cover
Contact Name
Anwaril Hamidy
Contact Email
jtarbiyahwatalim@gmail.com
Phone
+6281347076592
Journal Mail Official
jtarbiyahwatalim@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.A.M Rifaddin, Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 23551003     EISSN : 27148483     DOI : -
Tarbiyah wa Talim encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including: Islamic Education, Islamic Education Management, Language Education, Early Childhood Education, Elementary Education, Teacher Education, Mathematic Education, Biology Education and Science Education.
Articles 32 Documents
PENGARUH RASIO JUMLAH SISWA DALAM KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMK FARMASI SAMARINDA Wahyuningsih, Nurnajmi; Nurbayani, Etty; Saugi, Wildan
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 1 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1434.564 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah jumlah siswa pada rombongan belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda yang melebihi kapasitas jumlah siswa perkelas yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga membuat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang efektif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa SMK Farmasi Samarinda yang berjumlah 435 siswa dan sampel sebanyak 81 responden dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 0,281 yang apabila diinterpretasikan dengan tabel r berada diantara 0,20-0,399 berarti tingkat hubungannya rendah. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 2,6037 > ttabel = 1,999045 sehingga Ho ditolak dan H? diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan antara rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS Farmasi Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,281 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda sebesar 7,9%.Kata Kunci: rasio jumlah siswa, efektivitas pembelajaran, SMK Farmasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS V MI AT TARBIYAH LOA JANAN Rofiq, Muhammad Ainur; Mahmud, Muchammad Eka; Musfiroh, Imroh Atul
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 2 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2004.03 KB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah AT-Tarbiyah pada mata pelajaran Fiqih, hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan belum pernah menggunakan model pembelajaran teams game tournament, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dimana siswa masih banyak yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fiqih melalui model kooperatif tipe teams games tournament kelas V MI AT-Tarbiyah Loa Janan tahun ajaran 2019/2020?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AT-Tarbiyah yang terdiri 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At-Tarbiyah Loa Janan Tahun Ajaran 2019/2020?. Kegiatan pembelajaran pada prasiklus mencapai 25 dengan nilai rata-rata 58,40. Siklus pertama mencapai 70% dengan nilai rata-rata 74,35. Pada siklus kedua siswa mencapai 95% dengan nilai rata-rata 83,75. Hal ini peneliti mangamati hasil evaluasi pada siklus kedua ternyata siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat keberhasilan sudah mencapai 95%. Dari beberapa usaha yang dilakukan guru ternyata siswa ada peningkatan meskipun tidak signifikan akan tetapi sudah memenuhi nilai standar KKM dan memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 75.
KONSEP INSTITUSI KELUARGA DALAM ISLAM Nurdiani, Pertiwi Rini
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.965 KB)

Abstract

Penyimpangan institusi keluarga yang terjadi di Barat masih terus terjadi. Penyimpangan tersebut ditandai dengan lahirnya sebuah gerakan perempuan yang berusaha meruntuhkan tatanan keluarga masyarakat, gerakan tersebut dinamakan feminisme. Kaum feminis menganggap jika institusi keluarga ialah musuh terbesar dan utama yang harus dimusnahkan perannya. Menurut gerakan tersebut, tidak ada aturan dalam pembagian peran yang ketat antara suami dan istri dalam keluarga karena dianggap terjadi pendiskriminasian. Pendiskriminasian mereka tandai dengan adanya paham patriarki di dalam keluarga, yaitu pendominasian peran laki-laki di dalam sebuah keluarga. Pendominasian tersebut dimaksudkan dengan adanya ketimpangan hak dan kewajiban antara suami-istri. Maka, hal ini yang menyebabkan kaum feminis mengusung tidak adanya pembagian peran yang ketat antara suami dan istri. Sehingga pembagian peran suami-istri tidak lagi bergantung pada jenis kelaminnya yaitu perempuan dan laki-laki. Sebagai pembanding dan penyelesaian dari permasalahan tersebut, tulisan ini akan menjelaskan bagaimana konsep institusi keluarga dalam Islam. Dari artikel ini dapat dipahami bahwa pemikiran Barat, khususnya kaum feminis telah melahirkan ketidakhormanisan di dalam keluarga. Dapat kita lihat melalui bukti nyata yang sedang terjadi di Barat, seperti banyaknya para istri yang kini tidak lagi berkenan melakukan kewajiban seorang istri yakni melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, merawat anak dan lain hal sebagainya. Berlawanan dengan hal tersebut, Islam hadir dengan mengarahkan keadilan dan kesesuaian posisi antara suami-istri. Dalam Islam, keharmonisan dalam keluarga dijunjung tinggi dengan cara ketika seorang suami mempunyai kewajiban atas istrinya, maka seorang istri dituntut untuk melaksnakan kewajibannya sebagai seorang istri atas suami. Sehingga tidak akan ada ketimpangan yang terjadi di dalam keluarga.Kata Kunci: Barat, Feminisme, Institusi Keluarga, Islam
THE INSPIRING ENGLISH LECTURERS OF THE ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT AT IAIN SAMARINDA Alfisah, Alfisah; Fauzan, Umar
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 1 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.553 KB)

