cover
Contact Name
Yulian Firmana Arifin
Contact Email
jurnal.bpi@ulm.ac.id
Phone
+6281251160862
Journal Mail Official
jurnal.bpi@ulm.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km 35,5 Banjarbaru
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Articles 64 Documents
EVALUASI GEOMETRI JALAN PERSIMPANGAN DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Bakeri, Muhammad Jaya
Buletin Profesi Insinyur Vol 2, No 1 (2019): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.49 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v2i1.40

Abstract

Tulisan ini dibuatkan berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuran di lapangan terhadap kondisi salah satu persimpangan jalan yang ada di kawasan kampus Universitas Borneo Tarakan yaitu pada trase pertigaan jalan poros menuju kampus Fakultas Ekonomi, gedung perpustakaan dan gedung FKIP. Tujuan evaluasi untuk mengetahui apakah geometri jalan pada persimpangan telah memenuhi peraturan Bina Marga, dan bagaimana usulan perbaikan pada geometri persimpangannya. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengambilan data di lapangan secara langsung dan melakukan pengukuran jarak, lebar, dan kemiringan jalan, serta aspek pendukung lainnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa bentuk geometri persimpangan telah memenuhi peraturan yang ditetapkan Ditjen Bina Marga, tetapi masih memerlukan perbaikan untuk lebar jalan pada daerah tikungan dan perlu adanya traffic calming pada area tikungan sebagai pengendali kecepatan kendaraan untuk mereduksi kerawanan terhadap kecelakaan.Kata kunci: geometri jalan, persimpangan, Ditjen Bina Marga, traffic calming
REVIEW DESAIN PADA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PANTAI ASAM ASAM (LANJUTAN) PADA SNVT PELAKSANAAN JARINGAN SUMBER AIR BALAI WILAYAH SUNGAI KALIMANTAN II PROPINSI KALIMANTAN SELATAN Satrio, Ary
Buletin Profesi Insinyur Vol 1, No 2 (2018): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.816 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v1i2.17

Abstract

Konstruksi pada Pantai Asam-Asam di desain untuk melindungi jalan raya dari abrasi air laut dengan cara membangun konstruksi semacam seawall secara bertahap pelaksanaannya. Sesuai  dengan fungsinya salah satunya dalam satu kelompok yaitu konstruksi yang di bangun di pantai dan sejajar garis pantai. Dari pengamatan pada pelaksanaan secara bertahap yang dilakukan mendapatkan hasil yang kurang mendekati sempurna untuk melindungi pantai terhadap kerusakan karena  serangan gelombang air laut dan arus, oleh karena itu dilakukan perubahan design yang telah di laksanakan oleh konsultan perencana, yang dirubah adalah material untuk konstruksi  seawall pada pantai Asam Asam.
STUDI PERILAKU BALOK BETON BERTULANG DENGAN VARIASI LETAK BUKAAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA Purnamasari, Eka
Buletin Profesi Insinyur Vol 2, No 3 (2019): Edisi Khusus: Prosiding Seminar Nasional Keinsinyuran 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.134 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v2i3.52

Abstract

Jaringan utilitas pada konstruksi gedung bertingkat yaitu seperti saluran kabel listrik, perpipaan, kabel telepon, pendingin ruangan dan lain-lain, biasanya ditempatkan   pada   ruang   dibagian atas   plafon   atau dipasang menempel pada balok.  Dengan meletakkan utilitas pada balok  dapat  meminimalisasi  tinggi  atau  space dari ruang, juga akan mereduksi volume beton yang digunakan serta lebih rapi. Maka akan memungkinkan untuk mendesain bukaan pada balok beton bertulang, dimana selain berfungsi sebagai struktur yang menahan  dan  menyalurkan  beban-beban  yang bekerja di atasnya, tapi juga berfungsi sebagai pendukung utilitas. Pelaksanaan penelitian ini di program Finite Elemen Method dikondisikan sama dengan keadaan di lapangan. Dalam penelitian dibuat 3 (tiga) variasi letak bukaan , sehingga total model menjadi 3 buah. Dimensi lubang yang digunakan  yaitu luas  lubang  270 cm2 atau  ukuran perseginya yaitu 16,43 x 16,43 cm2. Variasi letak bukaan pada balok mempengaruhi kemampuan balok menahan beban. Semakin banyak jumlah lubang semakin kecil kemampuan balok menahan beban dan letak bukaan pada daerah lapangan lebih baik dalam menahan beban daripada didaerah tumpuan. Hal ini terlihat dari perilaku deformasi yang terjadi sebelum keruntuhan terjadi. Retak yang terjadi pada semua model kebanyakan adalah retak vertikal, hal ini mengindikasikan bahwa sangat diperlukan penambahan tulangan tarik untuk mencegah lebih awal keruntuhan lentur beton yang bersifat getas.Kata kunci : balok, beton, bukaan, finite elemen method
PERSEPSI PESERTA PROGRAM PS PPI UNILA MENGENAI APLIKASI PEMBELAJARAN DARING Kustiani, Ika; Despa, Dikpride
Buletin Profesi Insinyur Vol 2, No 3 (2019): Edisi Khusus: Prosiding Seminar Nasional Keinsinyuran 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.655 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v2i3.55

