cover
Contact Name
Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd
Contact Email
jipp_info@unram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipp_info@unram.ac.id
Editorial Address
Mailing Address Jl. Majapahit No. 62 Mataram Principal Contact Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram Jl. Majapahit No. 62 Mataram, Lombok, Indonesia Phone: 082191356473 Email: lalu_muhaimi16@unram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Published by Universitas Mataram
ISSN : 25027069     EISSN : 26208326     DOI : https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.99
Core Subject : Education,
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the field of teaching and learning theories and activities focusing on science education, social science education, linguistics and literature education, language teaching and the like. This journal is published in both printed and online versions. JIPP is in the processes of being accredited and then become a member of cross-reference so that all the articles being published by JIPP will automatically have unique DOI number.
Articles 98 Documents
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN SMK NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT Abidin, Zaenal; Ramdani, Agus; Waluyo, Untung
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.01 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.37

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 304. Sampel penelitian berjumlah 46 tenaga kependidikan yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat pengaruh motivasi sebesar 27,7% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat, 2) terdapat pengaruh kepuasan kerja sebesar 13,1% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat, 3) terdapat pengaruh motivasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama sebesar 28,0% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik motivasi dan kepuasan kerja, kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat akan semakin meningkat. Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Tenaga Kependidikan.
PENGARUH PERMAINAN WARNA TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KOTA MATARAM Astawa, I Made Suwasa
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.761 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v3i1.53

Abstract

Kecerdasan naturalis memiliki peran yang besar dalam kehidupan, tapi tidak diikuti dengan pemberian stimulus yang baik untuk anak. Anak lebih sering dibebankan untuk mengasah kecerdasan intelektual dibanding kecerdasan naturalis. Sehingga rendahnya kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram dimana pada kenyataannya sebagian besar anak suka membuang sampah sembarangan, corat-coret tembok, dan kurang peduli terhadap  lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan warna terhadap kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experiment Design dengan One Group Pre-test and Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah participant observation dimana peneliti juga ikut menjadi pengamat dalam jalannya penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah statistik Non-parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil perhitungan menunjukkan Z hitung ? Z table (-2,809 ? 1,645) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima,sehingga hipotesis yang berbunyi ? Ada pengaruh permainan warna  terhadap kecerdasan naturalis anak anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram.
HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DENGAN PERENCANAAN ADMINISTRASI GURU MTS NEGERI DI KOTA MATARAM TAHUN 2017 Rubianingsih, Siti; Wildan, Wildan; Hamidssyukri, Hamidssyukri
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.387 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v3i2.25

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala madrasah dengan manajemen administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MTs Negeri di Kota Mataram yang berjumlah 120 guru. Sampel penelitian berjumlah 92 guru yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan tiga tahap pengujian, berupa dua kali uji signifikansi parsial dengan uji t dan sekali uji simultan dengan uji F. Proses uji signifikansi tersebut sebagai bagian secara utuh dari penggunaan analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji asumsi klasik serta pemanfaatan parameter lainnya agar tidak menyesatkan dalam proses uji hipotesis dan pengambilan keputusan berdasarkan model yang terbentuk. Temuan dalam penelitian ini bahwa tiga hipotesis yang dirancang diterima, seluruh pengujiannya berada pada kriteria Ha diterima. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 18,90%, artinya bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas, maka perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik, 2) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala Madrasah dengan dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 10,56%, artinya bahwa semakin meningkat kepemimpinan kepala Madrasah, perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik, 3) terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan kepala Madrasah secara bersama-sama dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 28,19%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan semakin baiknya kepemimpinan kepala Madrasah, maka perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik.
KONTRIBUSI PARTISIPASI ORANGTUA DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR GUGUS 01 KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM Yanuartri, Dian; Jufri, A. Wahab; Syuaib, Muhammad Zulfikar
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1218.35 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v1i1.8

Abstract

ABSTRAK: Mutu pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru. Sekolah dan masyarakat merupakan dua kelompok yang tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi partisipasi orangtua dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. (3) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada kontribusi positif partisipasi orangtua dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 86,5%. (2) Ada kontribusi positif kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 30,5%. (3) Ada kontribusi positif partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 86,5%. Dengan terbukti adanya hubungan yang positif partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan memberikan masukan bahwa kerja sama orangtua dan sekolah sangatlah penting demi mencapai mutu pendidikan yang sesuai dengan harapan. Kata kunci: partisipasi orangtua, kompetensi sosial guru, mutu pendidikan
SOCIOLINGUISTIC VARIATION IN LEARNERS’ CLASSROOM DISCOURSE Syahdan, Syahdan; Muhaimi, Lalu; Fadjri, M.; Waluyo, Untung
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.878 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v4i1.80

