cover
Contact Name
jamaluddin shiddiq
Contact Email
jamaluddin@iainponorogo.ac.id
Phone
+6281997924746
Journal Mail Official
jamaluddin@iainponorogo.ac.id
Editorial Address
Kampus I IAIN Ponorogo, Jalan Pramuka 156 Siman Ponorogo
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
TSAQOFIYA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
ISSN : 26857022     EISSN : 26857103     DOI : -
Core Subject : Education,
TSAQOFIYA is Journal that is published biannually or twice a year, that is in June and December. It is published by Arabic of Education Department , The State Institute of Islamic Studies Ponorogo. Journal TSAQOFIYA aims to share the scientific studies that are conducted by scientists and academics from The State Institute of Islamic Studies Ponorogo and other institutions. Journal TSAQOFIYA receives manuscripts that depict the findings of the field study based research or literature review within the scope of Language and Arabic
Articles 10 Documents
تطوير كتاب القواعد العربية لطلاب قسم تعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج Mukarromah, Muhimmatul
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.925 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v2i1.15

Abstract

This study aims to determine the development of textbooks for nahwu 2 and it effectiveness in the class. This study uses R&D research methods with the Dick and Carey model. The results of this study indicate that the use of the 'Qowaid book Nahwu 2 Material' in Nahwu 2 learning in class E, 3rd semester of the Department of Arabic Language Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang runs effectively. This is due to the evidence that the statistical results of (t) between the two classes (3,567) are more than the ttable level at the 5% level (1,740) and from the ttable level at the 1% level (2,567). The researcher concludes that the previous hypothesis is acceptable, and this shows that the use of the book 'Qowaid Nahwu 2 Material' in teaching Nahwu 2 is so effective
تكنولوجيا وإنتاج الوسائل التعليمية في تعليم اللغة العربية وحلول المشكلات فيه Nugrawiyati, Jepri; Nurwendah, Yusti Dwi
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.852 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v2i1.13

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab tidak pernah lepas dari banyak masalah yang muncul di dalamnya, baik dari faktor eksternal maupun faktor internal. Hal ini menjadikan bahasa Arab dikenal sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga membutuhkan penyelesaian dengan solusi yang tepat. Di sisi lain, perkembangan teknologi saat ini memberikan berbagai penawaran menarik dan menakjubkan dalam dunia pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri memiliki dampak besar pada pendidikan. Media pembelajaran yang merupakan produk teknologi menjadi hal yang tidak dapat dihindari dari dunia pendidikan termasuk didalamnya pembelajaran bahasa Arab. Seiring dengan perkembangan teknologi itulah, produk media pembelajaran bahasa Arab juga diharapkan dapat dihasilkan dan dikembangkan dengan baik oleh pengamat atau pengajar mata pelajaran bahasa Arab sehingga dapat menunjang pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik serta dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi masalah pembelajaran bahasa Arab saat ini. Dengan berbagai fasilitas ini, pengajar bahasa Arab dapat menggunakan teknologi dan media pembelajaran sebagai sarana untuk memfasilitasi pembelajar bahasa Arab dalam mempelajarinya, yang tentu saja harus didasarkan pada keselarasan antara tujuan dan hasil yang diharapkan
تدريس النحو في ضوء النظرية المعرفية لطلاب الصف الرابع بمعهد دار النجا الإسلامي السلفي فونوروغو Mujib, Ahmad; Rikza, Muhammad Noval
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1162.251 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v2i1.14

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah: 1) Untuk mengetahui kesesuaian pembelajaran nahwu dengan prinsip-prinsip teori kognitif untuk para santri dan 2) Untuk mengetahui permasalahan pembelajaran nahwu dalam perspektif teori kognitif untuk para santri kelas IV di Pondok Pesantren Salaf Daarunnajaa Ponorogo. Studi ini mengunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari studi ini adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran nahwu untuk santri kelas 4 di Pondok Pesantren Salaf Daarunnajaa sesuai dengan beberapa prosedur pembelajaran dalam perspektif kognitif dan mencerminkan realisasianya dalam proses pembelajaran nahwu dan juga tidak keluar ataupun berbeda dari beberapa dasar prosedur meliputi: penyiapan judul materi dalam buku ajar, guru memasuki kelas dan menyampaikan salam kepada murid, guru memulai pembelajaran dengan menjelaskan kaidah kemudian memberikan contoh-contohnya, pendidikan memliki posisi kegiatan yang berarti, guru menggunakan bahasa perantara, koreksi kesalahan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas linguistik di dalam kelas, pembelajaran berlangsung dengan satu konsep diawali dengan pemahaman secara sadar dan diakhiri dengan pelatihan dan pembelajaran kaidah. 2) Permasalahan pembelajaran nahwu dalam perspektif teori kognitif yaitu meliputi dari masalah kecerdasan, perhatian dan ingatan
PROSES INTERFERENSI FONOLOGI PADA PERCAKAPAN BAHASA ARAB SANTRI Kholis, Muhammad Nur
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.869 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v2i1.12

