cover
Contact Name
Kusworo
Contact Email
jurnalpekobis@gmail.com
Phone
+6281367371529
Journal Mail Official
jurnalpekobis@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Jalan Raya Puspitek No.23, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25035142     EISSN : 26863235     DOI : 10.32493/pekobis
Core Subject : Education, Social,
Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, Management, Curriculum Development, E- learning) ECONOMIC (Public Economics, Economic Development, Regional Economic) BUSINESS (Management Business, Entrepreneurship in Business)
Articles 56 Documents
READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SEJARAH TEORI EKONOMI (STUDI PADA MAHAMAHASISWA S1 PENDIDIKAN EKONOMI 01PIEEB FKIP UNIVERSITAS PAMULANG) Soffiatun, Soffi; Anwar, Saiful
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.875 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v1i1.P%p.355

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan metode pembelajaran terpadu yang menitikberatkan kepada kemampuan komunikasi sehingga siswa mampu membaca dan menulis dengan baik, belajar dengan orang lain, menggunakan media, menerima informasi dan menyampaikan informasi. . Pembelajaran di atas digunakan untuk mengatasi permasalahan dan menambah variasi pembelajaran dalam materi Sejarah Teori Ekonomi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem kolaboratif. Secara garis besar aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran model CIRC adalah terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pengenalan konsep, tahap eksplorasi dan aplikasi serta tahap publikasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran mata kuliah Sejarah teori ekonomi dilaksanakan menggunakan pembelajaran CIRC; (2) Respon yang diberikan mahasiswa terhadap pembelajaran CIRC sangat komplek; (3) Hasil belajar mata kuliah Sejarah teori ekonomi diterapkannya pembelajaran CIRC mengalami peningkatan dimana pada pre test hasil belajar mahasiswa diperoleh rata-rata 57,67, sedangkan pada post test siklus 1 diperoleh rata-rata 73,65 dan pada post test siklus 2 juga terdapat kenaikan nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 78,75 (tuntas); (4) Ada beberapa hambatan yang ditemui peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran CIRC, dimana hambatan tersulit adalah rasa percaya diri yang rendah mahasiswa dalam mengemukkakan pendapatnya secara lisan, untuk mengatasi hal ini peneliti memberi dorongan dan motivasi kepada mahasiswa supaya berani mengemukakan pendapatnya secara lisanKata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar, Sejarah Teori Ekonomi. 
ANALISIS PENGARUH PEMANFAATAN PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG TAHUN AJARAN 2019 HAMDA, NASMAL
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2019): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.254 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v4i1.P44-52.2772

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui motivasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar dengan pemanfaatan penggunaan media internet sebagai media pendukung mahasiswa dalam belajar. Adapun dalam penelitian yang dilakukan sifatnya deskriptif dimana jumlah mahasiswa dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester 4 mata kuliah ekonomi makro berjumlah 62 mahasiswa Universitas Pamulang yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas 04PIEP002, kelas 04PIEP001 dan kelas 04PIEM001. Data yang diambil dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik penggunaannya  menggunakan teknik analisis deskriptif dan dilanjtkan dengan analisis regresi linier sederhana. Kemudian untuk mengetahui uji kelayakan regresi menggunakan appl SPSS 22. Adapun hasil yang diperoleh dengan pemanfaatan penggunaan media internet sebagai  pendukung kegiatan belajar mahasiswa mempunyai efek terhadap motivasi mahasiswa dalam belajar sebesar 46,7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan penggunaan media internet terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi semester 4 Universitas Pamulang. Kata Kunci: Motivasi belajar, Pemanfaatan penggunaan jaringan internet
ANALISA TIME BASED CONFLICT, STRAIN CASED CONFLICT DAN BEHAVIOR BASED CONFLICT PADA PEREMPUAN YANG MENJALANKAN BISNIS KELUARGA ANWAR, SAIFUL
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.823 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v3i2.P20-29.2042