Abstract

Abstract : This study investigates the use of the sociolinguistic variation in classroom discourse by learners of English as a foreign language. By using qualitative descriptive method, this study finds out that (a) sociolinguistic variation tends to be used more in informal speech than in formal settings; (b) higher English proficiency and frequent interaction with peers in the classroom and with native speakers of English promote the appropriate contextual usage of sociolinguistic variation; and (c) females tend to adopt more formal language style than males. This study also finds that learners? patterns of sociolinguistic variation closely follow those of their teachers and textbooks, suggesting the necessity of explicit instruction in sociolinguistic variants in classrooms.Keywords : sociolinguistics; sociolinguistic variation; inter-language; language acquisition.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PADA MATERI SEL DI SMA YOS SUDARSO METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Noor, Rasuane; Sujarwanta, Agus; Pribadi, Dewi
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 5, No 1 (2020): Mei
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.849 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v5i1.99

Abstract

Abstrak: Penilaian terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik dibuat dengan memberikan nilai pada setiap butir kegiatan keterampilan yang dilakukan oleh peserta didik melalui serangkaian instrumen psikomotor nontes berupa lembar pengamatan. Instrumen yang dibuat harus memiliki nilai akuntabilitas dengan menggunakan validitas dan reliabilitas.Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan instrumen psikomotor pada materi sel. Metode untuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model Plomp yang terdiri dari 5 (lima) fase. (1) Fase investigasi awal (preliminary investigation), (2) Fase desain (Design), (3) Fase realisasi/konstruksi (realization/construction), (4) Fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation, and revision), (5) Fase implementasi (implementation). Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMA Yos Sudarso Metro kelas XI IPA pada Senin, 08 Januari 2018. Hasil penelitian instrumen hasil belajar psikomotor pada materi sel di SMA Yos Sudarso Metro dianalisis menggunakan aplikasi ANATES uraian versi 4.0.5 untuk menganalisis data uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data instrumen psikomotor yakni berupa analisis deskripsi signifikansi korelasi butir soal dengan skor total instrumen dari soal psikomotor.Hasil penelitian instrumen psikomotor menunjukkan nilai realibilitas tes 0,70 dengan interprestasi ?tinggi?.Kata kunci : Pengembangan instrumen, psikomotor, hasil belajar, materi selAbstract: Assessment of result learning psychomotor the student made with to give value on each item skills activities by student through series instrument psychomotor non test form observation sheet. Instrument created must to value accountability by using validity and reliability. The aims of this study to determine feasibility development of result instrument psychomotor on the cell material. This method of the study is research development with development model to use Plomp Model trough the stages of (1) Phase Preliminary Investigation, (2) Phase Design, (3) Phase Realization/ Construction, (4) Phase Test, Evaluation, and Revision, (5) Phase Implementation. This research and development done in high school Yos Sudarso Metro in the class XI IPA on Monday, 08 January 2018. Research result of instrument psychomotor learning on the cell material in high school Yos Sudarso Metro analyzed using the application ANATES description versi 4.0.5 for data analysis small group trials can be conclude that data analysis result instrument psychomotor of description analysis significance correlation item with total instrument score from psychomotor problem. Result of the study showed the value reliability 0,70 with the interpretation of ?high?.Keywords : Instrument development, psychomotor, result learning, cell material 
PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN Uslan, Uslan; K, Ivo Basri; Muh, Abdul Syahrir
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.306 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v3i1.58

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi perkembangbiakan tumbuhan untuk peserta didik Kelas VIBdi SD Negeri Oeba 3 Kupang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 3-D, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, meliputi: teknik non tes, terdiri atas pengamatan dan penilaian langsung terhadap rancangan perangkat asesmen pembelajaran, pengamatan dan penilaian langsung terhadap keterlaksanaan dari instrumen penilaian yang diberikan dan pemberian angket respon guru untuk mengumpulkan data kelayakan asesmen pembelajaran dan teknik tes memberikan tes butir uraian kepada peserta didik untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat asesmen pembelajaran yang dikembangkan, meliputi RPP, kisi-kisi, rubrik asesmen pembelajaran proyek dan tugas kelompok, lembar angket respon guru, tes butir uraian, lembar observasi keterlaksanaan asesmen pembelajaran proyek, dan lembar kelayakan asesmen pembelajaran proyek. 
IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK KELAS X Husna, Baik Nurul
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.533 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v1i2.13

