cover
Contact Name
Dr. Mohammad Budiyanto, M.Pd
Contact Email
jppipa@unesa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jppipa@unesa.ac.id
Editorial Address
C12 Building, 1st floor, Science Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA
ISSN : 25277537     EISSN : 25492209     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jppipa.v4n1
JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA) is a scientific journal that is managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya and published by Universitas Negeri Surabaya in collaboration with Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII). JPPIPA is published periodically (twice a year) in June and December.
Articles 52 Documents
PENINGKATAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN ENERGI DAN PERUBAHANNNYA BERMUATAN ETNOSAINS PADA PENGASAPAN IKAN Perwitasari, Titis; Sudarmin, Sudarmin; Linuwih, Suharto
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v1n2.p62-70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran konsep energi dan perubahannya bermuatan etnosains pengasapan ikan yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan Quasi experiment dengan pretest-posttest control group design untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran bermuatan etnosains pada pokok bahasan energi dan perubahannya terhadap literasi sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Demak tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara proses pengasapan ikan dan tes literasi sains dalam bentuk soal esai. Hasil penerapan pembelajaran konsep energi dan perubahannya bermuatan etnosains dan perangkat pembelajarannya diperoleh peningkatan literasi sains berdasarkan nilai N-gin pada kelas kontrol sebesar 0,164 (kategori rendah), sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,443 (kategori sedang). Analisis dengan uji t berdasarkan hasil pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,670 > 0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest kedua kelas, sedangkan nilai posttest antar kelas diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan ada perbedaan yang signifikan nilai posttest kedua kelas. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konsep energi dan perubahannya bermuatan etnosains pengasapan ikan dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa.
PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP PERUBAHAN JENIS REPRESENTASI SISWA susilo, susilo
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v2n1.p11-18

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan representasi siswa pada materi optik setelah pembelajaran dengan multirepresentasi berbantuan multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan jenis dan kualitas representasi. Persentase siswa yang membuat representasi dengan tiga model berubah dari 3,5% menjadi 47,4%.
PENERAPAN SISTEM POIN KEHADIRAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA MATA KULIAH MANAJEMEN SAINS Masruroh, Masruroh
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 3, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v3n2.p45-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan sistem poin kehadiran untuk menanamkan karakter disiplin mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sains. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan desain one group pre test post test. Data diambil dari 106 mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil mata kuliah Manajemen Sains yang terbagi dalam 4 kelas. Data didapatkan melalui observasi dengan instrumen lembar pengamatan kehadiran mahasiswa. Karakter disiplin mahasiswa dinilai berdasarkan persentase mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 30 menit selama perkuliahan. Pengamatan dilakukan selama satu semester. Semakin kecil persentase mahasiswa yang datang terlambat, semakin baik karakter disiplin tertanam. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem poin kehadiran untuk menanamkan karakter disiplin mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sains. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan thitung sebesar 3,89 dan ttabel untuk n = 4 dan ? = 0,05 sebesar 2,35. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem poin kehadiran efektif untuk menanamkan karakter disiplin mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sains.Kata Kunci : poin kehadiran,karakter, disiplin.
PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERORIENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP Sudibyo, Elok; Nurita, Tutut; Fauziah, An Nuril Maulida
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 3, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v3n1.p21-26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa SMP setelah menggunakan lembar kerja berorientasi pendekatan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan hasil keterampilan proses sains yang dilatihkan pada siswa SMP Al Falah Ketintang Surabaya dan siswa SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo dengan menggunakan Lembar Kerja yang berorientasi pendekatan keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan Lembar Kerja yang berorientasi pendekatan keterampilan proses.Kata Kunci : lembar kerja siswa, keterampilan proses sains
INCREASING CREATIVE THINKING SKILLS AND UNDERSTANDING OF PHYSICS CONCEPTS THROUGH APPLICATION OF STEM-BASED INQUIRY Dewi, Helvin Riana; Mayasari, Tantri; Handhika, Jeffry
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 4, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v4n1.p25-30

