cover
Contact Name
Andryansyah
Contact Email
staibanisalehbekasi@gmail.com
Phone
+6285779065952
Journal Mail Official
staibanisalehbekasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. M. Hasibuan No. 68 Margahayu Bekasi 17113
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 26547198     EISSN : 26545349     DOI : -
Core Subject : Education,
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan interdisipliner.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE Rahman, Fauzi
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.697 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model Picture and Picture dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, yaitu dengan menjelaskan bagaimana proses pembelajaran dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi karangan deskripsi. Hasil yang didapat adalah bahwa Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Dalam model Picture and Picture, memperlihatkan gambar sebagai salah satu model pembelajaran, bukan tujuan utama yang harus diberikan kepada siswa, tetapi lebih kepada asumsi bahwa semakin guru berhasil memberikan stimulus gambar maka diharapkan siswa akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari gambar tersebut.
SURVEY KEMAMPUAN GERAK DASAR GURU PAUD DI DKI JAKARTA Suryani, Lilis
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.303 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan gerak dasar guru dalam kategori baik, cukup dan kurang dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengajar gerak dasar kepada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan temuan yang tampak di lapangan, sesuai dengan fakta yang ada dan melihat dari berbagai sudut pandang. Penelitian deskriptif melihat satu gejala atau satu variabel dan melihat intensitasnya dari kuantitatif. Teknik survey bertujuan untuk melihat satu gejala yang dominan muncul dari satu komunitas dalam ruang lingkup yang luas. Dengan mengukur menggunakan instrumen yang disebar kepada responden, maka selanjutnya dihitung prosentasenya dan kemudian diinterpretasikan hasilnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam gerak dasar berada pada kategori cukup. Adapun komponen evaluasi atau tes perkembangan motorik yang akan diukur adalah: keterampilan lokomotor yang terdiri dari berjalan, berlari, galloping, naik turun tangga dan memanjat, lompat loncat dan merangkak; keterampilan nonlokomotor yang terdiri dari kelentukan, keseimbangan, dan menggantung; dan keterampilan manipulatif yang terdiri dari melempar, menangkap, menendang, memukul, memantulkan bola, dan menggelindingkan bola.Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan gerak dasar merupakan hal yang fundamental untuk dikuasai guru PAUD yang nantinya sangat dibutuhkan untuk menstimulasi perkembangan motorik anak terkait dengan kemampuan gerak dasar.
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP BELAJAR MANDIRI MAHASISWA Rochimah, Nur; Suryadi, Suryadi
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.169 KB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi berprestai dan kepercayaan diri terhadap belajar mandiri mahasiswa jurusan prodi pendidikan islam anak usia dini (PIAUD), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang melibatkan 45 mahasiswa jurusan PIAUD di kampus STAI Bani Saleh, Kota Bekasi yang diambil secara acak sederhana. Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara langsung melalui teknik pelaporan diri (self report), yaitu mahasiswa mengisi sendiri kuesioner yang peneliti siapkan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berhubungan positif dengan kepercayaan diri mahasiswa yang artinya bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa maka akan semakin tinggi pula kepercayaan diri mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa motivasi berprestasi dan kepercayaan diri mahasiswa memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan belajar mandiri yang dimiliki mahasiswa.
PENGGUNAAN REAL OBJECT DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN Hasanah, Lathipah
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.837 KB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan media realia yang dapat meningkatkan minat belajar sains.Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan minat belajar sains anak setelah tindakan dengan menggunakan media realia. Berdasarkan data kuantitatif tersebut, diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan minat belajar sains anak.
METODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN Maskur, Abu; Anto, Puji
