cover
Contact Name
Donie Kadewandana
Contact Email
coverage.fikomup@univpancasila.ac.id
Phone
+6221-7870451
Journal Mail Official
coverage.fikomup@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, 12630, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Coverage: Journal of Strategic Communication
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 20873352     EISSN : 26861992     DOI : https://doi.org/10.35814/coverage
Core Subject : Education,
The manuscript was written for Coverage: Journal of Strategic Communication (Coverage) should be an original research paper either theoretically or empirically which sufficiently contributes novelty to communication studies. This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Coverage published by Faculty of Communication, Universitas Pancasila.
Articles 48 Documents
IMPLEMENTASI TEORI PERS TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM PEMBERITAAN TVRI PUSAT De Fretes , Madrid; A.W. Kaligis, Retor
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 9 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.926 KB) | DOI: 10.35814/coverage.v9i1.1115

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi teori pers tanggung jawab sosial dalam pemberitaan TVRI Pusat. Dalam penelitian ini, penulis hanya berfokus pada bentuk-bentuk implementasi teori pers tanggung jawab sosial yang dijalankan dalam pemberitaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini ada Teori Tanggung Jawab Sosial Pers, dan konsep yang digunakan adalah TVRI sebagai lembaga layanan publik. Dari temuan yang ada dapat disimpulkan ada beberapa indikator yang menjadi prinsip utama tanggung jawab sosial yang sudah dijalankan oleh TVRI sendiri yaitu menerima dan memenuhi kewajiban kepada masyarakat, memberikan ruang bagi masyarakat menyampaikan sudut pandang sebagi bentuk kontrol masyarakat untuk membangun TVRI yang lebih baik, menghindari pemberitaan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, namun TVRI sejauh ini belum mampu untuk mengelola lembaganya secara mandiri tanpa ada intervensi politik karena aturan-aturan yang ada membatas ruang gerak TVRI. Dalam pemberitaan yang membenturkan masyarakat dan pemerintah TVRI belum bisa menyajikan informasi yang netral karena faktor pemerintah sebagai bentuk interpretasi negara sehingga TVRI mengambil posisi sebagai media yang menyajikan pemberitaan yang tidak menjadi kontrol terhadap kekuasaan.
LIMA KUALITAS SIKAP KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI OLEH UNIT CUSTOMER COMPLAINT HANDLING PT BNI LIFE INSURANCE Paramithasari, Nanda; Kartika , Risma
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.077 KB)

Abstract

Setiap perusahaan penyedia layanan jasa sekarang ini sedang berlomba untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada setiap nasabahnya. Sebagai salah satu contohnya yaitu pada PT BNI Life Insurance. PT BNI Life Insurance merupakan salah satu anak perusahaan dari Bank BNI yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik masing masing karyawan dituntut agar dapat melakukan komunikasi antar pribadi secara baik kepada nasabah. Hal ini menjadi perhatian khusus di Unit Customer Complaint Handling, di mana unit tersebut setiap harinya berhadapan dengan keluhan dari nasabah. Nasabah yang dihadapi oleh unit customer complaint handling memiliki karakter yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan karakter nasabah keahlian dalam komunikasi antar pribadi unit customer complaint handling sangat diperhatikan dan harus dipastikan berjalan efektif serta selaras dengan apa yang dipahami oleh nasabah. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma postpositivis. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi antar pribadi, customer relationship management, pelayanan, dan nasabah. Temuan dalam penelitian ini yaitu, komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh Unit Customer Complaint Handling di PT BNI Life Insurance berjalan efektif karena telah melaksanaan lima kualitas sikap yang dipertimbangkan yaitu, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.
PEMAKNAAN PUTUSAN MA TERKAIT CALON LEGISLATIF MANTAN KORUPTOR: ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS Alfrin Aladdin, Yuri
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 9 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.356 KB) | DOI: 10.35814/coverage.v9i1.1118

