cover
Contact Name
Veta Lidya Delimah Pasaribu
Contact Email
vethalidya@yahoo.com
Phone
+6285880118922
Journal Mail Official
vethalidya@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL SeMaRaK
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26156849     EISSN : 26223686     DOI : 10.32493/smk
Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal SeMaRaK Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.
Articles 89 Documents
PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASIDAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BENTARA SINERGIES MULTIFINANCE (BESS FINANCE) (STUDI KASUS DI CABANG TANGERANG) Nurhidayat, M. Anton
JURNAL SeMaRaK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.627 KB) | DOI: 10.32493/smk.v2i1.2672

Abstract

ABSTRAK.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT Bentara sinergies Multifinance (BESS Finance) study kasus di cabang Tangerang Devisi Mobil, baik parsial maupun simultan.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode study kasus dan pengujian hipotesis. Populasi adalah karyawan yang bekerja di PT Bentara sinergies Multifinance (BESS Finance) di cabang Tangerang Devisi Mobil sebanyak 52 karyawan.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh sebanyak 52 karyawan. Teknik analisis data digunakan dengan: 1. Test Validitas dan Realibilitas, 2. Test Asumsi Klasik, 3. Regresi Linear Berganda, 4. Koefisien Determinasi dan 5. Pengujian Hipotesis.Berdasarakan hasil analisis yang dilaksanakan sehingga didapathasilsebagai berikut: Terdapatpengaruh yang positif dan signifikan antarakepemimpinan terhadap kinerja dengan nilai t hitung> t tabel (5,067 > 1,677) dan signifikansi (0,000>0,005). Dengan demikian menolak Ho dan menerima H1, yang berarti kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.Terdapat nilai t hitung> t tabel (6,693> 1,677) dan signifikansi (0,000>0,005). Maka menolak H0 dan menerima H2, yang berarti ada pengaruh Motivasi terhadap Kinerja.Terdapat hasil t hitung> t tabel (6,854> 1,677) dan signifikansi (0,000>0,005). Maka menolak H0 dan menerima H3, yang berarti budaya organisasiberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan, motivasi dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai fhitung> ftabel (18,103>2,79) dan signifikansi (0,000>0,005). Maka menolak H0 dan menerima H4, yang berarti kepemimpinan, motivasi dan budaya organisasiberpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan. 
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KELURAHAN SERUA INDAH, TANGERANG SELATAN KRISNALDY, KRISNALDY
JURNAL SeMaRaK Vol 3, No 1 (2020): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.125 KB) | DOI: 10.32493/smk.v3i1.4512

Abstract

ABSTRAK             Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh  antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja di Kelurahan Serua Indah, Tangerang Selatan, untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara terhadap kepuasan kerja di Kelurahan Serua Indah, Tangerang Selatan dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara gaya kepemimpinan dan terhadap kepuasan kerja di Kelurahan Serua Indah, Tangerang Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban dari responden yang menjadi pegawai di Kelurahan Serua Indah, Tangerang Selatan yang diberikan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel gaya kepemimpinan, dan  terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian ini juga menunjukkan variabel gaya kepemimpinan, dan  berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja. Pada koefisien determinasi terdapat pengaruh sebesar 81,1% yang mempengaruhi kepuasan kerja yang dijelaskan oleh variabel gaya kepemimpinan, dan , sedangkan sisanya 18,9% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini. Kata kunci: gaya kepemimpinan,, kepuasan kerja 
ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Syukri, Ahmad
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeMARAK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.629 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i2.1799

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, untuk mengetahui variabel mana yang paling mempengaruhi loyalitas pelanggan pada rumah sakit Syarif Hidayatullah. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen ekuitas merek (X1) dan kualitas pelayanan (X2). Metode analisis yang digunakan analisa regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil secara random dari pasien yang menggunakan jasa rumah sakit. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel merek, kualitas produk, pelayanan, saluran distribusi dan harga terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan variabel ekuitas merek dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 74,4% dari variabel independen (ekuitas merek dan kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (loyalitas pelanggan). Sedangkan, sebanyak 25,6% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini. Kata kunci: ekuitas merek, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan
DAMPAK PELEMAHAN KURS RUPIAH, AKTIFITAS DANA ASING DAN LIKUIDITAS PASAR SAHAM TERHADAP HARGA SAHAM BIG FIVE CAPITALIZATION PADA INDEX LQ45 DI TAHUN 2018 Ade Ratnasari, Zulfitra Muliahadi Tumanggor; Ratnasari, Ade
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 3 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.712 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i3.2257