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memotret apakah terjadi problem time based conflict, strain cased conflict dan behavior based conflict didalam bisnis keluarga Mistari? Dan bagaimana solusi yang dilakukan ketika mengalami time based conflict, strain cased conflict dan behavior based conflict yang terjadi?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yang dilakukan dalam penelitian ini ditujukan kepada perempuan yang mengendalikan bisnis keluarga mistari yang berada di wilayah Kabupaten Blitar. Informan utama di dalam penelitian ini adalah tujuh perempuan yang mengendalikan bisnis keluarga di dalm berbagai bidang mulai dari rumah makan, salon kecantikan, peternakan, jahit sampai dengan pemasok barang-barang bekas. Adapaun waktu yang dibutuhkan di dalam penelitian ini dalam kurun waktu 5 tahun mulai 2014 s,d 2018.Prosedur pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data penelitian menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat kegiatan berikut: 1)Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Penyimpulan/ verivikasi. Pengecekan keabsahan temuan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengecekan dengan kriteria derajat kepercayaan (credibility). Dalam penelitian ini validasi yang dilakukan antara lain: 1) Perpanjangan waktu pengamatan; 2) triangulasi; 3) member check; 4) audit trail; 5) expert. OpinionBerdasarkan hasil analisis data kualitatif diperoleh gambaran tentang kondisi time based conflict, strain cased conflict dan behavior based conflict. Yang terjadi hanya ada dua yaitu time-based conflict yang merupakan konflik ketika waktu yang tersedia untuk memenuhi peran dipekerjaan tidak dapat digunakan untuk memenuhi peran dikeluarga atau dengan kata lain jam kerja dipekerjaan lebih banyak dibandingkan peran di keluarga. Didalam penelitian ini time based conflict terjadi pada perempuan yang menjalankan unit bisnis terpisah dari rumah keluarga sehingga perempuan-perempuan tersebut merasa kurang maksimal di dalam mendidik anak meskipun mereka menjalankan bisnis keluarga. Dimensi kedua yang terjadi yaitu strain-based conflict merupakan ketegangan yang disebabkan oleh salah satu peran membuat seseorang sulit memenuhi tuntutan peran yang lain. Di dalam penelitian ini strain based conflit beberapa kali terjadi ketika peneliti melakukan penelitian karena terkadang urusan pekerjaan terbawa ketika mereka berperan sebagai seorang ibu dan yang terjadi kelelahan, kecemasan dan cepat marah. Sedangkan behavior-based conflict tidak terjadi karena selama pengamatan peneliti selama bertahun-tahun perilaku yang mereka lakukan di tempat kerja dan dirumah sama saja atau tidak ada beda antara sikap dirumah dan ditempat kerja. Kata Kunci: time based conflict, strain cased conflict dan behavior based conflict, bisnis keluarga
PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (PBV) STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN ENERGI DI BEI PERIODE TAHUN 2010 - 2014 Agusentoso, Randy -
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 1, No 4 (2017): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.25 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v1i4.P17-31.722

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal (DER), perputaran modal kerja (WCT), dan profitabilitas (ROE) secara parsial dan simultan terhadap nilaiperusahaan (PBV) studi kasus perusahaan pertambangan dan energy di BEI periode 2010-2014. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 tahun yaitu mulai tahun 2010-2014.Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan pertambangan dan energy yang sudah dan masih terdaftar di BEI periode 2010-2014. Dari populasi sebanyak 30 perusahaan pertambangan dan energi diperoleh 6 perusahaan pertambangan dan energi sebagai sampel dengan periode pengamatan selama 5 tahun 2010 sampai dengan 2014. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa struktur modal (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan nilai t hitung sebesar 3,333 dan signifikan 0,005 sehingga hipotesis pertama diterima. Perputaran modal kerja (WCT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan nilai thitung sebesar 2.866 dan signifikansi 0,008, sehingga hipotesis kedua diterima. Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan nilai thitung sebesar 3.616 dan signifikan 0,001, sehingga hipotesis ketiga diterima. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan struktur modal (DER) perputaran modal kerja (WCT), dan profitabilitas (ROE) berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV). Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 9,158 dan nilai signifikan 0,000.Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,337 menunjukkan bahwa pengaruh struktur modal (DER) perputaran modal kerja (WCT), dan profitabilitas (ROE) terhadap nilai perusahaan (PBV) sebesar33.7%, dan sisanya sebesar 66,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitan.Perusahaan Pertambangan dan Energi agar memperhatikan dan menigkatkan nilai dari beberapa rasio-rasio antara lain, struktur modal (DER), perputaran modal kerja (WCT), dan profitabilitas (ROE) sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan (PBV), stabilitas kinerja keuangan lebih baik dan bertahan dalam kondisi ekonomi yang akan datang. Kata kunci: Struktur modal (DER), perputaran modal kerja (WCT), profitabilitas (ROE), dan nilai perusahaan (PBV).
EFEKTIVTAS MODEL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PROBLEM BASED LEARING PADA MATA KULIAH TEORI MAKRO EKONOMI SULISTIYANI, SULISTIYANI; PRATAMA, ADITYA; KUNCORO, IRAWAN WISNU
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4, No 2 (2019): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.71 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v4i2.P48-56.3950

