cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
redaksi.jiip@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
redaksi.jiip@gmail.com
Editorial Address
Jln. STKIP Yapis Dompu, No. 1, Sorisakolo, Dompu, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Published by STKIP Yapis Dompu
ISSN : -     EISSN : 26148854     DOI : -
JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Fisika, dan beberapa pendidikan lainnya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 67 Documents
LINDA SUSILA PENGARUH LATIHAN DUMBELL PRESS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MANGGELEWA: PENGARUH LATIHAN DUMBELL PRESS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MANGGELEWA JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.618 KB)

Abstract

Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa siswa dalam melakukan tolak peluru masih sangat kurang, dikarenakan tidak adanya latihan yang mendasar terkait dengan peningkatan kekuatan otot lengan bahu untuk menunjang hasil belajar tolak peluru yang maksimal, dari pernyataan tersebut, peneliti merasa tertarik untuk meneliti di SMP Negeri 1 Manggelewa dengan judul Pengaruh Latihan Dumbell Press Terhadap Hasil belajar Tolak Peluru Siswa SMP Negeri 1 Manggelewa. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut: Apakah ada Pengaruh Latihan Dumbell Press Terhadap Hasil belajar Tolak Peluru Siswa SMP Negeri 1 Manggelewa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Pengaruh Latihan Dumbell Press Terhadap Hasil belajar Tolak Peluru Siswa SMP Negeri 1 Manggelewa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimental atau disebut dengan eksperimen semu melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian yang digunakan ini untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Sesuai dengan rumusan masalah, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktek. Selanjutnya data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setelah dilakukan penelitian secara cermat dan bijak, peneliti dapat menyatakan bahwa hasil penelitian yang diperoleh adalah ?menunjukan adanya Pengaruh LatihanDumbell Press Terhadap Hasil belajar Tolak Peluru Siswa SMP Negeri 1 Manggelewa. Diperoleh thitung = 2,9648, maka selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 ? 2 = 24 + 24 ? 2 = 46. Dengan dk 46 dan taraf signifikansi 0,05, maka ttabel = 1,6786. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel (2,9648 > 1,6786), maka hipotesis yang diajukan di TERIMA yakni ada pengaruh yang signifikan antara latihan dumbell press terhadap hasil belajar tolak peluru siswa SMP Negeri 1 Manggelewa.
ASMEDY PERBANDINGAN HASIL BELAJAR CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.633 KB)

Abstract

Oleh karena itu, dalam membelajarkan matematika kepada siswa, digunakan model pembelajaran terpadu Connected Mathematics Projects sehingga siswa turut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan dan hasil belajar mana yang baik antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan model pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan geometri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Donggo di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran Connected Mathematics Project dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z tabel yaitu 0,31 < 1.96. Dari hasil post-test diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung Z tabel yaitu 2,26 > 1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai Z hitung Z tabel yaitu 2,26 > 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Connected Mathematics Project (CMP) dengan pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Geometri di kelas X SMA Negeri 3 Donggo tahun pelajaran 2018/2019. Dan hasil belajar Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik dari pada Pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Geometri di kelas X SMA Negeri 3 Donggo tahun pelajaran 2018/2019.
RIZZALUDIN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.239 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Pokok Badan Usaha Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Mataran tahun Ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 23 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap peningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Mataram Tahun pelajaran 2018/2019, hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung  lebih besar dari rtabel ( rhitung  ?  rtabel  = 0,779 ? 0,413) dengan tingkat kategori pengaruhnya sangat kuat.
LINDA SUSILA HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI: HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.621 KB)