Abstract

?????? ?? ?????? ???? ???? ??????? ?????? ??? ??????? ???? ??? ??? ???? ???? ??????? ?????? ??? ?????? ???? ???????? ???? ?????? ????????? ?? ??????? ????? ???? ??????. ????? ??????? ???? ???? ????? ?? ??????? ????? ???????? (??????? ???????????) ?? ?????? ?? ???? ????? ??????? ????????. ??????? ?????? ?? ??? ?????? ???? ?????? ???? ?? ??????? ??? ?????? ???? ?? ??????. ?? ????? ?????? ??????? ??????? ??????? ????????? ?? ?? ???? ??????? ??????. ???? ????? ??????? ??????. ?????? ??????? ?? ??? ????? ??: 1) ??? ????? ?????? ?????? ?? ?????? ?????? ????? ????? ??????? ?????????. 2) ?? ??????? ?? ?????? ?????? ??? ?????? ?????? ????? ??????? ??????? ????????. ???? ?? ???????? ?????? ?????? ????? ????? ?????? ?????? ???????? ?????? ???? ???? ????? ??????? ?????? ??? ???????? ???? ????? ???????? ???????. ???? ?? ???? ???????? ?????? ?????? ???????. ???? ????? ???????? ??? ?????? ???????? ??? ????. ???? ?? ??? ?????? ??? ??????? ???????: 1) ?? ????? ?????? ?????? ????? ????? ??????? ???????? ?? ???? ?????? ??? ????? ??????? ?????? ??????? ?????? ?????. 2) ??????? ?? ???? ?????? ?????? ?? ?????? ?????? ?????? ??????? ?????? ?????: ??????? ????? ??????? ????? ??????? ?????? ?????? ?? ????? ??????? ?? ??? ?????? ????????? ?????? ??? ???? ??? ???? ???? ????? ?????? ?? ??? ???? ???????? ?????? ????? ??????? ??????? ?? ????? ??? ??????
تطوير مادة تعليم المفردات لبرنامج “صباح اللغة” على أساس النظرية السلوكية لطلبة معهد الجامعة Mujib, Ahmad; Bashori, Ahmad
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1362.513 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v2i1.11

Abstract

??? ???? ???? ??????? ???????? ????????? ???????? ???????? ??????? ????? ???????? ?????? ?????? ????? ??????. ??? ?????? ????? ???? ?? ????? ???????? ???  ????? ?????? ?????? ???????? ?? ??????? ???????? ?? ??????. ??? ??? ?? ???? ????? ???????? ????????? ?? ????? ???????? ??????? ?? ????? ????? ????? ????????. ??????? ??? ???? ???? ?????? ?????? ???? ????? ???????? ??????? ????? ?????? ??? ???? ??????? ????????. ??? ?????? ????? ????????? ?? ??? ????? ?? ????? ????????  ???? ???? Borg  ? Gall. ???? ????? ????? ??? 1) ?? ????? ????? ???? ????? ???????? ??????? ????? ?????? ??? ???? ??????? ???????? ????? ???? ???? ??????? ???????? ????????? ???????? ???????? ?? ????? ???????? ???????????? ???? ????????? ????? ????? ??????? ?????? ???? ????? ???????? ??? ???? ??????? ????????? ?????? ???? ????? ???? ????? ????????? ??????? ????????? ????????? ?????? ??????? ??????????? ?????? ????? ??????. 2) ?? ???? ????? ???????? ??????? ????? ????????? ?? ?????? ????? ???????? ????? ???? ??????? ???????? ????????? ???????? ????????.3) ?? ???? ????? ???????? ??? ???? ??????? ???????? ????? ??????? ?????? ????????? ?? ????? ????? ????? ????????
العلاقة بين الذكاء المعرفي ونتائج درس اللغة العربية لطلاب الصف العاشر بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية الثانية Nasrullah, Muhammad; Sholihah, Siti
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1792.85 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v1i1.8

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengungkapkan korelasi antara kecerdasan kognitif dan hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas 10 MIA MAN 2 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Temuan penelitian ini adalah 1) kecerdasan kognitif siswa kelas 10 MIA MAN 2 Madiun berada di tingkat sedang dengan prosentase 70,66 %. 2) hasil belajar bahasa Arab siswa kelas 10 MIA MAN 2 Madiun adalah berada di tingkat sedang dengan prosentase 77,3 %. 3) adanya korelasi antara kecerdasan kognitif siswa dengan hasil belajar Bahasa Arab mereka dengan hasil = 5% > 0,458710783 = 0,3002. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak
دراسة تحليلية عن كتاب تعليم اللغة العربية لطلاب الصفّ السادس بمدرسة المعلمين والمعلمات تمباكبراس جومبانج ألفه محمد إلياس Affandi, Masykur; Shiddiq, Jamaluddin
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1785.558 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v1i1.9

