cover
Contact Name
Evan Afri
Contact Email
evanafri@gmail.com
Phone
+6282167454614
Journal Mail Official
evanafri@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Ganesha Management Informatika Department Jl. Veteran No. 194, Pasar VI, Labuhan Deli, Deli Serdang North Sumatera, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer)
ISSN : 25411332     EISSN : 25411330     DOI : 10.33395
Core Subject : Science, Education,
REMIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Manajemen Informatika. REMIK adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis dibidang Ilmu Manajemen 2 kali setahun yaitu bulan April dan Oktober.
Articles 41 Documents
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BANK SAMPAH (SIBAS) BERBASIS DESKTOP DENGAN METODE WATERFALL Firmansyah, Firmansyah; Budianto, Eko; Yulianto, Agus; Sudrajat, Budi; Wigandi, Dikdik Permana
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 4 No 1 (2019): Remik Volume 4 Nomor 1 Oktober 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1059.22 KB) | DOI: 10.33395/remik.v4i1.10229

Abstract

Pemahaman masyarakat indonesia akan pentingnya pemanfaatan sampah masih perlu ditingkatkan. Barang rusak, benda tak terpakai, kemasan produk semua dibuang begitu saja. Sebagian menumpuk di tempat pembuangan akhir, selebihnya berserakan di jalan atau mengambang di sungai. Namun, kebanyakan dari kita tampaknya belum sadar akan pentingnya pengelolaan dan pengolahan sampah yang baik. Selama sampah didepan rumah diangkut setiap hari oleh petugas kebersihan, maka sepertinya tidak ada masalah yang perlu dikawatirkan. Namun pernahkah kita mempertanyakan apakah para petugas kebersihan itu akan menumpuk sampah kita disuatu tempat atau mengolahnya kembali? Semua hal itu tampaknya tak terpikirkan oleh kita. Berkaitan dengan hal tersebut maka dibangun sebuah sistem Bank Sampah dnegan mengunakan  metode dengan model waterfall. Sistem bank sampah dikembangkan menggunakan java berbasis desktop, dengan adanya sistem bank sampah dapat berfungsi mengelola hasil data sampah dengan menampung, memilah, dan mendistribusikan sampah kefasilitas pengolahan sampah yang lain atau kepada pihak yang membutukan, sehingga sampah ditempat pembuangan akhir bisa berkurang dan bakan bisa menambah nilai guna, yang sebelumnya dianggap tidak berguna. Sehingga sistem bank sampah bisa dijadikan alat untuk melakukan rekayasa sosial. Sehingga terbentuk suatu tatanan atau sistem pengelolaan sampah yang lebih baik dimasyarakat
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB Sitompul, Juliana
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 3 No 2 (2019): Remik Periode April 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.628 KB) | DOI: 10.33395/remik.v3i2.10126

Abstract

Beasiswa bidikmisi adalah bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mereka yang memiliki potensi tinggi dalam belajar namun kurang mampu secara ekonomi. Proses seleksi beasiswa bidikmisi, diperlukan kriteria untuk menentukan siapa yang tepat untuk menerima beasiswa bidikmisi. Pengolahan data beasiswa bidikmisi pada STMIK Kaputama Binjai masih maualsehingga diperlukan sebuah sistem sehingga penerima beasiswa bidikmisi tepat sasaran. Penelitian ini membuat suatu solusi yaitu dengan program sistem pendukung keputusan yang membantu pihak STMIK Kaputama Binjai dalam menentukan siapa yang tepat menerima beasiswa bidikmisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Topsis. Metode Topsis ini mampu menyeleksi alternatif terbaik dari beberapa alternatif berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa perangkingan diperoleh nilai tertinggi 0.6802 oleh alternatif E yang dinyatakan sebagai peringkat 1 dan nilai terendah 0.4293 diperoleh oleh alternatif A yang dinyatakan sebagai peringkat 5.
PEMANFAATAN METODE FUZZY SUGENO DALAM PEMILIHAN RATING SUPLIER PADA PT. PILAREN Putra, Surya Hendra; Saragih, Hoga; Fitroni, Magit
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 1 No 1 (2016): Remik Volume 1 Nomor 1 Oktober 2016
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.516 KB) | DOI: 10.33395/remik.v1i1.10075