Abstract

Passing bawah merupakan salah satu senjata pamungkas dalam penyerangan untuk memenangkan setiap set dalam permainan Bola voli untuk itu maka perlu diadakan sebuah penelitian, tentang kemampuan passing bawah. Melalui tes dan pengukuran yang dilakukan maka akan diketahui ada tidaknya hubungan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan Bola voli, setelah di lakukan penelitian maka di peroleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan Bola voli siswa kelas VIII SMPN 1 PajoTahun Pembelajaran 2018/2019, Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis, dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana uji-t, menenunjukan bahwa dalam penelitian ini diketahui persamaan Y = 2.363 + 1.365X, Nilai thitung dibandingkan dengan ttebel. Tabel distribusi t disesuaikan dengan cara sebagai berikut: ? = 5% ? 2 = 0,05% (uji 2 sisi) dengan derajat kebebasan (dk) n-k-1 ttabel untuk dk (25 - 2 = 23) = jadi ttabel nya adalah 1,71387, Berdasarkan hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung jadi lebih besar dari ttabel1,71387 ( >1,71387) pada derajat kebebasan (dk) dari 23 dengan taraf nyata 5%, maka menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dikarenakan apabila nilai (rhitung) lebih besar dari nilai (rtabel)dengan taraf nyata 5% dan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel maka memberikan pengaruh atau menunjukan adanya hubungan atau pengaruh antara kedua variable
NUR WAHYUNI TYPES OF FREEDOM IN FRANZ KAFKA’S THE METAMORPHOSIS:AN EXISTENTIALIST PERSPECTIVE: TYPES OF FREEDOM IN FRANZ KAFKA’S THE METAMORPHOSIS JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.702 KB)

Abstract

The purposes of this study are: (1) to identify the types of freedom in the novel, (2) to describe how freedom is depicted in the novel, and (3) to reveal the underlying reason why Franz Kafka addressed individual freedom in the novel. This study uses descriptive qualitative method. This method is intended to get a clear picture of the object to be analyzed. The data was collected in the form of words contained in the novel. The technique of data collection was note-taking. Based on the analysis, there are two types of freedom in the Franz Kafka?s novels, namely Freedom From and Freedom To. Freedom described through characters, through setting and through style. Freedom is something that is expected by every individual without exception, because with the freedom every individual was capable of doing anything in life without the intervention of others. This studies also found that the world view of Kafka in creating The Metamorphosis novel was the of thought arising from the desire to be free from all the authoritarian acts.
ARIFUDIN PENGARUH BESARNYA INSENTIF GURU TIDAK TETAP TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KANDAI II DOMPU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: PENGARUH BESARNYA INSENTIF GURU TIDAK TETAP TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.743 KB)

Abstract

Penelitian ini melihat sejauh mana pengaruh besarnya insentif guru tidak tetap terhadap motivasi mengajar di Madarasah Ibtidaiyah Negeri Kandai II Dompu kecamatan Woja dengan tujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sasaran dalam penelitian ini adalah Pemberian insentif tehadap gurusebagai pendorong untuk dapat memotivasi guru untuk lebih bekerja keras secara efektif. Insentif diberikan karena adanya kinerja yang baik dan diberikan untuk lebih meningkatkan kinerja lagi dimasa mendatang.Adapun Jenis penelitian yang di gunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 10. Guru GTT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Dari analisis data yang terkumpul diketahui bahwa Pengaruh besarnya insentif guru tidak tetap (GTT) terhadap motivasi mengajar guru di Madarasah Ibtidaiyah Negeri Kandai II Dompu Kecematan Woja tahun pembelajaran 2019/2020.Ada pengaruh yang Signifikan hal tersebut ditunjukan oleh nilai koefisien regresi dengan persamaan . Kemudian nilai r2 yang merupakan koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0.3699 yang menunjukan bahwa pengaruh besarnya insentif guru tidak tetap terhadap motivasi mengajar di Madarasah Ibtidaiyah Negeri Kandai II Dompu Kecematan Woja Tahun pembelajaran 2019/2020. Sebesar 36.99%, sedangkan sisanya sebesar 63.01% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.? dan ini menunjukan hipotesis yang diajukan  tersebut dapat diterima. Kata Kunci: Insentif Guru, Motivasi Mengajar
SUMIYATI ARSIP SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA KULIAH SEJARAH LOKAL DI STKIP YAPIS DOMPU: ARSIP SEBAGAI SUMBER BELAJAR JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.624 KB)