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi Permendikbud Kurikulurn 2013 yang berisi aturan pelaksaanaan kurikulum 2013 dalam pelajaran bahasa Indonesia. Permendikbud yang rnenjadi bahan kajian adalah Permendikbud nomor 54 tahun 2013, nomor 64 tahun 2013, nomor 103 tahun 2014, dan nomor 104 tahun 2014. Penelitian ini dilaksanakan pada Guru Bahasa Indonesia Kelas X di SMKN 5 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini rnenggunakan purposive sampling dengan metode wawancara terstruktur dan analisis isi dokumen-dokumen yang relevan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dimulai dengan reduksi data, yaitu pengumpulan data yang berlangsung selama penelitian sampai tahap pelaporan hasil penelitian selesai. Display data atau penyajian data berupa data deskriptif. Hasil penelitian rnengungkapkan bahwa Implernentasi Permendikbud tentang Kurikulurn 2013 pada pembelajaran Bahasaa Indonesia Kelas X di SMKN 5 Matararn pada Permendikbud Nomor 54 dan 64 tahun 2013 sudah sangat baik, Permendikbud nomor 103 dan Permendikbud nomor 104 baik.Kata kunci : Implementasi, Permendikbud, Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR Astuti, Helmi; Rokhmat, Joni; Sudirman, Sudirman
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1647.113 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.42

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi. Metode penlitian yang digunakan adalah kuantitaif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis static deskriptif dan diuji dengan uji normalitas, homogenitas, multicollinearity, dan heteroskedastisitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linieritas sederhana dan uji regresilinieritas ganda. Hasil penelitian pada hipotesis pertama adalah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru yakni thitung =3,784 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar hubungan atau pengaruh interpretasi ® 0,445 dengan determinasi R2 0,198 atau 19,8%. Hipotesis kedua adalah ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru yakni thitung= 4,580 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar hubungan atau pengaruh interpretasi (R) 0,515 dengan determinaso R2 0,266 atau 26,6%. Hipotesis ketiga adalah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Aikmel yakni fhitung 15,959>ftabel 3,16, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Besar hubungan atau pengaruh berada pada kategori ?cukup? mengacu pada interpretasi (R) 0,599 dengan determinasi R2 0,359 atau 35,9%. Dapat dikatakan bahwa lingkungan kerja dan motivasi berprestasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTNER SWITCH DENGAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI SMAN 7 MATARAM Marleni, Nursal
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) Vol 5, No 1 (2020): Mei
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.638 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v5i1.105

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran di SMAN 7 Mataram khususnya pembelajaran biologi belum mampu memanfaatkan fasilitas sekolah seperti LCD dan dalam proses belajar masih berpusat pada guru. Materi yang disampaikan belum sepenuhnya dipahami oleh siswa sehingga tidak mencapai nilai KKM, Hal ini terjadi karena penggunaan media dan model yang belum bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dan berdampak pada hasil belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran partner swicth dengan media microsoft powerpoint dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional (ceramah, diskusi kelompok dan guru menjelaskan materi menggunakan buku cetak) pada materi sistem saraf manusia. Rancangan penelitian ini adalah true-eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Mataram dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IPA.Kata kunci: Partner Swicth, media, microsoft powerpoint, aktivitas, hasil belajar.Abstract: The learning process at SMAN 7 Mataram in particular biology learning has not been able to utilize school facilities such as LCD and in the learning process is still teacher-centered. The material presented is not fully understood by students so it does not reach the KKM value. This occurs because the use of media and models that have not varied, so students feel bored and have an impact on learning outcomes. The purpose of this study was to determine the differences in student activity and learning outcomes that were taught with the swithth partner learning model with Microsoft PowerPoint media with students who were taught conventionally (lectures, group discussions and teachers explained the material using printed books) on the material of the human nervous system. The design of this study is true-experiment. This research was conducted at SMAN 7 Mataram with the sample of the study were students of science classes.Keywords: Swiss partners, media, Microsoft PowerPoint, activities, learning outcomes

Page 1 of 10 | Total Record : 98