Abstract

Dalam dunia bisnis, proses pengambilan keputusan akan menjadi salah satu kunci yang mendasar dan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Salah satu hal yang penting adalah dalam pemilihan supplier. supplier merupakan mitra bisnis yang memegang peranan penting dalam menjamin ketersediaanbahan baku yang dibutuhkan. Biaya bahan baku merupakan salah satu komponen penting dalam biaya produksi. Oleh karena itu pemilihan supplier merupakan keputusan yang penting. Karena pemilihan supplier yang tepat dapat menurunkan biaya pembelian sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan dayasaing perusahaan Ada beberapa teknik yang dapat membantu dalam pemilihan supplier secara cepat akurat dan efesien, diantaranya dengan menggunakan sistem komputerisasi, salah satunya adalah dengan menggunakan Fuzzy Logic. Metode ini merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi masalah pemilihan supplier. Dalam penelitian ini Sistem Pengambilan keputusan pemilihan supplier dilakukan dengan Berbasis Fuzzy Logic Sugeno Orde 0. Untuk menentukan nilai rating terhadap penawaran yang ada maka ditetapkan beberapa variabel Fuzzy, Himpunan fuzzy yang menjadi penentu, dimana nilai ini nantinya akan membantu dalam pengelompokan supplier sehingga dapat menentukan supplier terbaik yang sesuai terhadap penyediaan barang yang dibutuhkan.Hasil dari penerapan pemilihan supplier dengan menggunakan metode Fuzzy Logic ini akan di buat pengukuran kemudian sistem aplikasi akan memberikan tingkat akurasi yang tinggi dalam merekomendasikan hasil dari pemilihan rating supplier. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Metode pemilihan suplier berbasis Fuzzy Logic efektif diterapkan pada pemilihan rating supplier terbaik. 
PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN GAJI KARYAWAN PADA KAMPUS POLITEKNIK GANESHA MEDAN Aru, Putra Fadellah; Suherdi, Devri
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 1 No 2 (2017): Volume 1 Nomor 2 April 2017
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.727 KB)

Abstract

Proses perhitungan gaji karyawan pada Politeknik Ganesha masih menggunakan metode konvensional.Penghitungan gaji secara konvensional,di nilai masi banyak memiliki ke kurangan dalam hal efektifitas dan keakuratan data. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah membuat suatu programberbasis komputer khususnya untuk perhitungan gaji karyawan dengan menggunakan bahasa program Microsoft Visual Basic 2010 dan Acces 2010. dalam pengelolaan gaji pada Politeknik Ganesha Medan. Metodologi yang digunakan dalam penulisan tugas akhir adalah waterfall meliputi analisis denganmenggunakan use case dan diagram konteks, desain dengan membuat ERD dan DFD, pengkodean dengan menggunakan bahasa program Microsoft Visual Basic 2010 dan Acces 2010, serta melakukan pengujian terhadap aplikasi. Hasil analisis dan perencanaan aplikasi sistem ini diharapkan mampu memberikankemudahan dalam proses penggajian dengan mudah, cepat dan akurat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.
IMPLEMENTASI METODE NAïVE BAYES PADA SISTEM REKOMENDASI PEMBELIAN MOBIL PADA PT. HONDA PROSPECT MOTOR Guntara, Alvin Syahputra
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 4 No 1 (2019): Remik Volume 4 Nomor 1 Oktober 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.325 KB) | DOI: 10.33395/remik.v4i1.10406

