cover
Contact Name
frangky silitonga
Contact Email
frangkyka@gmail.com
Phone
+6281266329747
Journal Mail Official
frangkyka@gmail.com
Editorial Address
Universitas karimun . tanjung balai karimun-kepri
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Maritim Universitas Karimun
Published by Universitas Karimun
ISSN : 26858827     EISSN : 26858827     DOI : -
Jurnal MARITIM merupakan jurnal yang berfokus kedalam rumpun ilmu maritim
Articles 12 Documents
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA KEPALA KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI KESYAHBANDARAN OTORITAS PELABUHAN KELAS II TANJUNG BALAI KARIMUN Desfi, Nisha
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.204 KB)

Abstract

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan mempunyai tugas komplit dalam bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan serta pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan pada pelabuhan yang diusahakan secara komersial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja kepala kantor terhadap kinerja pegawai Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, analisis regresi linier berganda (SPSS versi 16.0). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin kerja kepala kantor terhadap kinerja pegawai, berdasarkan nilai uji T mengenai gaya kepemimpinan T hitung 0,05 (0.020 < 0.05 ) ho1 ditolak h1 diterima, sedangkan motivasi dari t tabel ( 1,379 < 2,028 ), maka ho diterima dan h1 ditolak. Disiplin kerja kepala kantor nilai t tabel ( 3,842 > 2, 028 ), maka ho ditolak dan h1 diterima. Namun yang perlu ditingkatkan adalah mengenai motivasi kerja yang diberikan kepala kantor karena motivasi juga berperan penting dalam sebuah organisasi.
PKM PEMETAAN PARTISIPATIF KAWASAN EKOWISATA MANGROVE DI DESA PAGATAN BESAR KABUPATEN TANAH LAUT PROPINSI KALIMANTAN SELATAN Ulil Amri
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): JURNAL MARITIM
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.229 KB)

Abstract

Kawasan mangrove di Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut memiliki potensi sebagai tujuan wisata alam. Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk memetakan kawasan mangrove di wilayah pesisir Kalimantan Selatan, akan tetapi sangat sedikit kegiatan tersebut berhasil. Sifat biologis mangrove yang tumbuh di kawasan peralihan antara dan lautan menyebabkannya sangat rentan terhadap gangguan atau kerusakan. Mengingat pentingnya keberadaan dan peranan ekosistem hutan mangrove bagi daerah pantai sebagai kawasan ekowisata, maka penataan dan pengelolaan hutan mangrove yang sesuai dengan sifat dan karakteristiknya sangat perlu dilakukan. Dalam hal ini, salah satu upaya yang diperlukan adalah kegiatan pemetaan hutan mangrove untuk keperluan ekowisata. Untuk mendukung kegiatan tersebut, diperlukan kegiatan sosialisasi, pelatihan rehabilitasi mangrove yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai yang diharapkan, sehingga kawasan ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang efektif dan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam rangka memetakan kawasan ekosistem mangrove bersifat deskriptif dengan pendekatan partisipatif yaitu melalui pendekatan sosialisasi, penyuluhan dan pembentukan kelompok binaan, penanaman, penyulaman, hingga pemeliharaan. Hasil yang dicapai pada pengabdian ini berupa rencana pengembangan kawasan pesisir (mangrove), terwujudnya penguatan kapasitas kelembagaan, sehingga masyarakat mampu swamandiri di berbagai bidang.
DAMPAK PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN PULAU MAPUR KABUPATEN BINTAN hafsar, khairul
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): JURNAL MARITIM
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.684 KB)

