cover
Contact Name
Rendika Vhalery / RDJE
Contact Email
rdje@unindra.ac.id
Phone
+6281271777755
Journal Mail Official
rdje@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
ISSN : 24069744     EISSN : 26571056     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1
Core Subject : Education,
RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, instructional methods, instructional strategy, instructional materials development, experiment, survey, and teacher development in Education Field. The journal is published by Universitas Indraprasta PGRI.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 103 Documents
PENGARUH AKTIVITAS ORGANISASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI Aqil, Deden Ibnu
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v2i2.1431

Abstract

Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar biologi, mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar biologi dan mengatahui pengaruh aktivitas organisasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar biologiSMA di kecamatan Sawangan Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah sampel 40 orang pengurus OSIS terdiri dari 26 siswa SMAN 5 Depok dan 14 Orang dari siswa SMA Islamiyah Sawangan Depok,. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket. Analisa data meliputi analisis deskriptif, koefisien korelasi sederhana pearson,koefesien determinasi, dan koefisien jalur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2014 sampai dengan bulan Januari 2015. Hasil penelitian menunjukkan : (1) tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar biologi siswa ditunjukan oleh thitung = 1,218 lebih kecil dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,216 (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan aktivitas organisasi terhadap kemandirian belajar ditunjukan oleh thitung = 2,838 lebih besar dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,418 (3) tidak tedapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa ditujukan oleh thitung = 0,016 lebih kecil dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,093 (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar biologi siswa melalui kemandirian belajar ditujukan oleh thitung = 1,115 lebih kecil dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,394.Kata kunci : aktivitas organisasi, kemandirian belajar, prestasi belajar biologi
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP NILAI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SEJARAH INDONESIA (EKSPERIMEN PADA SISWA SMA SWASTA DI JAKARTA TIMUR) Wahyuni, Siti
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v4i2.3376

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap nilai pengetahuan dan keterampilan sejarah Indonesia siswa. Hipotesis penelitian yaitu: 1) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Nilai Pengetahuan dan Keterampilan Sejarah Indonesia secara Multivariat. 2) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Nilai Pengetahuan Sejarah Indonesia. 3) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Nilai Keterampilan Sejarah Indonesia. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X Sekolah Menegah Atas (SMA) Swasta di Jakarta Timur dengan besar sampel sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol, teknik sampling yang digunakan yaitu random cluster sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pengetahuan dan tes keterampilan setelah selesai pembelajaran. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen pengetahuan dan keterampilan sejarah Indonesia dengan uji validitas, reliabilitas, indek kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan teknik Manova (Multivariate Analysis of Varians) dengan bantuan IMB SPSS Versi 20.Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap nilai pengetahuan dan keterampilan sejarah Indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Timur secara multivariate, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung =12,566. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap nilai pengetahuan sejarah Indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Timur, hal ini dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 11,455. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap nilai keterampilan sejarah Indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Timur, hal ini dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,368.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR PADA SISWA KELAS X IPS DI SMAN 5 BEKASI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 sari, dian widya
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v6i1.4102

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang melalui media pembelajaran gambar pada siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek  penelitian yaitu siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018, dan kolaborator  yaitu teman sejawat  di SMAN 5 Bekasi.  Peneliti menggunakan teknik dan alat pengumpul data yaitu  pilihan ganda. Disamping itu, peneliti juga akan menggunakan lembar observasi. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yaitu: 1) Rata-rata kemampuan kosakata bahasa Jepang  pada siklus pertama mendapatkan rata-rata 57,57, median 55, modus 50, standar deviasi 11,205, varians 125,546, rentang 45, nilai terkecil 45, nilai terbesar 90. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai sesuai dengan KKM adalah 7  siswa atau 20  %   dan 28 atau 80  % siswa tidak mendapatkan nilai yang sesuai dengan KKM. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti belum sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan. Oleh karena itu, siklus kedua harus diadakan oleh peneliti. 2) Rata-rata kemampuan kosakata bahasa Jepang  pada siklus kedua  mendapatkan rata-rata 79, median 75, modus 93, standar deviasi 5,396, varians 29,118, rentang 20, nilai terkecil 77, dan  nilai terbesar 95.  Jumlah siswa yang mendapatkan nilai sesuai dengan KKM adalah 35 siswa atau 100%. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan. Oleh karena itu, siklus ketiga  tidak perlu  diadakan oleh peneliti.3. Penggunaan media pembelajaran bergambar dapat  meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang  siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018.
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJAR GURU Amaliah, Dini; Muliyani, Deta; Nur?aeni, Nur?aeni
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v1i1.1110

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah ingin memperoleh jawaban secara empirik tentang hubungan yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran mind mapping dengan peningkatan motivasi mengajar guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan model mind mapping dengan motivasi mengajar guru Sekolah Yayasan Darussalam yang ditunjukkan oleh besarnya thitung sebesar 3,75 > ttabel2,121 pada taraf signifikan 0,05.Kata kunci: mind mapping, motivasi
PENGARUH KECEMASAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI DI KECAMATAN PASAR REBO Somawati, Somawati
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v3i1.1470