Abstract

Perkembangan kehidupan modern saat ini sudah sangat mudah dalam transportasi. Hal itu disebabkan karena semakin tingginya kemajuan teknologi. Maka dari itu transportasi semakin banyak yang bisa digunakan seperti sepeda motor, mobil, bus, kereta api, pesawat dan lainnya. PT Honda Prospect Motor merupakan agen tunggal pemegang merek mobil honda di Indonesia yang telah banyak merilis tipe-tipe mobil seperti SUV, MVP, sedan, city car, hatchback dan lainnya. Hal tersebut membuat calon-calon pembeli sulit dan bingung dalam menemukan mobil yang sesuai dengan kriteria mereka. Proses pembuatan sistem rekomendasi ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi pemrograman Microsoft Visual Basic .Net 2008 dan mengintegrasikan metode Naïve Bayes Classifier kedalam rancangan programnya. Setelah dilakukan perancangan dan pembuatan kode program, maka dihasilkan sebuah sistem rekomendasi. Sistem yang dibangun memilikil output penilaian yang sama dengan perhitungan manual di Bab IV sehingga dapat dikatakan program ini berhasil. Kelebihan program ini yaitu dapat melakukan perhitungan Naïve Bayes dengan sangat cepat walaupun data yang diproses cukup banyak jumlahnya. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa metode Naïve Bayes dapat menyediakan rekomendasi mobil yang sesuai dengan kriteria yang digunakan.
DESIGN OF ASSESMENT INFORMATION SYSTEM EMPLOYEE SERVICE IN PT. AEROTRANS SERVICES INDONESIA WITH METHODS KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) Hidayat, Rachmat; Haryanto, Haryanto; Pramono, Yacob Agung
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 4 No 1 (2019): Remik Volume 4 Nomor 1 Oktober 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.117 KB) | DOI: 10.33395/remik.v4i1.10198

Abstract

PT Aerotrans Services Indonesia employee appraisal data is processed conventionally by means of the Human Capital Business & Support print data points whose assessments must be filled out by their respective division heads, where after being printed the data is delivered to each division to be filled by each division supervisor then documents that have been filled in and signed by their respective division supervisors and returned by the Human Capital Business & Support division to be recorded. The objectives are to produce annual appraisal data for each employee and division, and there are company assessments made by VP Human Capital Business & Support and approved by the director is also still done conventionally. Even though the management has been organized, this method is still not optimal because in addition to requiring a long time and there are still operating paper documents, this method also has many weaknesses. The purpose of this research is to be able to build an information system that can be utilized by PT Aerotrans Services Indonesia to help process employee and company assessment data easily, quickly and accurately.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE ANP UNTUK PEMILIHAN TOKO DARING TERBAIK DI POLITEKNIK GANESHA Romindo, Romindo; Jamaludin, Jamaludin
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 4 No 1 (2019): Remik Volume 4 Nomor 1 Oktober 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.409 KB) | DOI: 10.33395/remik.v4i1.10231

Abstract

Kegiatan bisnis pada toko daring semakin berkembang dengan seiring berkembangnya teknologi, proses jual dan beli dengan media internet pun semakin marak dilakukan oleh Masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah dan menghadapi macetnya jalan jika ingin membeli suatu barang. Perkembangan inipun dirasakan oleh masyarakat khususnya mahasiswa Politeknik Ganesha. Mahasiswa Politeknik Ganesha sering melakukan kegiatan berbelanja di toko daring atau biasa dikenal dengan online shop. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Politeknik Ganesha ini seringkali menimbulkan perbincangan tentang toko daring. Perbincangan seputar toko daring untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam berbelanja online, serta perbincangan dalam perbandingan memilih toko daring mana yang terbaik dalam berlanja online. Dengan permasalahan yang terjadi dikalangan mahasiswa Politeknik Ganesha, maka penting diketahui dalam menentukan keputusan pemilihan toko daring mana yang terbaik dilingkungan Politeknik Ganesha. Proses pemilihan tersebut menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) sebagai salah satu metode pada Sistem Pendukung Keputusan. 10 kriteria yang sudah ditentukan oleh mahasiswa Politeknik Ganesha, yaitu: Nomor Telepon/Chatting Online, Produk Popular, Gratis Ongkos Kirim, Sistem Pemabayaran, Logo, Sosial Media Link, Toko Finder, Merk Produk, Berita Terbaru, dan Trusmark. Dan 3 alternatif jenis Toko Daring yaitu: Bukalapak, Shopee dan Lazada. Hasil penelitian pada pengolahan data menggunakan metode ANP menunjukkan bahwa jenis toko daring yang bisa direkomendasikan dikalangan mahasiswa Politeknik Ganesha adalah yang peratama sebagai prioritas tertinggi Shopee = 3.80, kemudian yang kedua adalah Bukalapak = 3.73, dan yang terakhir adalah Lazada = 2.47.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DASAR NEGERI 2 ILUNG PASAR LAMA BERBASIS WEB Muin, Agus Alim; Firdaus, Muhammad
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 3 No 2 (2019): Remik Periode April 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.544 KB) | DOI: 10.33395/remik.v3i2.10093

