cover
Contact Name
Dinda Rakhma Fitriani
Contact Email
mediakom@gunadarma.ac.id
Phone
+622178881112 ext. 516
Journal Mail Official
mediakom@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100, Depok, Jawa Barat
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 25979841     EISSN : 2686469X     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/mkm
Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas Gunadarma
Articles 43 Documents
KONSTRUKSI CITRA KAUM BANGSAWAN: SEBUAH STUDI KOMUNIKASI POLITIK PADA BANGSAWAN KERATON CIREBON Utomo, Ficky
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.329 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Cirebon, dengan objek penelitian politisi dari kalangan bangsawan Keraton Kasepuhan dan Kanoman Cirebon. Peneliti ingin mengetahui tujuan mereka berpolitik, pencitraan, serta komunikasi politik yang mereka lakukan. Terakhir, peneliti ingin mengetahui pendapat opinion leader dalam hal ini Ketua Kecamatan Lemah Wungkuk dan Pejabat Kelurahan Kasepuhan Cirebon tentang politisi dari kalangan bangsawan keraton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tradisi fenomenologi. Proses dan teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, dengan mewawancarai 6 narasumber terpercaya yang terkait langsung dengan fenomena yang peneliti angkat Berdasarkan penelitian ini, hasil yang didapatkan adalah, kaum bangsawan Keraton Kasepuhan dan Kanoman melakukan pencitraan dengan menggunakan simbol keningratan keraton, dan masyarakat pemilih tradisional masih terpengaruh dengan pencitraan politik mereka. Mereka melakukan gerakan politik, dan mengintensifkan komunikasi politik kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengembalikan hak-hak berkuasanya wargi dalem keraton dan hak-hak keraton yang lainnya seperti tanah, pajak dan lain-lainnya ketika nanti mereka berkuasa. Gerakan-gerakan berpolitik para bangsawan ini, dilakukan agar kepentingan-kepentingan keraton dan sultan dapat terwakili oleh wargi-wargi keraton kepercayaan sultan yang beliau perintahkan untuk berpolitik mewakili sultan untuk sementara waktu. Saran dari hasil penelitian untuk para politisi dari kalangan bangsawan agar mempersiapkan segalanya sebelum berpolitik, jangan hanya mengandalkan kebangsawanannya, dan untuk masyarakat agar bisa lebih cerdas dan kritis dalam memilih calon pemimpinnya.
MEDIA SOSIAL DAN PERUBAHAN PERILAKU BAHASA Wulandari, Septiana
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.218 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2018.v2i1.1890

Abstract

Media sosial mempunyai pengaruh terhadap individu, yang menjadi permasalahannya adalah seberapa besar dan kuatkah pengaruh media pada individu, hal ini dapat dilihat dari bagaimana kemampuan individu dalam menggunakan media sosial termasuk dalam mengutarakan pendapat atau gagasan dalam pikirannya. Kebebasan dalam interaksi di media sosial memberi kesempatan bagi pengguna untuk memberikan umpan balik (feedback) terhadap apa yang diberikan dalam bentuk comment, like, dan sebagainya. Pengaruh yang di dapat dari media sosial tidak hanya pada tingkat kognitif saja tetapi sampai pada tingkat perilaku, termasuk pada perilaku bahasa. Perkembangan perilaku bahasa pada individu di era informasi kuat dipengaruhi oleh bagaimana lingkup interaksi yang biasa dilakukan, salah satunya adalah interaksi individu dalam dunia virtual yaitu di jejaring media sosial.
PENGARUH REVIEW PRODUK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP TRUST DAN MINAT BELI: STUDI KASUS REVIEW FLOW FUSHI ION DE CUSHION OLEH ALLYSSA HAWADI MELALUI INSTAGRAM Nabila, Sheila Mariah
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.115 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2019.v3i1.2232

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh review produk dan brand awareness terhadap trust dan minat beli pada studi kasus review flow fushi ion de cushion yang dilakukan oleh Allyssa Hawadi melalui instagram. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada followers instagram Allyssa Hawadi sebagai sampel, dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software LISREL 8.70. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa review produk, brand awareness dan trust adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan minat beli pelanggan, dimana untuk faktor hasil review berpengaruh terhadap trust tapi tidak mempengaruhi minat beli. Sedangkan brand awareness tidak mempengaruhi trust, namun kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap minat beli. Sehingga sebaiknya gambar dan kelengkapan detil pada review, kesadaran pada merek, dan kejujuran dalam review perlu ditingkatkan kembali.
KOMUNIKASI BENCANA SEBAGAI SEBUAH SISTEM PENANGANAN BENCANA DI INDONESIA K, Fetty Arisandi; Uman, Choirul
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.795 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2019.v3i1.1980