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecemasan belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei korelasional dan analisis. Pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecemasan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa melalui kemandirian belajar siswa pada matematika siswa yang ditunjukkan oleh besarnya thitung<ttabel yaitu 0,131 < 1,665 pada taraf signifikan 0,05.Kata kunci : Kecemasan belajar, Kemandirian belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika
PENGARUH KEPEMILIKAN HANDPHONE TERHADAP UANG SAKU PESERTA DIDIK UNTUK PEMBELIAN PULSA PAKET INTERNET DI SMK YAMAS JAKARTA Megayanti, Windi; Rosadi, Nicky
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v5i1.3386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan handphone untuk mengakses internet terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik SMK Yamas Jakarta. Selain itu juga untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh kepemilikan handphone terhadap uang saku peserta didik untuk pembelian pulsa paket internet di SMK Yamas Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dan asosiatif, dengan maksud di mana metode tersebut mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang diselidiki dan membuktikannya dengan uji koefisien korelasi, analisis regresi, koefisien determinan dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yamas Jakarta Timur dengan sampel sebanyak 53 anak peserta didik. Untuk memperoleh data yang lebih akurat, instrumen yang digunakan peneliti adalah angket/kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini digunakan untuk menyaring data variabel X (kepemilikan handphone) sedangkan variabel Y (uang saku peserta didik) yang didapat dari angket yang disebar pada peserta didik yang bersangkutan.
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT UNTUK BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA AL HIDAYAH DEPOK Johan, Ria
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v5i2.3748

Abstract

Game Online, Minat belajar 
PENGARUH JUMLAH ALTERNATIF JAWABAN DAN TEKNIK PENSKORAN TERHADAP RELIABILITAS TES Bhakti, Yoga Budi
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v1i2.1416

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah alternatifjawaban dan teknik penskoran terhadap reliabilitas tes IPA Terpadu.Bentuk tes ini meliputi tes bentuk pilihan ganda tiga pilihan jawaban dan tes bentuk pilihanganda empat pilihan jawaban dengan teknik penskoran penalti dan teknik penskoran kompensasi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 57, SMP Negeri 58, SMP Negeri 67 dan SMP Negeri 145 Jakarta Selatan.Metodeyang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan desain yang digunakanadalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakananalisis varians (ANAVA) 2 jalan.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1)Reliabilitas tes bentuk pilihan ganda dengan tiga pilihan jawaban lebih tinggidibandingkan tes bentuk pilihan ganda empat pilihan jawaban, (2) Reliabilitas tes dengan teknik penskoran penalti lebih tinggi dibandingkan reliabilitas denganteknik penskoran kompensasi. (3) Tidak terjadi interaksi antara jumlah alternatif jawaban dengan teknik penskoran. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru untuk memberikan tes dengan menggunakan bentuk tes pilihan ganda 3 pilihan dan 4 pilihan jawaban dengan teknik penskoran penalti.Kata kunci : reliabilitas, teknik skoring, pilihan jawaban.
FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SMKN 1 DEPOK DAN SMKS YAPAN INDONESIA Nurfarhana, Anna; Abdillah, Agus; Prasetyono, Hendro
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v4i1.2065

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru SMKN 1 Depok dan SMKS Yapan Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru kelompok bisnis dan manajemen di SMKN 1 Depok dan SMKS Yapan Indonesia yang berjumlah 120 orang. Dalam penelitian ini mengelompokkan guru berdasarkan pangkat/golongan/ruang, yaitu golongan III sebanyak 75 orang dan golongan IV sebanyak 45 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified proportionated random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja (1), peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja (2), peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru (3), motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (4) motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru (5) dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru (6). Secara keseluruhan, baik secara langsung dan tidak langsung besarnya pengaruh diketahui 41,22%, sedangkan sisanya sebesar 59,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci : Disiplin Kerja Guru, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA Kencanawaty, Gita
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/rdje.v2i2.1425

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine the effect of cooperative learning and the interest of learning the mathematics by students' critical thinking skills. The method used is an experimental method. A sample size of 60 students consisting of 30 students of experimental class and 30 studentsof control class, the sampling technique used is cluster sampling. The research instrument used is the test of preferential interest in learning (30 questions) and the ability to think critically shaped Mathematical descriptions, as many as 10 questions that tested the validity by the reliability coefficient of 0.884 and 0.707 Data were analyzed by using ANOVA two ways. The results showed: (1) There is a significant relationship between the method of learning on students 'critical thinking skills Mathematics of Fhitung = 111.647 and Sig = 0.000 <0.05, (2) There is a significant relationship between interest in learning to students' critical thinking skills Mathematics Fhitung = 4.619 and Sig = 0.036<0.05, (3) There is no significant interaction effect between learning and interest in learning the mathematics students' critical thinking skills of Fhitung = 3.207 and Sig = 0.079> 0.05. The results of this study are useful for the improvement of mathematics critical thinking skills in students by use of cooperative learning method, such as the pair of checks and think pair share classes in addition to the efforts encouragement to students to be more interested and liked math.Keywords: cooperative learning method, interest, critical thinking

Page 1 of 11 | Total Record : 103