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 2 Ilung Pasar Lama merupakan salah satu instansi pendidikan negeri dengan akreditas B. Sekolah Dasar Negeri 2 Ilung Pasar Lama selalu berusaha untuk meningkatkan mutu baik dalam hal prestasi maupun pelayanan. Untuk itu SD Negeri 2 Ilung Pasar Lama memerlukan fasilitas yang mendukung guna peningkatan efektifitas kerja akademik dan pembelajaran yang maksimal. Hingga saat ini SD Negeri 2 Ilung Pasar Lama masih menggunakan cara manual dalam melakukan pengolahan data akademik dimana data akademik yang ada masih di catat dalam bentuk berkas. Sistem Informasi Akademik SD Negeri 2 Ilung Pasar Lama Berbasis Web menghasilkan sistem dapat menyajikan informasi data siswa, data guru, data jadwal pelajaran, mata pelajaran, data tahun ajaran, data raport, data peringkat kelas dan sistem yang dapat memproses kenaikan kelas. Setelah pembuatan sistem berbasis web online maka orang tua dapat mengecek raport siswa kapan saja tanpa harus menunggu pembagian raport, aplikasi ini memudahkan dalam manajamen data siswa dan data sekolah lainnya, aplikasi ini menggantikan sistem pengarsipan data raport dan data-data sekolah yang dulunya masih menggunakan kertas Kata Kunci: Raport, Sistem Informasi Akademik, Web
PERENCANAAN IMPLEMENTASI STANDARD PELAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE ED DI SURABAYA ( STUDI KASUS DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR ) Hidyantari, Erlyna
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 3 No 2 (2019): Remik Periode April 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.778 KB) | DOI: 10.33395/remik.v3i2.10123

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur adalah pelaksana kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.  Penelitian ini bertujuan mendapatkan temuan dalam penerapan Standar Pelayanan Perpustakaan di Surabaya (Studi kasus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur serta hambatan-hambatan dalam penerapan kebijakan. Pada penelitian yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang ditunjukkan fakta-fakta dan data yang ada pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian yaitu Implementasi Standar Pelayanan Perpustakaan di Surabaya (Studi kasus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur) dipengaruhi oleh Komunikasi, Sumberdaya   Pendukung,   Disposisi,   dan   Struktur   Birokrasi.   Dalam   pelaksanaannya kebijakan ini sudah berjalan dengan baik, sedangkan hambatan yang dihadapi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur adalah  penerapan  standar pelayanan adalah  kesadaran masyarakat masih kurang, terbatasnya tenaga pengelola/petugas pelayanan terutama tenaga ahli/pustakawan dan mempunyai pendidikan khusus di bidang perpustakaan. menjadi kendala tersendiri, sehingga ada keterbatasan dalam penguasaan permasalahan-permasalahan di perpustakaan. Dan perkembangan teknologi informasi (TI) membawa dampak tersendiri bagi perkembangan perpustakaan yaitu sering terjadi gangguan jaringan maka aplikasinya masih mengalami kendala dengan sistem
ANALISA ALGORITMA APRIORI UNTUK PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN SMA 1 SILIMA PUNGGA-PUNGGA PARONGIL Manurung, Oktaviani; Hasugian, Penda Sudarto
REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) Vol 4 No 1 (2019): Remik Volume 4 Nomor 1 Oktober 2019
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.211 KB) | DOI: 10.33395/remik.v4i1.10445

Abstract

ABSTRACT The library has the role of helping students to love reading books. The availability of books in various fields motivates students to come to visit the library, students can read or borrow library books. For this reason, library officers apply the rules for visiting the library. The Apriori algorithm is a part of data mining, namely the search for high frequency patterns such as activities that often appear simultaneously. The pattern that will be analyzed is the pattern of borrowing any books that are often borrowed so that librarians know the information of books that are often borrowed. With the application of a priori algorithms, book data is processed to produce a book borrowing pattern. After all the high frequency patterns were found, then association rules were found that met the minimum requirements for associative confidence A ? B minimum confidence = 25%. Rules for sequential final association based on minimum support and minimum confidence, if borrowing an IPA, then borrowing MTK Support = 15%, Confidence = 42.8%. Keywords:Patterns of borrow of books, Library, Apriori Algorithms