cover
Contact Name
Febby Amelia Trisakti
Contact Email
febby.amelia@uin-suska.ac.id
Phone
+62811708098
Journal Mail Official
febby.amelia@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpang baru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK)
ISSN : -     EISSN : 26568330     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK) adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. JRMDK berfokus pada publikasi hasil sintesa penelitian mahasiswa dalam bidang kajian dakwah dan komunikasi. Artikel jurnal ditulis dalam Bahasa Indonesia
Articles 42 Documents
ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DUKUNGAN KEPALA DAERAH RIAU TERHADAP JOKOWI-MA’RUF AMIN DI MEDIA ONLINE BERTUAHPOS.COM PERIODE OKTOBER 2018 Mutiarahmi, Dinia; mustafa, mustafa
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 5 (2019): November 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.427 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i5.9144

Abstract

Kasus dukungan kepala daerah Riau terhadap Jokowi-Ma?ruf Amin dengan menggunakan nama bupati/walikota pada masa kampanye cukup menyita perhatian publik. Melihat permasalahan pemilu yang selalu muncul setiap masanya, hal ini tentu menjadi santapan menarik bagi media massa untuk memberitakannya. Salah satu media massa yang memberitakan kasus ini adalah Bertuahpos.com dengan 17 berita yang lebih cenderung kepada Bawaslu Riau untuk memeriksa kepala daerah yang melanggar aturan pemilu dalam beritanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bertuahpos.com membingkai kasus dukungan kepala daerah Riau terhadap Jokowi-Ma?ruf Amin periode Oktober 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualittif dengan metode analisis framing model Robert N. Entman yang memiliki empat perangkat yaitu, Define problems (pendefinisian masalah), Diagnose Causes (sumber masalah), Make Moral Judgement (membuat keputusan moral) dan Treatment Recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil penelitian ini pada pendefinisian masalah adalah Bertuahpos.com melihat masalah ini bukan hanya masalah hukum melainkan masalah etika dan politik. Pada sumber masalah, Bertuahpos.com menempatkan kepala daerah Riau sebagai penyebab masalah dalam kasus ini. Untuk keputusan moralnya adalah dukungan yang dilakukan kepala daerah adalah dukungan yang positif meskipun menggunakan nama jabatan. Pada elemen menekankan penyelesaian, Bertuahpos.com merekomendasikan agar masalah ini tidak ditindaklanjuti karena kepala daerah terbukti tidak melanggar aturan apapun. 
PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL TERHADAP SIKAP BERAGAMA KLIEN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II PEKANBARU Almunawaro, Siti Alti; Nurjanis, Nurjanis
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 5 (2019): November 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.514 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i5.8764

Abstract

Konseling individu adalah pertemuan konselor dengan klein secara individual, dimana terjadi hubungan konseling yang bernuansa rapport. Kemudian sikap beragama merupakan suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai kenyataannya pada agama yang dianutnya. Sebelum mengikuti layanan konseling individu beragama klien di LPKA masih banyak yang tidak ikut melaksanakan sholat berjemaah dan masih banyak yang tidak pandai baca Al-Quran. Dan setelah mengikuti konseling individual sikap beragama pada klien yaitu percaya ikut-ikutan, percaya dengan kesadaran dan cendrung pada Ateis. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh layanan konseling individual terhadap sikap beragama klien di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Pekanbaru. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan konseling individual terhadap sikap beragama klien di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Pekanbaru. Adapun teori tentang layanan konseling individual oleh Sofyan S Willis dan sikap beragama oleh M. Hanafi. Jumlah populasi 38 sedangkan sampel adalah total sampling yaitu 38 responden. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian berdasarkan olahan data terdapat 61,5 % adalah berpengaruh, artinya semakin bagus layanan konseling individual terhadap klien maka semakin baik sikap beragama klien.
LITERASI MEDIA MAHASISWA DI KOTA PEKANBARU zaher, sefrita; elfiandri, elfiandri
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 4 (2019): September 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.273 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i4.7914