Abstract

Kawasan konservasi perairan adalah kawasan perairan yang dilindungi, dikelola dengan sistem zonasi, untuk mewujudkan pengelolaan sumberdaya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan. Penetapan zona inti merupakan bagian dari kegiatan penentuan zonasi disuatu daerah tertentu guna menjaga dan terpeliharanya sumberdaya ikan yang ada pada zona inti yang ditetapkan. Zona inti merupakan daerah pemijahan, pengasuhan dan/atau alur ruaya ikan. Penetapan zona inti berdampak pada sumberdaya ikan yang ada di Pulau Mapur Kabupaten Bintan bertambah dan pendapatan masyarakat nelayan tradisional meningkat sebanyak 30%. Manfaatnya yang besar membuat masyarakat Pulau Mapur menambah zona inti dari satu zona menjadi tujuh zona inti yang ditetapkan berdasarkan musyawarah desa dengan harapan laut tetap terjaga dan hasil laut akan berlimpah dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan Pulau Mapur dan sekitarnya
KEANEKARAGAMAN JENIS MOLUSKA DI WILAYAH MANGROVE PESISIR KELURAHAN TELUK UMA KABUPATEN KARIMUN Rachman, Arief
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): JURNAL MARITIM
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.79 KB)

Abstract

Abstrak Moluska  merupakan salah satu mahkluk hidup yang tinggal diwilayah pesisir Kelurahan Teluk Uma. Tujuan dari Penelitian ini untuk melihat habitat dan keberagaman jenis moluska dari kelompok gastropoda (Siput dan bivalvia (Kerang). Pengambilan sampel moluska dikumpulkan langsung dari lokasi penelitian pada tanggal 08 ? 14 Juli 2019 dengan menggunakan metode kuadran (plot) pada 3 (tiga) stasiun. Kondisi habitat moluska pada stasiun 1 masih cukup lebat , untuk stasiun 2 kondisi mangrove sudah kurang padat dan pada stasiun 3 mangrove masih dalam kondisi cukup baik. Untuk sampel moluska yang diperoleh diawetkan menggunakan formalin 10%, disimpan dalam kantong plastik ukuran 1 kilogram. Selama pengamatan dilokasi berhasil dikumpulkan 8 jenis moluska yaitu: Littorina sp., Morula sp., Telescopium sp., Piranella sp., Ceritidae sp.,      Nerita sp., Gafirium Tumidum, dan Strombus sp.. Nilai keanekaragaman jenis (H?) berkisar antara 0,6261 ? 2,0363, nilai keseragaman (E) berkisar antara 0,3131 ? 0,253, dan nilai dominansi (C) berkisar antara 0,2861 ? 0,7796. Nilai keanekaragaman tertinggi terdapat pada stasiun 3 (2,0363) dan terendah di stasiun 2 (0,6261).
SISTEM PENGELOLAAN PELABUHAN RAKYAT LASDAP TEMBILAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU MUCHTI CHANDRA DINATA
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): JURNAL MARITIM
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.197 KB)

Abstract

Penelitian ini di bertujuan untuk menganalisis Sistem Pengelolaan Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Penelitian ini dilaksanakan di pelabuhan rakyat Lasdap Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau dari tanggal 9 juni s/d 26 juni 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui instrument berupa angket tertutup. Instrumen ini digunakan untuk mengumpulkan data melalui dua variabel dengan 24 item pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada 50 responden, menunjukan bahwa tingkat pelayanan di Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan sudah dalam kategori baik, dimana respon pengguna jasa pelabuhan rakyat Lasdap Tembilahan berada pada persentase responden sebesar 68,8%. Tidak hanya itu Tingkat kepuasan pelanggan di Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan pun sudah dalam kategori baik pada angka persentase sebesar 80,7%. Dan terdapat Pengaruh sistem pengelolaan terhadap kepuasan pelanggan di Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan yang dibuktikan dengan didapatkannya kategori sedang  pada angka 0,467. Hal ini mengandung arti bahwa ada pengaruh antara sistem pengelolaan terhadap kepuasan pelanggan namun tidak terlalu signifikan.    
KEBERANGKATAN KAPAL PENANGKAPAN IKAN DENGAN UKURAN KURANG DARI 10 GT DI WILAYAH KERJA PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (PSDKP) TANJUNG BALAI KARIMUN PERIODE 2015-2019 Hadi Puspito
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): JURNAL MARITIM
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.31 KB)