Abstract

Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan wajib yang ada setiap Universitas. Di lingkungan Universitas di berbagai negara quality teaching and learning menjadi fokus utama. Orang berusaha memberi inovasi berbagai pendekatan belajar mengajar  yang efektif dikaitkan sesuai dengan keperluan proses kegiatan belajar mengajar dan harapan wali murid. Peningkatkan kualiatas serta hubungan kegiatan belajar dan mengajar di Universitas, khususnya pada jenjang strata program studi S1 di indonesia. Berbagai macam jenis metode kegiatan belajar mengajar Problem Based Learning (PBL) menjadi pilihan yang akan diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dalam penelitan ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui Efektivtas  Model  Kegiatan belajar mengajar  PBL Pada Mata Kuliah  Teori Makro Ekonomi. Penelitian eksperimen dengan menggunakan metode  kelas ekperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan metode PBL dan kelas kotrol memakai metode ceramah dan diskusi. Analisis data Uji efektivitas pada penelitian ini iyalah dengan tahap analisis data nilai hasil tes kognitif mahasiswa dengan menggunakan  T-test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian nilai sig uji t memberikan hasil H1 tidak ditolak. Dari pernyataan tersebut terdapat tidak ada persamaan rata-rata nilai tes hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Model  Kegiatan belajar mengajar  PBL efektiv diterapkan  Pada Mata Kuliah  Teori Makro Ekonomi.
ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA BERDAMPAK PADA KINERJA KARYAWAN RSUD KOTA TANGERANG SRI JATMIKO, TUTUG; FAUZI, IMAN
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2016): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.428 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v2i2.P%p.363

Abstract

Latar belakang dan tujuan penelitian untuk mengetahui fenomena, serta kesimpulan mengenai pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja di lingkungan kerja RSUD Kota Tangerang.Metode Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif Kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : uji kualitas data validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik normalitas, multikolinieritas dan heterokendatisitas, analisis regresi yaitu regresi sederhana dan berganda, parsial t, simultan F dan koefesien determinasi. Pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan signifikan 0.05. Responden dalam penelitian ini 231 karyawan RSUD Kota Tangerang.Hasil penelitian sebagai berikut: Hipotesis pertama terdapat pengaruh signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan kerja. Hipotesis kedua terdapat pengaruh signifikan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja. Hipotesis keempat terdapat pengaruh signifikan Motivasi terhadap Kinerja. Hipotesis kelima terdapat pengaruh signifikan secara bersama Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja. Hipotesis keenam terdapat pengaruh signifikan secara besama Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja. Dan Hipotesis ketujuh terdapat pengaruh signifikan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di RSUD Kota Tangerang. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja
PENERAPAN METODE RESITASI DAN DRILL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG LUBIS, METHA
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4, No 1 (2019): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.873 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v4i1.P35-43.2770

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa kelas 05PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang pada pembelajaran  Psikologi Pendidikan melalui metode Resitasi dan Drill. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mix method, dengan metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Adapun desain PTK yang digunakan adalah Kurt Lewin yang terdiri 3 siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 05PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan soal tes untuk mengetahui ketuntasan belajar mahasiswa pada pembelajaran Psikologi Pendidikan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, jumlah mahasiswa yang aktif mencapai 47% dan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 59%. Pada siklus II jumlah mahasiswa yang aktif meningkat menjadi 60% dan persentase ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 77%. Pada siklus III yang sekaligus menjadi hasil dalam penelitian ini, jumlah mahasiswa yang aktif meningkat menjadi 74% dan presentasi ketuntasan hasil belajar mahasiswa ikut meningkat menjadi 91%. Simpulan penelitian adalah metode Resitasi dan Drill mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Psikologi Pendidikan kelas 05PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Metode Drill, Metode Resitasi, Aktivitas Belajar, Psikologi                   Pendidikan
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP NURUL IMAN PARUNG BOGOR TAHUN AJARAN 2017/2018 SHOLEH, BADRUS; SA?DIAH, HAMDAH
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.043 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v3i2.P12-19.2041