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.485 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa asing Arab yang diimplikasikan di dalam Pondok Pesantren Roudlotul Qurro Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi kasus dan observasi. Adapun hasil yang diperoleh menyatakan bahwa sama seperti pada pondok-pondok pesantren yang lain, Bahasa Arab juga menjadi materi pembelajaran yang wajib diikuti oleh setiap Pondok Pesantren Roudlotul Qurro Kota Cirebon. Adapun pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Roudlotul Qurro dapat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu (1) Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf dan (2) Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab. Dalam pembelajaran gramatika Bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf) di Pondok Pesantren ini diperuntukkan bagi santri yang sudah mengenyam pendidikan di SMP dan SMA karena pada usia ini santri sudah mapan untuk membaca, melafalkan, dan menerjemahkan Bahasa Arab. Selain itu, pada sistem pembelajaran muhadatsah (percakapan) dalam Bahasa Arab dilaksanakan dengan memberlakukan lingkungan berbahasa Arab dan hari berbahasa Arab. Setiap santri wajib berbahasa Arab pada lingkungan dan hari berbahasa Arab yang telah ditentukan sehingga santri yang kedapatan tidak menggunakan Bahasa Arab maka akan dikenakan sanksi yang berlaku.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL LEARNING BERBASIS PROJECT APPROACH UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK B AL-‘ALAA BOGOR Saptorini, Yuli Diah
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.835 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai penerapan model pembelajaran contextual learning berbasis project approach untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun diTK B Al-?Alaa, Bogor. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi terkait model pembelajaran contextual learning berbasis project approach untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan karakter peduli lingkungan anak setelah tindakan dengan menggunakan model pembelajaran contextual learning berbasis project approach. Berdasarkan data kuantitatif tersebut, diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa bahwa terdapat 4 aspek yang dijadikan komponen karakter peduli lingkungan yang mengarah pada domain afektif yang meliputi: (a) penerimaan, (b) responsif, (c) nilai yang dianut, (d) organisasi, dan (e) karakterisasi. Aspek-aspek tersebut sangat penting diinternalisasikan ke dalam diri anak melalui pendidikan karakter, terutama yang berfokus pada penerapan karakter peduli lingkungan melalui model pembelajaran contextual learning berbasis project approach. Hal ini dikarenakan manusia tidak bisa terlepas dari alam dan harus selalu menjaga kelestarian alam sedari dini.
ANALISIS KESALAHAN DIKSI PADA KARANGAN SISWA KELAS IX SMP ISLAM DAAR EL-ARQAM TANGERANG Hidayatullah, Ahmad
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.513 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan diksi dalam karangan siswa kelas  IX SMP Islam Daar El Arqam Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif  dengan teknik analisis isi. Data dianalisis dengan melihat kesalahan diksi dari segi makna, gramatikal, sosial, dan kata baku pada karangan siswa. Hasil penelitian data membuktikan bahwa dari 25 karangan diperoleh 238 kalimat yang di analisis. Dalam kesalahan diksi dari segi makna diperoleh 59 buah dengan rata-rata 24,70 %, kesalahan diksi dari segi gramatikal diperoleh 88 buah dengan rata-rata 37,29 %, kesalahan diksi dari segi sosial diperoleh 21 buah dengan rata-rata 8,60 %, dan kesalahan diksi dari segi kata baku diperoleh 98 buah dengan rata-rata 41, 29 %. Prosentase kesalahan diksi seluruhnya sebesar 27, 97 %. Kesalahan diksi ini termasuk dalam tingkat kesalahan sedang. Prosentase kesalahan-kesalahan diksi yang terjadi dari segi makna, gramatikal, sosial, dan kata baku, semuanya memiliki tingkat kesalahan yang berbeda-beda. Jika kesalahan diksi dari segi makna dan sosial termasuk ke dalam golongan tingkat kesalahan rendah. Sedangkan, kesalahan diksi dari segi gramatikal dan kata baku termasuk ke dalam golongan tingkat kesalahan sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari karangan yang dibuat siswa ternyata siswa kelas IX SMP Islam Daar El Arqam sudah cukup baik dalam membuat karangan.
PENGUNGKAPAN KARAKTER PENOKOHAN DALAM NOVEL CITA-CITA LANGIT KARYA SHERINA SALSABILA Khaeri, Muhamad Samsul
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.597 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakter penokohan yang terdapat dalam Novel Cita-cita Langit karya Sherina Salsabila melalui teknik ekspositori/analitik dan teknik dramatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Sebagai penelitian kualitatif, data-data formalnya diambil dari teks Novel Cita-cita Langit karya Sherina Salsabila dalam bentuk kata-kata, kalimat dan wacana. Teknik analisis isi digunakan untuk menganalisis secara sistematis data atau isi serta pesan teks cerita. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pengungkapan karakter penokohan pada Novel Cita-cita Langit karya Sherina Salsabila didapat bahwa Novel Cita-cita Langit karya Sherina Salsabila ini lebih banyak menekankan atau membicarakan tentang norma-norma atau aturan-aturan sosial-moral, karena sejalan kisah tokoh utama (Langit) dari awal sampai akhir. Dalam hal ini, penjabaran permasalahan-permasalahan cerita juga disajikan secara berkesinambungan dan tidak terputus serta berkembang menjadi alur keseluruhan.
PENYULUHAN MENGENAI PENGETAHUAN TENTANG PERMASALAHAN ANAK SEJAK DINI BAGI IBU-IBU MAJLIS TA’LIM KAMPUNG BABAKAN DUSUN I DESA TELAGA ASIH Marja, Marja
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.762 KB)