Abstract

Program Studi Program Pendidikan Insinyur Universitas Lampung (PS PPI Unila) saat ini hanya menawarkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).  Peserta Program RPL merupakan profesional yang masih aktif berkarir.  Untuk peserta program sepert ini pembelajaran daring menawarkan kemudahan dan fleksibilitas serta efisiensi.  Studi ini menyajikan persepsi peserta program PS PPI Unila terhadap wacana pengembangan sistem pembelajaran daring PS PPI Unila.  Metode pengabilan data dilakukan melalui kuisioner dan analisis data dilakukan dengan bantuan program Statistical Program for Social Sciences (SPSS).  Hasil analisis menunjukkan dukungan dan persepsi yang positif terhadap wacana pengembangan pembelajaran daring untuk PS PPI Unila.Kata kunci : RPL, PSPPI, Pembelajaran Daring
PENGARUH PANJANG DAN KEMIRINGAN LERENG TERHADAP STABILITAS KESELURUHAN SHEET PILE DI TANAH LUNAK Arifin, Yulian Firmana
Buletin Profesi Insinyur Vol 1, No 1 (2018): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.83 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v1i1.1

Abstract

Kegagalan konstruksi sheet pile dapat disebabkan karena perencana kurang teliti dalam menganalisa stabilitas keseluruhan lereng. Kegalalan ini sering terjadi setelah timbunan di belakang sheet pile dilaksanakan.  Paper ini fokus membahas mengenai pengaruh panjang dan kemiringan lereng terhadap stabilitas keseluruhan konstruksi sheet pile khususnya di tanah lunak. Metode finite element menggunakan program Plaxis 2D digunakan untuk menganalisa stabilitas kestabilan lereng yang ditunjukkan oleh nilai faktor keamanan. Model sheet pile dibuat dengan panjang terpancang 20m dan tinggi timbunan 5m yang ditimbung secara bertahap. Panjang lereng di depan konstruksi adalah 15, 30, dan 45 m atau setara dengan 1-3 kali panjang sheet pile yang tertanam. Kemiringan lereng yang diaplikasikan pada model adalah 0(datar), 5, 10, dan 15 derajat.  Hasil analisa memperlihatkan besarnya pengaruh panjang dan kemiringan lereng di depan konstruksi dimana faktor keamanan berkurang 0,02 tiap kenaikan 1 derajat lereng.
PENANGANAN KERUSAKAN HAUL ROAD MENGGUNAKAN METODE CEMENT TREATED RECYCLING SUBBASE (STUDI KASUS STA. 65+400 – 65+900 ARAH TAMBANG PARINGIN LAMA) Septiawan, Damar
Buletin Profesi Insinyur Vol 2, No 1 (2019): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.721 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v2i1.34

Abstract

Penggunaan material semen untuk diaplikasikan sebagai lapis pondasi perkerasan jalan, dikenal dengan campuran Cement Treated Recycling SubBase (CTRSB). Metode ini sudah cukup berkembang di Indonesia. Teknik ini, telah diaplikasikan pada beberapa proyek konstruksi dan rehabilitasi jalan. Metode ini dicoba diterapkan di haul road PT. Adaro Indonesia di lokasi Sta. 65+400 s.d 65+900 arah tambang Paringin Lama.  Desain penanganan dan analisa struktur perkerasan dilakukan dengan bantuan software Circly 5 dan mengikuti metode AUSTROADS. Metode ini memberikan penghematan sebesar 13,94% dibanding dengan metode konvensional. Data QC yang diperoleh masuk dalam Standar, yaitu untuk nilai modulus Young  lapis fondasi bawah rata-rata 5.429 kPa dari standar 2.500 kPa dan nilai CBR LPA rata-rata 203% lebih dari standar yaitu 100%.Kata kunci: haul road, CTRB, modulus Young, CBR
PENGGUNAAN LAPISAN CTRB DALAM PENINGKATAN STRUKTUR JALAN RUAS JALAN BATAS KOTA MUARA TEWEH – MALAWAKEN – BENANGIN – LAMPEONG – BATAS PROPINSI KALIMANTAN TIMUR Evendri, Antonius
Buletin Profesi Insinyur Vol 1, No 2 (2018): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1083.608 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v1i2.14

