cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
ISSN : 20899440     EISSN : 2655223X     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Februari dan Agustus. Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang pendidikan Bimbingan dan Konseling. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis.
Articles 17 Documents
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NUSATAMA PADANG SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING -, Muhazir -
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.595 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi permasalahan kesiapan kerja siswa. Motivasi kerja diduga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) motivasi kerja siswa, (2) kesiapan kerja siswa, dan (3) hubungan motivasi kerja dengan kesiapan kerja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMK Nusatama Padang yang berjumlah 771 siswa. Sampel berjumlah 263 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi sederhana.Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) motivasi kerja siswa secara rata-rata berada pada kategori tinggi, (2) kesiapan kerja siswa secara rata-rata berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kesiapan kerja siswa.
HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017 Christina, Christina Christina; Hts, Dina Hidayani; Erdaini, Juwita
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.104 KB)

Abstract

Harga diri merupakan evaluasi individu terhadap dirinya sendiri baik secara positif atau negatif. Harga diri yang positif akan membangkitkan rasa percaya diri, penghargaan diri, rasa yakin akan kemampuan diri, rasa berguna serta rasa bahwa kehadirannya diperlukan di dunia ini. Sebaliknya, seorang remaja yang memiliki harga diri yang negatif akan cenderung merasa bahwa dirinya tidak mampu dan tidak berharga, cenderung takut menghadapi respon dari orang lain, tidak mampu membina komunikasi yang baik dan cenderung merasa hidupnya tidak bahagia. Berdasarkan rumusan penelitian di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai apakah ada hubungan pola asuh otoriter dengan harga diri siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Binjai. Penelitian ini yaitu penelitian yang memakai angket yang merupakan cara pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan kepadaa responden untuk di isi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa untuk nilai signifikansi (P) antara variabel pola asuh otoriter dengan variabel harga diri siswa sebesar 0,001. Karena P < 0,05, maka hal ini berarti hipotesis penelitian diterima atau terdapat hubungan pola asuh otoriter dengan harga diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Dimana pola asuh otoriter adalah tingkat penilaian yang positif atau negatif yang dihubungkan dengan harga diri seseorang. Harga diri merupakan evaluasi seseorang terhadap dirinya sendiri secara positif dan juga sebaliknya dapat menghargai secara negatif. Sehingga kesimpulan dari penilitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan harga diri siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Binjai tahun ajaran 2016/2017.kata kunci : pola asuh otoriter, harga diri
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KELAS X DAN XI SMK SWASTA MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Jannah, Nur; Batubara, Azizah; Dwinata, Yulinda
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.209 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Layanan  Informasi terhadap Pemahaman Siswa pada Penyalahgunaan Narkoba di Kelas X dan XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Siswa pada Penyalahgunaan Narkoba di Kelas X dan XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbedaan dengan menggunakan rumus uji-t. Sebelum melakukan uji-t tanpa pembelajaran terlebih dahulu menghitung uji nomalitas dan homogenitas varians kedua kelompok sampel dengan tes kemampuan awal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Maju Binjai yang beralamat di Jalan Tengku Amir Hamzah Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara Kode Pos 20746. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran  2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: ada pengaruh layanan informasi dengan pemahaman siswa siswa kelas X dan XI SMK Swasta Maju Binjai tahun pelajaran 2016/2017. Dari tingkat Reliabilitas instrumen penelitian yang dibuat nilai Cronbach's Alpha 0,934 layanan informasi sementara tingkat Reliabilitas Instrumen penelitian yang dibuat nilai Cronbach's Alpha 0,928 pemahaman siswa pada penyalahgunaan narkoba. Perhitungan Adjusted R Square 0,266. Hal ini berarti bahwa Standard Error of the Estimate 7,07839. Apabila variabel layanan informasi tidak ada. Hasil di atas memberikan penjelasan bahwa pemahaman siswa pada penyalahgunaan narkoba siswa meningkat apabila pengaruh layanan informasi lebih baik. kata kunci: layanan informasi, pemahaman siswa, penyalahgunaan narkoba
PENGARUH HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA PBSI STKIP BUDIDAYA BINJAI STAMBUK 2017/2018 -, Nurul Hasanah
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.181 KB)