Abstract

ABSTRAK Fenomena pelemahan kurs rupiah, aktifitas dana asing dan likuditas pada pasar saham Indonesia ditahun 2018 menjadi perhatian peneliti. Alasan ini merupakan hal yang menarik bagi peneliti untuk mengkaji fenomena tersebut, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan khususnya dalam pengambilan keputusan investasi portofolio saham. Tujuan dari penelitian secara empiris untuk membuktikan adanya pengaruh pelemahan kurs rupiah, aktifitas dana asing dan likuiditas pasar saham terhadap harga saham big five capitalization pada Index LQ45 di tahun 2018 baik secara parsial maupun simultan. Peneliti menggunakan sampel 5 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar dari Index Saham LQ45 Bursa Efek Indonesia. Jumlah observasi dalam penelitian sebanyak 590, dengan 118 data time series harian dari tanggal 2 Mei 2018 sampai 31 Oktober 2018. Metode penelitian menggunakan regresi data panel dengan Random Effect Model. Hasilnya menunjukkan bahwa pada saham big five capitalization Index LQ45 terdapat pengaruh signifikan secara parsial kurs rupiah dan aktifitas dana asing terhadap harga saham. Dan secara simultan kurs rupiah, aktifitas dana asing dan likuiditas pasar saham mempengaruhi harga saham big five capitalization Index LQ45 Kata kunci: Kurs Rupiah, Aktifitas Dana Asing, Likuditas, Harga Saham, LQ45, Regresi Data Panel
PERBANDINGAN EFFISIENSI BIAYA PADA BANK UMUM KOVENSIONAL (BUK) DAN BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA TAHUN 2012-2016 Matta, Yusran Daeng
JURNAL SeMaRaK Vol 2, No 3 (2019): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.945 KB) | DOI: 10.32493/smk.v2i3.3485

Abstract

ABSTRAK Kajian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan atau perbandingan nilai keberkesanan kos di Bank Perdagangan konvensional atau biasanya disingkat BUK dan Bank Perdagangan Islam atau BUS di Indonesia untuk tempoh 2012-2016 menggunakan kaedah perhitungan Pendekatan Stochastic Frontier (SFA). Data yang digunakan dalam kajian ini diperolehi daripada laporan kewangan tahunan Bank Perdagangan konvensional dan Bank Perdagangan Islam untuk tempoh 2012-2016 dan data yang diperiksa dari setiap Bank ialah CAR, NPL / NPF, ROA, LDR / FDR terhadap BOPO. Populasi dalam kajian ini adalah bank-bank yang tersenarai di Bursa Saham Indonesia dan bank-bank yang memiliki sistem ganda, yaitu bank-bank yang beroperasi menggunakan sistem konvensional dan bank-bank yang menggunakan sistem Islam di Indonesia. Setelah melewati tahap pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, terdapat lima Bank Umum Konvensional yang memenuhi kriteria sampling yaitu Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Mega, dan Bank Bukopin serta lima Bank Islam yaitu BCA Syariah Bank, BRI Syariah Bank, Bank Mandiri Syariah, Bank Mega Syariah dan Bank Bukopin Syariah. Teknik analisis yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis kuantitatif dengan nisbah kewangan dan analisis regresi berganda linear yang bertujuan untuk mendapatkan kecekapan bank konvensional, kecekapan bank Islam dan perbandingan kecekapan antara bank konvensional dengan bank Islam dengan proses pengiraan statistik menggunakan program Stata12. Walaupun ujian asumsi klasik yang digunakan dalam kajian ini termasuk pekali ujian penentuan, ujian parsia (ujian t), ujian Chi-Square dan ujian z. Hasil penyelidikan mengenai kecekapan Bank Perdagangan Konvensional dan Bank-bank Perdagangan Islam untuk tempoh 2012-2016 menunjukkan bahawa bank-bank Islam lebih cekap daripada bank perdagangan konvensional. Kecekapan rata-rata bank Islam hampir 100%. Hasil kajian ini dijangka menjadi panduan bagi pengurusan Bank Komersial Konvensional dan Bank-bank Perdagangan Islam dalam menguruskan syarikat. Kata kunci : Analisis CAR, NPL, NPF, ROA, LDR, FDR terhadap BOPO untuk mengukur tingkat   effisiensi,  dari lima Bank Konvensional dan lima Bank Syariah
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA BINTARO TANGSEL Sugiarti, Endang
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeMARAK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.633 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i2.1808