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis komunikasi bencana yang terjadi dalam proses manajemen bencana. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, untuk pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi literatur dari jurnal-jurnal dan berbagai sumber referensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa komunikasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari penanganan bencana. Manajemen bencana seharusnya mencakup komponen mitigation, preparedness, response dan recovery, selain itu terdapat aspek penting yang perlu menjadi perhatian yaitu informasi, koordinasi dan kerjasama. Sistem komunikasi yang perlu dilakukan dalam penanganan bencana adalah sebelum, saat terjadi dan sesudah bencana atau tahap pemulihan. Proses tersebut dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah sebagai pusat koordinasi dan informasi, pihak swasta, LSM atau Organisasi sejenis beeguna sebagai pendukung pemerintah kemudian media sebagai pihak yang membantu pemerintah dalam mengatur arus informasi dan masyarakat sebagai pihak yang melaksanakan sistem yang dibuat.
DOMINASI KAPITALISME DALAM PRODUKSI KONTEN BERITA SURAT KABAR LAMPU HIJAU Susanto, Leo
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.569 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membongkar dominasi kapitalisme dalam produksi konten berita di surat kabar Lampu Hijau. Sebagai salah satu bentuk jurnalisme kuning di Indonesia, Lampu Hijau sarat dengan kepentingan kapitalis dalam akumulasi modal. Teknik wawancara mendalam dan studi literatur digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan dominasi kapitalisme dalam produksi konten berita Lampu Hijau dilakukan oleh pemilik media dan pengiklan yang saling berkaitan. Dominasi tersebut nampak dalam mekanisme kerja jurnalis Lampu Hijau. Pertama, jurnalis diharuskan menulis berita seputar seks, kriminal dan unik yang bersifat dangkal. Kedua, penumpulan daya nalar kritis jurnalis dengan mekanisme kerja yang mengharuskan menulis konten berita yang tidak berbobot. Ketiga, penulisan konten berita yang tidak boleh kontraproduktif dengan pengiklan apa pun alasannya. Target pendapatan media menjadi motivasi untuk mendorong jurnalis agar mendapatkan pengiklan sebanyak mungkin. Hal ini dilakukan tanpa mempertimbangkan kualitas konten berita yang diproduksi bagi masyarakat.
KONTRUKSI REALITAS SOSIAL PEREMPUAN TENTANG GENDER DALAM PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK ANAK TERHADAP PEMAHAMAN GENDER Alfirahmi, Alfirahmi; Ekasari, Retno
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.063 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2018.v2i2.1896

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang konstruksi realitas sosial perempuan tentang gender dalam membentuk karakteristik anak. Pemahaman perempuan mengenai gender menjadi hal mendasar bagi proses pendidikan dan penanaman nilai kepada anak. Ketika perempuan berbicara persamaan gender, harus dilandasi pemahaman gender, karena menjadi rancu ketika perempuan membahas tentang gender, tetapi pemahaman tentang gender tidak ada. Jika perempuan yang tidak paham gender menjadi pendidik dalam keluarga, akan bias nilai yang didapat anak ketika anak terjun dalam publik atau berada dalam ranah domestik (rumah tangga), maka nilai gender yang tidak sama ditanamkan kepada anak akan menjadi pemahaman dan berdampak kepada kebijakan anak dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kontruksi realitas sosial perempuan tentang gender dalam pembentukan karakteristik anak.
POTENSI KULINER PEMPEK DALAM MEMBANGUN IKON KOTA PALEMBANG Ningrum, Dyaloka Puspita; Arrianie, Lely
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.46 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2019.v3i2.2245

Abstract

Kegiatan pariwisata menjadi tombak dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di suatu daerah. Wisata kuliner pempek Palembang dijadikan sebagai bisnis kreatif yang turut berkontribusi dalam membangun identitas daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pempek sebagai wisata kuliner unggulan di industri 4.0 berdasarkan analisis SWOT yang dianggap dapat melihat berbagai macam fenomena yang ada dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari penjual pempek Palembang dan para wisatawan. Sedangkan data sekunder didapatkan melalui media online seperti facebook, instagram dan shopee id. Kuliner pempek sebagai produk lokal menjadi kebutuhan pangan wisatawan yang datang ke kota Palembang karena didukung juga dengan sarana prasarana daerah yang sangat baik. Di era digital saat ini, wisata kuliner pempek makin terus eksis dan mampu memperkenalkan Kota Palembang bahkan ditingkat global. Meningkatnya pemasaran produk pempek diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada khalayak dimanapun mereka berada untuk terus menikmati makanan tradisional tersebut ditengah tantangan budaya asing yang masuk di negeri ini.
LITERASI MEDIA DAN PENANGKALAN HOAX (STUDI FENOMENOLOGI VAKSIN CAMPAK RUBELLA) Ohorella, Noviawan Rasyid; Putra, Aldo Aditya; Palupi, Kris Widya; Fitriani, Dinda Rakhma
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.46 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2018.v2i1.1891