Abstract

The successful of teaching and learning process is cannot be separated from the lecturers' role that inspiring the students. An inspiring English lecturer should be possessed at least three skills namely attitudinal skills, teaching technical strategy, and students? changes in learning English. In teaching strategy skills, it has the other indicators of being an inspiring English lecturer such as a) preparation; b) planning and development curriculum; c) use curriculum framework; d) clear targets and objectives of teaching; e) developing strategy and planning activities of teaching; f) designs of appropriate learning modules; g) planning classroom activities; h) finding new innovative teaching strategies; i) finding newest references; j) good classroom management. In teaching strategy to university students, the lecturer should be more interesting, creative and able to keep the students away from getting bored. In order to keep the students' away from getting bored in learning English, the lecturers had to use good teaching strategy. The objectives of this research are: (1) to know the teaching plan of the English lecturers based on teaching strategy; (2) to the teaching implementation of the English lecturers based on teaching strategy in English Education department. The design of this research is descriptive qualitative. The subject of this research is English Education Department of IAIN Samarinda. In this study, the researcher used a questionnaire guide and an observation sheet. The result of this research is that all of the lecturers of English Department of IAIN Samarinda is an inspiring person who always prepares the lessons well. This indicates that all students of English Education Department of IAIN Samarinda more appreciation with the statement. Meanwhile, the statement that shows the lowest responses is found on the statement of an English lecturer should think hard to find the latest references in their instructions. This indicates that a huge number of these indicators had not yet owned by IAIN English lecturers Samarinda.
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA NEGERI 6 SAMARINDA Khrisnamurti, Dimas Ayu
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.796 KB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kepala sekolah merupakan faktor utama kunci keberhasilan yang akan mengarahkan kepada kemajuan sekolah. Dalam melakukan kegiatan ini sangat bergantung pada kemampuan kepala sekolah dalam menguasai strategi-strategi yang akan dilakukan dalam upaya meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah diharapkan sesuai dengan standar nasional yang telah ditentukan agar dapat menunjang berhasil nya tujuan pendidikan. Untuk menjamin tercapainya tujuan sekolah, kepala sekolah wajib memahami tahapan-tahapan dalam pelaksanaan strategi yang akan dilakukan dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan ini melalui beberapa tahapan, untuk menjaga konsistensi tenaga pendidik kepala sekolah memberikan pengarahan kepada guru untuk melakukan pelatihan-pelatihan diklat dan MGMP, strategi tersebut menyesuaikan situasi dan kondisi dari setiap bidangnya. Sehingga strategi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan SMA Negeri 6 Samarinda yang dilakukan oleh Kepala sekolah dapat terlaksana dengan baik dan terstruktur.
MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN SEBAGAI REVOLUSI MENTAL PADA GENERASI PENERUS BANGSA Aisyah, Siti
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 2 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.874 KB)

Abstract

Nilai jujur sudah tergerus oleh runtuhnya pola pikir yang disebabkan mental anak bangsa sudah tak suci lagi. Banyak yang mempengaruhi kemerosotan nilai jujur tersebut, dari pengaruh pendidikan yang kurang bisa membekali diri peserta didik yang menjadi lulusannya. Kemudian dari pengaruh lingkungan yang memaksa untuk menanggalkan nilai kejujuran demi tercapainya suatu tujuan. Dari fenomena tersebut dapat juga kita temui tertanggalkannya nilai kejujuran dalam proses pembelajaran, dari dilaksanakannya pada Ujian Nasional dan sampai kepada pengerjaan tugas sekolah. Anak-anak dituntut untuk mendapatkan nilai baik, tetapi para pendidik lupa akan letak kejujuran yang harus diindahkan dalam segala kegiatan. Alhasil pencapaian yang dikejar memang baik, tapi jauh dari kata kejujuran (mencontek). Nilai kejujuran yang sangat mempengaruhi suatu perubahan bangsa, apakah menjadi bangsa yang beradab dalam peradabannya atau malah sebaliknya. Maka dari itu, penting kiranya kita mengupas kebermaknaan dari nilai kejujuran pada generasi muda bangsa serta mengetahui apa saja yang menjadi masalah dalam sendatnya arus peradaban suatu bangsa.
KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Julaiha, Siti
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.095 KB)