Abstract

Motivasi berprestasi ialah dorongan dari dalam diri untuk mengatasi segala tantangan dan hambatan dalam upaya mencapai tujuan. Interpersonal secara umum adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan interpersonal terhadap motivasi berprestasi pada  mahasiswa stkip budidaya binjai stambuk 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PBSI stambuk 2017/2018yang berjumlah 60 orang. Sampel yang diambil adalah keseluruhan dari populasi yaitu sebanyak 60 orang mahasiswa dari total keseluruhan populasi. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP Budidaya Binjai. nilai variabel hubungan interpersonal terdistribusi secara normal dengan nilai p > 0,05 (0,061 > 0,05). Dan nilai variabel religiusitas terdistribusi secara normal dengan nilai P  > 0,05 (0,372 > 0,05).  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hubungan interpersonal terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa PBSI, hal ini dibuktikan dengan , hal ini dibuktikan dengan nilai hasil koefisien korelasi yang menunjukan angka 0,330 dengan nilai sig 0,005 dimana p<0,05. Artinya semakin tinggi hubungan interpersonal maka semakin baik motivasi berprestasi pada mahasiswa tersebut. Sebaliknya, semakin rendah hubungan interpersonal maka motivasi berprestasi pada mahasiswa semakin rendah.
MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Ginting, Mulianta; Hasibuan, Ali Daud; Jamil, Arifin
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.608 KB)

Abstract

Pendidikan formal sebagai penyelenggara pendidikan yang  telah diatur dalam undang-undang sistem pendidikan nasional berfungsi sebagai wadah bagi setiap individu Indonesia untuk dapat secara aktif mengembangkan fotensi dirinya untuk memiliki kecerdasan, kemandirian, pengendalian diri, akhlak mulia, dan keterampilan yang berguna bagi dirinya, masarakat bangsa dan negara. Dalam penelitian ini secara subtansi digunakan untuk menguraikan, menggambarkan, menggali serta mendiskripsikan tentang manajemen BK di SMA MELATI  Binjai. Jenis penelitian lapangan adalah (field research) dengan pengamatan dan mencari data secara langsung ke lokasi dan objek yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menempatkan peneliti sebagai instrumen utama dan penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Maksud penilaian adalah segala upaya, tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualitas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan dengan mengacu pada kriteria atau patokan-patokan tertentu sesuai dengan program bimbingan yang dilaksanakan.Kriteria/patokan yang dipakai untuk menilai keberhasilan pelaksanaan program pelayanan bimbingan dan konseling mengacu pada ketercapaian kompetensi, keterpenuhan kebutuhan-kebutuhan siswa dan pihak-pihak yang terkait langsuung maupuan tidak langsung yang berperan membantu siswa memperoleh perubahan secara keseluruhan dan partisipasi ke arah yang lebih baik.Akhirnya, secara keseluruhan pelayanan bimbingan dan konseling, penilaian bertujuan untuk memperoleh umpan balik terhadap keefektifan pelayanan bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan.kata kunci : manajemen, bimbingan dan konseling
PENGARUH BIMBINGANKELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMKS-PP SWASTA PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 MA, Hadi Widodo
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.975 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksankan di SMKS Swasta PP Putra Jaya Stabat tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap konsep diri positif siswa di SMKS Swasta Putra Jaya Stabat.Sampel yang digunakan berjumlah 32 siswa kelas XI yang terbagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan konsep diri sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok pada siswa SMKS Swasta PP Putra Jaya Stabat  yang ditunjukkan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,798 > 2,131) pada signifikansi 5%, Dengan demikian hipotesis yang terdapat pengaruh antara bimbingan kelompok terhadap perkembangan konsep diri positif siswa di SMKS Swasta Putra Jaya Stabat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil postest eksperimen lebih besar daripada postest kontrol. Semakin sering dan aktif dalam melakukan bimbingan kelompok maka semakin meningkat konsep diri positif siswa.
STUDI KASUS SELF ESTEEM PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BROKEN HOME DI SMP DHARMA PATRA P. BRANDAN Afrina, Dewi; Hasanah, Nurul
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BIMBINGAN DAN KONSELING
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.247 KB)