Abstract

Di era modern hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat modern bergantung pada media. Mulai dari gaya hidup, hubungan sosial, pendidikan hingga perkembangan pola pikir dan perilaku tak luput dari peran media. Media saat ini menjadi acuan masyarakat modern dalam menunjang kehidupan. Pesan media yang disampaikan begitu mudah diterima oleh masyarakat yang tiap harinya tidak pernah lepas dari media. Menyikapi itu diperlukan pengembangan wawasan media atau literasi media di kalangan mahasiswa. Fakus dan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui literasi media mahasiswa pada universitas di kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan riset kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuisoner dan studi dokumentasi kepustakaan. Populasipenelitian ini sebayak 90670 dan sampel 400 responden, terdiri dari mahasiswa dari enam universitas di pekanbaru. Hasil penelitian ini didapatkan tingkat literasi media mahasiswa pada universitas di Kota Pekanbaru sebesar 75,80 % dan dikategorikan baik kerena skornya berada  antara 61-80%. Kata Kunci: Mahasiswa, kota Pekanbaru, Literasi Media 
PEMBINAAN KEAGAMAAN MELALUI MAJELIS TAKLIM AL-HIDAYAH DI DESA BONO TAPUNG KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU jailani, jailani; yefni, yefni
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 4 (2019): September 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.885 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i4.7841

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan Majelis taklim sebagai lembaga keagamaan yang dibentuk dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pembinaan keagamaan melalui majelis taklim Al-Hidayah di desa Bono Tapung. Adapun hasil penelitian ini bahwa pembinaan keagamaan yang dilakukan majelis taklim Al-Hidayah yaitu pembinaan akidah, pembinaan ibadah dan pembinaan akhlakyang dilakukan 1 kali sepekan pada hari Jum?atmelalui pengajian agama. Hal tersebut terlihat dari materi-materi pengajian yang menjelaskan mengenai akidah, ibadah dan akhlak, dengan menggunakan buku rujukan yang relevan sebagai pedoman penyampaian materi dan para pematerinya juga adalah orang-orang yang profesional dan dapat dijadikan panutan dimasyarakat dari segi ibadah dan akhlaknya. Namun pembinaan keagamaan yang sudah dilakukan belum secara keseluruhan mampu membentuk kepribadian atau peningkatan ibadah anggota majelis taklim sesuai yang diharapkan dikarenakan masyarakat atau anggota yang kurang konsisten mengikuti setiap pertemuan pengajian ini. Kata Kunci: Pembinaan Keagamaan, Majelis Taklim.
STRATEGI PEMASARAN PAKET IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH DI PT. SELA EXPRESS TOUR KOTA PEKANBARU Afidah, Vivi Nurul; Romli, Syahril
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 3 (2019): Juli 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.56 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i3.7440

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji, tetapi di sisi lain, karena adanya pembatasan kuota haji, maka tidak semua orang bisa langsung berangkat haji pada tahun berjalan, yang disebabkan panjangnya daftar antrian di Indonesia  atau yang sering disebut dengan daftar tunggu (waiting list) yang berkisar 15-20 tahun. Karena adanya sistem waiting list, masyarakat indonesia lebih memilih untuk melakukan ibadah umroh terlebih dahulu dan melaksanakan  haji di penyelenggara haji khusus. Permasalahan dalam hal ini adalah hadirnya travel haji dan umroh yang semakin menjamur sehingga menimbulkan persaingan dalam sektor penyedia jasa layanan umroh dan haji khusus, hal ini menunut perusahaan penyedia jasa perjalanan haji dan umroh tersebut harus meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik unggul dan terpercaya, untuk merebut dan menguasai pasar dalam merekrut jamaah haji maupun umroh. Penelitian ini dilakukan di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di PT. Sela Express Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yang terdiri dari dua orang pimpinan dan tiga orang karyawan Selatour. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian data diatas, dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di  PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru dengan menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix,  pertama melalui produk. Kedua, melalui harga. Ketiga, melalui distribusi. Keempat, melalui promosi. Dari penerapan strategi pemasaran tersebut PT. Sela Express Tour berhasil merekrut jamaah umroh dan haji plus dan terus meningkat dalam setiap tahunya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Paket Ibadah Haji dan Umroh, Jamaah
PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERKAWINAN DI KUA KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN RAHMI, ISTU; ZULAMRI, ZULAMRI
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.247 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i2.7321