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga yang mempunyai berbagai komponen pendidikan yang harus dikelola oleh seorang manajer sekaligus leader dalam lembaga pendidikan.  Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai peran aktif dan senantiasa berpengaruh dalam segala masalah yang berkaitan denngan kebutuhan staff, guru dan siswa di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab terhadap keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dengan cara melaksanakan administrasi sekolah denngan seluruh substansinya, disamping itu kepala sekolah bertanggung jawab terhadap kualitas sumber daya yang ada agar mereka mampu menjalankan tugas-tugas sesuai dengan tugas dan fingsi masing-masing. Begitu beratnya tugas seorang kepala sekolah yang ditugaskan untuk mengkoordinir seluruh kegiatan di sekolah ditambah dengan kewajiban mengajarnya, namun dengan adanya PP No 19 tahun 2017 kepala sekolah dapat bernapas lega karena mereka tidak diwajibkan mengajar lagi. Namun demikian,  kompetensi dan standar untuk menjadi kepala sekolah harus tetap diperhatikan dan menjadi syarat ketentuan yang berlaku untuk menjadi kepala sekolah.
EKSISTENSI MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONTEKSTUAL HADITS SANTRI ASRAMA IAIN SAMARINDA Purwaningsih, Rahma Fitria; Adani, Dinda Khoirunnisa
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 2 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.365 KB)

Abstract

Kelas Internasional bertujuan untuk mencetak generasi-generasi unggul dibidangnya. Hasil dari program kelas Internasional diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di IAIN Samarinda, melalui eksistensi mahasiswa sebagai upaya meningkatkan pemahaman Hadits santri asrama IAIN Samarinda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045. Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengajaran di kelas Internasional di IAIN Samarinda, bagaimana pemahaman santri asrama terhadap hadits, dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh mahasiswa kelas Internasional IAIN Samarinda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045, serta tingkat pemahaman hadits santri asrama IAIN Samarinda. Desain penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas internasional IAIN Samarinda dan santri asrama IAIN Samarinda. Instrument yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah eksistensi mahasiswa kelas Internasional mampu meningkatkan pemahaman hadits santri asrama IAIN Samarinda demi terwujudnya Indonesia emas 2045.
THE INFLUENCE OF ACHIEVEMENT MOTIVATION AND SELF-REGULATED LEARNING (SRL) ON STUDENTS’ MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES Hamidy, Anwaril; Merliza, Pika
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 2 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1483.132 KB)

Abstract

This study explores the significance of influence of achievement motivation and SRL toward students? mathematics learning outcomes. This was an ex post facto research. The population was all tenth-grade students of MAN 2 Samarinda, West Kalimantan, Indonesia in the school year 2013/2014. The sample was selected by cluster sampling, as well as obtained four classes as a sample. The data were collected by questionnaires of achievement motivation and SRL, and math formative test. Furthermore, the data were analyzed by using multiple regression analysis. The results of this study is the assumption of regression equation ? = -21,682 + 0,400X1 + 0,239X2 with F value is 40,043 and the significance is 0,000. Hence, there is a significant combination of achievement motivation and SRL through students? mathematics achievement.
PERSEPSI MAHASISWA KKI IAIN SAMARINDA TERHADAP IMPLEMENTASI ISLAM MODERAT Paradikma, Githa
Tarbiyah Wa Ta'lim Vol 6, No 1 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Tarbiyah Wa Ta'lim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.954 KB)

Abstract

IAIN Samarinda adalah perguruan  tinggi yang berlebel keislaman, sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam pengimplementasian Islam moderat. Mengapa demikian?, karena dalam dunia pendidikanlah pemahaman mengenai agama secara luas dipelajari. Selain itu, saat ini  semua pihak berharap besar pada pendidikan tinggi untuk dapat mensejahterakan rakyat termasuk menjamin kehidupan masyarakat beragama Islam moderat. Dengan demikian, sebelum mengarahkan ataupun menjamin kesejahteraan masyarakat, terlebih dahulu pengimplementasian Islam moderat dilaksanakan di lingkungan kampus agar terlihat dan tahu bagaimana cara semestinya pelaksanaan Islam moderat yang benar tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) terhadap implementasi Islam moderat. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan penelitian adalah mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dalam bentuk online dengan 51 jumlah responden, pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan Islam moderat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 92% mahasiswa Kelas Khusus Internasioanl (KKI) tidak merasa terganggu dengan seseorang yang menggunakan atribut keagamaan seperti cadar, 92% mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) tetap membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan, dan 96% mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) tidak membatasi dalam memilih teman. Jadi, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa persepsi mayoritas mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) terhadap implementasi Islam moderat adalah baik dengan persentasi 93,5%. Kategori tingkat persepsi baik ini lebih dikarenakan, mayoritas mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) paham tentang Islam moderat dan berpendapat bahwa penerapan Islam moderat sangat penting di laksanakan.

Page 1 of 4 | Total Record : 32