Abstract

Pembelajaran sejarah saat ini cenderung membosankan dan tidak menarik, hal ini karena pengajaran sejarah hanya terbatas pada buku teks dan tidak ada inovasi dalam pengajaran sejarah. Pemahaman sejarah peserta didik hanya sebatas pada hafalan nama tokoh, tahun, dan peristiwa tidak ada nilai dan makna yang bisa diperoleh dari pembelajaran sejarah yang diterapkan, sehingga menjadikan pembelajaran sejarah kering dan membosankan. Dengan demikian, perlu menghadirkan inovasi baru dalam pembelajaran sejarah, sehingga lebih menyenangkan dan bermakna. Pembelajaran sejarah lokal pada program studi pendidikan sejarah menjadi mata kuliah wajib hal ini sebagai bukti bahwa ada keterkaitan antara sejarah lokal dan sejarah nasional. Pembelajaran sejarah lokal di STKIP Yapis Dompu perlu menggunakan arsip sebagai sumber belajar dengan tujuan agar pembelajaran sejarah lokal lebih bervariasi dan tidak hanya terbatas pada buku teks atau benda-benda peninggalan sejarah. Dengan menjadikan arsip sebagai sumber belajar pada mata kuliah sejarah lokal mahasiswa maupun dosen akan lebih prioduktif dalam menghasilkan karya ilmiah berupa tulisan-tulisan yang berkaitan dengan sejarah lokal atau sejarah daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan adalah arsip bisa digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa khususnya dalam mata pelajaran sejarah lokal, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan yang baik pada proses dan interaksi pembelajaran, mahasiswa menjadi lebih aktif serta meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam mendeskripsikan sejarah lokal. Kata Kunci: Arsip Sejarah, Sejarah Lokal, Pembelajaran Sejarah
ARIFUDIN PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V DI SDN 2 DOMPU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019: PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.787 KB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V di SD Negeri 2 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis pendekatan yang digunakan pada pennelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes, sedangkan teknik analisis datanya, yaitu dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data bahwa metode inkuiri tidak berpengaruh secara signifikan dengan R2= 0,011 x 100%= 1,1% terhadap hasil belajar siswa dan yang paling besar signifikan besarnya adalah sebanyak 99,9% oleh faktor lain. Dengan hasil persamaan regresinya adalah, Y = 2.615+1.167x. Maknanya jika variabel X adalah 0 maka nilai variabel Y adalah 2.615 dan jika variabel X di naikkan satu satuan maka variabel Y akan menjadi1.167.Sehingga dengan demikian  tujuan (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam tentang Tumbuhan Hijau siswa Kelas V SD SD Negeri 2 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019 tidak dapat diterima atau ditolak. Berarti hipotesis Nihil (Ho) diterima, artinya metode Inkuiri tidak dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Alam tentang tumbuhan hijau, karna banyak dipengaruhi oleh faktor lain, sesui dengan hasil yang ditunjukan persamaan regresi tersebut.  
MULYA YUSNARTI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DI KELAS IV-B SDN 006 TARAKAN: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI BELAJAR MURDER JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.062 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV-B SDN 006 Tarakan melalui strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) pada materi masalah sosial di lingkungan setempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV B SDN 006 Tarakan yang berjumlah 38 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 39,47% dari kriteria ketuntasan minimum (75). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 65,79% sampai 81,58%  masing-masing siklus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) dapat meningkatkan pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV B SDN 006 Tarakan.
EKA YULIANTI PERILAKU KOMUNIKASI NON-VERBAL ANAK PENDERITA AUTIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PEMBINA KOTA MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: PERILAKU KOMUNIKASI NON-VERBAL ANAK PENDERITA AUTIS JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.867 KB)

Abstract

Penyandang autistik memiliki karakteristik dan gejala dalam hal, komunikasi, interaksi sosial, gangguan sensoris, pola bermain,  berperilaku dan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu tentang Perilaku Komunikasi Non-Verbal Anak Penderita Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalah pendekan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data deyakni dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, 3) analisis dengan langkah-langkah identifikasi, klasifikasi, analisis dan menyimpulkan. Berdasarkan  hasil penelitian menujukan bentuk dan makna perilaku komunikasi non-verbal anak autis sangat beragam, berupa 1) gerakan tubuh yaitu meloncat-loncat maknanya senang, menggoyangkan pensil maknanya bosan, memukul meja maknanya marah, menggaruk kaki maknanya bingung, menaruh tangan ke alis maknanya takut, menutup wajah dengan kedua telapak tangan maknanya malu, kepala menunduk dan memegang dahi maknanya sedih, 2) kontak mata dengan gurunya maknanya konsentrasi, 3) ekspresi wajah tersenyum maknanya senang, bola mata melihat ke atas dengan alis mengkerut dan mulut sedikit terbuka maknanya bingung, dan 4) meraih dan mencium tangan gurunya maknanya menginginkan sesuatu.