio visual?. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media audio visual ini bahwa mereka suka mengikuti pembelajaran dengan menggunkan media berupa video sehingga lebih mudah memahami materi pembelajaran.
PENGARUH SELF MONITORING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KOTA LANGSA Yanti, Cut; Nuraida, Nuraida; Srimulyati, Srimulyati
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.991 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.801

Abstract

Self monitoring merupakan konsep yang berhubungan dengan konsep pengaturan kesan (impression management) atau konsep pengaturan diri. Self-efficacy merupakan keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mencapai suatu tujuan berdasarkan hasil yang ditentukan. Kemampuan self-efficacy yang dimaksud dalam penelitian ini  adalah keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika ketika menyelesaikan masalah yang diberikan, menjawab pertanyaan, dan memberikan tanggapan. untuk mengetahui pengaruh Self Monitoring terhadap kemampuan self efficacy siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah VIII SMP Negeri 6 Langsa yang sedang aktif belajar pada Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 (enam) kelas yang berjumlah 124 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kelas VIII.4 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes yang berupa angket dan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis data post-test kemampuan self efficacy matematika siswa diperoleh  dan   sehingga . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Self Monitoring terhadap kemampuan self efficacy siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN MANYAK PAYED Syahfitri, Syahfitri
Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.772 KB) | DOI: 10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.802

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed. pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain randomized control group pretest-posttest dengan menggunakan dua kelompok penelitian. Kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran MID dan penelitian kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran MID. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed yang terdiri dari 5 (lima) kelas bejumlah 146 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX B. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh   dan  pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh  yaitu  dan dinyatakan  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dari model pembelajaran meaningful intrutional design (MID) terhadap hasil belajar matematika siswa VIII MTs Negeri Manyak Payed.

Page 1 of 3 | Total Record : 30