Abstract

ABSTRAKAdapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Stress kerja karyawan pada PT. PLN (persero) Area Bintaro, untuk mengetahui Kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Area Bintaro dan untuk mengetahui Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja pada PT. PLN (Persero) Area Bintaro Tangsel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan, seperti: wawancara, observasi dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN (Persero) Area Bintaro yang berjumlah 97 orang/responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang/responden. Data yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kemudian dianalisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, Regresi Sederhana,uji korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dari hasil analisa diperoleh koefisien korelasi product moment diperoleh sebesar 0,509 artinya memiliki pengaruh cukup kuat.Dari hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinasi hasilnya adalah 56,85% hal ini berarti kinerja pegawai dipengaruhi oleh Stres Kerja sebesar 24,8% sedangkan sisanya sebesar 75,2% dipengaruhi oleh factor lainnyaSelain Disiplin seperti Kepemimpinan,Lingkungan kerja.Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Stres Kerja terhadap kinerja karyawan Berdasarkan hasil yang menunjukkan thitung>ttabelyaituthitung (5,606) >ttabel (1,987) yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Sters Kerja (X) mempunyai pengaruh yang Positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Kata Kunci: Stres Kerja dan Kinerja Karyawan
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PELAYANAN JASA TEKNOLOGI,STUDI KASUS PADA BALAI BESAR TEKNOLOGI KEKUATAN STRUKTUR - BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI (B2TKS-BPPT) PURNOMO Y, BAMBANG
JURNAL SeMaRaK Vol 2, No 2 (2019): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.762 KB) | DOI: 10.32493/smk.v2i2.2934

Abstract

ABSTRAK            Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) merupakan hal yang sangat menarik untuk diangkat oleh suatu Instansi Pemerintah seperti B2TKS ? BPPT, di dalam usahanya untuk memenangkan persaingan dengan instansi yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi pelanggan terhadap pelayanan dan apakah kualitas pelayanan yang diberikan B2TKS ? BPPTtelah memenuhi harapan pelanggan.Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang kemudian didukung oleh pendekatan dan data-data kualitatif. Dalam penelitian inidigunakan kuisioner yang telah ditentukan dan didisain dalam bentuk-bentuk pertanyaan Persepsi dan Harapan Pelanggan. Dimensi pertanyaan ada 5 yaitu:tangibles,empathy,reliability,assurancedanresponsiveness.Populasi kuesioner berjumlah 112 perusahaan pelanggan dan untuk mendapatkan data yang representatif, maka 87 perusahaan dijadikan sampel.Hasil penelitianmenunjukkanbahwapersepsiresponden yang menerimapelayanan yang diberikan oleh Kantor B2TKS ? BPPTdinilairata-rata di atas angka 4,34 (di atas baik). Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dari5 dimensi dan 20 indikator yang diajukan.Sebagianbesarrespondenmenjawab sangat setuju dan setuju. Darihasilpengolahan data penelitian, responden mempunyai harapan yang lebih tinggidari persepsi atas pelayanan yang diberikan oleh Kantor B2TKS ? BPPT. Hal inidibuktikandari skor rata-rata nilai harapan ialah 4,49 >4,34. Berdasarkanhasilpenelitian, makakualitaspelayanan yang diberikan oleh B2TKS ? BPPTsudahdinilaiberjalanpadaharapanpelangganKata Kunci : Customer Satisfaction, tangibles, empathy, reliability, assurance, responsiveness dan Pelayanan Jasa Teknologi.
“PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) DAN NON PERFORMING LOAN(NPL) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PT BANK RAKYAT INDONESIA TBK. (PERIODE 2008 – 2016)” Suraya, Amthy; Malani, Sri
JURNAL SeMaRaK Vol 3, No 1 (2020): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.476 KB) | DOI: 10.32493/smk.v3i1.4507