Abstract

Keputusan untuk menikah sangat penting untuk dilakukan dalam setiap kehidupan individu, karena sangat memerlukan pertimbangan yang serius dari berbagai pihak terutama individu yang bersangkutan. Peran keluarga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Keluarga berhak membimbing dan membuat keputusan setuju atau tidak setujunya dilakukan perkawinan ini dengan cara bermusyawarah. Akibat kurangnya keberfungsian keluarga dan gagalnya pengambilan keputusan bisa memicu terjadinya nikah tanpa adanya restu bahkan sampai terjadinya nikah siri. Nikah siri bisa terjadi tanpa sepengetahuan keluarga dan tanpa adanya wali yang sah dari perempuan serta tidak daftar dengan resmi di Kantor Urusan Agama. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tedapat pengaruh keberfungsian keluarga terhadap pengambilan keputusan perkawinan. Deskriptif kuantiatif merupakan metode yang penulis gunakan. Adapun populasi dalam sebanyak 384 orang, Dengan menggunakan rumus slovin penulis dapat mengetahui sampel yang harus diambil sebanyak 80 orang responden. Selanjutnya ditentukan dengan meyebarkan angket kepada seluruh responden, kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Linear sederhana. Dari uji signifikan diketahui besarnya nilai signifikan lebih kecil dari probalitas atau 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keberfungsian keluarga terhadap pengambilan keputusan perkawinan.
PERENCANAAN KOMUNIKASI PT. SUKA FAJAR PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE MITSUBISHI Rizki, Miftahur; Musfialdy, Musfialdy; Miftahuddin, Miftahuddin
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.78 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i1.6891

Abstract

Persaingan dunia bisnis otomotif semakin berkembang pesat. Perencanaan Komunikasi digunakan untuk mencoba mengatasi rintangan-rintangan kecil yang dihadapi pada saat ini maupun masa yang akan datang demi terus meningkatkan brand image dari sebuah perusahaan. Perencanaan komunikasi diperlukan untuk mengimplementasikan program-program yang ingin dicapai, apakah itu pencitraan atau pemasaran produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi PT. Suka Fajar Pekanbaru dalam meningkatkan brand image Mitsubishi. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perencanaan Komunikasi Cultip dan Center. Teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian yang di dapat dalam penelitian ini yaitu : 1. Tahap Penemuan Fakta yang ditemukan melalui website PT. Suka fajar Pekanbaru dan  pemantauan melalui media online. 2. Tahap Perencanaan yang dilakukan adalah membuat sebuah perencanaan komunikasi seperti siapa yang akan menjadi komunikator, pesan apa yang disampaikan, media yang digunakan, menetapkan target sasaran, dan menyusun perencanaan program. 3. Tindakan aksi komunikasi yang dilakukan adalah mengimplementasikan program diantaranya training kepada marketing, gathering pelanggan, dan event serta perusahaan juga bekerjasama dengan media partner seperti, Riau Pos, Tribun Pekanbaru, MX, Haluan Riau serta media pendukung seperti brosur dan reklame. 4. Tahap Evaluasi dilakukan setiap 6 bulan sekali dan hasil evaluasi saat ini adalah program berjalan dengan baik dan penjualan semakin meningkat
PEMBERITAAN PASCA PEMUNGUTAN SUARA PEMILIHAN PRESIDEN 17 APRIL 2019 DI MEDIA ONLINE TEMPO.CO Miqdarullah, Miqdarullah; musfialdy, musfialdy
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.124 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v2i1.9242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecenderungan framing Berita Pasca Pemungutan Suara Pemilihan Presiden  di Media Online Tempo.co pada 17 April 2019. Teori yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah teori analisis framing yang dikemukakan oleh Robert Entman yang memiliki empat perangkat yaitu, Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah analisis framing, Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dokumentasi, dan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis framing berdasarkan model Robert Entman. Hasil penelitian ini adalah bahwasanya berita mengenai Pemilihan Presiden yang disajikan Tempo.co. ditinjau dari Define Problem, ialah Persaingan antar kedua kubu untuk menjadi pemenang pada Pilpres periode 2019-2024. Dari Diagnose Causes, yaitu Prabowo tidak menerima hasil dari lembaga survey yang dimenangkan oleh Jokowi dan Jokowi bersih keras dengan kevalidan quick qountnya. Adapun Make Moral Judgement, Kedua Kubu Capres menjadi pusat perhatian dengan segala cara untuk mempertahankan kebenarannya. Dilihat dari Treatment Recommedantion, Media Online Tempo.co telah memaparkan sejelas mungkin bagaimana problem dari kedua kubu.
KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN HAFIZH AL-QUR’AN AL-FATH DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KAMPUNG BENTENG HULU KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK Ahmad, Anshori Maulana; Yefni, Yefni
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.345 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v2i1.9130

