cover
Contact Name
Elfi Lailan Syamita Lubis
Contact Email
lppmalmaksum@gmail.com
Phone
+6281265566834
Journal Mail Official
lppmalmaksum@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sei Batang Serangan, Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20811
Location
Kab. langkat,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sintaksis : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris
ISSN : 27155536     EISSN : 27156176     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Sintaksis adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintaksis terdiri dari empat rumpun ilmu yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Bahasa Inggris
Articles 24 Documents
ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR Renni Ramadhani Lubis; Kiki Pratama Rajagukguk; Elsa Dessy Putri; Cut Desfira Aldina
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.152 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan upayaupaya pengembangan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 050661 Kwala Bingai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, upaya yang dilakukan untuk mengembangkan tingkat kemampuan berpikir kritis Bahasa Indonesia, dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan tingkat kemampuan berpikir kritis Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari setiap indikator yaitu, (1) mengidentifikasi informasi yang relevan dari teks narasi sebesar 86,15 %, (2) merumuskan pertanyaan dengan tepat dari teks narasi sebesar 82,77 %, (3) membuat keputusan melalui teks narasi 76,80 %, (4) menilai suatu pendapat dari teks narasi sebesar 74,25 %, (5) menganalisis masalah dari teks narasi sebesar 71,45 %, dan (6) mengevaluasi masalah dari teks narasi sebesar 58, 20 %. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sebesar 55,04 tergolong (2) kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, yaitu fasilitas sekolah kurang memadai, dan kurang perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar anak-anaknya.
PEMBELAJARAN MEMBACA TERBIMBING DALAM MEMBANTU KESULITAN SISWA MEMBACA NYARING Elfi Lailan Syamita Lubis; Renni Ramadhani Lubis; Sheila Andriani
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.842 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu kesulitan siswa membaca nyaring dengan menggunakan pembelajaran membaca terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C yang terdiri dari 3 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari. Instrument berupa tes keterampilan membaca nyaring meliputi ucapan, frasa, intonasi, tanda baca, membaca dengan terang dan jelas, penuh perasaan, ekspresi, tidak terbata-bata, memahami bahan bacaan, dan memiliki kecepatan mata dan suara: minimal tiga kata dalam 1 detik. Hasil dari pembelajaran membaca terbimbing menunjukkan bahwa siswa sudah menunjukkan kategori penilaian baik. Akan tetapi ketiga siswa tersebut masih perlu mendapatkan bimbingan.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Kiki Pratama Rajagukguk; Elfi Lailan Syamita Lubis; Linda Mustika
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.078 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: (1) analysis (analisis) (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), (5) evaluation (penilaian). Subjek Penelitian adalah 36 orang peserta didik kelas VII SMP. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, guru ilmu pengetahuan alam, lembar angket untuk siswa, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu dilakukan validasi empiris. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yangmemenuhi aspek isi, penyajian, kebahasaan dan tampilan dengan rata-rata 3,85 dengan kategori sangat baik dan masuk kriteria valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 83%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3% dengan persentase N-gain mencapai 0,74, ketercapaian indikator pembelajaran mencapai 81,9 dan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 84,9 serta mendapat respon posistif dari siswa mencapai 81,5% dengan kriteria baik.
THE ACQUISITION OF MANDAILING LANGUAGE AND LANGUAGE DISORDER AT THE SYNTACTIC LEVEL IN TWO YEARS OLD CHILD Anni Marhamah; Muhammad Ikbal
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.947 KB)

Abstract

This article aimed to analyze the acquisition of Mandailing language and language disorder at the syntactic level in two years old child in the term of Psycholinguistics. This study focused on these four purposes; describe the types of nouns, verbs, and adjective obtained by 2 years old child, describe the dominant word-class obtained by the child, describe the word in what meaning field the dominant child gained and describe language disorders that occur in children. The source of this study was a two years old child. The child named Nazla Yusyifa. The language the child used was Mandailing language. The data was collected in the form of recording of the child's speech with her parents. The linguistic aspect analyzed in this study was the syntactic level. The analysis was conducted qualitatively and quantitatively. Analyzing data was done with four steps, namely: Data Transcription, Data Selection, Data Classification and Exposure of Data Analysis Results.
PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING-ORGANIZINGREFLECTING- EXTENDING (CORE) Ade Evi Fatimah
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.1 KB)

Abstract

Self-efficacy merupakan suatu keyakinan atau kepercayaan diri individu yang masih perlu ditingkatkan dalam diri seorang siswa. Hal ini menjadi tugas seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bisnis dan Manajemen APIPSU Medan sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X-1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X-2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes angket Self efficacy siswa.Analisis data Self efficacy siswa dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t Test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa peningkatan Selfefficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Connecting-Organizing- Reflecting-Extending (CORE) lebih baik dibandingkan siswa yang memperolehpembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari selisih rata-rata data Self efficacy di kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 12,97%. Kemudianberdasarkan hasil angket Self efficacy siswa menunjukkan bahwa siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakanmodel pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE).
METODE KLASIFIKASI DECISION TREE UNTUK MEMPREDIKSI JUARA ENGLISH PREMIER LEAGUE Syaiful Bahri; Akhyar Lubis
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.184 KB)