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar tujuan untuk mengetahui seberapa pahamnya masyarakat terhadap dampak virus campak rubella yang dimaksud. Dengan melakukan metode fenomenologi, peneliti berusaha mengungkapkan dan juga menganalisa bagaimana para pihak terkait dalam menjamin kesuksesan vaksinasi campak rubella yang sarat akan krisis baik melalui berita hoax maupun kurangnya pendekatan pehaman kepada Masyarakat (sosialisasi). Fenomenologi menggambarkan bahwa banyak sekali kekurangan yang didapat sehingga menimbulkan persepsi masyarakat yang pro maupun kontra terhadap vaksinasi, padahal kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama Kementerian Kesehatan Indonesia dengan The Global Measles and Rubella Strategic Plan 2012 ? 2020 untuk menuntaskan permasalahan yang ada di Indonesia. Semuanya berkaitan dengan bagaimana peningkatan literasi media dalam persepsi masyarakat dan meminimalisir berita hoax yang berkembang pesat tanpa ada dasar acuan dalam informasi yang disampaikan. Vaksinasi campak rubella adalah bagian dari strategi kampanye kesehatan dan wajib bagi masyarakat namun terkendala dengan pemberitaan hoax yang seakan memberikan kabar menyimpang sehingga timbul ketidakpercayaan masyarakat terhadap vaksinasi bersangkutan. 
HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PEMBICARA KEGIATAN SOSIALISASI KEPEMILUAN OLEH KPU KOTA BANDUNG DENGAN SIKAP PEMILIH DISABILITAS TERHADAP PILKADA SERENTAK 2018 Purnama, Pandu Dwita; Bakti, Iriana; Yustikasari, Yustikasari
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.557 KB) | DOI: 10.35760/mkm.2019.v3i2.2335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara kredibilitas pembicara kegiatan sosialisasi kepemiluan dengan sikap pemilih disabilitas terhadap pilkada serentak 2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teori yang digunakan adalah Source Credibility Theory yang dikemukakan oleh Hovland. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Sementara itu, untuk mengumpulkan data, penulis melakukan penyebaran angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara kredibilitas pembicara kegiatan sosialisasi kepemiluan dengan sikap pemilih disabilitas terhadap pilkada serentak 2018.
MEMBACA BUDAYA POLITIK INDONESIA DENGAN KOMUNIKASI BERASA Fatimah, Afiati; Choiriyati, Wahyu
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.711 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan menelaah sistem demokrasi yang sesuai bagi proses komunikasi politik (political communication) di Indonesia, yang dapat dipahami sekaligus dibaca menurut berbagai cara. Ketika membaca komunikasi politik di Indonesia, tidak bisa dilepaskan dengan situasi sejarah sistem politik Indonesia sendiri. Mulai dari masa proklamasi hingga sekarang. Dalam kajian artikel ini, penulis ingin menyampaikan Model ?Komunikasi Berasa? atau lebih dikenal dengan Experientially Meaningful Communication, sebuah pendekatan dalam membaca dan memahami proses komunikasi politik di Indonesia melalui sinergi penyampaian dan pembuktian pesan melalui pengalaman khalayak terhadap makna pesan yang disampaikan oleh agen, rhetor atau aktor komunikasi politik. Manakala publik sudah pada titik desintisasi atau tumpul dan tidak peka terhadap pesan politik, maka melalui teknik komunikasi berasa publik diajarkan untuk memaknai keberasaan sebuah pesan politik dari berbagai dimensi sensorik komunikasi. Diharapkan publik tidak lagi apatis terhadap kondisi politik, apolitik atau bersikap golongan putih (golput) terhadap keputusan politik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi sensor keberasaan yang hendaknya dikembangkan pada publik meliputi: keberasaan inderawi, keberasaan emosional, keberasaan rasional, keberasaan relevansional, keberasaan benefisial dan keberasaan sosial.