cover
Contact Name
Tin budi Utami
Contact Email
Tinbudiutami@mercubuana.ac.id
Phone
+628151860196
Journal Mail Official
Tinbudiutami@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
ISSN : 2548740X     EISSN : 26211491     DOI : https://dx.doi.org/10.22441/jitkom
Ilmu Teknik Ilmu komputer komputasi mekanik control dan system engineering industrial dan manufacturing engineer civil engineer, building, construction dan architecture electrical dan electronics engineering
Articles 49 Documents
ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI GRAPHSAPP UNTUK MANAJEMEN ORDER JASA FOTOGRAFI (STUDI KASUS: ARIES PANGESTU PHOTOGRPAHY) Aris, Afhiv
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.925 KB)

Abstract

Aries Pangestu Photography merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang jasa fotografi, wedding dan prewedding sejak 2008. Seiring berjalannya waktu, pesanan jasa yang diterima Aries Pangestu Photography semakin meningkat, sehingga terjadinya antrian daftar editing yang banyak dan kurangnya kontrol kepala editor dalam membagikan pekerjaan kepada tim editor. Dalam pembagian jadwal tim lapangan (fotografer, videografer dan kru) masih diinput secara manual yaitu jadwal ditulis diatas kertas dan disimpan dalam lemari arsip sehingga tim marketing yang sedang meeting diluar dengan pelanggan untuk menentukan tanggal harus menghubungi pihak kantor. Dari permasalahan tersebut dibutuhkannya sistem informasi manajemen order yang berkaitan dengan penjadwalan, status order, pembagian pekerjaan serta laporan yang berhubungan dengan proses bisnis, maka akan dilakukannya analisa dan perancangan sistem informasi manajemen order berbasis web dengan metode prototype untuk pengembangan sistem dan Unifield Modeling Language (UML) untuk menggambarkan rancangan sistemnya.
KAJIAN KEBERAGAMAN ACTIVITY SUPPORT DI SEKITAR KAMPUS D UNIVERSITAS MERCU BUANA Putra, Gentina Pratama
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan sebuah pusat kegiatan akan mendorong pertumbuhan kegiatan-kegiatan pendukung lain. Pola yang sama dapat ditemui pula disekitar Kampus D1 dan D2 Mercu Buan. Namun, karena keberagaman aktifitasnya, activity support yang tumbuh saat ini menjadi menarik untuk dikaji lebih lanjut apakah kegiatan-kegiatan pendukung ini terbentuk karena keberadaan Kampus D1 Mercubuana, ataukah mereka bertumbuh untuk mendukung permukiman dan perumahan di sekitarnya, ataukah keduanya. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengkaji teori-teori Activity Support yang sudah ada untuk mengidentifikasi activity support di sekitar Kampus D1 dan D2 Mercubuana, kususnya ruas jalan Rawa Dolar. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa keberadaan activity support di jalan Rawa Dolar yang semakin lama semakin berkembang memang dipengaruhi dengan keberadaan kampus D Mercubuana, baik kampus lama maupun kampus baru.Kata kunci: Activity Support, Kampus, Universitas Mercu Buana
Sistem Informasi Mobile Kosan Berbasis Android wibowo, amirudin
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The increasing number of residents coming from outside Jabodetabek has resulted in increased activity in the Jabodetabek area. Generally newcomers are reluctant to have permanent housing but prefer semi-permanent buildings such as boarding houses, so that newcomers make boarding houses a flexible place to live. What must be considered in the selection of boarding houses in addition to the available prices and facilities is also because if newcomers want to find a boarding house must see the distance so they can estimate how much time the boarding house goes to the intended place such as campus or office harmed as well as environmental conditions so as to create a comfortable and peaceful atmosphere. Newcomers must be able to socialize with local residents so that harmony can be maintained, for example following a mutual cooperation activity held once a month to strengthen the relationship. One that makes it easier for newcomers to find a boarding house is to make a mobile android based application considering that it is quite fast in this modern era, the access can easily be done anywhere and whenever needed. The information needed is the name of the owner of the boarding house, room data. facilities, location and price..
PERBAIKAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN GUGUS KENDALI MUTU Kartika, Hayu
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gugus Kendali Mutu adalah salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalamproses peningkatan kualitas atau mutu. Kualitas sendiri merupakan salah satu karakteristik dari suatu produk atau jasa yang ditentukan oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengurangi produk cacat printing padakemasan plastik mie instan yang menyebabkan timbulnya pemborosan material plastik. Cacat terbesar pada penelitian ini adalah cacat baret, ditemukan lima masalah yang menyebabkan cacat yaitu: ink pan kotor, suhu tinta tidak stabil, tidak ada standar penggunaan doctor blade, tinta eks tidak standar, dan banyaknya kotoran di Doctor Blade yang ikut bersikulasi. Penelitian ini menargetkan penurunan cacat sebesar 70 persen, dari hasil perbaikan yang dilakukan target terpenuhi lebih dari 70 persen yaitu sebesar 78 persen melebihi dari ekspektasi target awal yang di tetapkan dan perbaikan kualitas menjadi terpenuhi.
APLIKASI BUDAYA BETAWI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT (KITE BETAWI) Firmanto, Muhamad Ageng
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini menjelsakan tentang pembuatan aplikasi budaya betawi yang di tujukan untuk anak sekolah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui smartphone berbasis android. Pembuatan aplikasi budaya betawi ini menggunakan algoritma Knuth Morris Pratt dan memakai metode waterfall serta software yang di gunakan adalah android studio. Aplikasi ini menampilkan beberapa konten kategori yang berhubungan dengan budaya betawi, di antaranya yaitu : sejarah, rumah adat, tarian adat, lagu,, makanan, minuman.dan leh-oleh. Aplikasi ini di lengkapi dengan kolom komentar untuk berbagi informasi tentang apa saja yang ingin di ceritakan  atau di komentari. Aplikasi ini juga menyediakan kolom pencarian guna mempermudah dalam mencari informasi apa yang ingin di cari. Berdasarkan pada hasil uji coba , aplikasi ini dapat berjalan  dengan sangat baik dalam perangkat android.
APLIKASI WEB BERBASIS ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR UNTUK MENENTUKAN KLASIFIKASI BARANG STUDI KASUS: PERUM PERURI Pangestu, Rama Aji
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penentuan nomor identifikasi dan nama barang berdasarkan kategori yang telah ada menjadi sangat rumit ketikasudah terdapat lebih dari ratusan kategori dan jenisnya. selama ini pengguna hanya dapat menebak nomoridentifikasi kategori dan jenisnya dengan cara melihat tetangga terdekat secara manual di dalam databaseberdasarkan nama barang baru tersebut. Maka dari itu dibuat aplikasi berbasis web ini dengan menggunakanbahasa pemrograman PHP. Dimana proses untuk menentukan penomoran barang baru serta kategorinyamenggunakan pendekatan pembelajaran data dan data mining dengan algoritma K-nearest neighbor.Berdasarkan penelitian dan pengujian, aplikasi ini dapat menghasilkan efesiensi waktu yang cukup baik.Pengguna akan mendapatkan saran kode barang baru hanya dalam waktu 1 menit.Kata Kunci: Kode barang, K-Nearest Neighbor, Aplikasi saran, PHP 
PERANCANGAN APLIKASI PEMESANAN RUANG MEETING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA GRAPH COLORING PADA PT. JAC Sekarini, Dyah Ayu
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada masa perkembangan teknologi yang pesat saat ini , berbagai bidang perusahaan mulai memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengembangkan perusahaanya, pertemuan dengan clientpun dapat di atur dengan dengan memanfaatkan aplikasi pemesanan ruang meeting, sehingga perusahaan dapat mengatur jadwal meeting dengan kesepakatan yang sudah di setujui bersama client. Pada PT. JAC  untuk memesan ruang meeting masih menggunakan formulir yang di tulis menggunakan bolpoin , dan tidak ada pengaturan jadwal yang rutin bagi setiap divisi yang ada, dimana permasalahan ini muncul ketika ruang meeting penuh dan tidak adanya penjadwalan tetap bagi divisi yang akan meeting setiap minggunya, dalam mengatasi masalah diatas dengan mengatur pemesanan dan penjadwalan ruang meeting menggunakan sebuah aplikasi di harapkan penggunaan ruang meeting menjadi  efisien bagi setiap divisi dan staff di PT. JAC, Algoritma yang di gunakan untuk mengatur penjadwalan meeting rutin pada setiap divisi menggunakan algoritma color graph untuk menghindari terjadinya pemakaian yang bersamaan. Hasil dari aplikasi ini adalah untuk mengurangi waktu untuk memesan dan menentukan jadwal ruang meeting yang tersedia dan juga terbatas.