Abstract

Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang permasalahan anak sejak dini bagi ibu-ibu majlis ta?lim di kampung babakan desa Telaga Asih. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2012, yang diikuti oleh 24 orang ibu-ibu yang berasal dari unsur persekolahan (TK/TPA/PAUD) dan ibu-ibu pengajian yang berasal dari majlis ta?lim Al-Furqon, Ar-Ro?un, At-Taubah, dan Nurul Jannah, TKIT AlFarih, TKIT AnNisa, TKIT Mazaya yang dilaksanakan dari pukul 08.30 sampai dengan 11.30 WIB. Dengan menghadirkan dua pemateri yang berbeda, berkenaan dengan materi; pendidikan anak dalam keluarga dalam perspektif  penidikan kemasyarakatan, dan identifikasi dan perspektif permasalahan anak.  Kegiatan penyuluhan bagi ibu-ibu majlis ta?lim memberikan pemahaman dan nuansa baru. Dalam kegiatan ini terdapat dua hasil, yaitu tumbuhnya kesadaran akan pentingnya materi beragam dalam pengajian kaum ibu untuk memotivasi semangat menuntut ilmu dalam majlis ta?lim juga untuk menambah wawasan ilmu yang pada akhirnya dapat diterapkan dalam kehidupan keluarga. Di samping itu pengetahuan dan pemahamannya juga bertambah, melalui analisis dan kajian melalui instrumen identifikasi permasalahan anak sejak dini.
PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN Umami, Sahrul
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 1 No 01 (2018): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.309 KB)

Abstract

Pembelajaran Apresiasi Sastra dan Nilai-Nilai Kemanusiaan (kajian Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy). Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pembelajaran apresiasi sastra dan nilai-nilai kemanusiaan. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dengan cara mendeskripsikan nilai-nilai kemanusiaan dilihat dari unsur intrinsik. Hasil penelitian ini (1) nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening meliputi hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dirinya sendiri, dan alam sekitar. (2) novel Bidadari Bermata Bening dapat dijadikan media pembelajaran apresiasi sastra karena mengandung pesan-pesan nilai kemanusiaan untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dan lingkungan masyarakat. Simpulan dalam penelitian ini, pembelajaran apresiasi sastra dan nilai-nilai kemanusiaan kajian novel Bidadari Bermata Bening dapat diaplikasikan oleh siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan baik sekolah maupun lingkungan.

Page 1 of 4 | Total Record : 33