Abstract

This research aimed to improve students? physics creative thinking skills and conceptual understanding of grade 7 of Islamic Junior High School (MTs) Sunan Ampel Nganjuk. This research implemented Classroom Action Research (CAR) with one cycle of two meetings. Each cycle included the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were 17 students of grade 7 of MTs Sunan Ampel Nganjuk First Semester Academic Year 2016/2017. The instruments of data collection in this study were in the form of essay tests (pre-test and post-test) to measure students' creative thinking skills. The results showed the average value of the creative thinking skills of the first cycle and the second cycle which were expressed by the average of N-Gain experienced an increase with the acquisition in the first cycle of 0.6 which was categorized as moderate and increased in the second cycle of 0.7 which was categorized as moderate. In cycle I the highest indicator of creative thinking was fluency, which is equal to 0.76 and the lowest indicator of creative thinking was originality with an N-gain value of 0.34, as well as in the cycle II The highest indicator of creative thinking was the fluency thinking skills which is equal to 0.81 and the lowest creative thinking indicator was the originality with an N-gain value of 0.48. The average value of physics conceptual understanding in the first and second cycles expressed by the average of N-Gain has increased with the acquisition in the first cycle of 0.47 which is categorized as moderate and increased in the second cycle of 0.60 which is categorized as medium. The results showed that the application of STEM-based inquiry can improve the grade 7 students? creative thinking skills and conceptual understanding of MTs Sunan Ampel Nganjuk.Keywords: guided inquiry, STEM, creative thinking skills, conceptual understanding
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN Mayasari, Fery; Raharjo, Raharjo; Supardi, Z.A. Imam
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v2n2.p53-57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri yang layak untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model Dick and Carey. Ujicoba perangkat pembelajaran dilakukan di SMP Negeri 4 Lamongan dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes hasil belajar, pemberian angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kategori baik, aktivitas siswa yang menonjol adalah melakukan pengamatan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri tergolong layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan pada materi sistem organisasi kehidupan pada siswa SMP.Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Sistem Organisasi Kehidupan.
PEMBELAJARAN DISCOVERY DISERTAI PENULISAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 PROBOLINGGO Hidayati, Nur
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v1n2.p52-61

Abstract

Kemampuan kerja ilmiah penting bagi siswa saat belajar IPA maupun masa depannya, karena melalui serangkaian kerja ilmiah, pengetahuan yang didapat menjadi lebih bermakna yang pada akhirnya siswa memiliki cara berpikir dan beraktivitas sebagai saintis melalui metode ilmiah. Kemampuan kerja ilmiah masih rendah terutama dalam merumuskan masalah dan hipotesis sehingga dibutuhkan pembelajaran yang menekankan kerja ilmiah pada setiap proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 1 Probolinggo. Data dalam penelitian ini meliputi data keterlaksanaan pembelajaran, jurnal belajar, dan kemampuan kerja ilmiah. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery disertai penulisan jurnal belajar dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Probolinggo. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat 7.75% dari 90.50% menjadi 98.25%, terjadi peningkatan kemampuan dalam menulis jurnal belajar, dan kemampuan kerja ilmiah meningkat 23% dari 73.50% menjadi 96.50%.
THE TEACHERS’ PROBLEMS ON THE DEVELOPMENT OF BIOLOGY LEARNING MATERIALS THROUGH GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL Makdalena, Rita; Rambitan, Vandalita M M; Palenewen, Evie
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 4, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v4n1.p18-24

Abstract

Biology learning in the senior high school level is a subject that needs proof of each sub-material. In order to achieve maximum learning objectives, then the teaching support materials needed to guide the teacher in the learning process. The lacks of the teacher?s ability to develop guided inquiry-based learning materials still dominate. This study aimed to determine the teachers' weakness and the obstacles they faced in the process of preparing and developing the learning materials. The research method used were survey and interviews which included a questionnaire containing the teacher's understanding of the learning materials. As for the results of the study related to the teacher?s understanding of learning materials, 80% of teachers did not understand, and 20% of teachers who understood the learning materials used during the practicum. Then the teachers? obstacles related to developing learning materials, 80% of teachers do not understand how to develop the learning materials and implementing inquiry learning models, and 10% of teachers did not understand how to develop learning materials, and 10% of teachers understand enough to develop guided inquiry-based learning materials. With the problems that lie in the ability of the teacher to develop the learning materials, the need to provide training to the teacher is related to develop learning materials and guiding teachers to develop inquiry-based learning materials.Keywords: learning materials, biology, inquiry
MEMBANGUN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES BERBANTUAN MEDIA WEBLOG Rohmawati, Ely; Widodo, Wahono; Agustini, Rudiana
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 3, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran berkonteks Socio-Scientific Issues berbantuan media weblog. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodadi, semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: Skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre test 31,78 sedangkan post test 86.02, ada peningkatan kemampuan literasi sains siswa rata-rata sebesar 54,24; dan  Siswa  merespon  positif  pembelajaran berkonteks socio-scientific issues berbantuan media blog dengan persentase 98,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berkonteks Socio-Scientific Issues berbantuan media weblog dapat melatihkan literasi sains siswa.Kata Kunci : Literasi sains, Socio-Scientific Issues
MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING Kurniati, Fitri; Soetjipto, Soetjipto; Indana, Sifak
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 3, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jppipa.v3n1.p15-20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4Lamongan, semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: Skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa pada pre test 41,67 sedangkan post test 79, 17 dengan N-Gain 0,79 berkategori tinggi. Siswa  merespon  positif  pembelajaran berbasis inkuiri terbimbingdengan persentase 95,79%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing,Keterampilan Berpikir Kreatif