Abstract

ABSTRAK?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Non Performing Loan Terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari data keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. yang telah dipublikasikan melalui www.ir-bri.com, www.bri.co.id, serta www.idx.co.id. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL). Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Return On Asset (ROA). Dalam penelitian ini menggunakan 9 sampel data dari laporan keuangan dan laporan rasio kinerja keuangan periode 2008 ? 2016.Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode ini mengemukakan kondisi perusahaan berdasarkan data rill yang dikumpulkan dari berbagai sumber, data yang diperoleh diolah dan dianalisis sehingga memperoleh gambaran secara sistematik dan dapat ditarik kesimpulan.??Berdasarkan pengujian statistik diketahui bahwa seluruh data pengujian asumsi klasik yaitu, data terdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi. Hasil analisis  regresi linier sederhana CAR diperoleh persamaan Y= 4,842 + -0,021 X negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dan untuk NPL diperloeh persamaan Y= 5,443 + -1,499 Xnegatif dan berpengaruh signifikan terhadap ROA.??Hasil analisis  regresi linier berganda diperoleh persamaan 5,936 + -0,029 (X1) + -1,516 (X2)keduanya bernilai negatif dan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap ROA.Hasil uji tuntuk CAR thitung = -1,159 ttabel2,446 thitung < ttabel dengan nilai signifikansi 0,291 > 0,05 artinya tidak berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas (ROA). Hasil uji tuntuk NPL thitung = -5,640 sedangkan ttabel2,446 thitung> ttabel dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05artinya berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas (ROA). Untuk uji F diperoleh Fhitung adalah 16,529 dan Ftabel 5,14 Fhitung> Ftabel dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05 artinya CAR dan NPL berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadapprofitabilitas (ROA).? ?Kata kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Profitabilitas (ROA).?  
PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOM AKSESS LEGOK Hindriari, Reni
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.346 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1249

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Disiplin Kerja Karyawan, Produktivitas Kerja Karyawan dan Pengaruh Displin kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Telkom Aksess Legok.Penelitian ini menggunakan metode assosiatif kuantitatif analisis. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan PT Telkom Aksess Legok yang berjumlah 65 orang dengan menggunakan sampel jenuh. Hasil Penelitian Y= 7,733 + 0,827 X, artinya jika disiplin kerja ditingkatkan 1 satuan maka produktivitas kerja akan meningkat 0,827 satuan dan sebaliknya.  Koefisien korelasi sederhana r = 0,777 artinya berarti kuat. Koefisien  determinasi KD = 60,3 % artinya 60,3 % disiplin kerja berkontribusi terhadap produktivitas kerja karyawan dan sisanya 39,7 %oleh factor lainnya. Uji Signifikan  9,788 ? 1,669, maka menunjukkan hasil yang signifikan atau dengan kata lain ? yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Telkom Akses Legok.Kata Kunci :Disiplin Kerja dan Produktivitas Kerja.
PENGARUH PELUANG INVESTASI, DIVIDEND POLICY DAN RASIO TINGKAT PENGEMBALIAN MODAL TERHADAP PRICE BOOK VALUE Sairin, Sairin
JURNAL SeMaRaK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.164 KB) | DOI: 10.32493/smk.v2i1.2667

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ?pengaruh secara parsial antara peluang investasi (investment opportunity set) terhadap price book value?, untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara dividend policy (kebijakan deviden) terhadap price book value, untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel rasio tingkat pengembalian modal (return on equity) terhadap price book value?. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat berdasarkan laporan keuangan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) pada periode 2010 - 2014. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara peluang investasi (investment opportunity set), dividend policy (kebijakan deviden) dan rasio tingkat pengembalian modal ( return on equity) berpengaruh terhadap price book value. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peluang investasi (investment opportunity set),dividend policy (kebijakan deviden) dan rasio tingkat pengembalian modal (return on equity) berpengaruh terhadap price book value secara bersama-sama (simultan). ?Pada koefisien determinasi terdapat pengaruh sebesar 52,2% yang mempengaruhi price book value yang dijelaskan oleh variable peluang inestasi (investment opportunity set), dividend policy (kebijakan deviden) dan rasio pengembalian modal (return on equity), sedangkan sisanya 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini?. Kata kunci: peluang investasi, dividend policy, rasio pengembalian modal, price book value.