Abstract

Harga diri (self-esteem) merupakan bagian penting yaitu salah satu masalah dalam kehidupan yang dianggap paling berat adalah masalah yang terjadi dalam keluarga. Remaja ini mempunyai harga diri yang tinggi karena akan bisa meningkatkan prestasi, memiliki kepuasan terhadap aktifitas yang dilakukan, berani menghadapi tantangan dalam hidup. Kondisi ini, menimbulkan dampak yang sangat besar bagi remaja yang dalam proses perkembangannya merupakan saat-saat pembentukan karakter dan kepribadian, terutama untuk kehidupannya di masa yang akan datang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran studi kasus self esteem pada remaja yang orang tuanya Broken home serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pencapaian studi kasus self esteem pada remaja yang orang tuanya broken home.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif berbentuk studi kasus.Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja laki-laki berusia 14 tahun dan mengalami broken home sebanyak satu orang.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa subjek memilikiRemaja yang memiliki harga diri tinggi merupakan sebagai perasaan yang positif terhadap diri sendiri, termasuk cenderung lebih efektif, aktif dan asertif dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan.Hal ini juga didukung oleh faktor-faktordari dalam diri dan dari luar diri subjek yang mempengaruhi subjek untuk menjadi seorang yangmempunyai self esteem. Faktor-faktor dari luar diri subjek antara lain hubungan sosial yang baik antara subjek dengan orangtua dan lingkungan sekitarnya, mendapatkan dukungan yang positif dari orang-orang disekitarnya, sedangkan faktor dari dalam diri subjek yaitu memiliki perasaan dicintai dan mampu untuk mencintai orang lain, menjalin hubungan baru, dan mampu berempati.Subjek juga memiliki keyakinan dan harapan yang besarakan kehidupannya di masa yang akan datang, sehingga mampu bangkit dari kondisi sulit dan pengalaman emosional negatif yang dialaminya.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017 Sitohang, Flora; Tumiyem, Tumiyem Tumiyem; Erdaini, Juwita
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.123 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media film terhaap kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Manfaat dari penelitian ini sebagai informasi ilmiah yang dapat digunakan sebagai upaya untuk menambah khasanah dan pengembangan wacana pendidikan yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling pada umumnya, dan menambah kajian bagi psikologi tentang pengaruh laynan informasi menggunakan media film terhadap kepercayaan diri.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela XI SMA N 1 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017.Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa (populasi) yang berjumlah 80 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket layanan informasi menggunkan media film dan angket kepercayan diri siswa yang masing-masing berjumlah 6 item soal yang sebelumnya telah diuji coba sehingga bias digunakan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji asosiatif (pengeruh) dengan rumus korelasi product moment untuk mengetahui signifikaannya dilanjutkan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh data Variabel X dengan Mean= 16.80, SD= 4.300 dengan N=80 orang siswa dan Variabel Y dengan Mean=17.00, SD=4.314 dengan N=80 orang siswa. Dengan hasil penelitian perhitungan nalisis, hasil t hitung = 17,27 dengan taraf signifikan nyata ? = 0,05 dan dk yaitu n = 80-2 = 78. Kemudian dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel jika t hitung> t tabel , dengan ketentuan nilai t tabel = 1,98 , jadi dapat dilihat bahwa 17,27 > 1,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan informasi menggunakan media film terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Diharapkan untuk peneliti yang akan selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah percaya diri dengan kondisi subjek yang berbeda, namun menggunakan layanan dan teknik yang sama tetapi dengan masalah yang berbeda dalam melaksanakan penelitian berikutnya.kata kunci : layanan informasi, kepercayaan diri
Bimbingan Kelompok, Konsep diri positif -, Tumiyem -
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.966 KB)

Abstract

Permasalahan  yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang hubungan profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa di kelas X SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa kelas X SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas X yang berjumlah 353 orang siswa yang tersebar dalam  10 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 orang siswa yang terdapat dalam satu kelas. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional. Alasan peneliti menggunakan korelasional dalam penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara kedua variabel. Dalam penelitian diajukanlah hipotesis penelitian sebagai berikut: Ada hubungan antara profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa kelas X SMK Negeri 1 Binjai  tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil perhitungan  sebesar 0,734 sedangkan pada  pada taraf 5% sebesar 0,334. Dapat disimpulkan bahwa nilai  >   sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada hubungan antara profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa kelas X SMK Negeri 1 Binjai tahun pelajaran 2017/2018.
PENGARUH ANTARA PERSEPSI POLA ASUH DEMOKATRIS ORANG TUA TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS XI TKJ SMK SWASTA SRI WAMPU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Antika, Nurlima; Hasanah, Nurul
Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI BIMBINGAN DAN KONSELING
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.927 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara pola asuh demokratis orang tua terhadap religiusitas siswa kela XI TKJ Smk Swasta Sri Wampu Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Swasta Sri Wampu Kab. Langkat Tahun 2018. Untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menguji kebenaran atau kesalahan hipotesis, maka alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah Kuesioner atau Angket sebanyak 66 pernyataan yang terdiri dari 31 pernyataan untuk variabel Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan 35 untuk variabel Religiusitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Smk Swasta Sri Wampu sebanyak 150 siswa. Dan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ SMK Swasta Sri Wampu. Dan dalam penelitian ini rumus yang digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh antara persepsi pola asuh demokratis orang tua terhadap religiusitas siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Sri Wampu Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah menggunakan SPSS 20.0. Setelah data yang sebenarnya diperoleh di analisis dengan menggunakan SPSS 20.0 maka didapat P < 0,05.

Page 1 of 2 | Total Record : 17