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar IPS baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMPN Nurul Iman Parung Bogor yang berjumlah 36. Variabel yang diteliti adalah motivasi belajar dan fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 2) tidak terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dan 3) terdapat pengaruh secara simultan motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS.  Kata Kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA ASISTEN DEPUTI URUSAN PERDESAAN DEPUTI PENGEMBANGAN DAERAH KHUSUS KEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL REPUBLIK INDONESIA Musran, La Ode Musran; Anggraini, ninik
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.718 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v1i1.P%p.354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Gaya Kepemimpinan yang ada maupun yang diterapkandan untuk mengetahui Kinerja Pegawai Asisten Deputi Urusan Perdesaan Deputi Pengembangan Daerah Khusus Kementerian Pembagunan Daerah Tertinggal Repubik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif/kuantitatif, yang artinya penelitian ini hanya sebatas pengungkapan suatu permasalahan yang ada dan mencoba menemukan solusi atau pemecahan masalah yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengunakan teknik observasi, wawancara serta kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Dianalisis mengunakan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan program SPSS 16 untuk melakukan Uji Validitas, Realibilitas, Normalitas, Parsial (t) dan koefesien determinasi. Hasil penelitian sebagai berikut : Hasil uji regresi sederhana menunjukan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan koefisien korelasi sebesar 0,774 dan nilai koefisien determinasi 0,774 serta diperoleh persamaan regresi Y = 4,025 + 0,774X. Hal ini menunjukan variabel gaya kepemimpinan memberikan kontribusi sebesar 94,2% dan sisanya sebesar 4,8% dijelaskan oleh vaiabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kinerja
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA CV SUSU CERIA KIDS DI KOTA DEPOK Irmal, Irmal -
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol 1, No 4 (2017): PEKOBIS
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.478 KB) | DOI: 10.32493/pekobis.v1i4.P118-130.727

Abstract

ABSTRAK               Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui biaya promosi, jumlah penjualan dan pengaruh biaya promosi (sebagai variabel X) terhadap penjualan (sebagai variabel Y) pada CV Susu Ceria Kids di Kota Depok. Rancangan hipotesis penelitian ialah H0:rxy=0, bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara x dan y; dan Ha:rxy?0, bahwa terdapat pengaruh signifikan antara x dan y. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai t-hitung (th) koefisien korelasi x dan y (rxy) dengan nilai kritis t-tabel (tt) maka H0 ditolak, Ha diterima dan sebaliknya apabila th<tt maka H0 diterima, Ha ditolak.             Metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini ialah metode kuantittaif asosiatif (korelatif) sedangkan pengolahan data kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. Populasi dan sampel penelitian ini ialah data laporan keuangan CV Susu Ceria Kids periode tahun 2012 sampai dengan tahun 2016.Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson?s product moment diperoleh koefisien korelasi rxy =0,867 dengan koefisien determinan Kd= 82,63%, uji hipotesis;th=3.88>tt=2.57 (dua arah) dan persamaan regresi y=-341.14 + 8.46 X. Ini dapat dijelaskan bahwa nilai konstanta dari persamaan regresi di atas, yakni sebesar 341.14, nilai konstanta merupakan nilai konstan atau nilai tetap jika diasumsikan biaya promosi bernilai 0, sehingga apabila diasumsikan demikian, maka penjualan produk tetap pada 341.14, selain nilai konstanta, dari persamaan regresi di atas juga diketahui nilai koefisien regresi, yaitu sebesar 8.46, nilai ini menggambarkan besarnya kenaikan biaya promosi naik Rp.1.000.000, maka penjualan naik Rp. 8.460.000 Kata Kunci: Biaya Promosi terhadap penjualan