ANALISA PERBANDINGAN ENHANCED LINKED MODE DENGAN METRO STORAGE CLUSTER Robiull, Hardyanto
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tuntutan efisiensi dan High Availability (HA) pada sebuah virtual data center sebuah perusahaan sangatlah penting, salah satu produk solusi VMware yang menawarkan peningkatan HA adalah vSphere Metro Storage Cluster (vMSC) yang adalah sebuah solusi bersertifikasi vSphere yang menggabungkan replikasi dengan pengelompokan berbasis array. Selain itu terdapat solusi serupa yaitu Enhanced Linked Mode (ELM) yang mana digunakan untuk menghubungkan beberapa sistem Server vCenter bersama-sama dengan menggunakan satu atau beberapa Platform Services Controllers (PSC). Perbandingan keduanya dilakukan dengan menyesuaikan topologi yang adaDari perbandingan kedua solusi VMware tersebut, didapati keduanya mengalami down-time selama 2 detik ketika dilakukannya switchover. Keduanya pun meningkatkan dukungan HA yang baik namun secara konfigurasi ELM lebih unggul dikarenakan memiliki konfigurasi minimum. Hal tersebut menjadikan ELM lebih unggul karena mempermudah penembangan dalam menyesuaikan dengan topologi exsisting.
Pengaruh Desain Universal dan Usabilitas pada Fasilitas Publik di Perguruan Tinggi bagi Penyandang Disabilitas Harahap, Rachmita Maun
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Interioritas bukan sekedar ilmu rancang ruang dalam yang memenuhi kebutuhan fungsi dan estetika semata. Kedua hal tersebut memang menjadi ?tugas? utama dalam desain interior. Setiap bangunan dirancang dan dibangun untuk memenuhi fungsi tertentu. Hotel, apartemen, dan rumah tinggal misalnya, berfungsi sebagai sarana akomodasi. Restaurant berfungsi sebagai bangunan komersial yang memenuhi kebutuhan pangan. Sebuah bangunan publik harus dapat diakses dan digunakan oleh berbagai kebutuhan yang berbeda. Bangunan-bangunan ini harus mampu diakses oleh mereka yang dapat melihat maupun tidak atau tuna netra, mereka yang mampu berjalan maupun pengguna kursi roda atau tuna daksa, serta mereka yang mampu mendengar maupun tidak atgau rungu. Paper ini merupakan sebuah kajian teoritis dan penerapan desain universal yang aksesibel  pada bangunan publik yang berfungsi sebagai universitas. Studi kasus yang diambil dalam penelitian ini adalah Universitas Mercu Buana di Jakarta Barat dan  Universitas Daedu di Daegu-Korea Selatan.  Penelitian dilakukan dengan mengaji desain universal pada kedua universitas tersebut dengan mempertimbangkan dua parameter, yaitu desain universal dan desain usabilitas, dengan melakukan studi literatur dan wawancara terhadap pengguna (user). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, universitas-, universitas di Daegu telah menjadikan faktor desain universal dan usabilitas sebagai bagian penting dalam desain, sedangkan kampus  Universitas Mercu Buana di Jakarta Barat belum sepenuhnya menjadikan kedua faktor tersebut sebagai bagian dalam desain, dengan banyaknya fasilitas yang tidak dapat diakses dan digunakan dengan baik secara universal.
APLIKASI PERAN DAN KEGUNAAN TEKNOLOGI NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) TERHADAP KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PERGURUAN TINGGI Rifqi, Muhammad; Wardhani, Nia Kusuma
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini banyak sekali device terutama smartphone terpasang fitur NFC, sayangnya tidak semua pengguna mengetahui manfaat dan fungsi dari NFC itu sendirri. NFC (Near Field Communication) adalah perangkat standard yang memungkin smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika di dekatkan. NFC bekerja seperti RFID, NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek dari RFID. Dengan metode sama halnya seperti RFID bahkan lebih unggul karena jarak yang dibutuhkan lebih dekat dengan sumber tidak halnya RFID menjadikan teknologi ini jauh lebih aman. Hasil yang diharapkan dengan pemanfaatan teknologi NFC dalam penelitian ini memudahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan juga dosen pengampu dalam memberikan materi perkuliahan walaupun jaringan internet sedang off.