Abstract

Penelitian tentang keberangkatan kapal penangkapan ikan dengan ukuran kurang dari 10 GT di wilayah kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tanjung Balai Karimun dilaksanakan dari bulan Oktober-Desember 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberangkatan kapal penangkap ikan dengan ukuran kurang dari 10 GT pada kurun waktu lima tahun terakhir dari 2015-2019 di kantor PSDKP Tanjung Balai Karimun. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan keberangkatan kapal dari tahun 2015- 2019 dimana pada tahun 2015 keberangkatan kapal sebanyak 720 keberangkatan dan pada tahun 2019 hanya sekitar 520 kapal. Dari jenis alat tangkap yang digunakan ada 4 jenis yaitu: Gill Net, Drift Surface Gill Net, Bottom Gill Net dan Rawai. Daerah penangkapan ikan tersebar di Laut Kabupaten Karimun.
PENGARUH SISTEM PENGURUSAN DOKUMEN TERHADAP PENERBITAN IZIN BONGKAR MUATAN BERBAHAYA DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN OLEH PT. SUKSES KARIMUN JAYA RAYA Sitompul, Mey
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.903 KB)

Abstract

Petugas (Instansi Pemerintah) yang berhubungan atau terkait dengan kegiatan/aktivitas keluar masuknya kapal di pelabuhan yang diselenggarakan perusahaan pelayaran adalah Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Dalam setiap pengurusan dokumen memerlukan biaya. Biaya yang dikeluarkan akan masuk kedalam kas negara yaitu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengurusan dokumen berpengaruh terhadap penerbitan izin, hambatan, dan pelaksanaan bongkar muatan berbahaya di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Penelitian dilaksanakan pada 15 November 2018, di PT. Sukses Karimun Jaya Raya. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan menerbitkan izin bongkar setelah segala persyaratan administrasi dipenuhi oleh perusahaan pelayaran, jika salah satu persyaratan administrasi tidak dipenuhi maka izin bongkar tidak diterbitkan, pengaruh dari sistem pengurusan terhadap terbitnya izin bongkar sangat besar, jika perusahaan pelayaran terlambat mengajukan permohonan izin bongkar maka izin bongkar tidak akan diterbitkan. Pelaksanaan bongkar muatan berbahaya berupa bahan bakar minyak solar oleh PT. Sukses Karimun Jaya Raya pada dasarnya meliputi beberapa tahapan seperti Stevedoring, Cargodoring, Receiving, bongkar muatan bahan bakar minyak solar dilaksanakan jika nakhoda kapal telah menerima dokumen izin bongkar dari perusahaan pelayaran, izin bongkar diterbitkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan.
IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG PELAYARAN NO. 17 TAHUN 2008 TENTANG PENGAWASAN ALAT KESELAMATAN KERJA KARYAWAN PT. CITRA GADING LESTARI CABANG TANJUNG BALAI KARIMUN Rachman.B, Arief; Sofian
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.134 KB)

Abstract

Penelitian implementasi Undang-Undang pelayaran No. 17 tahun 2008 tentang pengawasan alat keselamatan kerja karyawan di lakukan pada PT. Citra Gading Lestari cabang Tanjung Balai Karimun dilaksanakan dari 01 September 2018 hingga 1 Februari  2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Undang-Undang No.17 Tahun 2008 di PT. Citra Gading Lestari cabang Tanjung Balai Karimun. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja yang tercatat sebagai karyawan dan kapal yang tercatat sebagai milik PT. Citra Gading Lestari cabang Tanjung Balai Karimun . PT Citra Gading Lestari telah menerapkan kebijakan dalam perlindungan tenaga kerja mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan telah melaksanakan Implementasi dari Undang-undang No 17 tahun 2008 sudah sesuai.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN TERHADAP SISTEM FASILITAS NAIK TURUN PENUMPANG KAPAL PADA PT. PELINDO I (PERSEROAN) CABANG TANJUNG BALAI KARIMUN Budiman, Diky
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.074 KB)