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Pondok Pesantren menjalankan fungsinya sebagai lembaga sosial yang memiliki kekuatan melakukan pemberdayaan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Kontribusi Pondok Pesantren Hafizh Al-Qur?an Al-Fath dalam Pembangunan Masyarakat di Kampung Benteng Hulu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kontribusi Pondok Pesantren Hafizh Al-Qur?an Al-Fath dalam Pembangunan Masyarakat di Kampung Benteng?. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Hafizh  Al-Qur?an Al-Fath berkontribusi dalam pembangunan dan perubahan sosial masyarakat yang ditunjukan melalui: Pertama, Pembangunan Pendidikan, Pondok Pesantren mengajarkan santri dan anak-anak usia sekolah di lingkungannya belajar membaca dan menghafal Al-Qur?an dan Pondok Pesantren berkontribusi memberikan beasiswa kepada anak yatim piatu dan orang tidak mampu (miskin). Kedua, Pembangunan Agama, dengan adanya Pondok Pesantren bisa meningkatkan kegiatan keagamaan seperti mengadakan wirid pengajian disetiap minggunya di rumah-rumah masyarakat. Ketiga, Pembangunan Sosial, Pondok Pesantren berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti melakasankan kegiatan gotong royong bersama masyarakat disetiap minggunya untuk membersihkan lingkungan.
PROBLEMATIKA PRODUKSI PROGRAM LENTERA HATI DI TVRI RIAU-KEPRI Suryani, Iziz Irma; Rahim, Umar Abdur
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Vol 1, No 5 (2019): November 2019
Publisher : Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.019 KB) | DOI: 10.24014/jrmdk.v1i5.8763

Abstract

Program televisi merupakan suatu aspek yang paling menentukan dalam kemajuan media televisi, dalam memproduksi sebuah program, tentunya ada kendala yang dihadapi selama proses produksi sehingga perlu persiapan yang matang agar produksi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu dibutuhkan sebuah standard operasional procedure (SOP) yang berfungsi sebagai acuan dalam tahapan proses produksi. Salah satunya stasiun TVRI Riau-Kepri dengan program Lentera Hati merupakan program religi berkonsep talkshow, menghadirkan narasumber Ustad/Ustadzah serta audience dari berbagai komunitas, dengan pembahasan dimulai dari sejarah Islam hingga pengaplikasian syari?at Islam di zaman modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hambatan yang dihadapi dalam produksi program Lentera Hati di TVRI Riau-Kepri. Fokus penelitian ini adalah pada tahapan praproduksi, set up and rehearsal, produksi, dan pasca produksi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan 6 orang informan sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam produksi program lentera hati ada beberapa kendala yang dihadapi baik itu dari tahap (1) Pra Produksi seperti Keterbatasan Biaya, Keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia), (2) Set Up and Rehearsal seperti Studio yang kurang memadai, (3) Produksi  Seperti keterlambatan dari pengisi acara baik itu narasumber maupun audience (4) Pasca Produksi lebih dominan kepada program yang disiarkan secara tapping diluar studio, kendala yang sering dihadapi adalah pengambilan gambar atau suara yang kurang jelas sehingga memakan waktu yang cukup lama untuk proses editing.