Abstract

Pada hasil akhir klasemen liga inggris setiap musim dapat dianalisis berdasarkan atributatribut dari tabel klasemen. Dengan sekumpulan data hasil klasemen setiap akhir musim dapat diklasifikasikan seberapa besar sebuah club tersebut mampu menjadi juara berdasarkan atribut yang paling dominan. Penelitian ini menerapkan metode klasifikasi decision tree dengan algortima C4.5 menggunakan software RapidMiner 8.1. Club yang akan diuji adalah Manchester United. Data set yang digunakan adalah data club dari tahun 1992 hingga tahun 2016, jumlah goal yang diciptakan setiap musimnya, jumlah kemasukan goal tiap musimnya, jumlah points diakhir musim dan status juara atau tidak di akhir musim. Hasil penelitian dengan algoritma C4.5 ini menunjukan bahwa clubtersebut akan mampu menjadi juara di akhir musim jika mampu menciptakan jumlah goal diatas 65 dan point yang diperoleh diatas 89 point di setiap akhir musim. Jika jumlah perolehan points club tersebut diakhir musim dibawah 65 points, maka club tersebut dipastikan tidak pernah juara diakhir musim.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN QUALITY CONTROL PRODUK CV. THREE R PRA PEMASARAN Muhammad Riza Syahputra
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.762 KB)

Abstract

Setiap tahun, pemasaran produk CV. Three R selalu meningkat. Untuk itu dibutuhkan pendataan produk dengan baik. Dalam menjaga kualitas produk yang akan dipasarkan juga harus di perhatikan kondisinya. Agar dapat memberikan keputusan yang tepat dalam menentukan kualitas produk, maka dibutuhkan suatu metode dalam mengambil keputusan. Data dan metode yang digunakan diambil dari data-data produk pemasaran CV. Three R. metode yang digunakan dalam mengolah data adalah Simple Additive Weighting (SAW). Tahapan pengolahan metode saw dalam penelitian ini adalah melakukan inisialisasi data-data produk. Hasil dari inisialisaisi dilakukan normalisasi dan menentukan bobot ternormalisasi. Maka akan diperoleh nilai preferensi untuk setiap alternatif. Hasil dari pengujian terhadap metode ini adalah perangkingan dari kriteria tanggak kadaluarsa, kondisi warna kemasa, kondisi bentuk kemasan, kondisi segel danpacking. Hasil dari pengujian terhadap metode ini rangking terbaik adalah alternatif kedua. Hasil ini memiliki nilai persentasi 81%. Penentuan quality control dapat dilakukan dengan optimal. Sehingga hasil keputusan yang diperoleh dapat dijadikan panduan untuk melakukan produksi sesuai dengan permintaan pasar dengan kualitas terbaik.
ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA PADA PERMASALAHAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR Muhammad Febri Rafli; Elfi Lailan Syamita Lubis; Cut Desfira Aldina; Imelda Anggraeni
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.347 KB)

Abstract

Abtraksi-abstraksi yang dikembangkan untuk menjelaskan pola dan hubungan geometri menjadikan geometri sebagai subyek yang sangat penting dan dapat diterapkan pada bermacam-macam situasi.Penelitian bertujuan menganalisis hasil jawaban siswa tentang geometri materi bangun datar persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 057225 Lorong Siku Kec. Gebang.Sampel dalam penelitian ini yaitu 18 siswa kelas IV SD Negeri 057225 Lorong Siku Kec. Gebang dengan menggunakan teknik total sampling. Peneliti melakukan beberapa teknik untuk mengumpulkan data yaitu tes tentang konsep bangun persegi yang berjumlah 5 butir soal. Peneliti juga melakukan observasi dan wawancara. Hal ini berguna untuk memberikan penguatan terhadap hasil jawaban siswa dan kebenaran data yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan proses penyelesaian jawaban siswa masih memiliki pemahaman konsep geometri bangun persegi. Hasilpenelitian juga menunjukkan siswa belum mampu menjelaskan karakteristik dari bangun persegi panjang. Metode hafalan rumus menjadi acuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
PERUBAHAN FUNGSI RUMAH GADANG DALAM PANDANGAN PERUBAHAN SOSIAL DI KAWASAN SERIBU RUMAH GADANG KABUPATEN SOLOK SELATAN Muhammad Fadli; Elfi Lailan Syamita Lubis; Hestika Dewi Sitepu
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.424 KB)

Abstract

Artikel ini merupakan sebuah intisari dari penelitian yang dimana perubahan fungsi rumah gadang telah berubah. Dan perbuahan itu terjadi diakibatkan faktor merantau dan faktor destinasi wisata. Dimana dikawasan seribu rumah gadang. Rumah gadangnya bukan lagi menjadi tempat kegiatan-kegiatan adat, melainkan sudah menjadi homestay atau rumah gadang yang bisa dijadikan tempat penginapan bagi pendatang dan hal ini dilakukan untuk mendapatkan sumber pendapatan yang dimana pendapatan dari homestay tersebut untuk melestarikan dan merawat rumah gadang ini sesuai dengan kesepatakan para datuk dengan pemerintah setempat. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui dan meninjau fungsi rumah gadang yang ada dikawasan seribu rumah gadangkabupaten Solok Selatan. Pendekatan yang diapakai ialah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dengan informan kunci dan melakukan dokumentasi serta memakai literatur yang berhubungan dengan kajian ini.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR Nurul Hasanah; Renni Ramadhani Lubis; Bella Puspita Sari
Jurnal Sintaksis Vol 2 No 1 (2020): Jurnal SIntaksis
Publisher : STKIP AL MAKSUM LANGKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.975 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tema VII materi Gaya Magnet di SDN 056633 Kecamatan Gebang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasi terdiri dari 3 kelas paralel.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen I, VB eksperimen II, dan VC sebagai kontrol.Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan berganda dan uraian. Hasil analisis data diperoleh model problem based learning (masalah dari siswa) lebih baik dari model problem based learning (masalah dari guru) dan model direct instruction; (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (siswa) memperoleh nilai rata-rata 87,50 lebih baik dari; (2) model PBL(guru) dengan rata-rata 80,60 dan; (3) pembelajaran dengan model direct instruction dengan rata-rata 72,40.

Page 1 of 3 | Total Record : 24