Abstract

Mahkamah Agung Indonesia pada tanggal 14 September 2018 memutuskan untuk mencabut undang-undang yang melarang mantan koruptor mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif. Keputusan tersebut membuat pro-kontra di antara orang-orang Indonesia yang diwakili di media Indonesia. Salah satu media Indonesia, Republika (dalam penelitian ini, diwakili oleh Republika Online/Republika.co.id) sebagai media Islam juga menerbitkan artikel berita tentang keputusan MA. Media telah diakui memiliki hubungan khusus dengan partai-partai politik Islam di Indonesia dan banyak partai peringkat atas telah ditangkap karena kasus korupsi. Dalam penelitian ini, menggunakan metode Analisis Wacana Kritis dari Sara Mills dan juga wawancara dengan Pemimpin Redaksi dan jurnalis senior media untuk mengetahui kebijakan media. Hasil penelitian ini, Republika mendukung keputusan MA dengan sejumlah alasan.
MAKNA POPULARITAS DALAM LIRIK LAGU “THE LUCKY ONE” KARYA TAYLOR SWIFT: SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA Umara Ridwan, Qilan
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 9 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.398 KB) | DOI: 10.35814/coverage.v9i1.1119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna penanda (signifier) dan petanda (signified), sintagmatik dan hubungan signification dari lirik lagu. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika interpretatif atau konstruktivisme. Kesimpulan dari hasil yang ditemukan adalah, ada berbagai arti popularitas berdasarkan kalimat yang dianalisis yaitu, ketenaran, kemewahan, publikasi, kekayaan, perasaan optimis, cantik dan keren, dipuja, dianggap beruntung tapi pada akhirnya perasaan berubah, merasa dimanfaatkan, dapat tergantikan, bingung, sepi dan tidak beruntung. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk eksplor lebih dalam bagian sinkronik dan dikronik dari bahasa yang digunakan dalam lagu tersebut.
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN INFORMAL “SEAMAN’S ENGLISH EDUCATION INDONESIA ” Satrio Herlambang, Aldi
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 9 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.462 KB) | DOI: 10.35814/coverage.v9i1.1120

Abstract

Seaman?s English Education Indonesia  (SEE Indonesia) adalah suatu lembaga pendidikan informal yang berlokasi di Jakarta Utara, yang menawarkan berbagai macam kursus untuk pelaut, utamanya adalah kursus Marlins Test, sebuah tes berbahasa inggris untuk pelaut. Karena baru didirikan maka sudah sepantasnya tingkat brand awareness  oleh konsumen masih sangat rendah. Berdasarkan data kunjungan yang ada di SEE Indonesia per 1 tahun sejak didirikan, hanya 768 orang yang telah mengunjungi SEE Indonesia, baik itu hanya datang atau menggunakan jasa kursusnya. Jumlah tersebut masih sangat kecil apabila dibandingkan dengan jumlah pelaut Indonesia keseluruhan yaitu sekitar 850.000 orang. Oleh karena itu diperlukan sebuah program komunikasi pemasaran agar SEE Indonesia dapat meningkatkan brand awareness  dan memenangkan pasar dari para kompetitornya. Demi meningkatkan brand awareness  SEE Indonesia, maka dalam karya ini penulis akan menggunakan metode Participatory Action Research, di mana metode ini akan melibatkan orang yang terlibat dalam permasalahan yang ada untuk berpartisipasi secara aktif sehingga diharapkan akan mendapatkan solusi yang tepat. Hasil dari Participatory Action Research tersebut kemudian akan menjadi bahan informasi untuk teori SOSTAC yang akan digunakan untuk membuat program komunikasi pemasaran SEE Indonesia.
KOMIK DIGITAL SEBAGAI STRATEGI BISNIS MEDIA ONLINE OLAHRAGA: STUDI PADA GORILASPORT.COM Akbar Saputra , Fandi; Gembyeng Ciptadi, Suluh
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 9 No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.594 KB) | DOI: 10.35814/coverage.v9i2.1122

Abstract

Industri media online semakin berkembang pesat saat ini. Hadirnya berbagai macam jenis media online tersebut mewarnai persaingan di dunia industri media. Bisnis media menjadi celah untuk mencari latar belakang yang menjadi prinsip sebuah portal berita. Gorilasport.com merupakan portal berita yang menyajikan informasi mengenai olahraga dengan konten utama komik digital. Mereka menggunakan komik digital sebagai konten utama dalam penyajian berita yang dapat dilihat dalam satu portal berita. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis media online olahraga pada portal berita Gorilasport. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Unit analisisnya adalah organisasi media Gorilasport.com. Konsep yang digunakan adalah Strategi bisnis media, komik digital dan media online olahraga dengan dibantu kajian penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan strategi bisnis media menggunakan komik digital dapat memberikan keuntungan. Keuntungan yang didapat adalah bisnis ini dapat memiliki pangsa pasar yang luas serta banyaknya pihak yang beriklan melalui konten komik digital dari Gorilasport.
BUKAN HANYA SITUS BERITA: IKHTISAR DAN TREN JURNALISME ONLINE INDONESIA Nurwulan Suciati , Titis; Puspita, Ratna
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 9 No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.294 KB) | DOI: 10.35814/coverage.v9i2.1123