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana model penyajian materi dari buku ?Ta?lim al-Lughah al-?Arabiyyah? karya M. Ilyas, dan 2) bagaiman model repetisi dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research dan content anaylsis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bahwa penyajian materi dalam buku "Ta?lim al-Lughah al-?Arabiyyah" kepada siswa kelas enam di sekolah Muta?allimiin Tambakberas Jombang ditulis oleh Mohamed Ilyas dilihat sangat baik dengan adanya pengantar penerbit, penulis buku, daftar isi, dan semua aspek yang harus ada menurut Maki dalam penyajian Materi. Bahkan ada beberapa aspek penyajian artikel yang belum terpenuhi, seperti panduan, daftar pustaka, dan daftar istilah. (2) Di bidang review, aspek dalam ini bisa dianggap baik. bahkan, namun ada beberapa yang harus dievaluasi ulang di mana itu belum ada, seperti riwayat penulis, moto, nyanyian, dan sebagainya. Maka, alangkah Lebih baiknya bila ditambah dengan  variasi latihan dan pelajaran tambahan
الدراسة التقابلية بين الأصوات العربية و الإندونيسية و تطبيقها في تعليم اللغة العربية لخدم الطلاب في تدريس اللغة العربة Zubaidi, Ahmad; Dewi, Rosiana Anggraini
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1434.183 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v1i1.10

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan fonologi bahasa Arab dan bahasa Indonesia serta mengungkapkan letak persamaan dan perbedaan antara dua hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Temuan penelitian ini adalah bahwa 1) bunyi bahasa Arab adalah enam jenis, tiga pendek dan tiga lainnya panjang. Jenis bunyi pendek adalah (??? ??? ??), dan bunyi panjang adalah ?? ?? ?. Sedang bunyi Bahasa Indonesia ada tujuh, dan semuanya pendek, yaitu, a, i, u, e, o. Bunyi panjang tidak ada dalam bahasa Indonesia, maka siswa tidak mengalami kesulitan untuk membedakan. 2) Bahasa Arab memiliki 22 suara bisu, yaitu, ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ??. Sedang bahasa Indonesia memiliki 20 bunyi bisu, yaitu b, c, d , g, h, j, k, l, m, n, ny, ng, p, r, s, t, w, y. 3) bunyi bahasa Arab yang tidak memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, di antaranya ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?. Oleh karenanya, untuk meminimalisir kesulitan para pelajar, perlu diajarkan perbedaan ini secara gradual, yakni mulai dari yang mudah ke yang sulit. Adapun metode yang bisa dipakai di antaranya: metode abjadiyah, metode bunyi dan metode dualisme bahasa
GANGGUAN BERBAHASA PADA PENYANDANG TUNAGRAHITA/ DOWNSYNDROME (STUDI ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA KELAS III TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB-C) PERTIWI PONOROGO) Setiawan, Agus; Nurwendah, Yusti Dwi; mahera, Intan anisaul
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.698 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang gangguan berbahasa yang merupakan salah satu jenis kelainan atau gangguan dalam komunikasi dengan indikasi penderita mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses simbolisasi. Gangguan berbahasa yang dimaksud dalam penelitian ini difokuskan pada penyandang tunagrahita (downsyndrome) di Sekolah Luar Biasa Ponorogo dengan subyek penelitian kelas 3 tingkat sekolah dasar. Penelitian ini berfungsi untuk mengungkapkan jenis gangguan berbahasa yang dialami, perkembangan dan penggunaan bahasa, serta upaya atau metode yang digunakan guru dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan, pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam satu kelas seluruhnya adalah penyandang tungrahita dengan level yang berbeda- beda. Pengembangan yang difokuskan adalah pengembangan kognitif, bahasa, dan kemampuan sosial, dengan menggunakan metode yang bervariasi, sesuai dengan kebutuhan tiap individu
KAJIAN PRAGMATIK DALAM BAHASA ARAB (ANALISIS BENTUK DAN FUNGSI TINDAK TUTUR DIREKTIF BAHASA ARAB DALAM FILM “ASHABUL KAHFI”) Nurwendah, Yusti Dwi; Mahera, Intan Annisaul
TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.916 KB) | DOI: 10.21154/tsaqofiya.v1i1.1

Abstract

Pragmatik adalah studi yang mempelajari tentang konteks luar bahasa dan maksud tuturan. Penelitian ini memfokuskan pada salah satu cabang pragmatik yaitu tindak tutur direktif bahasa Arab dalam film ?Ashabul Kahfi?. Penelitian ini berfungsi untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan fungsinya dalam film ?Ashabul Kahfi?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, yang mana dilakukan melalui tiga tahapan, (1) tahap pengumpulan data (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif bahasa Arab dalam film ?Ashabul Kahfi? meliputi tindak tutur langsung, tidak langsung dengan bentuk kalimat imperatif, tidak langsung dengan bentuk kalimat deklaratif dan kalimat interogatif yang ditandai oleh kata tanya, literal, dan tidak literal. Sedangkan fungsi tindak tutur direktif bahasa Arab dalam film ?Ashabul Kahfi?adalah tindak tutur direktif Requestives, tindak tutur direktif Questions, tindak tutur direktif Requirements, tindak tutur direktif Prohibitives, tindak tutur direktif Permissives, tindak tutur direktif Advisories.

Page 1 of 1 | Total Record : 10