Abstract

Fasilitas pelabuhan merupakan segala sesuatu yang dapat memudahkan dan memperlancar pelaksanaan penyelenggaraan kepelabuhan dapat berupa barang maupun uang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Sistem Fasilitas Naik Turun Penumpang Kapal Pada Terminal Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun oleh PT. Pelindo I (Persero) cabang Tanjung Balai Karimun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 50 responden. B?rd?s?rk?n h?sil ?n?lisis r?gr?si lini?r sederhana y?ng t?l?h dil?kuk?n, d?p?t dik?t?hui nil?i ko?fisi?n r?gr?si v?ri?b?l Kualitas Pelayanan (X) s?b?s?r 0,634 b?rt?nd? positif d?ng?n nil?i sig. 0,008 l?bih kecil d?ri ? 0,05 (dengan tingkat kepercayaan 95%). H?l ini m?nunjukk?n b?hw? Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sistem Fasilitas. Uji T, hipotesis terjawab bahwa Ha dit?rim? d?n m?nunjukk?n  b?hw?  Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Sistem Fasilitas, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,445 dengan tingkat signifikansi 0,008. Dimana Thitung (2,445) > Ttabel (2,01) dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Dimana Kualitas Pelayanan Pelabuhan tidak berbeda nyata terhadap Sistem Fasilitas Naik Turun Penumpang Kapal Pada Terminal Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun Oleh PT. Pelindo I (Persero) Cabang Tanjung Balai Karimun.
EFEKTIVITAS PENGAWASAN BARANG PENUMPANG MELALUI PELABUHAN FERRY INTERNASIONAL OLEH KANTOR BEA DAN CUKAI TANJUNG BALAI KARIMUN Mardalena, Tri
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Pelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.856 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah minimnya jumlah pegawai Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) di lingkungan pelabuhan penumpang Internasional Tanjung Balai Karimun, sehingga proses pengawasan pemeriksaan barang penumpang dijumpai beberapa masalah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengawasan barang penumpang melalui pelabuhan ferry internasional oleh kantor Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian  sebanyak 50 responden terdiri dari 9 orang Bea dan Cukai dan 41 orang penumpang. Hasil penelitian berupa tabulasi data responden terhadap frekuensi dan nilai klasifikasi. Berdasarkan analisa dapat disimpulkan, bahwa tanggapan responden tentang petugas Bea dan Cukai saling bekerja sama untuk mencapai hasil yang lebih baik dinyatakan SEDANG, petugas Bea dan Cukai mampu bekerja dengan lebih baik dalam melakukan pengawasan, meskipun  penyeludupan terhadap barang penumpang terus meningkat dinyatakan BAIK, petugas Bea dan Cukai bertanggung jawab atas tugas yang diberikan terutama pengawasan barang bawaan penumpang berupa penyeludupan dinyatakan BAIK, petugas Bea dan Cukai yang masih bolos dalam melaksanakan tugasnya sedangkan jumlah pegawai Bea dan Cukai itu sendiri tidak sesuai dengan jumlah penumpang di pelabuhan ferry Internasional Tanjung Balai Karimun dinyatakan BAIK, petugas Bea dan Cukai menunjukkan kesabaran dan perhatian kepada penumpang dinyatakan SEDANG, petugas Bea dan Cukai mampu mengecek barang dengan teliti dinyatakan SEDANG, dan tanggapan responden tentang petugas Bea dan Cukai yang mampu memberikan pengawasan terhadap penumpang yang kedapatan membawa barang larangan membuat petugas mendapat kepuasan kerja atas tugas yang diberikan dinyatakan SEDANG.

Page 1 of 2 | Total Record : 12