Abstract

Jurnalisme online telah mengalami evolusi sejak hampir dua dekade terakhir sehingga menghasilkan berbagai produk jurnalistik yang menggabungkan budaya jurnalisme cetak dan teknologi media baru. Penelitian ini menyelidiki tren evolusi dalam pencarian dan penyajian berita online di Indonesia dengan mempertimbangkan dinamika konvergensi yang ditimbulkan oleh kehadiran internet. Jurnalisme online di Indonesia menyajikan berbagai model penyajian berita dengan memanfaatkan web atau situs atau laman dan media sosial. Pekembangan jurnalisme online di Indonesia tidak hanya ditunjukkan melalui kehadiran situs-situs berita, melainkan juga keberadaan laman pembaca umpan atau aggregator berita. Perubahan praktik jurnalisme online di Indonesia ini memberikan tantangan bagi dosen yang mengajarkan jurnalisme secara khusus dan ilmu komunikasi secara umum. Penelitian ini bertujuan menjelaskan konsep jurnalisme online yang berlaku di Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengumpulkan studi-studi terdahulu mengenai jurnalisme online di Indonesia untuk kemudian menggambarkan permasalahan yang muncul pada jurnalisme online di Indonesia, metode yang digunakan untuk menelitinya, dan teknik pengumpulan data. Peneliti berharap penelitian ini menjadi tahap awal penelitian tentang jurnalisme online di Indonesia sehingga nantinya ada modul pengajaran bagi mahasiswa ilmu komunikasi secara umum dan ilmu jurnalistik secara khusus.
THE EXISTENCE OF VIDEO DEBATE FINAL PILKADA DKI 2017 ON THE YOUTUBE Rachmaniar
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.936 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube, dilihat dari stasiun TV yang mengunggah video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube, dan komentar netizen terkait video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan virtual ethnography untuk mengetahui keberadaan video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube. Objek utama dari penelitian ini adalah video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa stasiun televisi mengunggah video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube. Stasiun televisi tersebut yaitu CNN, Kompas TV, dan Metro TV. Kemudian komentar netizen terkait konten video Debat Final Pilkada DKI 2017 di saluran YouTube adalah: 1) netizen sering menghina pasangan calon yang bukan pilihannya, 2) netizen saling menghina netizen lain yang mendukung salah satu pasangan kandidat, 3) netizen membanggakan pasangan calon pilihan mereka, 4) netizen menjelaskan program pasangan kandidat pilihan mereka, 5) netizen mempertanyakan program pasangan kandidat yang bukan pilihan mereka, dan 6) netizen berdebat dengan netizen lain yang memiliki pilihan berbeda dengan mereka.
HUBUNGAN PARASOSIAL DI MEDIA SOSIAL: STUDI PADA FANDOM ARMY DI TWITTER Sagita , Afitia; Kadewandana, Donie
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.313 KB)

Abstract

Unggahan media sosial dari idola kepada penggemar yang terus-menerus dapat menciptakan sebuah rasa kedekatan bagi penggemarnya. Unggahan tersebut biasanya berisi kegiatan sehari-hari sang idola. Bahasa yang dikomunikasikan pada unggahan media sosial idola menggunakan bahasa yang mirip dengan komunikasi interpersonal. Hal ini yang meningkatkan hubungan parasosial pada penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan emosi terjalin pada hubungan parasosial yang dijalankan oleh Fandom Army. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggemar yang tergabung dalam fandom Army terus-menerus menjalin interaksi dengan idolanya melalui media sosial terutama Twitter. Penggemar juga memiliki pengungkapan diri yang tinggi sebagai seorang Army dan pengungkapan rasa suka yang tinggi kepada idolanya. Selain itu, penggemar memiliki rasa ketergantungan yang tinggi untuk terus terhubung dengan hal-hal berkaitan dengan idolanya.
ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI YOUTUBE: STUDI TERHADAP BEAUTY VLOGGER KOSMETIK WARDAH Sari , Sonnya; Yuliana, Gati Dwi
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.828 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji komunikasi pemasaran electronic word of mouth melalui beauty vlogger yang dilakukan untuk mengomunikasikan produk. Adapun produk yang menjadi studi kasus ini adalah Wardah. Penelitian ini menggunakan konsep electronic words of mouth sebagai pisau analisisnya. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dengan pendekatan kualitatatif. Informan yang menjadi subjek penelitian merupakan representatif Wardah, beauty vlogger, dan khalayak. Hasil penelitian memperlihatkan electronic word of mouth merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang memanfaatkan platform media digital sebagai sarana komunikasinya. Media sosial yang digunakan oleh beauty vlogger dianggap lebih efektif dalam mengomunikasikan suatu produk. Wardah menggunakan beauty vlogger sebagai media yang mengomunikasikan pemasarannya melalui electronic word of mouth agar dapat menjangkau sasaran yang lebih luas dengan waktu yang relatif singkat. Keefektifan suatu penyebaran electronic word of mouth yang dilakukan beauty vlogger tidak terlepas dari isi komunikasi yang disampaikan dalam video yang diunggah.