Abstract

Perkerasan jalan merupakan salah bagian dari kontruksi jalan. Salah satu inovasi dalam penghematan biaya maka digunakan metode Cement Treated Recycling Base (CTRB) dalam pekerjaan lapisan pondasi jalan.  Ruas jalan Benangin-Lampeong-Batas Propinsi Kalimantan Timur merupakan jalan nasional trans Kalimantan sehingga perlu adanya peningkatan dan perhatian dalam perbaikan struktur jalan guna menunjang kelancaran transportasi lintas Kalimantan. Hasil Uji UCS CTRB sesuai DMF berturut-turut 26,40kg/cm², 30,90kg/cm², 35,49kg/cm² untuk kadar semen 5,5%, 7,5%, 9,5% dan Hasil Uji UCS CTRB sesuai JMF berturut-turut 19,27kg/cm², 23,12kg/cm², 27,91kg/cm², 32,81kg/cm² untuk kadar semen 5%, 6%, 7%, 8%.  Kadar semen yang digunakan untuk pekerjaan CTRB sebesar 7,5% sesuai hasil data DMF dan JMF dimana nilai Kuat Tekan Bebas (KTB) memenuhi standart 30 kg/cm² yang sesuai dengan speksifikasi khusus CTRB berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI).
EVALUASI SISTEM PENILAIAN REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU Trapsilawati, Fitri; Subagyo, Subagyo; Ariyanto, Teguh; Herliansyah, Muhammad Kusumawan; Purwono, Suryo
Buletin Profesi Insinyur Vol 2, No 3 (2019): Edisi Khusus: Prosiding Seminar Nasional Keinsinyuran 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.054 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v2i3.49

Abstract

Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (PSPPI FT UGM) telah mengembangkan sistem konversi dan sistem penilaian untuk program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang mengacu pada bakuan kompetensi Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Sistem penilaian RPL (SP RPL) ini telah diimplementasikan dalam proses penilaian RPL pada beberapa periode peserta PSPPI FT UGM. Paper ini fokus pada evaluasi hasil penilaian RPL menggunakan  SP RPL. Hasil menunjukkan bahwa SP RPL dengan sistem konversi yang diterapkan di PSPPI FT UGM merupakan prosedur dan sistem yang reliabel.Kata kunci : Sistem penilaian, RPL, PSPPI, Statistik
IMPLEMENTASI UJI MUTU PELAKSANAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI PAKET PEMBANGUNAN JALAN BATAS KEC. SIDING/SELUAS – BATAS KECAMATAN SEKAYAM/ENTIKONG (MYC) PROVINSI KALIMANTAN BARAT Junaidi, Deddy
Buletin Profesi Insinyur Vol 1, No 2 (2018): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.135 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v1i2.27

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi uji mutu pelaksanaan pekerjaan konstruksi pada Paket Pembangunan Jalan Batas Kec. Siding/Seluas ? Batas Kecamatan Sekayam/Entikong (MYC) Provinsi Kalimantan Barat, dan (2) Mengetahui ketidaksesuaian; akar penyebab masalah; acuan/aturan dalam pelaksanaan uji mutu konstruksi pada paket tersebut disertai saran perbaikan. Setelah monitoring pelaksanaan uji mutu konstruksi pada paket tersebut, didapatkan bahwa (1) Pelaksanaan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja pada sistem kesehatan dan keselamatan kerja dalam kondisi yang baik. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk kinerja penerapan penyelenggaraan kesehatan dan keselamatan kerja berdasarkan Peraturan Menteri PU No. 9 tahun 2008, (2) Ketidaksesuaian, akar penyebab dan saran perbaikannya. Kata kunci: Uji mutu konstruksi, pekerjaan konstruksi jalan
EVALUASI FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN KERJA PADA PROYEK PEKERJAAN PEMBANGUNAN PENGGANTIAN JEMBATAN SEI. ATA IV DI KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN Romdan, Achmad
Buletin Profesi Insinyur Vol 1, No 2 (2018): Buletin Profesi Insinyur
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.781 KB) | DOI: 10.20527/bpi.v1i2.8

Abstract

Pembangunan sarana dan prasarana transportasi, kesehatan, pendidikan serta pemerintahan. Kegiatan ini dilaksanakan juga pada pembangunan Jembatan Sei. Ata IV yang terdahulu tidak layak fungsi serta banyaknya kerusakan pada struktur bawah dan atas bangunan yang ada sehingga tidak memadai untuk digunakan secara maksimal Proyek Penggantian Jembatan Sei. ATA IV. Berdasarkan indentifikasi dilapangan penyebab keterlambatan Penggantian Jembatan Sei. ATA IV dengan metode RRI dengan nilai  (>) 0.400  yaitu kondisi cuaca yang tidak terduga sebelumnya, kekurangan tenaga kerja/personil, kekurangan peralatan, kesalahan yang terjadi selama pelaksanaan proyek sehingga harus dikerjakan kembali, prediksi terhadap lokasi lapangan atau geografis proyek, terlambat membayar upah pekerja, dan faktor-faktor yang paling dominan yang menyebabkan keterlambatan dalam pengerjaan proyek tersebut. Berdasarkan indentifikasi di lapangan faktor-faktor yang paling dominan yang menyebabkan keterlambatan dalam pengerjaan proyek tersebut adalah lambatnya dalam proses pembebasan lahan pada lokasi pekerjaan, sering terjadinya perubahan desain pada item-item tertentu, terlambat membayar upah pekerja, adanya pekerjaan yang ditiadakan dan ditambahkan, sehingga terjadi perubahan volume pekerjaan